Inilah Startup Pemenang Tahapan Hacksprint di Jakarta!

Jakarta menjadi kota pertama yang memulai Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital.  Hingga saat ini, Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital Jakarta yang didukung penuh oleh Acer sebagai Official Technology Partner di event ini sudah menyelesaikan tahapan Hacksprint yang merupakan bagian dari tahapan Hackathon.

Hacksprint adalah versi baru dari Hackathon yang dikemas lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan metode design sprint. Para peserta tak hanya dituntut membuat prototipe dari ide produk startup digitalnya, melainkan diarahkan untuk memiliki partner yang memiliki visi sama untuk saling melengkapi dalam membangun startup-nya. Partner tersebut harus memiliki peran sebagai hustler (marketing), hacker (developer), dan hipster (desain grafis).

Baca juga: Tiga Karakter Penting dalam Startup: Hustler, Hipster, dan Hacker

Para peserta kemudian melakukan pitching di hadapan juri yang terdiri dari Alamanda Shantika (Chief of Activist FemaleDev), Aria Rajasa (Founder Tees.co.id), Aulia Masna (Tech Journalist), Dian Wulandari (Chief Operations Marketeers), Herbet Ang (President Director Acer Indonesia), Rama Notowidigdo (Chief of Product Go-Jek) dan Sanny Gaddafi (CEO 8Villages).

Tiga ide startup terbaik akan mendapat reward berupa Acer Chromebook 14 for Work. Berikut tiga startup pemenang tahapan Hacksprint Jakarta:

 

Acerleration G1000 Hacksprint

Foto: Dokumentasi pribadi Gerakan 1,000 Startup Digital

Juara 1: Monicca

Penasihat keuangan digital yang memberikan nasihat keuangan pribadi secara optimal berdasarkan algoritma yang dapat diakses semua orang, itulah aplikasi yang ingin dibuat oleh Monicca. Melalui Monicca, user dapat mewujudkan tujuan keuangannya sesuai dengan kondisi keuangannya, seperti persiapan dana pendidikan anak dan investasi umum, misalnya persiapan dana menikah dan liburan.

 

Acerleration G1000 Hacksprint

Foto: Dokumentasi pribadi Gerakan 1,000 Startup Digital

Juara 2: Roo!

Roo membuat platform cerdas yang membantu orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak. Kata ‘Roo’ sendiri diambil dari metode kesehatan Kangaroo, yaitu ketika induk kangguru menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayinya. Melalui platform ini, orangtua juga dapat mengetahui kapan dan berapa kali imunisasi yang harus diberikan kepada anak mereka melalui data yang tersedia.

Acerleration G1000 Hacksprint

Foto: Dokumentasi pribadi Gerakan 1,000 Startup Digital

Juara 3: Q-line

Q-line melihat banyaknya waktu yang dihabiskan saat menunggu dalam antrian. Maka, mereka menciptakan platform yang membantu user untuk mengetahui kondisi antrian rumah sakit dan mem-booking dokter lebih cepat. Aplikasi ini membantu masyarakat dapat memantau antrian di rumah sakit dari ponselnya, karena biasanya salah satu permasalahan saat check up ke rumah sakit adalah antrian yang terlalu ribet dan lama.

Sekadar informasi, Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital memiliki lima tahapan yang harus dilakukan setiap peserta. Tahapan sebelum Hacksprint adalah tahapan Ignition dan Workshop. Ignition adalan sebutan untuk tahapan awal dalam Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital. Bentuknya berupa seminar entrepreneurship yang diisi oleh para narasumber berpengalaman di dunia startup digital.

Baca juga: Acerleration Mendukung “Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital”

Para peserta dari tahap Ignition kemudian disaring agar dapat masuk ke tahap Workshop. Di tahapan ini, peserta akan dibekali materi tentang desain, target pasar, dan model bisnis yang  dibutuhkan dalam membuat startup digital. Setelah lolos, barulah peserta masuk ke tahap Hacksprint. Peserta yang lolos dari tahap Hacksprint kemudian masuk ke dalam tahap Bootcamp yang nantinya platform sudah dalam bentuk BETA, berikut strategi pemasarannya. Lalu, hal tersebut dipresentasikan kepada calon investor, media, dan publik. Terakhir ada tahapan Inkubasi, yaitu para peserta akan dibina selama tiga bulan untuk mempersiapkan peluncuran platform di pasaran. Dukung dan ikuti terus kegiatan Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital, yuk! Stay tuned di Acerleration.com dan kunjungi juga website Gerakan Nasional 1,000 Startup Digital.

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved