Ada Startup Unik di Local Startup Fest, Lho! (Bagian 1)

Semakin berkembangnya teknologi, memicu generasi muda di Indonesia untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, dan juga visioner. Tidak hanya dalam urusan akademik, tetapi juga saat memecahkan solusi dengan membuat sebuah startup. Kisah kesuksesan Go-Jek, Tokopedia, dan startup lain yang sukses dengan pendanaan miliaran rupiah ternyata menginspirasi beberapa orang untuk membuat startup yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Salah satu acara yang sangat mendukung keberadaan dari startup ini adalah kolaborasi Local.co.id dan StartupLocal Community yang mengorganisir Local Startup Fest 2017. Acara yang mengambil tema Tech For All ini diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti talk show dengan pakar industri startup, pameran dari berbagai startup lokal, workshop, dan juga recruitment program.

Dari berbagai peserta yang ikut pameran tersebut, ada beberapa startup yang bisa dibilang sangat unik dan potensial. Kali ini Acerleration akan membahas sedikit tentang tiga bisnis unik karya anak bangsa yang bisa menginspirasi kamu.

Startup Lokal Unik Indonesia

Legal Go (legalgo.co.id)

Salah satu hal paling menyebalkan adalah mengurus perjanjian, hak kekayaan intelektual, pendirian usaha, dan urusan legal lainnya. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman akan birokrasi hukum di Indonesia dapat menjadi penghambat proses dokumen. Legal Go ternyata mengetahui masalah tersebut dan menawarkan pelayanan jasa yang mengurus masalah legal bagi para pebisnis.

Salah satu fitur yang menarik adalah Legal Go ini memberikan pelayanan 24 jam dengan harga terjangkau, sistem yang transparan, dan dapat diakses secara online. Jadi jika kamu adalah seorang pemilik bisnis namun masih awam untuk masalah legal, kamu bisa menggunakan jasa Legal Go untuk mengurus perizinan dan sejenisnya.

Startup Lokal Unik Indonesia

Ijolijol (ijolijol.com)

Jika biasanya kamu berbelanja online e-commerce, IjolIjol.com salah satu situs yang layak kamu coba. Namun, uniknya IjolIjol.com juga menawarkan jasa lain, seperti: barter, sewa, dan juga lelang. Di situs ini kamu juga bisa menemukan berbagai produk, mulai dari parfum, gadget, perlengkapan rumah tangga, hingga CCTV. Tidak hanya itu, sekarang Ijolijol juga sedang mengembangkan fitur donasi yang akan segera diluncurkan. Hebat ya!

Startup Lokal Unik Indonesia

Farkir

Kesulitan dalam menemukan tempat parkir pernah dirasakan oleh hampir semua orang, khususnya di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, rumah sakit, bandara, atau pusat konvensi. Melihat hal ini, sekelompok pemuda membuat aplikasi Farkir, yang bisa menunjukkan & mereservasi tempat parkir yang tersedia di sekitar kamu. Dengan memasang aplikasi tersebut, kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari lahan parkir yang tersedia.

Itu dia startup lokal kita. Membanggakan, bukan? Indonesia memang tidak ada habisnya dalam menularkan talenta berbakat dalam urusan teknologi. Kamu pun juga pasti bisa seperti mereka! Butuh lebih banyak inspirasi? Stay tuned untuk bagian selanjutnya, ya!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved