#KerjaItuMain: Mari Ajak Masyarakat Untuk Dukung Gerakan Sosialmu!

Sekilas Tentang Cara Menggalang Dukungan Online Untuk Gerakan Sosial yang Baru Kamu Rintis

kampanye Dance4Life

Gambar di atas adalah peralataan yang saya gunakan untuk kampanye Dance4Life, sebuah rangkaian kegiatan tentang kepedulian pada isu HIV/AIDS yang diselenggarakan serentak di seluruh dunia. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dengan dukungan lintas negara yang cukup masif. Nah, bicara soal dukungan pada gerakan sosial, mungkin kamu pernah mengalami kendala saat menggalang dukungan pada sebuah projek sosial. Seperti cara agar masyarakat bersedia  mendukung petisi komunitasmu hingga masyarakat mau menyumbangkan dana untuk didonasikan pada proyek sosialmu.

Tenang, semua kendala yang kamu temukan ini bisa diminimalisir dengan bantuan kemajuan teknologi masa kini, lho. Nggak percaya? Berikut 4 trik menggalang dukungan online untuk gerakan sosial yang baru dirintis.

  1. Free Website Builders, cara ampuh memperkenalkan gerakan sosialmu 

Wix.com

Seperti penjelasan saya di artikel sebelumnya, website atau laman blog bisa menjadi kanal utama untuk merepresentasikan suatu proyek. Melalui website atau blog, kamu dapat menginformasikan proyek sosial atau kegiatan komunitasmu dengan lebih mudah dan cepat. Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting website secara gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah website. Salah satunya yang cukup dikenal di Indonesia adalah Wix dan Weebly.

Dengan website tersebut, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk pembuatan website dengan melakukan registrasi, memilih tema web dan mengatur isi website secara gratis! Jika kamu menginginkan domain website tersebut terlihat ekslusif, kamu bisa membeli  domain khusus dan mengarahkan nama domain yang telah kamu beli tersebut ke hosting website tujuanmu.

Voila! Website komunitasmu kini sudah bisa dipergunakan tanpa perlu membayar jutaan rupiah. Selanjutnya, kamu bisa membuat laman-laman khusus yang membahas latar belakang hingga ketentuan teknis kampanye sosialmu. Jangan lupa untuk mengarahkan semua link pada jejaring sosial ke laman-laman ini.

  1. Media sosial, cara jitu menjaring perhatian untuk gerakan sosialmu

Gerakan sosial sangatlah bertumpu pada konsep jejaring dan kolaborasi. Nah, media sosial adalah salah satu sarana teknologi yang mendukung konsep kolaborasi tersebut. Setelah kamu berhasil bekerja sama dengan komunitas lain untuk menggalang suatu petisi, pastikan partner kerja komunitasmu turut membantu menyebarkan informasi petisi tersebut.

Caranya bisa dengan membantu retweet tentang live tweet petisi di Twitter, share di laman Facebook, hingga posting e-flyer di jejaring sosial Instagram. Itulah bentuk kolaborasi online yang pastinya akan mempengaruhi jumlah awareness masyarakat terhadap gerakan sosialmu.

  1. Platform digital,  cara cerdas bagi dukungan extra gerakan sosialmu

Change.org

Saat ini, banyak sekali platform digital yang begitu mempermudah kamu dalam menggalang dukungan. Semua platform digital ini sejatinya bisa digunakan semaksimal mungkin. Misalnya untuk menggalang sebuah petisi, kamu kini nggak perlu repot-repot menghampiri satu per satu teman untuk mendapatkan tanda tangannya. Coba cek platform digital www.change.org di mana kamu bisa membuat petisi online untuk menyampaikan kepedulianmu terhadap suatu isu hanya dengan menyebarkan link petisi tersebut agar menjadi viral. Sekali lagi, kombinasikan platform digital ini dengan jejaring partner di jejaring sosial dan integrasikan pula pada website sebagai kanal utama petisimu.

Lantas, bagaimana jika kamu justru membutuhkan dana untuk menjalankan sebuah proyek sosial? Saat ini sudah ada beberapa fundrasing platform for social cause karya anak bangsa, seperti www.kitabisa.com dan www.ayopeduli.com. Untuk memanfaatkan fundraising platform ini, kamu harus melakukan registrasi pada platform tersebut, menjelaskan latar belakang serta rencana kebutuhan donasimu. Setelahnya, orang-orang dari seluruh Indonesia dapat bergabung untuk turut memberi donasi via online. Yup, kamu nggak perlu lagi mendatang setiap pintu rumah untuk meminta sumbangan. Jangan lupa untuk menyebarkan link platform digital yang telah kamu buat lewat media sosial. Tujuannya tentu agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang upaya penggalangan dukungan yang sedang kamu lakukan.

  1. Offline campaign,cara lama yang baik untuk gerakan sosialmu

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah mengintegrasikan semua upaya untuk menggalang dukungan online dengan kegiatan serupa secara offline! Ya, bagaimanapun bertemu langsung dengan masyarakat untuk mendapat dukungan adalah hal penting. Cobalah menyempatkan untuk turun langsung menemui masyarakat, seperti pada saat car free day atau pensi sekolah untuk mendapat dukungan langsung.

Pada kesempatan tersebut, kamu bisa mendapat banyak tanda tangan (bukan tanda tangan versi online) sebagai bentuk dukungan nyata pada gerakan sosialmu. Proses ini tentunya bisa kamu dokumentasikan. Nantinya, hasil dokumentasi ini bisa menjadi konten yang baik untuk website dan media sosial komunitas atau proyek kamu lainnya ke depannya.

Acer One !0 #KerjaItuMain

 

Inilah ke-4 trik yang bisa kamu lakukan dalam menggalang dukungan online untuk gerakan sosial. Semua trik tersebut tentunya membutuhkan dukungan perangkat yang fleksibel dan multitasking, kan? Apalagi jika mengingat kebanyakan proyek sosial yang dilakukan anak muda  menuntut kamu untuk selalu mobile.  Nah, notebook Acer One 10 bisa jadi pilihan yang tepat banget nih.  

Notebook hybrid yang memiliki layar 10,1 inci ini sudah dilengkapi dengan Windows 8.1 yang mampu di-upgrade ke sistem operasi Windows 10. Sementara untuk urusan performa, Acer One 10 didukung Intel Quad-Core Z3735F. Acer juga melengkapinya dengan dukungan Office 365 yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaanku sehari-hari, mulai dari mengedit tulisan, menulis laman blog, mencatat semua kebutuhan proyek sosial, hingga sharing dokumen dengan teman-teman komunitas dengan lebih mudah di mana pun dan kapan pun. Bahkan, kamu juga bisa posting link petisi di media sosial sambil mengedit video hasil terjun langsung ke lapangan kemarin tanpa takut notebook ini menjadi lemotKeren banget, ‘kan?

So, tunggu apalagi? Segera maksimalkan kegiatan proyek sosialmu dengan kemudahan teknologi yang ada saat ini, ya!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved