Inilah Tips-Tips untuk Menghindari Serangan Heartbleed

Akhir-akhir ini dunia internet dihebohkan dengan beredarnya security bug atau gangguan keamanan internet yang disebut Heartbleed. Berbagai pihak yang terlibat dalam dunia internet serta forum online pun merasa was-was karena dihantui oleh keberadaan Heartbleed yang ternyata memiliki kemampuan untuk melumpuhkan aktivitas pada suatu website.

 

Sebenarnya apa itu Heartbleed?

 

Heartbleed

 Heartbleed, bug yang menyerang sistem komputer melalui internet

 

Heartbleed merupakan suatu bentuk bug atau gangguan yang terdapat pada Heartbeat Open SSL versi 1.0.1 hingga 1.0.1F. Namun, kehadiran Heartbleed sebagai bentuk bug tersebut sudah mampu diatasi pada Open SSL versi 1.0.1G . Nah, agar kamu dapat terhindar dari serangan Heartbleed, yuk ikuti beberapa tips dari Acer berikut ini.

 

Selalu Bersikap Waspada

Banyak situs-situs populer yang mengklaim bahwa website nya sudah aman dari serangan Heartbleed. Namun sebagai pengguna internet yang “melek teknologi”, sebaiknya kamu jangan dulu mempercayai hal tersebut sepenuhnya. Tetaplah waspada dengan penyebaran serangan Heartbleed.

 

Ikuti Berita Terbaru Tentang Heartbleed

Perkembangan masuknya Heartbleed ke sejumlah website saat ini sedang menjadi topik perbincangan yang hangat di kalangan para pengguna internet. Kamu harus mengikuti perkembangan tersebut dan membantu memberi laporan bila ada website, software,atau perangkat yang terindikasi mulai dipengaruhi oleh Heartbleed. Hal ini akan membantu mencegah meluasnya penyebaran Heartbleed.

 

Lakukan Update Berkala pada Software-mu

Melakukan upgrade software secara berkala akan meminimalkan peluang Heartbleed untuk menyerang. Hal ini dapat terjadi karena biasanya upgrade software terbaru telah disertai dengan penambahan firewall dan beragam sistem perlindungan lainnya. Sistem perlindungan baru dan penambahan firewall tersebut akan membuat software-mu lebih aman dari serangan Heartbleed.

 

Ubahlah Password-mu

Mengunjungi website yang telah terkena serangan Heartbleed akan meningkatkan risiko bagi data-datamu dalam website tersebut. Sebagai bentuk perlindungan, ubahlah password-mu pada website-website yang biasa kamu kunjungi. Agar lebih aman, gunakan kombinasi angka, huruf besar dan simbol lainnya agar password-mu tak mudah dibobol oleh hacker. Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama panggilan, atau urutan angka.

 

Periksalah Akun Keuangan Secara Berkala

Bukan mustahil lho Heartbleed dapat menyerang sistem keamananan bank dan lembaga keuangan lainnya yang sudah dijaga dengan ketat. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bila kamu rajin memeriksa akun keuanganmu agar dapat mencermati keganjilan yang mungkin terjadi di akunmu. Jadi, jangan hanya menggunakan akun keuanganmu saat berbelanja saja, namun periksalah secara berkala agar lebih aman dari serangan Heartbleed.

 

Kini setelah membaca informasi seputar serangan Heartbleed, wawasanmu menjadi semakin bertambah ‘kan dan kamu akan lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Tetap waspada dan teliti agar terhindar dari serangan Heartbleed, ya!

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved