Uji Performa Acer Liquid E3

Pertengahan April 2014 lalu Acer Indonesia memperkenalkan Liquid E3,  smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif. Smartphone kategori kelas menengah ini tak hanya memiliki processor unggul, tetapi juga kamera 13MP dengan fitur premium dan hasil fantastis. Lens Blur adalah satu di antara fitur premium Acer Liquid E3 dengan hasil sempurna.

Kali ini, kami ingin berbagi pengujian Acer Liquid E3 yang berfokus pada performa baik dalam tes benchmark maupun tes nyata dengan bermain beberapa game.

Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!

Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!

Pengujian dengan Tools/Software

Acer Liquid E3 dilengkapi dengan prosesor quad-core Cortex-A7 Mediatek MT6589 @1.21GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX 544MP serta RAM sebesar 2GB. Acer Liquid E3 dibekali dengan Android 4.2.2 dimana pengaruh terhadap performa mungkin saja terjadi dalam uji coba ini.

 

1

Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3

Tes pertama dengan Geekbench 3 dipilih sebagai tes khusus untuk mengukur kemampuan CPU baik single-threaded maupun multi-threaded. Tes yang merupakan kombinasi antara GPU dan CPU ini dilakukan dengan 3DMark Ice Storm untuk mengukur performa secara off-screen. Sedangkan pengetesan GPU memanfaatkan GFXBench 3.0 dengan tes untuk OpenGL ES level 2.0 alias T-Rex on-screen maupun off-screen. Sebagai benchmark tambahan kami juga mencantumkan skor AnTuTu yang mengukur kombinasi dari empat aspek: CPU,GPU, RAM dan I/O.

Sebagaimana disebutkan di atas, Geekbench 3 hanya melakukan pengujian pada level CPU saja. Dari hasil pengujian, nilai rata-rata dari hasil benchmark adalah 326 untuk single-threaded dan 1142 untuk multi-threaded. Nilai ini memang bukan angka tertinggi, tetapi kemampuannya akan dapat kita lihat saat menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Sebagai informasi, angka ini telah dikalibrasi dengan angka dasar pengujian yaitu 2500.

2

Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3

Dalam uji performa menggunakan 3DMark ini, tes yang dipilih adalah Ice Storm Unlimited. Hasil total skor dari uji coba adalah 2575 dengan rata-rata grafik tes sebesar 13.3 fps dan 7.2 fps untuk grafik 1 dan 2. Sebelum melakukan tes, berbagai aktivitas telah dilakukan pada smartphone ini. Pengujian dengan GFXBench menunjukkan hasil angka 272 atau 4.9fps untuk T-Rex on-screen dan 155 (2.8 fps) untuk off-screen. Tes yang berbasis ES 2 ini merupakan tes level tinggi yang mencakup tekstur, material serta geometri sangat kompleks dan mendetail termasuk post-process berupa motion blur.

Adapun uji benchmark dengan AnTuTu menunjukkan skor 13652 dengan nilai UX sebesar 3493, CPU 2982, RAM di angka 1452, 4293 untuk GPU dan I/O sebesar 1432.

Angka-angka di atas adalah tentu saja hanyalah angka dari benchmark tools yang bisa dipengaruhi banyak hal. Namun tentu kurang afdol bila tidak dilengkapi dengan memainkan mobile game yang populer dan menantang. Gimana sih hasilnya?

Performa Andal untuk Bermain Game

Untuk mengukur kemampuan dalam dunia yang sebenarnya, Acer Liquid E3 ini akan dites dengan menggunakan lima mobile game populer antara lain: Real Racing 3, Dead Trigger 2, Minion Rush, Deer Hunter 2014, dan juga Asphalt 8: Airborne.

Kombinasi antara GPU maupun CPU dalam Liquid E3 andal untuk memainkan Asphalt 8. Game buatan Gameloft ini dapat dimainkan dengan baik dan mulus untuk semua adegan dalam game termasuk tabrakan maupun pecahan kaca. Game memang nampak dimainkan dengan angka framerate yang tidak terlalu tinggi. Namun, tidak ditemukan perubahan kecepatan framerate secara kasat mata dan game dapat dinikmati tanpa cela.

Permainan melawan zombie, Dead Trigger 2, juga berjalan dengan sangat baik. Tumpahan darah maupun pergerakan zombie dan kamera dapat berjalan dengan tanpa kendala. Berdasarkan pengamatan, framerate yang ditampilkan adalah di atas rata-rata.

Hasil yang sama juga didapatkan saat memainkan Deer Hunter 2014. Berburu kijang ini berjalan dengan baik tanpa adanya pada saat bermain. Ini mencakup pergantian antar screen, gerakan hewan-hewan dan juga air serta rerumputan yang bergoyang ditiup angin. Meski angka framerate juga terlalu tinggi, namun tidak ditemukan penurunan secara signifikan yang dapat mengganggu jalannya permainan.

Bagaimana permainan lari Minion Rush di Acer Liquid E3? Seperti dugaan, hasilnya yang sama baik ditemui ketika bermain game yang berasal dari film Despicable Me ini. Permainan berjalan dengan baik dan tanpa kendala sedikitpun. Sama seperti tiga game sebelumnya, tidak ditemukan lag pada semua adegan termasuk tabrakan, api yang keluar dari roket, maupun pergantian view dari depan ke samping dan lain-lain.

Terakhir, kami mencoba Real Racing 3 yang merupakan game lebih berat dibandingkan lainnya.  Real Racing 3 dapat dimainkan dengan catatan frame yang tidak tinggi.

Kesimpulan: Performa Handal di Harga 2 Jutaan

Kesimpulan dari hasil uji coba performa dengan aplikasi sebenarnya yang meliputi lima permainan di atas, empat di antaranya dapat dimainkan dengan baik dan tanpa lag. Adapun satu permainan yaitu Real Racing 3 dapat dimainkan dengan baik dengan menggunakan framerate yang lebih rendah dari empat game lainnya.

Dengan hasil pengujian yang memuaskan tersebut, Acer Liquid E3 patut dipertimbangkan untuk spAcer yang mencari smartphone dengan performa handal untuk nge-game maupun aktivitas mobile lainnya. Dengan jaminan garansi resmi 3 tahun dari Acer Indonesia, semakin yakin ‘kan memilih Acer Liquid E3?

Related Article

115 Responses to Uji Performa Acer Liquid E3

 

  1. Daniel says:

    kamera belakang tidak aktif, sudah di reset tapi tetap sama….ada saran?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Daniel, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Jika dengan factory reset tidak berhasil, kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.

  2. Balqis says:

    acer L E3 sya knp sering hang ya?
    panas d bagian deket kamera selalu panas, buka play store lemot, layat kurang sensitif & sering klik & hold sendiri padahal cuma d pencet bentar bgd layarnya. sering bgd layarnya kedip2 ky kita lagi rekam layar komputer yg lagi nyala. tlng solusinya ya. mksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Balqis, kami sarankan untuk kembali ke pengaturan pabrik melalui menu Settings> backup & reset > factory data reset. Jika tetap mengalami kendala silakan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat di kotamu.

  3. Ahmad says:

    layarnya liquid e3 udah pake gorilla glass blum?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, Liquid E3 tidak menggunakan gorilla glass. Namun lapisan layarnya sudah menggunakan kaca berkualitas yang tahan terhadap gores. 🙂

  4. Komari says:

    Dok ..saya punya Acer Liquid E700 , 3 SIM card …. terjadi error pas waktu ganti kartu tiba tiba gak bisa loading start , hang muncul tuluisan china yg entah apa maksudnya….tolong ya DOKgimana solusinya ya trims sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Komari, kamu bisa coba lakukan factory reset terlebih dahulu dengan menekan tombol power + volume down pada posisi power off. 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved