9 Pertanyaan Dasar Saat Mulai Menggunakan Chromebook

Sebagai salah satu perangkat berteknologi yang membantu proses belajar mengajar, Chromebook memiliki keunggulan khas, yaitu waktu booting yang lebih cepat, kurang dari 8 detik. Dengan kemampuan tersebut, spAcer dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dari biasanya. Tak hanya itu, Chromebook juga terbebas dari virus atau malware berbahaya sehingga file milik  spAcer dapat tersimpan dengan aman.

Bagi pengguna pemula Chromebook, pasti akan muncul beberapa pertanyaan dasar seputar Chromebook. Seperti bagaimana mengoperasikan Chromebook hingga langkah apa saja yang harus spAcer lakukan agar bisa terkoneksi dan berkolaborasi di dalam kelas melalui aplikasi pendidikan yang tersedia.

Untuk menjawab kebingungan tersebut, ini dia 9 pertanyaan dasar yang dapat membantu spAcer lebih mengenal Chromebook. Dengan begitu spAcer pun dapat mengakses Chromebook lebih  nyaman.

  1. Saat Menggunakan Chromebook, Saya Harus Memiliki Google Account?

Betul! Google Account wajib dimiliki oleh pengguna Chromebook untuk sign-in ke dalam perangkat yang digunakan.Hal ini sama mudahnya dengan smartphone Android yang digunakan oleh spAcer. Namun, spAcer  juga bisa menggunakan Chromebook sebagai Guest. Namun jika spAcer menggunakan Guest, tentunya akses yang bisa spAcer gunakan di perangkat ini sangat terbatas. Misalnya, hanya untuk browsing di internet dan tidak bisa melakukan proses instalasi aplikasi ke dalam Chromebook.

Acer Chromebook

  1. Apakah Chromebook Bisa Berfungsi atau Digunakan Saat Offline?

Jika spAcer tidak memiliki atau menemukan koneksi internet, jangan khawatir karena Chromebook masih tetap bisa digunakan. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di dalam Chromebook yang bisa digunakan antara lain Gmail Offline untuk membaca dan menulis e-mail, Google Keep untuk menulis catatan, Google Drive untuk membuat dan mengedit dokumen, pemutar file multimedia serta beberapa aplikasi lainnya.

b

  1. Apakah Mudah Menyambungkan Chromebook ke Internet dan Bagaimana Caranya?

Agar Chromebook yang spAcer gunakan tersambung ke internet, maka spAcer bisa menggunakan jaringan Wi-Fi yang kompatibel.  spAcer  hanya perlu mengaktifkan fungsi Wi-Fi yang ada di Chromebook. Untuk melakukan pengaturannya pun juga mudah, cukup masuk ke [Setting] kemudian pilih opsi [Internet connection].

c

  1. Dalam Chromebook, Aplikasi Apa Saja yang Sudah Ter-install?

Jika spAcer sign-in ke dalam perangkat Chromebook menggunakan Google Account, Chromebook otomatis siap untuk digunakan. Google pun sudah menyiapkan beragam aplikasi yang bisa langsung digunakan. Seperti untuk mengolah dokumen, spAcer bisa memanfaatkan aplikasi Google Docs. Selain itu spAcer juga bisa menemukan aplikasi lainnya, seperti Gmail, Google Maps, Play Music, Play Movies, dan lain-lain.

d

  1. Bagaimana Jika Saya Ingin install Aplikasi Lain yang Saya Butuhkan?

SpAcer nggak perlu galau, Google sudah mempersiapkan ekosistem Chromebook secara maksimal. Untuk mengunduh aplikasi lain yang spAcer inginkan, cukup mengakses Web Chrome Store. Lewat marketplace ini, Google sudah mempersiapkan ribuan aplikasi yang dapat spAcer install ke dalam Chromebook.

e

  1. Apakah Saya Perlu Menyimpan File atau Dokumen Secara Online?

SpAcer dapat menyimpan file di Chromebook atau secara online dengan layanan penyimpanan file berbasis cloud computing, seperti Google Drive. Dengan Google Drive, seluruh dokumen yang spAcer miliki dapat tersimpan secara aman di data center milik Google. Bahkan, Google memiliki Terms of Service yang menjelaskan bahwa “Apa yang Anda miliki akan tetap menjadi milik Anda“.

f

  1. Apakah Bisa Satu Chromebook Menjalankan Banyak Google Account?

Sangat bisa! Bahkan ada 18 Google Account yang dapat ditampilkan di layar masuk Chromebook. spAcer dapat memasukkan teman atau keluarga untuk menggunakan Google Account-nya sendiri ke dalam Chromebook. Dengan demikian, mereka tetap dapat menggunakan semua layanan atau aplikasi yang ada di masing-masing Google Account-nya dan tidak dapat mengakses file satu sama lainnya sehingga privasi pengguna tetap aman.

g

  1. Chromebook Berbasis Chrome OS dan Dokumen Tersimpan di Cloud Computing. Bagaimana Jika Saya Ingin Mencetak Dokumen Tersebut?

SpAcer dapat mencetak dokumen tersebut via aplikasi Chrome dengan menggunakan fitur Google Cloud Print. Untuk melakukan pengaturannya pun cukup mudah, spAcer dapat masuk ke [Setting] lalu pilih opsi [Google Cloud Print]. Selanjut pilih printer yang sudah mendukung Google Cloud Print. Hebatnya, spAcer dapat melakukan perintah mencetak dokumen dari mana saja melalui Internet.

h

  1. Di Mana Saya Bisa Mendapatkan Segala Informasi Mengenai Chromebook?

Untuk memberi rasa nyaman bagi penggunanya, Google pun sudah menyiapkan banyak hal terkait dengan informasi mengenai Chromebook.SpAcer bisa menemukan semua informasi seputar Chromebook di situs https://support.google.com/chromebook/. SpAcer pun juga bisa masuk ke Chromebook Central Help Forum untuk berdiskusi secara online dengan sesama pengguna Chromebook dari seluruh dunia. Dan tentu saja, spAcer bisa mengetahui segala hal tentang Chromebook di www.acerid.com.

Acer Chromebook

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved