Local Startup Fest 2017: It’s All About Local Startup!

Semakin banyaknya startup yang bermunculan membuat geliat persaingan di dunia teknologi Indonesia semakin marak. Banyak acara dan komunitas startup yang bermunculan untuk mewadahi potensi mereka. Salah satu acara yang sangat positif untuk perkembangan startup di Indonesia adalah Local Startup Fest 2017 yang diselenggarakan di The Space Senayan City pada tanggal 24-26 Februari 2017.

Bersama Local.co.id dan Komunitas StartupLokal, acara ini fokus membahas apapun yang berkaitan dengan dunia startup di dunia maupun Indonesia. Melalui tema Tech for All, acara ini ternyata menyedot ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Bahkan ada beberapa orang yang memang sengaja datang dari luar negeri. Terlihat sekali  bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar terhadap startup maupun perkembangan teknologi.

Sayed Muhammad selaku penggagas acara dari Local.co.id mengatakan, “Acara ini memang menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan juga inspirasi baru dalam membangun startup.

acerleration

Talk Show dengan Pembicara Berpengalaman

Tidak hanya dipenuhi lebih dari 50 booth startup asal Indonesia yang meramaikan acara ini, ada pula kegiatan talk show yang dihadiri oleh puluhan pembicara berpengalaman dalam dunia industri startup. Sebut saja, Hadi Wenas CEO MatahariMall.com, Natali Ardianto co-founder & CTO tiket.com, Aulia Ersyah Marinto sebagai Chairman of Indonesia E-Commerce Association (idEA), Hendrik Tio selaku CEO Bhinneka.com, Norman Sasono selaku co-founder Bizzy.co.id, Dayu Dara Permata VP Go-Jek, Keenan Pearce dari Makna Creative Lab, dan masih banyak lagi.

Dalam kegiatan talk show, ada dua stage, yakni main stage dan mini stage. Pada setiap jamnya, para pembicara membawakan materi masing-masing dengan kapasitas peserta talk show sebanyak enam ratus orang pada main stage dan dua ratus orang pada mini stage.

2

Pada stage utama, Norman Sasono selaku Co-Founder Bizzy.com menyampaikan materi dengan judul Driving Business Innovation Through Technology. Pada kesempatan ini, Norman Sasono membagikan pengalamannya dalam membangun dan menjalankan sebuah startup.

Ada pula, Natali Ardianto selaku Co-Founder & CTO Tiket.com yang membawakan materi dengan tema How to Cultivate an Entrepreneurship Mindset. Ia mengatakan pernyataan penting bahwa menyerah bukanlah sifat dari seorang entrepreneur.

Di kesempatan lain, Hadi Wenas menyampaikan materi mengenai How Leadership Style and Culture Help Shape Startups Hyper Growth. Dalam talk show-nya, Hadi Wenas juga menyampaikan poin penting bahwa seorang pemimpin harus dapat menjadi role model bagi orang lain dengan menciptakan budaya dalam perusahaan tersebut.

Pada hari kedua di acara ini, terdapat kegiatan Startup Pitch Battle yang dilakukan oleh lima startup baru yang menarik. Mereka adalah Ijolijol.com, Farkir, Legal Go, babyfren, dan juga Goodies. Lima startup ini memiliki keunikan masing-masing yang bermanfaat dan inspiratif, lho!

Tidak kalah menarik adalah kegiatan recruitment pitch. Acara ini menawarkan lowongan pekerjaan dari berbagai bidang. Dalam kesempatan tersebut, para exhibitor mencari talenta terbaik untuk bergabung bersama mereka.

acerleration

Acara untuk Semua Khalayak

Tidak banyak acara mengenai startup yang bisa didatangi oleh orang awam, lain halnya dengan Local Starup Fest 2017. Dengan tema Tech For All, acara ini turut mengundang beberapa mahasiswa yang memang tertarik dengan startup, bahkan ada yang hanya sekadar mengikuti perkembangan teknologi. Tentu saja, para investor pun hadir tidak menyia-nyiakan acara besar ini.

Local Startup Fest 2017 telah sukses menarik minat para pemula dan penggiat startup. Pengunjung pun merasa puas dengan sajian serta pengetahuan, pengalaman, dan inovasi baru yang ditawarkan oleh Local Startup Fest 2017. Semoga akan ada lagi acara-acara berkualitas untuk startup seperti ini, ya!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved