Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Memilih laptop tentunya tidak asal memilih. Harus disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa laptop memang ada yang dibuat untuk bisa menjangkau berbagai kebutuhan. Namun, untuk beberapa hal, dibutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Salah satunya adalah untuk kebutuhan desain grafis.

Desain grafis secara digital memerlukan laptop dengan performa yang cukup kuat untuk melakukan pengolahan grafis baik gambar, video maupun suara. Laptop dengan spesifikasi general tentu tidak akan bisa digunakan untuk desain grafis. Ada beberapa spesifikasi khususnya dalam hal perangkat laptop untuk desain grafis  yang harus diperhatikan.

tips memilih notebook grafis

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan memilih notebook grafis

Prosesor

Prosesor merupakan otak dari laptop yang tugasnya memproses berbagai aktivitas. Untuk desain grafis yang membutuhkan aktivitas proses yang rumit dan berat, maka dibutuhkan prosesor kuat untuk mengolahnya. Dengan perkembangan komputer yang ada sekarang, maka prosesor yang memiliki inti lebih dari dua merupakan pilihan yang tepat.

Resolusi Layar

Resolusi layar sangat menentukan kualitas gambar yang akan muncul di layar komputer kamu. Resolusi layar berbeda dengan ukuran layar. Sebuah layar komputer yang memiliki ukuran yang besar mungkin saja memiliki resolusi layar yang rendah. Kamu tentunya pasti membutuhkan resolusi layar yang cukup tinggi. Carilah laptop yang memiliki resolusi layar yang berada diatas kisaran 1000×1000, sehingga kamu dapat mendesain karyamu dengan lebih mendetil dan indah.

Dedicated Graphics Card

Hal berikut yang penting untuk diperhatikan adalah kartu grafis. Kartu grafis bekerja seperti prosesor namun lebih khusus untuk memproses segi grafis dan visual. Hampir keseluruhan dalam desain grafis adalah soal visual dan grafis. Oleh karena itu, kartu grafis menjadi sangat penting. Untuk desain grafis, kartu grafis yang paling memadai adalah jenis kartu grafis yang bukan built in, melainkan dedicated graphics card yang memiliki RAM sendiri.

RAM

Ukuran RAM adalah hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pembelian laptop apapun, khususnya untuk desain grafis. RAM berhubungan langsung dengan jumlah program yang dapat kamu jalankan di laptopmu di saat bersamaan. Apabila ukuran RAM yang kamu miliki kecil, kamu tidak akan dapat membuka banyak program di saat bersamaan.

Sebagai seorang desainer grafis, kamu mungkin sudah tahu bahwa kebanyakan program pengolahan gambar membutuhkan alokasi RAM yang cukup besar. Maka dari itu, carilah laptop untuk desain grafis yang memiliki RAM diatas 4 GB sehingga kamu bisa dengan leluasa mendesain karyamu tanpa terganggu lag atau kekhawatiran terjadinya crash.

Pengaturan Budget

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal harga atau budget. Sebagian besar laptop untuk desain grafis memiliki spesifikasi yang kuat sehingga harganya pun akan lebih mahal. Oleh karena itu, dalam membeli laptop untuk desain grafis, budget merupakan hal non teknis yang penting untuk diperhatikan.

Hal-hal diatas perlu dipertimbangkan ketika kamu ingin membeli laptop untuk desain grafis. Acer Indonesia  memiliki berbagai rangkaian produk laptop yang dapat memenuhi hal-hal diatas, dan beragam aspek lain yang kamu butuhkan untuk menghasilkan desain unggul.

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved