10 Tips Menaklukkan Data Excel

Mungkin biasanya spAcer cuma tahu kalau Excel bisa digunakan untuk membantu menghitung dan membuat tabel warna-warni. Padahal nih, ada hal-hal kecil yang bisa berefek besar di file Excel spAcer.

10-tips-excel-filter

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

  1. Filter

Kalau datanya bisa dihitung jari, mencari yang diinginkan mudah saja. Tapi gimana dengan puluhan, ratusan, bahkan ribuan data? Nah, waktunya berteman dengan “Data” tab.

Ketik nama di kolom (misal: nama depan, jenis kelamin, golongan darah) >Klik “Data” tab >Pilih “Filter”. Hasilnya akan muncul kotak dengan anak panah pada setiap nama di kolom.

Bila spAcer mengklik anak panah tersebut, spAcer bisa memilih urutan berdasarkan abjad urut depan atau belakang, dari nomor paling kecil atau besar. Fungsi Filter juga memungkinkan spAcer melihat data tertentu saja (misal: hanya data bergolongan darah O saja).

Bisa diterapkan di: Excel 2007 dan Excel 2010

  1. Tangkap Si Blanks

Ingin menyortir data yang kosong untuk dihapus atau diisi? Gunakan cara no. 1 sampai muncul anak panah pada setiap nama kolom. Klik anak panah di salah satu kolom yang ingin kamu Filter >Untick “Select All” >Pilih “(Blanks)” >Klik Ok.

Bisa diterapkan di: Excel 2007 dan Excel 2010

Baca juga: Chromebook 14 for Work (CP5-471): Laptop Acer Stylish dan Powerful Besutan Google

  1. Tambah Kolom atau Baris Baru

Setelah mengetik ke barisan sekian, spAcer baru sadar kalau ada satu data yang terlewat. Kalau mengetik dari awal pasti akan buang waktu banget. Jadi, cukup highlight pada baris atau kolom yang sudah ada >Klik kanan >Pilih “Insert”.

Bisa diterapkan di: Excel 2007 dan Excel 2010

Pages:   1 2 3   Next

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved