Nike Nadia Berhasil Menjadi Acer Explorer Keempat di Kerja Itu Main

Kebanyakan orang rela menghabiskan waktunya bekerja untuk mendapatkan uang dan sebagian lagi untuk menyenangkan dirinya sendiri. Berbeda halnya dengan Nike Nadia, perempuan asal Tangerang yang senang membantu dan bekerja sosial untuk masyarakat. Berawal dari dari keikutsertaannya menjadi sukarelawan lembaga Food and Argicultural Organization (FAO) PBB pada masa kuliahnya, membuat Nike semakin senang dan ingin terjun sebagai seorang pekerja sosial. Paras cantik dan hati yang mulia mengantarkan Nike menjadi Acer Explorer keempat dalam program Kerja Itu Main yang diselenggarakan oleh Acer Indonesia dan Intel Indonesia tahun 2015 ini.

Nike Nadia Pemenang Kerja Itu Main

Nike Nadia dengan #berbahagiACT-nya

Sederet aktivitas sosial Nike Nadia telah dilakukan, seperti  social project HIVOS bernama Dance4Life dimana Nike berkeliling ke sekolah-sekolah di Jakarta untuk menarikan tarian raising awareness about HIV AIDS bersama ratusan pelajar. Nike pun turut aktif dalam kegiatan di Cewequat Community, adalah sebuah Women Community BasedCompany yang bergerak dalam memfasilitasi Sisterhood yang setiap bulannya mengadakan talkshow gratis untuk perempuan muda. Saat ini Nike juga ikut serta dalam kegiatan Inkuiri Nasional mengenai perempuan adat dengan funding UNDP PBB sehingga Nike memiliki kesempatan travelling ke timur Indonesia mulai dari Lombok, Mataram, Ambon, hingga Papua untuk bertemu dengan perempuan adat di sana.

Nike telah memilih volunteer sebagai passion hidupnya. Ditambah lagi, dengan passion menulis dan link-link sosial yang dimilikinya, ia berkesempatan menjadi kontributor di beberapa media ternama.  Pengalaman-pengalaman volunteer-nya pun mengantarkannya meraih berbagai penghargaan seperti Runner Up Cosmogirl! of The Year 2012, Cita Cinta Change-lebration 2013, featured on Jawa Pos For Her as Youth Volunteer 2015, featured on Girlfriend! Magazine for Self Respect Campaign, Cewequat of The Month 2014, Pemenang Utama Blogger Competition Women In You by The Flavor Bliss, Finalis Campaign ‘Kuatnya Kelembutan Sunsilk Unilever 2014’, dan Finalis International Competition Global Dialogues 2015 yang diadakan di Kenya dan Guatemala.

Saat Nike Nadia mengetahui bahwa dia menjadi Acer Explorer keempat dalam program Kerja Itu Main, dia agak kaget bercampur senang karena dia bisa mewujudkan segala impiannya untuk membuat initiation project-nya sendiri yang sebelumnya ikut aktif dalam bidang volunteering lembaga NGO besar yang ada. Bagi Nike, Kerja Itu Main bukan masalah besar nilai hadiahnya, namun adalah ajang untuk mewujudkan passion para Acer Explorer dan menjawab lifestyle anak muda masa kini yang sudah banyak memilih menjadi pekerja mandiri.

Sebelum Nike terjun dalam volunteering, dia pernah menjadi karyawan kantoran namun ada yang kurang dalam dirinya. Melalui tawaran lowongan menjadi volunteer yang diterimanya, dia pun tidak menyianyiakan kesempatan tersebut. Berbekal tabungan seadanya, dia pun memilih menjadi full-time volunteer. Alasannya adalah dengan menjalani hal tersebut hatinya merasa lebih bahagia dan dapat menemukan tujuan hidup yang sebenarnya. Petualangan dan eksplorasi adalah arti volunteering bagi dirinya. Menjadi volunteer, dia berkesempatan melakukan hal-hal yang menakjubkan di luar bayangan orang lain. Mulai dari keliling sekolah, travelling, menulis buku, menjadi narasumber untuk bidang sukarelawan, dan lain sebagainya. Baginya, volunteering adalah my truly passion.

#HappinessProject adalah project pribadi saat Nike selesai dengan kegiatan volunteer-nya. Postingan Nike tentang semua kegiatan volunteer-nya di social media diberikan hashtag tersebut. Tujuannya adalah sebuah movement untuk mengingatkan dirinya dan orang lain tentang apa yang sudah dilakukan untuk membuat orang lain bahagia. Dengan adanya kesempatan menjadi Acer Explorer di Kerja Itu Main, project ini pun dikembangkan menjadi #berbahagiACT dan berkolaborasi bersama IVH dan Flores Indonesia.

Sebagai seorang volunteer, Nike pun diharuskan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dengan para volunteer lain yang pada awalnya tidak saling kenal. Peran teknologi sangatlah penting untuk menjadi alat komunikasi antar individu. Social media adalah platform yang paling ampuh untuk menyebarkan suatu campaign atau project. Acer One 10 yang sangat ringkas dan multifungsi menunjang segala ativitas volunteering Nike. Acer One 10 dapat mempermudah aktivitasnya yang selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk beberapa kegiatan.

Nike Nadia berhasil menginspirasi dan meyakinkan para juri dari Acer dan Intel Indonesia bahwa dia pantas menerima penghasilan Rp 20 juta per bulan dan dinobatkan sebagai Acer Explorer keempat dalam program Kerja Itu Main. Sejumlah uang tersebut akan digunakan untuk mendokumentasi dan publikasikegiatan sehari-harinya sebagai relawan di Komnas Perempuan, Komunitas Cewequat, dan IVH. Dia pun ingin mewujudkan impiannya yaitu menginisiasi project bernama #berbahagiACT. Tujuan project ini yaitu menginspirasi banyak orang agar tertarik berpartisipasiaktif dalam kegiatan volunteering dan bentuk apresiasivolunteer lain seperti dirinya. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Indonesia Volunteer Hub dan Flores Indonesia untuk berkunjung ke beberapa youth community, berinteraksi dengan komunitas tersebut dan berkontribusi di platform website Indonesia Volunteer Hub. #berbahagiACT juga akan engaged dengan volunteer lain untuk menghasilkan ebook project #berbahagiACT di akhir project tersebut. Selain itu, penghasilan Rp 20 juta per bulan Nike gunakan untuk melanjutkan studi S2-nya dalam bidang kajian gender karena dia telah aktif dan ingin mendalami isu tersebut.

“Kerja Itu Main, Seru!”, begitulah kata Nike. Ini adalah ajang dari Acer dan Intel Indonesia untuk mengapresiasi semangat-semangat muda yang passionate dengan hal yang mereka minati. -Bagi spAcer lainnya yang belum berkesempatan berpartisipasi dalam Kerja itu Main seperti Nike Nadila, jangan berkecil hati dulu. Karena kamu dapat ikut berpartisipasi menyebarkan semangat positif dari para pemenang dan bagikan kisahnya pada Journal of Acer explorer di www.kerjaitumain.com

Ikuti terus kelanjutan kisah pada Acer Explorer dan project yang dikerjakan oleh para pemenang Kerja itu Main di akun social media Acer Indonesia, Facebook, Twitter @acerID, Instagram @acerID dan Youtube [link]

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved