Yuk, Update Sendiri Windows Kamu!

Seperti yang spAcer ketahui, Windows 10 secara resmi sudah diluncurkan pada Juli lalu. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini memiliki fitur dan kinerja yang lebih baik daripada Windows 7 maupun 8.1. Makanya, tak heran banyak user Windows 7 dan 8.1  yang ingin segera menikmati keunggulan Windows 10.

Bagi spAcer yang berencana untuk upgrade Windows 10, caranya nggak sulit kalau kamu dulu rajin meng-update Windows. Namun sebelum memulai, pastikan koneksi internet sudah terpasang dan dapat berjalan dengan stabil dan cepat. Kecepatan internet ini penting karena menentukan seberapa lama proses download file upgrade Windows 10 berlangsung. Selain itu, persiapkan pula waktu sebab upgrade Windows 10 memakan waktu yang cukup lama. Terakhir, untuk mencegah kehilangan data penting di PC ataupun notebook, pastikan untuk back up data semua file pentingmu terlebih dahulu.

Untuk membuat transisi ini terasa mudah bagi semua orang, berikut panduan menginstal Windows 10 pada PC maupun notebook.  Selamat mencoba!

Pertama, download gratis melalui Windows Update

Update-Sendiri-Windows-Kamu-CD

Tak dapat notifikasi update Windows 10?  Jika spAcer tak mengaktifkan fitur update otomatis, notifikasi untuk update Windows 10 tidak akan muncul. Namun, jangan khawatir. Bagi spAcer yang menggunakan Windows 7 dan 8.1, kamu bisa langsung meng-update Windows 10 secara gratis melalui Windows Update. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows > lalu ketik Windows Update di kolom search > Windows Update
  2. Atau, dari menu Control Panel > System and Security > Windows Update.
  3. Setelah muncul jendela Windows Update > Check for Updates. Tunggu beberapa saat hingga proses pemeriksaan update selesai.
  4. Jika update Windows 10 tersedia, maka akan muncul jendela Windows Update. Klik Get Started untuk memulai upgrade ke Windows 10.
  5. Tunggu proses download Windows 10 hingga selesai. Jangan lupa untuk mempersiapkan space memori karena download file Windows 10 memiliki ukuran 2,7 GB.
  6. Proses upgrade dilanjutkan dengan Preparing for Installation. Klik Accept untuk melanjutkan.
  7. Proses selanjutnya adalah Preparing for the Upgrade. Kemudian akan muncul kotak dialog, klik Start the Upgrade Now. Proses upgrade Windows 7 / 8.1 ke Windows 10 akan segera dimulai.
  8. Jika sukses, PC atau notebook spAcer akan melakukan reboot secara otomatis.
  9. Setelah di-reboot, akan muncul tampilan layar berwarna hitam dengan tulisan “Upgrading Windows”. Hal ini menandalan bahwa proses update sedang berlangsung. Tunggu hingga proses selesai.
  10. Setelah proses upgrade selesai, akan muncul beberapa instruksi. Klik Next untuk melanjutkan.
  11. Kemudian, login dengan username dan password sistem operasi Windows sebelumnya.
  12. Terakhir, akan ada proses “Setting up your apps”. Tunggu beberapa saat hingga akhirnya proses upgrade Windows 7/8.1 ke Windows 10 telah sukses.
  13. Windows 10 bisa dapat digunakan!

Kedua, download file ISO Windows 10 menggunakan Media Creation Tools

Update-Sendiri-Windows-Kamu-CD2

 

  • Instal langsung di PC atau notebook-mu

 

Bagi spAcer yang ingin men-download menggunakan file ISO Windows 10, gunakanlah Media Creation Tool. Selain mampu men-download dengan cepat, Media Creation Tool ini juga built in dengan USB dan DVD. Oleh karena itu, silahkan untuk download software Media Creation Tool di official web Microsoft terlebih dahulu.

  1. Setelah sukses terinstal, gunakan Media Creation Tool untuk memilih sistem operasi yang sesuai dengan PC atau notebook-mu. Ada dua versi OS yang ditawarkan, yakni versi 32 bit dan 64 bit. Untuk menentukan sistem operasi Windows mana yang spAcer miliki, klik Start > Control Panel > System and Security > System > System Type.
  2. Selanjutnya, spAcer akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu upgrade sekarang atau membuat media instalasi. Pilih Upgrade This PC Now jika ingin menginstal di PC ataupun notebook milikmu.
  3. Lalu muncul Licence terms. Klik Accept untuk menyetujui lisensi tersebut.
  4. Klik Instal untuk melanjutkan proses download Windows 10.
  5. Proses instal Windows 10 akan langsung berjalan. Jika sudah selesai, proses verifikasi dan pembuatan media instalasi Windows 10 akan dilanjutkan secara otomatis.
  6. Tunggu hingga beberapa saat hingga Windows 10 sudah berhasil terinstal dengan sempurna.

 

  • Instal Windows 10 di PC atau notebook lain

Update-Sendiri-Windows-Kamu-CD3

 

Jika koneksi internet spAcer lelet, Microsoft menyedikan file ISO Windows 10 yang dapat diakses melalui situs Microsoft. Syaratnya, spAcer harus memiliki kode lisensi resmi dari Windows 7 atau 8.1 yang digunakan.

  1. Masih menggunakan Media Creation Tool, pilih OS yang akan digunakan, yaitu antara versi 32 bit atau 64 bit.
  2. Jika spAcer ingin menginstal Windows 10 di PC atau notebook lain, pilih Create Installation Media for Another PC.
  3. Setelah itu, tentukan jenis bahasa yang akan digunakan, edisi Windows yang akan diinstal dan bit dari OS Windows 10 yang ingin di-download. Klik Next untuk melanjutkan.
  4. Tentukan media penyimpanan yang akan digunakan. Windows memberikan dua alternatif, yaitu USB flash disk dan DVD. Jika memilih flash disk, segera colokkan USB ke PC atau notebook-mu, lalu pilih USB flash drive. Pastikan USB-mu memiliki space memori minimal 6GB. Jika akan menggunakan DVD, pilih ISO File. Klik Next untuk memulai proses pengunduhan file instalasi akan dimulai.
  5. Setelah proses download file ISO Windows 10 selesai, file ISO Windows 10 siap digunakan. Proses selanjutnya adalah melakukan instalasi Windows 10 di notebook atau PC-mu.

Sebelumnya pastikan dulu koneksi internet kamu stabil dan kuota internet  mencukupi ya untuk upgrade Windows 10! Demikian informasi cara meng-upgrade Windows 10. Semoga bermanfaat buat spAcer.

Related Article

30 Responses to Yuk, Update Sendiri Windows Kamu!

 

  1. abdul says:

    kalo notebook aspire E1, support win 10 ga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Abdul, Aspire E1 tipe berapa yang kamu maksudkan?

  2. danikian says:

    kalau laptop acer aspire 4736z 32-bit bisa di upgrade ke windows 10 64-bit????
    terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Danikian, kamu bisa menggunakan Windows 10 64-bit untuk Aspire 4736Z. 🙂

  3. Hosting says:

    Mas, klo di laptop ane ada logo start Windows terus klo ane lihat namanya Update to Windows 10 itu asli ga ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hosting, bisa diinformasikan 22 digit serial number (SN) yang tertera pada bagian bawah laptop tersebut?

  4. fadlan.pramatana says:

    apakah acer E5-473G core i5 bisa di upgrade ke windows 10? terima kasih banyak

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fadlan, Aspire E5-473G upgradeable OS Windows 10 64-bit.

      1. Anisa says:

        Dr. Acer laptop acer Aspire E1-410 bisa up ke win 10.kalo gagal gimna?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Anisa, Aspire E1-410 support dengan OS Windows 10, kami sarankan untuk menggunakan OS Windows yang berlisensi resmi agar tidak terjadi kendala pada saat proses install.

  5. fadlan.pramatana says:

    Acer saya E5-473G apakah bisa upgrade windows 10? Karena sudah saya coba di instal ulang dr win 8 ke 10 tidak bisa

    1. Dr. Acer says:

      Hai Fadlan, Aspire E5-473G sudah compatible menggunakan OS Windows 10. Bisa diinfokan lebih detil problem yang kamu alami?

  6. Benaya says:

    min mau nanya dong, ACER V5 471G dengan procie I53337U pake ram tipe apa? DDR3 atau DDR3L? dan maksimal bisa diupgrade sampai brp GB?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Benaya, Aspire V5-471 support untuk RAM hingga 8GB DDR3 1666MHz/PC3-12800 🙂

  7. rivel says:

    om….kalau acer timeline X 1830T bisa di upgrade windows 10 gk…?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rivel, Timeline 1830T belum support menggunakan OS Windows 10.

  8. Edy says:

    Pada saat update ke win10,jika ada software bajakan apakah akan terdeteksi oleh microsoft dan bisa timbul konflik pada software bajakan tsb?. Tks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edy, Microsoft tidak mendeteksi keaslian software lainnya.

  9. Angel says:

    Dr Acer, apakah setelah upgrade ke win 10, software2 yg sudah saya instal sebelumnya (misal: office,firefox,dll) akan terhapus? terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Angel, aplikasi yang sudah teinstal tidak akan hilang setelah selesai melakukan upgrade ke Windows 10.

  10. habib says:

    saya punya acer aspire 4530 windowa 8.1 pro RAM 4 Gb.. masih mumpuni ga upgrade ke win 10.. thx.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Habib, kamu bisa lihat minimum system requirement dari OS tersebut, lalu bandingkan dengan spesifikasi hardware laptop kamu 🙂

  11. rakha fauzi says:

    dok kalau notebook acer ao756 bisa upgrade ke windows 10 gak ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rakha, kamu bisa saja menginstallnya dengan Windows 10. Driver akan terupdate secara otomatis setelah instalasi Windows selesai. 🙂

  12. Dian says:

    Gan Mau tanya dong harga service laptop acer aspire E1-471 ganti Speaker sama Wifi Internal Kena berapa ya??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dian, standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, silahkan hubungi Acer Contact Center di 1500-155 pada hari dan jam
      kerja.

  13. Daffa says:

    Dok kan saya ingin upgrade ke windows 10 terus saya klik jendela windows update di tray ikon tapi kok tanpa saya close jendela itu menutup sendira padahal sudah saya restart beberapa kali {saya pakai Acer ONE 10

    1. Dr. Acer says:

      Dear Daffa, kamu bisa mengikuti langkah-langkah melakukan upgrade OS Windows 10 pada artikel berikut: http://www.acerid.com/2015/09/langkah-upgrade-windows-10-gratis/

  14. I Wayan Windu Sara says:

    Laptop acer apa yang kira-kira bagus untuk mahasiswa untuk buat tugas dan main game seperti pes? harganya kira-kira 5jt-an dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wayan, mungkin kamu bisa pertimbangkan Aspire E5-473 dengan prosesor Intel Core i3 dan VGA Nvidia GeForce GT920M (Rp 5.699.000).

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved