Tren Teknologi yang Bakal Mendominasi di Tahun 2017

Tahun 2016 sebentar lagi akan berakhir dan berhasil mencatat beberapa pencapaian terkait perkembangan di bidang teknologi. Kemajuan dunia teknologi saat ini juga sukses membuat kamu terkagum-kagum. Bayangkan saja, kamu bisa mendapatkan semua informasi dan berkomunikasi dengan 1001 cara yang berbeda menggunakan perangkat apapun.

Lantas, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah inovasi teknologi baru seperti apa yang akan menjadi tren di tahun 2017? Untuk menjawab hal tersebut, Acerid menyajikan 8 teknologi yang diperkirakan kelak menjadi tren di 2017.

  1. Internet of Things

Kekuatan sistem Internet of Things (IoT) diprediksi akan terus berkembang dan menjadi lebih populer di berbagai tempat, temasuk rumah, kantor, pabrik hingga fasilitas medis. Forbes pun mencatat bahwa IoT sangat mungkin untuk mengembangkan teknologi rumah pintar. Dengan begini, kamu bisa mengecek kondisi rumah setiap saat meskipun saat ditinggalkan dalam kondisi kosong.

  1. VR dan AR

Saat ini, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sudah menjadi sorotan. Hal ini tampak dari banyaknya aplikasi dan permainan VR maupun AR yang telah tersedia hingga dirilisnya Oculus Rift yang mendapat sambutan positif. SpAcer bahkan bisa melihat fenomena salah satu game AR, Pokemon Go, yang booming dengan lebih dari 100 juta download. Sejumlah kalangan memprediksi VR dan AR akan terus berkembang di berbagai sektor di 2017.

  1. Intelligent Apps

Intelligent Apps (IA) atau aplikasi pintar dapat mempermudah kehidupan kita. Contohnya, virtual personal assistants (VPAs) yang diprediksi dapat mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi informasi, bahkan memperkirakan ada 200 perusahaan di dunia akan mulai mengeksploitasi IA untuk memperbaiki sistem penawaran suatu produk dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Teknologi Baru

4. 3D Printer

Mungkin sudah banyak benda yang berhasil dicetak dengan printer 3D. Namun, sebuah studi yang dilakukan Spiceworks mengenai tren teknologi baru di masa depan menyebutkan bahwa akan lebih banyak organisasi atau perusahaan yang berencana untuk menggunakan printer 3D dalam lima tahun ke depan. Rata-rata perusahaan/organisasi tersebut berada di bidang manufacturing dan pendidikan.

  1. Physical-Digital Integration

Di tahun 2017, benda online dan fisik akan lebih terintegrasi untuk efisiensi bisnis penjualan. Sebagai contoh merek dagang online seperti Amazon, kini akan mulai membuka produk fisik seperti Amazon Buttons Dash. Sementara merek fisik seperti Walmart akan mulai memiliki fitur digital yang lebih besar, seperti peta toko dan uji coba produk secara online dan realtime.

isi-augmented-reality

6. Everything on-Demand

Berkat Uber dan startup sejenisnya, kamu mulai terbiasa untuk memesan segala sesuatu melalui aplikasi ponsel. Dan tampaknya di tahun depan, aplikasi seperti ini akan berkembang lebih jauh. Hal ini terlihat dari ribuan aplikasi yang telah tersedia untuk jasa angkutan, pengiriman makanan bahkan tempat untuk menginap.

  1. Intelligent Things

Intelligent things (IT) atau benda-benda cerdas, seperti robot, drone, dan kendaraan otonom akan memasuki fase bisnis baru. David Carley dari Gartner memberi contoh adanya penggunaan robot di berbagai sektor, seperti sistem robot di swalayan Lowe yang melayani konsumen saat berbelanja. Selain itu, penggunaan robot diĀ  fasilitas pariwisata dan hiburan juga akan meningkat.

Acerid

  1. Artificial Inteligence dan Machine Learning

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diprediksi semakin berkembang di tahun 2017. Istilah ini bisa diterapkan pada kemampuan komputer yang memiliki fungsi kognitif otak manusia. Hingga nantinya, kecerdasan buatan memungkinkan spAcer untuk berinteraksi langsung ke sebuah layanan tanpa perangkat elektronik.

Tak hanya Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan Amazon berlomba-lomba mengembangkan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Gartner bahkan memprediksi bahwa IA dan machine learning akan banyak digunakan pada robot, virtual personal assistants, kendaraan mandiri, dan smart advisors di tahun 2017.

So, itulah 10 tren teknologi baru yang diprediksi akan terus berkembang dan memberi dampak di masa depan, spAcer! Kalau kamu, teknologi mana yang paling dinantikan nih?

Baca juga: Aplikasi Travel Sebagai Teman Semangat Liburan Akhir Tahun

Related Article

One Response to Tren Teknologi yang Bakal Mendominasi di Tahun 2017

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved