5 Komposisi Dasar Menghasilkan Foto Berkualitas

Meningkatnya popularitas Instagram sebagai platform untuk berbagi foto dengan cara yang mudah membuat semua orang tertarik mendalami bidang fotografi. Mereka, bahkan mungkin juga kamu, ingin menampilkan foto semenarik mungkin pada akun Instagram demi menciptakan feed yang sedap dipandang. Nah, spAcer bisa menerapkan lima komposisi dasar di bawah ini untuk menghasilkan foto berkualitas.

Rule of Third

Komposisi Rule Of Third bisa kamu gunakan dengan membagi foto dalam frame menjadi sembilan kotak berukuran sama, yakni menggunakan dua garis vertikal dan dua garis horizontal untuk mempertemukan empat titik. Kamu bisa menempatkan fokus utama pada salah satu titik tersebut. Komposisi Rule Of Third akan membuat foto kamu terlihat lebih atraktif. Tidak perlu repot-repot membayangkan garis imajiner pada foto kamu. Mayoritas kamera, baik untuk profesional maupun yang terpasang di smartphone, sudah memiliki fitur Grid untuk memunculkan garis Rule Of Third.

aa

Baca juga : Wow! Gratis Nonton IEM di Korea dari IEM Sweepstake 2016!

Mengisi Frame

Mengisi frame foto dengan objek berukuran besar atau hanya menyisakan sedikit space dapat menjadi tips yang efektif untuk membuat hasil jepretan kamu terlihat oke. Komposisi ini bisa membantu kamu untuk benar-benar fokus pada objek utama dalam foto tanpa adanya distraksi. Kamu juga bisa mengeksplor berbagai detail pada objek foto yang tidak mungkin terlihat jika memotret dari jarak jauh. Pada beberapa kasus, terkadang komposisi ini mengharuskan kamu untuk nge-crop foto, tetapi hal tersebut justru bisa membantu kamu dalam menghasilkan foto yang original dengan komposisi menarik.

Leading Lines

Secara alami, mata manusia akan bergerak mengikuti garis. Nah, leading lines akan menuntun viewers menuju pandangan tertentu pada foto kamu. Jadi, kalau ingin memfokuskan perhatian pada elemen penting tertentu, leading lines adalah komposisi yang harus kamu terapkan. Menariknya, leading lines tidak hanya terbatas pada garis-garis lurus, tetapi juga garis-garis melengkung atau berkelok-kelok. Tantangannya terletak pada pengambilan foto karena sering kali kamu diharuskan untuk berbaring atau mendatangi sudut-sudut terpencil demi bisa menangkap foto dengan leading lines yang sempurna.

Baca juga : Acer Indonesia Raih ICSA 2016 Selama 9 Tahun Berturut-turut

Simetris

Banyak tips fotografi yang tidak menganjurkan kamu untuk meletakkan objek utama di bagian tengah karena hal tersebut hanya memunculkan kesan statis dan membosankan. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan bagian tengah sebagai titik simetris foto kamu, baik dalam bentuk square atau landscape. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa meletakkan titik simetris pada bagian pinggir foto. Jika merasa kesusahan, gunakan saja fitur Grid untuk membantu kamu menemukan titik atau garis simetris yang tepat melalui komposisi Rule Of Third.

cc

Garis Diagonal

Apabila garis horizontal memberikan kesan tenang dan garis vertikal menciptakan kesan stabil, maka garis diagonal akan memberi kesan dinamis dan dramatis pada foto kamu. Garis diagonal ini bisa mengacu pada benda atau objek foto apapun yang berbentuk diagonal. Biasanya, komposisi garis diagonal sering diterapkan dalam pengambilan foto arsitektur atau cityscape. Caranya, kamu bisa menggunakan teknik “dutch tilt”, yakni memiringkan kamera pada satu sisi sehingga objek yang semula vertikal atau horizontal akan terlihat diagonal.

ee

Penerapan lima komposisi di atas juga harus ditunjang dengan kamera yang kamu gunakan, spAcer. Ada smartphone buatan Acer dengan kualitas kamera yang akan memaksimalkan aktivitas fotografi kamu, yaitu Acer Liquid X1 yang dilengkapi kamera 13MP dan bukaan lensa (aperture) f/1.8. Jadi, meskipun kondisi cahaya di tempat tertentu kurang memadai, kamu masih bisa mengambil foto dengan kualitas yang oke!

ff

Tunggu apa lagi? Perdalam teknik kemampuan fotografi kamu dengan menggunakan smartphone Acer Liquid X1,ya!

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Apa Itu IoT?

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved