[KerjaItuMain] What You Need For Blogging

Sebenarnya www.bugnanirwana.wordpress.com bukanlah blog pertama saya. Saya pernah membuat sekitar dua hingga tiga blog sebelumnya dengan berbagai nama. Tapi ternyata, beberapa blog tersebut gagal total. Kondisi ini tak lantas langsung menyiutkan nyali saya. Setelah mencari dan mengumpulkan informasi melalui internet, barulah saya tahu bahwa ternyata membuat blog membutuhkan berbagai pengetahuan dan perlengkapan yang tidak sedikit. Kecuali, jika kamu hanya tertarik untuk re-blogging atau copas dari blog tetangga.

Agar menjadi blogger sukses, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Bagi kamu yang tertarik, inilah beberapa tips penting cara membuat blog yang sudah saya rangkum sebelumnya. Hopefully, it could be your reference to start blogging.

  1. Konten. Jika konten yang kamu tulis berkualitas, maka viewers nggak bakal ragu-ragu untuk terus mengunjungi blogmu. Oleh karena itu, isilah blogmu dengan sesuatu yang kamu kuasai atau sukai. Seperti saya yang menyukai dunia beauty and make-up, maka saya mengisinya dengan tips dan trik kecantikan dan tutorial make-up. Satu lagi, jangan lupa untuk terus meng-update blog dengan konten baru, ya.
  1. Platform. Ada dua platform yang paling dikenal dan banyak dipakai di kalangan blogger, yaitu Blogspot dan WordPress. Berdasarkan hasil risetku di internet, WordPress menyediakan lebih banyak tools dan theme gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat blogmu terlihat lebih unik. Selain itu, kebanyakan blogger sukses dan terkenal cenderung menggunakan platform WordPress.
  1. Akun Youtube. Jika kamu suka membuat video seperti saya, kamu pasti membutuhkan Youtube channel. Kamu bisa membangun viewers dari sini, asalkan konten yang kamu buat itu menarik.
  2. Gambar atau foto. Mungkin beberapa gambar untuk keperluan blog bisa kamu ambil dari internet, namun terkadang internet tidak menyediakan gambar yang kamu butuhkan. Mau tak mau kamu harus memproduksi sendiri. Oleh karena itu, you really need some photography and videography tools. 
  • Kamera. Mulai dari smartphone, tablet, kamera poket, maupun a pro DSLR or mirrorless camera, are essentially needed. Pastikan kamera kamu small and compact enough, sehingga tidak memberatkan untuk dibawa kapan saja.

bugna nirwana 3

  • LightingTidak perlu membeli paket lighting untuk studio. Cukup dengan LED lighting tambahan yang bisa kamu pasang di smartphone dan tablet atau a simple video LED lighting yang bisa kamu dapatkan dengan harga cukup terjangkau. Lighting sangat dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang bagus. Sehingga, foto atau video yang kamu buat tidak menjadi noise ataupun pecah.

bugna nirwana 1

  • Tripod (or sometimes monopod). Saya rasa tripod cukup krusial, karena terkadang kamu juga mau eksis di foto yang kamu buat. Nah, kalau blog kamu bertemakan fashion atau beauty, tripod would always needed. Contohnya, jika kamu ingin membuat artikel tentang resep memasak, pasti mau dong ada foto kece kamu sedang berpose waktu memasak atau mungkin sambil memegang hasil masakan tersebut. Dengan tripod, monopod ataupun tongsis, kamu nggak perlu meminta bantuan orang lain saat ingin melakukan selfie atau mengambil gambar OOTD

bunga nirwana 4

  • Alas Foto. Mau hasil fotomu menjadi lebih lucu dan terlihat lebih menarik seperti hasil jepretan para blogger saat me-review produk? Gunakan alas foto yang eye-catching! Alas foto yang lucu ini banyak dijual di online shop dengan harga berkisar antara 70-150 ribu rupiah. Nah, kalau butuhnya hanya satu sih nggak apa-apa. Tapi, masa kamu mau posting foto dengan background yang itu-itu saja? Di sinilah kreativitas kamu dibutuhkan!

bugna nirwana 2

Kamu bisa ganti alas foto tersebut dengan handuk polos, kain bermotif, atau bisa juga dengan DIY alas foto seperti     yang saya buat di bawah ini. Untuk DIY alas foto, modalku hanya mengunduh gambar melalui internet secara      gratis, lalu dicetak dalam ukuran A6 menggunakan art paper di tempat fotocopy terdekat. Ongkos cetak hanya tiga ribu rupiah per lembar. Kalau kamu mau hasil yang lebih awet, cobalah untuk di-laminating doff. Oh yes, it’s so affordable!

  1. PC atau notebook. Ada beberapa alasan mengapa saya menjatuhkan pilihan pada Acer One 10. Selain Acer Indonesia sudah dikenal sebagai produsen notebook yang sangat terpercaya dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, saya juga jatuh cinta dengan spesifikasinya dan harganya yang cukup terjangkau. Hebatnya lagi, notebook hybrid ini memiliki dual camera yang membantu saya dan suami yang sering tugas ke luar kota untuk tetap bisa saling berkomunikasi melalui video call.

bunga nirwana 5

Acer One 10 sudah didukung dengan prosesor Intel Quad-Core Z3735F (up to 1.83 Ghz) dan RAM sebesar 2 GB yang sangat membantu mempermudah pekerjaan saya yang multi-tasking. Plus, Windows 8.1 yang dapat di-upgrade menjadi Windows 10 secara gratis! Selain itu, yang membuat saya senang adalah Acer One 10 memiliki HDD 32 GB + 500 TB yang mampu menyimpan koleksi foto and videoku yang banyak banget! Pokoknya, saya cinta banget deh sama Si ganteng Acer One 10 ini. Kalau kamu belum punya, you better get one for yourself.

  6. Koneksi internet. Saya sendiri lebih memilih menggunakan internet pasca bayar yang terintegras dengan layanan TV kabel. Tetapi, semua pilihan tersebut balik lagi ke kamu. Kamu bisa menggunakan layanan internet yang disediakan oleh provider telepon selularmu yang sesuai dengan kebutuhan dan isi kantongmu.

Nah, bagaimana teman-teman? Ternyata mudah sekali ya untuk membuat sebuah blog. Namun, kamu harus tetap konsisten untuk terus melakukan hal yang kamu cintai. Karena pada gilirannya, all the good and bad will come right back to you. By the way, see you again next time. Jangan lupa untuk mengecek Youtube channel Bugna Nirwana dan follow saya di Facebook, Twitter and Instagram @bugnanirwana, ya. Keep pretty and love yourself.

Baca jugaLemme Take a Selfie!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved