Jadikan Smartphone Sebagai Modem, Gampang Kok!

Bekerja di luar kantor memang menyenangkan. Sayangnya, terkadang terkendala di masalah internet untuk tetap bisa berkoordinasi dengan rekan kerja lain yang berada di dalam kantor maupun klien. Namun, di jaman serba canggih ini, apapun masalahnya bisa diatasi. Jika dulu, internet hanya menjadi monopoli pihak warnet, kini siapapun bisa menikmati internet dengan sangat mudah!

Saat dibutuhkan, ponsel pintarmu bisa dijadikan modem untuk membuat laptop atau notebook tersambung dengan internet. Sharing koneksi internet atau dikenal dengan istilah dengan tethering, memang mempermudah spAcer untuk mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa melakukannya melalui wireless, Bluetooth dan koneksi fisik seperti kabel USB. Ketiganya pun dapat diakses dengan cara yang gampang.

  • Portable Wi-Fi

gettyimage-portable-wifi2

Berbagai jenis platform sistem operasi banyak yang mendukung fitur Wi-Fi tethering ini. Dari iOS, Android hingga Windows Phone bisa menggunakan fungsi tersebut. Caranya, sebagai berikut.

  1. Dari menu Setting di perangkat mobile > Wireless and Network > Pilih More Settings.
  2. Kemudian, dari menu Tethering and Mobile Hotspot > Pilih Mobile Hotspot. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan hotspot smartphone menjadi modem.
  3. SpAcer dapat men-setting atau setup nama SSID beserta password-nya agar tidak dicuri orang.
  4. Cek laptop, lalu nyalakan Wi-Fi. Dari menu Start > klik Control Panel.
  5. Klik Network and Internet > Add a wireless to the network.
  6. Atau, lihat taskbar yang berada di bawah kanan laptop. Klik icon gambar sinyal, maka akan muncul berbagai nama SSID yang terdeteksi di sekitarmu.
  7. Pilih network SSID dari smartphone-mu, lalu masukkan password-nya.
  8. Tethering berhasil! Segera buka browser di laptop, dan selamat menjelajah.
  • Bluetooth Wi-Fi

gettyimage-Bluetooth1-Wi-Fi

Bluetooth tethering ini dianggap lebih efisien dibandingkan portable Wi-Fi yang terkadang sinyalnya tidak stabil. Cara menggunakannya juga mudah kok.

  1. Aktifkan Bluetooth di perangkat mobile.
  2. Dari menu Setting > Wireless and Network > Pilih More Settings.
  3. Kemudian, dari menu Tethering and Mobile Hotspot > Lalu aktifkan Bluetooth tethering.
  4. Cek laptop, segera aktikan Bluetooth.
  5. Selanjutnya, hubungkan ponsel dengan laptop atau notebook yang akan diberikan koneksi internet via Bluetooth layaknya mentransfer file.
  6. SpAcer dapat mengakses koneksi internet dari perangkat mobile-mu seperti jaringan WiFi biasa. Cek laptop, Klik Start > Control Panel > Pilih Device and Printers.
  7. Klik Add a Device > Pilih SSID dari perangkat mobile spAcer lalu klik Next.
  8. Atau, lihat taskbar yang berada di bawah kanan laptop. Klik icon gambar sinyal, maka akan muncul berbagai nama SSID yang terdeteksi di sekitarmu.
  9. Pilih network SSID dari smartphone-mu, lalu masukkan password-nya.
  10. Tethering berhasil! Segera buka browser di laptop, dan selamat menjelajah.
  • Kabel USB Wi-Fi

gettyimage-Usb-wifi

Metode kabel tentu saja lebih stabil dan secure dibandingkan Wi-Fi maupun Bluetooth. Benefit lainnya, spAcer bisa sekaligus men-charging perangkat mobile-mu.

  1. Sambungkan perangkat mobile spAcer ke perangkat lain menggunakan kabel USB.
  2. Akan muncul ikon USB dan pemberitahuan bahwa telah tersambung sebagai perangkat media atau tersambung sebagai kamera di atas layar. Untuk tethering, jenis sambungan tidak berpengaruh.
  3. Dari menu Setting di perangkat mobile > Klik Wireless and Network > Pilih More Settings.
  4. Kemudian, dari menu Tethering and Mobile Hotspot > Pilih USB Tethering.
  5. Cek laptop, Klik Start > Control Panel > Pilih Device and Printers
  6. Klik Add a Device > Pilih SSID dari perangkat mobile spAcer lalu klik Next
  7. Atau, lihat taskbar yang berada di bawah kanan laptop. Klik icon gambar sinyal, maka akan muncul berbagai nama SSID yang terdeteksi di sekitarmu.
  8. Pilih network SSID dari smartphone-mu, lalu masukkan password-nya.
  9. Tethering berhasil! Segera buka browser di laptop, dan selamat menjelajah.

Yuk, rasakan kenyamanan saat melakukan tethering lebih baik dengan Acer Liquid Z330. Smartphone 4G LTE Acer ini mampu memberikan koneksi mobile internet lebih cepat dan lebih stabil dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan Liquid Z330, spAcer bisa puas browsing, video call hingga main game online tanpa terputus di tengah jalan. Jadi, kamu nggak perlu pusing-pusing lagi deh sekarang. Tinggal buka Acer Liquid Z330-mu untukĀ  tethering, kamu bisa berselancar sesukamu. Asalkan ada kuota internet, semua hal menjadi mudah!

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved