11 Keunggulan Acer Chromebook

Hadirnya Chromebook menjadi solusi buat spAcer yang tidak ingin repot dengan berbagai aplikasi yang tidak diperlukan seperti sistem operasi yang selama ini kamu kenal. Chromebook membuat kinerjamu lebih maksimal, energi menjadi lebih efisien, dan keamanan lebih terjamin. Lalu, apa sih keunggulan Acer Chromebook dibandingkan produk lainnya? Ini dia 11 keunggulannya.

  1. User Interface Tidak Jauh Berbeda dengan Windows

Apa yang pertama dilihat pengguna Chromebook pada saat menyalakan perangkat ini? Tentu saja User Interface. Acer Chromebook memiliki User Interface yang tidak jauh berbeda dengan WIndows. Di bagian kanan bawah terdapat system tray yang menampilkan jam dan setting. Sementara itu, di bagian kiri bawah terdapat tombol launcher yang menampilkan berbagai aplikasi yang sudah ter-install. Terakhir, di samping launcher juga terdapat shelf tray yang bisa menempatkan aplikasi-aplikasi favorit. Untuk menempatkan aplikasi di shelf tray, cukup klik kanan pada aplikasi Launcher lalu pilih pin to shelf.

Acer Chromebook

2. Tidak Perlu Repot Storage Internal, Cukup Ditangani dengan Cloud

Acer Chromebook memiliki memori internal sebesar 16 GB.  Namun, semua data bisa tersimpan di Cloud, jadi tidak tergantung pada memori internal saja. Chromebook memang memiliki sistem Cloud yang semua data pengguna bisa tersimpan di web account Google mereka. Seperti Google Drive salah satunya yang menyediakan versi gratisnya dengan kapasitas hingga 15 GB. Kemudahan berbagi file ini sangat efisien dan memudahkan pemakaian.

acerid.com

3. Lebih Mudah dengan Dukungan Aplikasi-Aplikasi Google

Sistem operasi Chrome yang dibuat Google pasti didukung beragam aplikasi Google di dalamnya. Salah satunya adalah Google Drive. Jadi, kamu tidak perlu aplikasi office berbayar untuk melakukan pekerjaan sehari-hari karena Google Docs bisa menggantikan Microsoft Work, Google Sheet menggantikan Microsoft Excel, Google Slides bisa menggantikan Microsoft Power Point, hingga Google Form untuk membuat lembar pertanyaan yang cocok untuk kegiatan edukasi. Bahkan Google Form menyediakan beberapa opsi mode jawaban, seperti multiple choice short answer dengan jawaban yang dapat diketahui secara realtime serta hasil analisanya.

a

4. Chrome Remote Desktop dan Fungsi Sync yang Fleksibel

Melalui sistem operasi Chrome, kamu bisa melakukan proses sinkronisasi apapun yang berkaitan dengan browser Chrome. Jadi, saat tidak memegang Chromebook pun, melalui browser chrome di perangkat lain dan login dengan account yang sama dengan Chromebook, data pekerjaan bisa dibuka.

Satu lagi kelebihan Chrome adalah adanya Chrome Remote Desktop. Aktifkan fitur ini dengan password yang ditentukan penguna dari launcher, maka pengguna bisa mengontrol Chromebook dari manapun secara remote. Selanjutnya, ada dua opsi yang bisa dipilih. Pertama adalah Remote Assistance yang bisa berbagi pekerjaan dengan rekan lain. Kedua, My Computer untuk mengakses komputer lain yang memiliki browser chrome dari Chromebook atau sebaliknya.

a

Untuk berbagi akses, pilih Remote Assistance, selanjutnya klik Get Started untuk mengikuti wizard yang disediakan. Kemudian klik Share dan catat kode  berjumlah 12 digit. Bagikan kode ini ke rekan yang ingin mengakses chrome kamu. Dengan ini, teman kamu cukup klik Access di halaman yang sama dan memasukkan kode tersebut.

a

Berikutnya untuk mengakses komputer atau Chromebook. Pilih My Computers lalu klik Get Started. Untuk komputer yang ingin dikontrol oleh Chromebook, install aplikasis Chrome Remote Desktop pada browser Chrome mereka.

a

5. Koneksi Aman Berkat Fitur Private Network (VPN)

Dengan dukungan ini, koneksi ke Internet akan berjalan aman terbebas dari gangguan hacker atau penyusup. Caranya pun mudah untuk menggunakan akses VPN. Klik Settings di system tray. Selanjutnya pilih Add Connections dan tentukan VPN sebagai opsi yang Anda pilih. Terakhir, lengkapi pengisian yang ada sesuai setting koneksi VPN yang ingin Anda gunakan. Sesudah itu, klik Connect.

a

6. Gunakan Parental Control untuk Mengawasi User Lain di Chromebook

Sisi keamanan tentunya sudah diantisipasi Google untuk menciptakan Chrome OS ini, termasuk pengawasan pengguna lain, khususnya anak-anak, yang sama-sama menggunakan Acer Chromebook dengan account yang berbeda. Namun untuk menggunakan fitur Parental Control ini, account Anda harus berlaku sebagai Administrator.

a

7. Tetap Bisa Digunakan Dalam Mode Offline

Walau berbasis Cloud, Acer Chromebook 11 juga bisa bekerja dalam keadaan offline. Beberapa aplikasi Google dibuat khusus untuk bekerja dalam keadaan offline. Salah satunya adalah Gmail Offline. Install aplikasi ini dari Chrome Webstore. Selanjutnya buka aplikasi lalu ketik pesan seperti biasa menggunakan Gmail online. Gmail akan tetap bekerja dan akan mengirimkan pesan atau e-mail saat menemukan koneksi Wi-Fi.

Tidak hanya Gmail yang bisa bekerja secara offline, Google Calendar, Google Drive, Google Play Movies, hingga Google Keep bisa digunakan saat Acer Chromebook 11 kamu tidak mendapat koneksi internet.

a

b

8. Konektivitas yang Fleksibel

Acer Chromebook dibuat dengan desain modern dan berbobot ringan. Jadi, untuk masalah konektivitas dengan perangkat lain, Acer memberikan beberapa opsi yang terpasang di Chromebook miliknya. Di sisi samping kiri dan kanan sudah ada port HDMI yang mendukung HDCP, port USB 2.0, port USB 3.0, dan port audio 3.5 mm. Dengan berat  hanya sekitar 1,1 kg, Acer Chromebook juga memiliki desain lubang angin yang menyatu dengan bodi sehingga Chromebook dapat tetap beroperasi dengan suhu dingin.

a

9.Ringan dan Stylish

Dari sisi desain, Acer Chromebook 11 didesain dengan bentuk stylish dan ringan. Dengan demikian produk ini mudah dibawa kemanapun pengguna pergi tanpa harus mencederai bahu karena bobot yang ringan. Sederhananya, sistem operasi Chrome turut menghemat baterai sehingga bisa digunakan dengan durasi dua kali lipat dari notebook.

a

b

10.Webcam HD dan HDR

Untuk kamu yang gemar mengabadikan gambar an, Acer Chromebook 11 dibekali webcam berkemampuan HD dan HDR. Resolusinya yang mencapat 1290×720 cukup jelas dalam mengambil gambar atau untuk kebutuhan video call. Apalagi fitur ini ditambah dengan built-in microphone yang bisa membuat percakapan kamu dalam mode video (video call) berlangsung lebih nyaman.

a

11.Smartlock for Chrome

Keunggulan terakhir dari Acer Chromebook 11 adalah kemampuan interaksi dengan smartphone untuk mengaktifkan Chromebook. Dengan fitur ini, Acer Chromebook bisa diaktifkan dari smartphone atau hanya mendekatkan smartphone ke sekitar Acer Chromebool. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Settings, scroll sampai ke bawah kemudian klik Show Advanced Settings. Selanjutnya pilih Smartlock for Chrome lalu klik Setup. Masukkan password Chromebook sesuai dengan account yang didaftarkan lalu klik Find Your Phone. Jika sudah ditemukan, pilih Use This Phone. Syarat penting untuk menggunakan fitur ini adalah, baik Acer Chromebook maupun smartphone, harus menggunakan account yang sama.

a

Nah, sudah sangat jelas apa saja keunggulan Acer Chromebook yang bisa kamu manfaatkan untuk   pekerjaan sehari-hari. Informasi produk Chromebook lainnya juga bisa kamu temukan dengan mudah di website resmi acerid.com.  Tunggu apa lagi, spAcer, gunakan Acer Chromebook mulai dari sekarang!

Related Article

4 Responses to 11 Keunggulan Acer Chromebook

 

  1. Azis R. Pratama says:

    Dear Acer, kalau di Jogjakarta saya bisa beli produk tersebut dimana ya? Matur Nuwun. Sukses terus Acer 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Azis, untuk saat ini Acer Indonesia tidak memasarkan Chromebook secara retail (satuan). Bila tertarik melakukan pembelian Chromebook secara commercial/project, silakan menghubungi Contact Center 1500155 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  2. willy says:

    keren, udah fitur keren-keren harganya pun ramah , i love acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Willy, terima kasih atas feedback positif yang kamu berikan ya, salam spAcer :).

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved