Belajar jadi Penulis dengan Cara Ini

Pepatah “Buku adalah jendela dunia,” merupakan satu dari banyak pepatah yang masih terbukti sampai saat ini. Pasalnya, hanya dengan membaca buku, kamu bisa mengetahui seluk beluk dunia. Tak hanya itu, buku juga kerap dijadikan simbol eksistensi seseorang. Buku yang merupakan isi pemikiran sang penulis dianggap dapat memberikan pengaruh besar bagi para pembaca. Maka, tak jarang tokoh-tokoh besar mempublikasikan sebuah buku sebagai karyanya. Sederet tokoh mulai dari B.J Habibie, Bung Hatta, bahkan tokoh perempuan R.A Kartini pun meninggalkan ‘warisan’ dalam bukunya.

Arti sebuah buku yang begitu besar bagi banyak orang, akhirnya membuat buku serta para penulis patut untuk diapresiasi. Kini, setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia, yang bertujuan untuk memupuk budaya menulis bagi anak bangsa. Jika spAcer sadar memiliki passion menulis dan tertarik untuk menghasilkan karya-karya lewat tulisanmu, yuk, cari tau kiat-kiat agar kamu semakin piawai dalam menulis.

1. Mulai menulis cerita pendek atau artikel

gettyimage-Mulai-menulis-cerita-pendek-atau-artikel

Memiliki keinginan untuk menghasilkan sebuah buku tentunya merupakan impian yang sangat mulia untuk dicapai, namun untuk meraihnya tentu tak mudah. Selain harus memiliki konsep yang matang, spAcer tentunya juga harus mahir dalam merangkai tulisan. Untuk melihat kemampuan menulis, kamu bisa memulainya dengan membuat cerita pendek ataupun artikel. Dengan begitu kemampuan tulisanmu akan semakin terlatih dan tentunya semakin baik.

2. Buatlah tulisan minimal 1 judul setiap hari

gettyimage-Belajar-jadi-Penulis-dengan-Cara-Ini
Kemampuan menulis akan semakin baik jika didukung dengan banyaknya kosakata yang kamu kuasai. Untuk terus menambah kamus kosakata yang spAcer punya, kamu harus terbiasa menulis dan membaca. Cobalah untuk rutin menulis dan membaca setiap harinya, dengan begitu kamu akan dipaksa untuk menerima berbagai kosakata maupun konsep tulisan. Dengan rutin menulis, kamu pun akan terbiasa menyusun dan merangkai kata menjadi sebuah tulisan utuh.

3. Jangan terpaku dengan teknis

gettyimages-Jangan-terpaku-dengan-teknis

Kebanyakan spAcer mungkin menyerah saat menulis karena merasa tulisannya jelek atau berbeda dengan tulisan pada umumnya. Padahal, tidak ada aturan tetap dalam tulisan, lho! Sebagai penulis kamu bebas menentukan gaya apa yang ingin kamu tampilkan dalam karya tulisanmu, namun tetap harus berpaku pada etika penulisan, ya. Pasalnya, jika terus terpaku pada teknis yang ada, kamu justru akan membatasi imajinasi serta keunikan yang kamu miliki.

4. Tulislah tentang pengalaman pribadi

gettyimage-Tulislah-tentang-pengalaman-pribadi

Memikirkan hal apa yang sebaiknya ditulis tentu tidak akan ada habisnya, untuk itu akan lebih baik jika kamu memulainya dengan kisah pengalaman pribadimu. Pengalaman yang spAcer punya tentunya tidak sedikit, dari sanalah ide-ide lainnya akan mulai bermunculan. Pengalaman yang kamu punya tentunya bisa kamu kemas ke berbagai cara, mulai dari menjadikannya sebagai kisah pengalaman dalam blog pribadi, artikel, bahkan novel.

5. Cari tempat menarik untuk menulis

gettyimage-Cari-tempat-menarik-untuk-menulis

Menghasilkan tulisan yang bagus tentu bukanlah perkara mudah, pasalnya kamu harus mampu membuat ide menjadi sebuah alur tulisan mengasyikan sehingga pembaca pun akan terus tertarik membaca tulisanmu. Untuk itu, kamu butuh tempat yang bisa membuatmu tetap berpikir jernih dan terus menghasilkan ide-ide menarik. Saat menulis ada baiknya kamu tidak diam di satu tempat, berkelana ke berbagai tempat amat baik untuk membuka imajinasi dan juga ide-idemu.

Selain faktor-faktor di atas, tentunya spAcer juga membutuhkan sebuah perangkat yang akan mendukung kegiatan menulis kamu. Acer Aspire E15 (E5-573) yang memiliki dengan performa mumpuni pastinya bisa menjadi pilihan yang paling cocok untuk mendukung kegiatan tulis-menulismu. Berbeda dengan kebanyakan laptop lain di kelasnya, Aspire E15 (E5-573) memiliki area keyboard yang lebih luas untuk mengetik tulisan dengan lebih leluasa. Bahkan, keyboard Aspire E15 (E5-573) telah dilengkapi dengan numeric pad layaknya keyboard PC, agar spAcer dapat mengetik dengan lebih cepat dan efisien.

Dengan Aspire E15 (E5-573), spAcer kini tak perlu khawatir dan merasa lelah saat harus mengetik dalam waktu lama. Laptop yang memiliki ukuran layar besar, yaitu 15,6 inci full HD (1920×1080), ini telah didukung teknologi Acer Bluelight Shield Technology. Dengan kualitas gambar laptop yang lebih tajam, jernih dan kaya warna, teknologi ini bisa mencegah terjadinya risiko mata lelah dan kering. Selain itu, laptop Acer ini juga memudahkan kamu untuk charging smartphone tanpa harus membawa charger-annya. Adanya fitur power-off USB charging yang dimiliki Aspire E15 (E5-573) memungkinkan laptop ini menjadi power bank!

Jadi sekarang, pastikan kegiatan menulismu lebih menyenangkan dengan Aspire E15 (E5-573), ya! Selain fitur dan spek mumpuni yang akan mendukung kegiatan menulismu, penampilanmu akan semakin keren berkat tampilan cover Aspire E15 (E5-573) yang hadir dalam tiga varian warna, yaitu Charcoal Gray, Cotton White, dan Rosewood Red. Pas banget Aspire E15 (E5-573) dimiliki oleh anak muda yang aktif seperti spAcer?

CPU Intel® Core™ i3-5005U (3MB Cache, 2.0GHz)
Operating System Windows 8.1 Home
Storage

●      HDD: 500GB , 5400 RPM

●      DVD-Super Multi double-layer drive (M-DISC ReadyTM Drive)

Memory

●      4GB of DDR3L system memory

●      Upgradable to 16 GB using 2 soDIMM modules

Graphic Intel™ HD Graphics 5500
Camera Acer Crystal Eye HD webcam
Display

Non-Touch:

15“, Full HD 1920×1080, 16:9 aspect ratio, LED-backlit TFT LCD

Wireless & Networking

●     802/11 b/g/n

●     Bluetooth 4.0

●     Gigabit Ethernet

Input & Output

 

●     SD™ Card reader

●     Headphone/speaker jack

●     2 x USB 3.0 ports (one support power-off charging)

●     1 x USB 2.0 port

●     HDMI® port with HDCP support

●     External display (VGA) port

●     DC-in jack for AC adapter

●     Kensington lock slot

Power & Battery

●     3-pin 65 W AC adapter

●     Battery capacity: 37 Wh, 4-cell Li-ion

●     Battery life: up to 5 hours

Dimensions & Weight

●     Dimensions: 381,6 (W) x 256 (D) x 24,9/29,2 (H) mm

●     Weight: 2,4 kg

Color Option Charcoal Gray, Rosewood Red & Cotton White

 

Related Article

4 Responses to Belajar jadi Penulis dengan Cara Ini

 

  1. Ari says:

    Untuk tipe aspire e5 573 yg menggunakan i5 apa sudah ada.
    Dan apa sdh ada di indonesia.
    Terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ari, maaf saat ini tidak tersedia varian Aspire E5-573 dengan prosesor Intel Core i5. 🙂

  2. Ari says:

    Yg pkai i5 ada

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ari, bisa diinformasikan kembali tipe notebook Acer yang kamu tanyakan lebih lengkap lagi ?

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved