Tips Mudah dan Efektif untuk Memaksimalkan Performa Smartphone

Smartphone yang canggih memang sangat mempermudah segala aktivitas mobile-mu. Apalagi Acer Liquid E3 yang memadukan kecanggihan kamera dan smartphone tentu bikin kegiatan berfoto dan mengeditnya semakin asyik. Selain untuk mengambil dan mengedit hasil foto, Acer Liquid E3 juga teman yang pas untuk bermain game, atau mengedit dokumen penting.

Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!
Bermain game Asphalt 8 di Acer Liquid E3

Nah, agar performa smartphone kesayanganmu senantiasa prima dan tidak lemot, mari ikuti tips dari Acer Indonesia berikut ini seputar cara memaksimalkan performa smartphone.

Singkirkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Download aplikasi gratis di smartphone Android memang seru. Kamu bisa mencoba berbagai aplikasi baru yang kira-kira cocok dengan kebutuhan mobileĀ­-mu. Namun, kamu harus mengetahui bahwa aplikasi yang tak terpakai di smartphone-mu dapat menguras tenaga smartphone tersebut. Untuk itu, segera lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tak terpakai di smartphone-mu. Performa smartphone akan selalu prima, kamu pun dapat mengunduh aplikasi bermanfaat lainnya.

Aturlah Tingkat Kecerahan Smartphone dengan Baik

Tingkat brightness yang berlebihan pada smartphone tanpa disadari juga turut andil dalam memperlambat performa smartphone-mu. Jadi, aturlah tingkat kecerahan yang tepat pada smartphone-mu. Selain bermanfaat untuk menghemat daya baterai dan kinerja smartphone, pencahayaan yang optimal juga baik untuk menjaga kesehatan matamu. Mata jadi tidak mudah lelah karena paparan cahaya layar smartphone yang terlalu tajam dan berlebihan.t

Cara mengatur tingkat kecerahan di Android: Settings > Display > Brightness

Hapuslah Cache Aplikasi Secara Teratur

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang di install pada smartphone-mu, sistem smartphone akan lebih sering membuat cache yang bisa membuat kapasitas smartphone menjadi penuh dan kinerja smartphone mulai melambat. Melakukan penghapusan cache secara manual akan sangat menyita waktumu untuk membuka puluhan aplikasi dan menghapusnya satu per satu. Untuk mengatasi hal ini, gunakan aplikasi cache cleaner yang akan menghapus cache di smartphone-mu secara berkala.

Kamu bisa menghapus cache di Android dengan cara: Settings > Apps > klik app yang sering digunakan > Clear Cache.
Atau lebih praktis, gunakan aplikasi seperti Clean Master.

aplikasi-android-clean-master
Aplikasi Android Clean Master

Minimalkan Penggunaan Launcher

Penggunaan launcher pada smartphone ternyata dapat mempengaruhi performa smartphone, lho. Memori smartphone-mu akan tersita untuk widget dan shortcut. Jadi, untuk mendapatkan tampilan homescreen yang simpel sekaligus meningkatkan performa smartphone, minimalkan penggunaan launcher yang dapat menguras kinerja smartphone-mu.

Wah, tips praktis dari Acer Indonesia kali ini tentunya dapat menambah wawasanmu seputar cara pengguna smartphone yang cerdas dan efisien. Smartphone Acer Liquid milikmu pun akan jadi lebih awet dan mampu menghasilkan performa yang senantiasa prima.

Yuk, praktikkan tips di atas untuk menjaga performa smartphone-mu.

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved