Tips Mengabadikan Momen Kemerdekaan dengan Smartphone

Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di mana pada tanggal 17 Agustus 2015 kali ini, negara kita sudah terbebas dari penjajah selama tujuh dekade. Tentu saja kita bisa merayakannya dengan memotret momen-momen seru yang hanya terjadi pada hari kemerdekaan yang datang hanya setahun sekali ini.

Saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba, banyak agenda ‘tujuh-belasan’ yang diadakan di seluruh Indonesia. Mulai dari upacara pengibaran bendera sampai lomba-lomba seru yang sayang sekali jika tidak diabadikan keseruannya. Memotret momen-momen tersebut tentunya mudah jika menggunakan kamera professional, namun bagaimana jika menggunakan kamera smartphone?

Bunderan HI Acer

Menurut Johjuda, pendiri komunitas Fotodroid mobile photography, yang juga memiliki passion di bidang fotografi, memotret menggunakan smartphone memiliki kiat-kiat khusus. “Kamera smartphone memiliki sensor yang kecil. Memperhatikan pencahayaan sangat penting dalam mengambil gambar. Mencari komposisi gambar dan memiliki aplikasi photo editor juga diperlukan untuk menghasilkan kualitas foto DSLR hanya dengan menggunakan smartphone.”

“Sering-seringlah memotret, toh kita tidak akan kehabisan film kecuali memori smartphone yang digunakan penuh. Memiliki smartphone dengan memori internal yang besar sangat membantu untuk menyimpan foto-foto yang diambil. Jangan lupa untuk sharing foto di Instagram atau bahkan mencetaknya, hal tersebut berguna untuk mendapatkan masukan dari teman-teman,” tambah Johjuda yang juga seorang penulis blog bertema fotografi.

Berhubung ‘tujuh-belasan’ sudah dekat dan kamu ingin mengabadikan momen-momen seru yang terjadi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Acer memberikan beberapa tipsnya.

  1. Rekam Video Pendek

Kebanyakan smartphone saat ini telah memiliki fitur rekam video. Selain foto, buatlah video pendek saat tim tarik tambang RT kamu sedang berusaha keras melawan tim tarik tambang RT sebelah atau saat temanmu terperosot jatuh saat mengikuti lomba panjat pinang dan upload video pendek tersebut di social media favorit kamu. Putar ulang video tersebut dan tonton bersama teman-teman secara langsung melalui layar smartphone kamu, tambah seru tentunya.

  1. Optimalkan Fitur Kameramu

Untuk menghasilkan foto yang keren, optimalkan fitur bawaan yang dapat mempermudah kamu dalam mengambil gambar. Voice camera control pada Acer Liquid Z520 misalnya, akan mempermudah kamu dalam mengambil gambar hanya dengan perintah suara tanpa perlu menekan tombol yang ada pada layar smartphone. Tinggal teriak “cheese!”, dan foto wefie kamu bersama teman-teman tim tarik tambang secara otomatis akan terambil. Gunakan autofocus pada Acer Liquid Z220 untuk mendapatkan fokus terbaik saat si dia sedang sibuk menghabiskan kerupuk dalam lomba makan kerupuk dan lampu flash jika pencahayaan agak redup.

 

 

  1. Share Dengan Emoticon atau Sticker Lucu

Share hasil foto kamu bersama teman-teman kamu melalui grup chat dengan sticker bertemakan ‘tujuh-belasan’ yang biasanya telah tersedia di instant messaging favorit kamu. Dijamin teman-teman kamu akan tertawa ceria melihatnya dan kamu akan semakin eksis.

 

  1. Simpan di Internal Memori, Micro SD atau Acer BYOC

Simpan hasil foto-foto ‘tujuh-belasan’ ke dalam micro SD card jika kamu merasa memori internal smartphone kamu tidak cukup untuk menampungnya. Masih kurang juga sehingga muncul peringatan “memory full” pada micro SD card kamu? Simpan foto-foto kamu di cloud storage seperti Acer Build Your Own Cloud (BYOC) dan foto-foto tersebut juga akan muncul di notebook atau tablet PC Acer lainnya yang kamu miliki tanpa perlu repot-repot memindahkan dengan menggunakan kabel USB.

 

  1. Siarkan secara langsung momen kemerdekaan ke temanmu

Beberapa aplikasi streaming dari social messaging sudah bisa kamu instal di smartphone kamu, misalnya ada Periscope, Vine atau Meerkat. Dengan aplikasi ini kamu bisa secara langsung menyiarkan serunya lomba balap karung atau keriuhan di lomba panjat pinang, sehingga teman-teman kamu bisa langsung tahu dan memberikan semangat. Kamu juga bisa men-share hasil video rekam tersebut ke social messaging mulai dari Path atau Instagram.

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved