Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Ketika kita mendapati data internet pada smartphone Android lebih cepat habis sebelum waktunya, kita biasanya langsung menyalahkan operator provider. Apakah provider yang bersangkutan tarif datanya mahal atau dirasa paket internet yang ditawarkan menipu.

Namun sebelum kita menyalahkan provider yang kita gunakan, lebih baik periksa kembali semua aktivitas yang dilakukan pada smartphone kita. Apakah aktivitas-aktivitas tersebut membuat data internet kita cepat habis atau tidak. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa spAcer lakukan agar data internet yang digunakan lebih efisien, hemat dan tidak cepat habis.

 

Matikan paket data saat tak digunakan

Aplikasi yang terus berjalan di background kesemuanya menggunakan paket data. Mematikan paket data jika tidak diperlukan adalah salah satu cara untuk lebih hemat penggunaan data. Misalnya ketika spAcer tidur, lebih baik matikan saja paket datanya. Langkah ini juga akan menghemat baterai.

Matikan paket data saat tak digunakan

Matikan paket data untuk menghemat kuota internet

 

Restrict Background Data

Background data yang berjalan sebenarnya juga bisa diatur konsumsi datanya. Untuk mengaturnya spAcer bisa buka pada Settings > Data usage > Options. Di opsi ini, spAcer dapat mengatur aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan menggunakan paket data ketika spAcer menjalankan aplikasi tersebut.

Restrict Background Data

Dengan cara ini, kamu bisa mengatur konsumsi background data

 

Matikan Auto-Update Google Play Store

Secara default pilihan auto-update ini biasanya sudah tercentang. Jadi spAcer harus merubahnya saja ke pilihan lainnya, misalnya auto-update ketika sedang menggunakan koneksi WiFi.

Matikan Auto-Update Google Play Store

Matikan auto-update Google Play Store agar menghemat kuota

 

Aktifkan Fitur Kompresi Data pada Browser

Pada browser Chrome atau Opera memiliki fitur kompresi data yang sangat baik sehingga dapat menghemat kuota internet secara signifikan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah berikut ini :

Chrome:

Buka browser Chrome kemudian klik pada Menu – Setting lalu akan muncul beberapa opsi. Pilih Bandwith Management, lalu aktifkan fitur Reduce Data Usage menjadi ON

Aktifkan Fitur Kompresi Data pada Browser - Chrome

Cara kompresi data pada browser Chrome

Opera:

Pada browser Opera, untuk mengaktifkannya sentuh logo opera pada kanan bawah. Laluakan muncul pengaturan Off-Road. Ubah opsi tersebut menjadi ON dengan cara menggeser saklarnya.

Aktifkan Fitur Kompresi Data pada Browser - Opera

spAcer juga bisa mengkompres data browser Opera dengan cara ini

 

Matikan Auto-Sync Yang Tidak Perlu

Ada banyak pilihan untuk Auto-Sync, akun Google sendiri punya beberapa layanan, sebaiknya pilih yang penting-penting saja, misalnya Contacts, Gmail, dan Calendar. Anda dapat mengaturnya lewat Setting/Pengaturan – Account & Sync Setting.

Matikan Auto-Sync Yang Tidak Perlu

Matikan Auto-Sync yang tidak perlu

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved