4 Buku Inspiratif Agar Sukses Membangun Startup

Laporan dari Dailysocial mengatakan bahwa setidaknya sudah ada 71 kali investor menyuntikkan dananya ke startup di Indonesia sepanjang tahun 2016. Daya tarik untuk mendirikan startup ini sangat besar ketika seseorang membaca kisah sukses para pebisnis besar. Tetapi untuk mendirikan sebuah startup yang sukses tidak hanya sekadar membaca kisah sukses. Kamu harus benar-benar meng-upgrade kemampuan dan berpikir secara out of the box. Salah satu tips untuk kamu yang ingin menambah wawasan dan cara berpikir adalah dengan membaca.

Di luar sana, ada ratusan bahkan ribuan buku yang bisa kamu baca mengenai motivasi, tips dan trik, serta kisah unik yang dialami para pelaku startup. Sekarang kita akan membahas empat buku inspiratif yang akan membuka wawasan dan menginspirasi kamu dalam membangun sebuah startup.

buku inspiratif untuk membangun startup

Lean In oleh Sheryl Sandberg

Buku yang ditulis oleh Chief Operating Officer dari Facebook ini menjadi buku wajib para pelaku startup. Buku dengan judul lengkap Lean In: Women, Work, and the Will to Lead ini sebenarnya banyak membahas bagaimana peran perempuan di dunia teknologi yang sangat sedikit, padahal mereka punya potensi yang sama besarnya dengan laki-laki. Tetapi Sandberg sendiri juga menulis bagaimana meng-handle pekerjaan di dunia startup dan tips membangun startup untuk pertama kalinya. Jika kamu wanita yang benar-benar ingin terjun di dunia startup, buku ini wajib kamu baca.

 

buku inspiratif untuk membangun startup

Alibaba oleh Duncan Clark

Alibaba sekarang menjadi perusahaan dengan valuasi terbesar di Asia dan masuk daftar sepuluh besar dunia. Alibaba didirikan tahun 1999 oleh Jack Ma, seorang guru yang berperawakan kecil berasal dari sebuah kota kecil di Tiongkok. Walaupun buku ini tidak ditulis langsung oleh Jack Ma, tetapi sang penulis, Duncan Clark, mengisahkan dengan detail bagaimana Jack Ma membuat Alibaba sebagai saingan dari Walmart dan Amazon. Sekadar info tambahan, valuasi Alibaba sekarang mencapai 261 miliar dolar!

 

buku inspiratif untuk membangun startup

The Hard Thing About Hard Things oleh Ben Horowitz

Nama Ben Horowitz di dunia teknologi sudah terkenal ketika berhasil mendirikan Opsware yang sukses dijual kepada Hewlett-Packard sebesar 1,6 miliar dolar. Tetapi sejak menulis buku yang diberi judul The Hard Thing about Hard Things, Ben Horowitz semakin terkenal dari sebelumnya. Isi dari buku tersebut tidak serumit judulnya, justru sangat ringan untuk dibaca. Horowitz menuliskan bagaimana kehidupan sehari-hari seorang entrepreneur yang baru membuat sebuah startup. Jadi, buku ini merupakan buku yang pas sebagai panduan kamu dalam menjalani hari-hari pertama ketika mendirikan startup.

 

buku inspiratif untuk membangun startup

Zero to One oleh Peter Thiel dan Blake Masters

Peter Thiel adalah board member dari Facebook dan banyak perusahaan teknologi besar lainnya. Ditulis bersama Blake Masters, Peter Thiel lebih banyak menulis tentang bagaimana persaingan di dunia startup ini sangatlah besar. Thiel mencontohkan, seorang yang sukses tidak akan membuat sistem operasi baru saingan dari Bill Gates atau media sosial baru saingan dari Facebook. Seseorang yang sukses akan membuat sesuatu yang baru dan akan mengubah zero (tidak punya apa-apa) menjadi one (menjadi sesuatu).

Keempat buku di atas akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan inspirasi dan membuka wawasan tentang dunia startup yang belum kamu banyak tahu. So, kamu yang sedang berencana menjalankan startup, buku di akan sangat membantu kamu untuk berjalan ke arah yang lebih baik! Do it now or never!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved