Uji Performa Acer Liquid E3

Pertengahan April 2014 lalu Acer Indonesia memperkenalkan Liquid E3,  smartphone Android yang dengan kecepatan tinggi dan harga kompetitif. Smartphone kategori kelas menengah ini tak hanya memiliki processor unggul, tetapi juga kamera 13MP dengan fitur premium dan hasil fantastis. Lens Blur adalah satu di antara fitur premium Acer Liquid E3 dengan hasil sempurna.

Kali ini, kami ingin berbagi pengujian Acer Liquid E3 yang berfokus pada performa baik dalam tes benchmark maupun tes nyata dengan bermain beberapa game.

Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!

Mainkan Asphalt 8 di Liquid E3 kamu!

Pengujian dengan Tools/Software

Acer Liquid E3 dilengkapi dengan prosesor quad-core Cortex-A7 Mediatek MT6589 @1.21GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX 544MP serta RAM sebesar 2GB. Acer Liquid E3 dibekali dengan Android 4.2.2 dimana pengaruh terhadap performa mungkin saja terjadi dalam uji coba ini.

 

1

Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3

Tes pertama dengan Geekbench 3 dipilih sebagai tes khusus untuk mengukur kemampuan CPU baik single-threaded maupun multi-threaded. Tes yang merupakan kombinasi antara GPU dan CPU ini dilakukan dengan 3DMark Ice Storm untuk mengukur performa secara off-screen. Sedangkan pengetesan GPU memanfaatkan GFXBench 3.0 dengan tes untuk OpenGL ES level 2.0 alias T-Rex on-screen maupun off-screen. Sebagai benchmark tambahan kami juga mencantumkan skor AnTuTu yang mengukur kombinasi dari empat aspek: CPU,GPU, RAM dan I/O.

Sebagaimana disebutkan di atas, Geekbench 3 hanya melakukan pengujian pada level CPU saja. Dari hasil pengujian, nilai rata-rata dari hasil benchmark adalah 326 untuk single-threaded dan 1142 untuk multi-threaded. Nilai ini memang bukan angka tertinggi, tetapi kemampuannya akan dapat kita lihat saat menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Sebagai informasi, angka ini telah dikalibrasi dengan angka dasar pengujian yaitu 2500.

2

Tes Acer Liquid E3 di Geekbench 3

Dalam uji performa menggunakan 3DMark ini, tes yang dipilih adalah Ice Storm Unlimited. Hasil total skor dari uji coba adalah 2575 dengan rata-rata grafik tes sebesar 13.3 fps dan 7.2 fps untuk grafik 1 dan 2. Sebelum melakukan tes, berbagai aktivitas telah dilakukan pada smartphone ini. Pengujian dengan GFXBench menunjukkan hasil angka 272 atau 4.9fps untuk T-Rex on-screen dan 155 (2.8 fps) untuk off-screen. Tes yang berbasis ES 2 ini merupakan tes level tinggi yang mencakup tekstur, material serta geometri sangat kompleks dan mendetail termasuk post-process berupa motion blur.

Adapun uji benchmark dengan AnTuTu menunjukkan skor 13652 dengan nilai UX sebesar 3493, CPU 2982, RAM di angka 1452, 4293 untuk GPU dan I/O sebesar 1432.

Angka-angka di atas adalah tentu saja hanyalah angka dari benchmark tools yang bisa dipengaruhi banyak hal. Namun tentu kurang afdol bila tidak dilengkapi dengan memainkan mobile game yang populer dan menantang. Gimana sih hasilnya?

Performa Andal untuk Bermain Game

Untuk mengukur kemampuan dalam dunia yang sebenarnya, Acer Liquid E3 ini akan dites dengan menggunakan lima mobile game populer antara lain: Real Racing 3, Dead Trigger 2, Minion Rush, Deer Hunter 2014, dan juga Asphalt 8: Airborne.

Kombinasi antara GPU maupun CPU dalam Liquid E3 andal untuk memainkan Asphalt 8. Game buatan Gameloft ini dapat dimainkan dengan baik dan mulus untuk semua adegan dalam game termasuk tabrakan maupun pecahan kaca. Game memang nampak dimainkan dengan angka framerate yang tidak terlalu tinggi. Namun, tidak ditemukan perubahan kecepatan framerate secara kasat mata dan game dapat dinikmati tanpa cela.

Permainan melawan zombie, Dead Trigger 2, juga berjalan dengan sangat baik. Tumpahan darah maupun pergerakan zombie dan kamera dapat berjalan dengan tanpa kendala. Berdasarkan pengamatan, framerate yang ditampilkan adalah di atas rata-rata.

Hasil yang sama juga didapatkan saat memainkan Deer Hunter 2014. Berburu kijang ini berjalan dengan baik tanpa adanya pada saat bermain. Ini mencakup pergantian antar screen, gerakan hewan-hewan dan juga air serta rerumputan yang bergoyang ditiup angin. Meski angka framerate juga terlalu tinggi, namun tidak ditemukan penurunan secara signifikan yang dapat mengganggu jalannya permainan.

Bagaimana permainan lari Minion Rush di Acer Liquid E3? Seperti dugaan, hasilnya yang sama baik ditemui ketika bermain game yang berasal dari film Despicable Me ini. Permainan berjalan dengan baik dan tanpa kendala sedikitpun. Sama seperti tiga game sebelumnya, tidak ditemukan lag pada semua adegan termasuk tabrakan, api yang keluar dari roket, maupun pergantian view dari depan ke samping dan lain-lain.

Terakhir, kami mencoba Real Racing 3 yang merupakan game lebih berat dibandingkan lainnya.  Real Racing 3 dapat dimainkan dengan catatan frame yang tidak tinggi.

Kesimpulan: Performa Handal di Harga 2 Jutaan

Kesimpulan dari hasil uji coba performa dengan aplikasi sebenarnya yang meliputi lima permainan di atas, empat di antaranya dapat dimainkan dengan baik dan tanpa lag. Adapun satu permainan yaitu Real Racing 3 dapat dimainkan dengan baik dengan menggunakan framerate yang lebih rendah dari empat game lainnya.

Dengan hasil pengujian yang memuaskan tersebut, Acer Liquid E3 patut dipertimbangkan untuk spAcer yang mencari smartphone dengan performa handal untuk nge-game maupun aktivitas mobile lainnya. Dengan jaminan garansi resmi 3 tahun dari Acer Indonesia, semakin yakin ‘kan memilih Acer Liquid E3?

Related Article

115 Responses to Uji Performa Acer Liquid E3

 

  1. Daniel says:

    kamera belakang tidak aktif, sudah di reset tapi tetap sama….ada saran?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Daniel, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Jika dengan factory reset tidak berhasil, kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.

  2. Balqis says:

    acer L E3 sya knp sering hang ya?
    panas d bagian deket kamera selalu panas, buka play store lemot, layat kurang sensitif & sering klik & hold sendiri padahal cuma d pencet bentar bgd layarnya. sering bgd layarnya kedip2 ky kita lagi rekam layar komputer yg lagi nyala. tlng solusinya ya. mksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Balqis, kami sarankan untuk kembali ke pengaturan pabrik melalui menu Settings> backup & reset > factory data reset. Jika tetap mengalami kendala silakan membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat di kotamu.

  3. Ahmad says:

    layarnya liquid e3 udah pake gorilla glass blum?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, Liquid E3 tidak menggunakan gorilla glass. Namun lapisan layarnya sudah menggunakan kaca berkualitas yang tahan terhadap gores. 🙂

  4. Komari says:

    Dok ..saya punya Acer Liquid E700 , 3 SIM card …. terjadi error pas waktu ganti kartu tiba tiba gak bisa loading start , hang muncul tuluisan china yg entah apa maksudnya….tolong ya DOKgimana solusinya ya trims sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Komari, kamu bisa coba lakukan factory reset terlebih dahulu dengan menekan tombol power + volume down pada posisi power off. 🙂

  5. Rika Situmorang says:

    E3 speck dan harga memang sangat bagus

    1. Dr. Acer says:

      Terima kasih atas apresiasinya Rika 🙂

  6. Amirudin says:

    hallo Dok,

    saya punya acer E3 kmaren mati load speaker sama mic nya. saya bonkar ternyata flexible connectornya sobek. apakah ada sparepart nya? bisa beli dimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Amirudin, untuk info ketersediaan sparepart bisa terlebih dahulu menghubungi Acer Contact Center dinomor telepon 1500-155 pada hari dan jam kerja. 🙂

  7. Asri Hamdani says:

    Hi Dok,

    Ace e3 mengapa panas tiba2, padahal sedan tidak digunakan (Stand by), aku check semua aplikasi juga tidak digunakan. kira2 kenapa bisa bigitu? OS nya sudah kitkat 4.4.2

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asri, hal tersebut bisa terjadi jika ada aplikasi yang berjalan di background mengalami corrupt file. Apakah setelah restart/dihidupkan kembali masih sering terjadi kendala yang sama?

  8. Asti says:

    Dear Acer, ALE3 saya tiba2 mati sendiri, trus gak bisa dinyalain lagi. Saya charge keluar gambar batre kosong dengan kilat, artinya gak masuk ya chargeannya? mesti gimana ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Asti, untuk hal tersebut kamu perlu lakukan charging selama beberapa jam terlebih dahulu untuk mengaktifkan cell baterai. 🙂

  9. intancw says:

    dok liquid e3 saya kenapa ya pas saya coba restart itu tbtb cuman nyala putih sama ada lambang acernya itu doang, gabisa masuk kemenu. itu kenapaaa:(

    1. Dr. Acer says:

      Dear Intancw, Agak sulit untuk memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan. Kami sarankan untuk membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk problem yang kamu alami.

  10. maaf dok, acer e3 saya flash depan tidak menyala, kendalanya apa ya dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dedy, apakah problem tersebut terjadi sejak awal pembelian? Perlu diketahui, untuk mengaktifkan flash depan saat menggunakan kamera depan, kamu bisa tap terlebih dahulu icon “gunung”, tap back, kemudian tap icon “Flash” pada layar 🙂

  11. yudi says:

    Acer liquid E700 saya belum ada sebulan, tiba-tiba layar bergaris lalu blank. apakah ada tips untuk masalah ini atau harus dibawa ke servis center? apakah ada servis center di Bogor?
    thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yudi, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk service smartphone Acer belum tersedia di Bogor, kami sarankan datang ke service center di Jakarta:
      – Ruko Mangga Dua Square Blok A N0.1-2, Jl. Gunung Sahari Raya 1
      – Ratu Plaza Floor 3 Suite 29-31, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 9

  12. rusdian noor says:

    Dr. Acer saya habis memperbaharui system acer liquid E3 namun setelah download dan install hp nya jadi hang hanya logo acer yg muncul. sy sudah coba sesuai petunjuk yg saya serch di google yaitu recovery dgn tombol power + volume(+) kemudian wipe data / facvtory reset tidak berhasil. adakah Dr. Acer punya file backup nya supaya saya bisa restore data. mohon bantuannya pa Dr. Acer karna hp nya tdk bisa dipergunakan lagi tks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rusdian, untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unit beserta kepengkapannya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi kami di sana melakukan recovery.
      Daftar lokasi Acer service center teredekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  13. roxy says:

    acer liquid e3 saya kan mati, trus saya charge, tapi cuma nyala led warna biru, dan ga nyala2 hpnya, sudah 1 minggu tapi belum diservice, gimana ya?.. 🙁

    1. Dr. Acer says:

      Dear Roxy, sudah mencoba dengan menekan dan tahan tombol power+Volume Down (factory reset)? Jika masih tidak berhasil, kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center untuk pemeriksaan secara menyeluruh dan mendapatkan perbaikan atas problem tersebut. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

  14. fikri says:

    dok. dimana letak perbedaan liquid E3 dengan E5

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, Liquid E700 disebut juga sebagai Liquid E3 dengan nama model: E39.
      Perbedaan antara Liquid E3 dengan Liquid E5/E700 bisa dilihat dari desain dan spesifikasinya sebagai berikut:
      Liquid E3
      – OS Android Jellybean
      – layar 4.7” HD
      – kamera 13MP A/F + 2MP
      – prosesor 1.2GHz Quad Core
      – 4GB User + micro SD / 1GB RAM
      – dimensi 140 x 70 x 8.9mm
      – baterai 2000mAh

      Liquid E5
      – OS Android KitKat
      – layar 5” HD (Zero Air gap)
      – kamera 8MP A/F + 2MP
      – prosesor 1.3GHz Quad Core
      – 16GB User + micro SD / 2GB RAM
      – dimensi 147 x 73 x 9.9mm
      – baterai 3500mAh

  15. fikri ali says:

    dok. aku beli produk acer e700 liquid e5, setelah acer saya peroleh, disetting “tentang ponsel” dan di “nomor ponsel/model ID” tertera e39. apakah acer saya itu katagori acer e700 liquid e3 atau acer e700 liquid e5. ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, unit Acer yang kamu gunakan adalah Acer Liquid E700.

  16. fikri ali says:

    dok. aku beli produk acer e700 liquid e5, setelah acer saya peroleh, disetting “tentang ponsel” dan di “nomor ponsel” tertera e39. apakah acer saya itu katagori acer e700 liquid e3 atau acer e700 liquid e5. ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, unit Acer yang kamu gunakan adalah Acer Liquid E700.

  17. fikri ali says:

    dok. aku pesan produk acer e700 liquid e5, setelah acer saya peroleh, disetting “tentang ponsel” dan di “nomor ponsel” tertera e39. apakah acer saya itu katagori acer e700 liquid e3 atau acer e700 liquid e5. ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, unit Acer yang kamu gunakan adalah Acer Liquid E700.

  18. yudi says:

    kitkat ale3 kok g kunjung ada ya?mungkin september 2015 ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yudi, mohon maaf kami tidak dapat memastikan hal tersebut, tetap ikuti FB page Acer Indonesia dan follow twitternya di @acerID untuk mendapatkan info ketersediaan update OS Kitkat untuk Liquid E3.

      1. Ndaru says:

        Dear Dr. Acer, Sebelumnya terima kasih karena Ale 3 saya sudah bisa di Upgrade ke Kitkat,saya mau tanya apakah baterai E700 support untuk ale3?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ndaru, hal tersebut tidak bisa dilakukan 🙂

  19. hardy says:

    doc apa beda factory reset dengan hard reset di ale 3

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hardy, factory reset adalah proses mengembalikan kondisi system ke kondisi pabrikan (awal pembelian), sedangkan hard reset adalah proses reset power system jika mengalami stuck.

  20. alfred says:

    siang dok, kira2 kapan update os kitkat untuk liquid e3 ? mohon segera, krn terus terang saya beli e3 tertarik dengan janji update tersebut. sedangkan kalau sampai tidak ada update, kecewa saya. thanks…mohon segera ditindak lanjuti.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alfred, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Saat ini kami belum dapat memperkirakan untuk ketersediaan update tersebut.

  21. dewangga says:

    Dr. Ace mau tanya update firmware kitkat untuk ale3 udah ada blm? apa bener os kitkat untuk ale3 di luar negeri sudah tersedia? Kira2 bisa gak di pake sama ale3 indonesia? Trims Dr. Ace mohon pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dewangga, kami belum bisa memperkirakan kapan update OS tersebut akan tersedia. Ikuti terus FB dan Twitter @acerID untuk update info produk, promo, dan event yang diadakan oleh Acer Indonesia.

  22. jamson says:

    kemari saya beli acer liquid E3,waktu saya tes kamera kondisi malam hari dengan penerangan yang cukup,justru kamera belakang yang bermasalah, hasilnya sangat kabur dibanding kamera depan,mohon solusinya, terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jamson, pastikan menggunakan fitur flash saat malam hari. Jika masih problem kami sarankan Factory reset unitnya melalui menu Settings> Tap Backup & reset> Factory data reset> Reset phone> Erase everything

  23. Arif Taufik says:

    Penyakit Acer Liquid E3 ane sama kayak mbak Yuli yg ada dikomen atas……
    Dan ini untuk kedua kali nya
    Yang pertama dugaan saya drop batterai, lalu saya diamkan dan saya charge, alhasil hidup
    Namun sekarang ini saya coba berkali kalo dgn metode yg sama tidak berhasil.
    Mohon pencerahan nya dok.

    Service center yg terdekat di jakarta timur dari cibubur dimana ya dok?

    Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arif, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Untuk wilayah JABODETABEK, Acer Service Center terdekat berada di Mangga 2 Square, Ratu Plaza, dan Bekasi Cyber Park

  24. aris b says:

    mau tanya apa benar ALE E2 tidak akan mendapatkan OS kitkat, jika dapat kira2 kapan OS kitkat nya keluar..?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aris, mohon maaf saat ini belum ada info mengenai hal tersebut. Saat ini belum tersedia update OS untuk Liquid E2.

  25. AGUS SRIYANA says:

    template nya lambat banget bos loading nya .. mau buka saja lama, padahal signal sudah 3g, saran saja 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Terima kasih Agus untuk masukannya, kami tampung dulu ya 🙂

  26. Dear Dr. Acer,
    acer liquid e3 punya saya tiba tiba mati total. saya coba untuk isi baterai tapi lampu LED hanya menyala warna biru dan beberapa menit kemudian mati.
    mohon bantuannya dok, thanks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yuli, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

  27. adhe says:

    Dear Dr. Acer,

    Saya pengguna baru acer liquid E3, yang ingin saya tanyakan, apakah bisa create email selain Gmail? saya coba create email selain Gmail, tetapi kenapa email saya (selain Gmail) tidak dapat menyimpan email yang masuk di folder inbox secara otomatis? dan selalu hilang..mohon solusinya..terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adhe, tidak apa mendaftarkan email selain gmail. Mungkin bisa lebih dijelaskan kembali, hilang bagaimana yang kamu maksudkan?

  28. Edy Sukatno says:

    Dear Dr. Acer. GPS pada Acer Liquid E3 saya nggak berfungsi. Mohon sarannya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Edy, kemungkinan kecepatan koneksi internet sedang lemah, kamu bisa coba menggunakan koneksi internet via Wifi. Namun, jika masih tetap tidak berhasil kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem tersebut.

  29. Yudi WB says:

    Dear Dr. Acer. ALE3 saya baru 2bln. tadi pagi pas saya hidupin kenapa tiba2 langsung blank item trus ya? padahal pas subuh saya pakai masih normal. saya sudah coba lepas memory sama kartu simcard nya masih tetep blank.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yudi, untuk hal itu kamu bisa coba lakukan hard reset terlebih dahulu dengan menekan dan tahan tombol power + volume down pada posisi off. 🙂

      1. Yudi WB says:

        sudah saya lakukan hard restart masih tetap blank dok. dan kemarin sudah saya bawa ke service center sedang di periksa. itu kira2 dari apa ya dok??

        1. Dr. Acer says:

          Dear Yudi, mohon kesabarannya menunggu konfirmasi hasil pemeriksaan dari pihak customer service. Selama kerusakan tersebut tidak disebabkan kelalaian pengguna/benturan maka proses service (software dan hardware) tidak dikenakan biaya.

  30. Andreas says:

    Dear Acer, cara dapetin liquid e3 dimana ya? di erafone jarang
    Tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andreas, kamu juga bisa mendapatkannya melalui online store seperti bhinneka.com dan lazada.com . 🙂

  31. Dok mau tanya,
    saya baru beli ale3 blm ada 1 Minggu namun layar sering tidak merespon saat di tekan dan harus di restart baru normal kembali, minta solusi dok, apakah permintaan ganti produk masih berlaku Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rudi, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami pada saat menggunakan produk kami. Untuk solusi tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan unitnya terlebih dahulu sebelum diberikan solusi terbaik. Untuk unit yang masih dalam masa garansi tidak akan dikenakan biaya service.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  32. Adhe says:

    Dok saya baru beli Ale3, tapi di layarnya ada noda titik putih yang sangat mengganggu. Itu kenapa ya? Bisa diperbaiki ga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adhe, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

  33. febriansyah says:

    saya baru beli acer liquid e3 tapi kenapa yaa cameranya selalu ngeblur atau selalu mode macro, cara ngilanginnya/balik ke mode standar gimana yaa? mohon pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Febriansyah, untuk hal itu kamu bisa coba mengubah mode makro di pengaturan kameranya. 🙂

      1. Hagung says:

        dok, kenapa pada saat membuka kamera ale3 (Kamera belakang), selalu ngeblur, dan untuk harus menunggu lama agar kameranya bisa normal kembali

        1. Dr. Acer says:

          Dear Hagung, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk problem tersebut kamu bisa coba gunakan factory reset dengan cara buka menu Settings> tap Backup & reset > Factory data reset > Reset phone > Erase everything.

  34. Rahmat says:

    kapan acer liquid E3 mulai dipasarkan diindonesia dok?

  35. Dok mau tanya,,
    saya barusan beli Acer E3 namun baru di pakek kok cepet panas di bagian belakang, pembelian baru satu hari, itu bisa di tuker lagi gak dok,

    trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rudi, untuk pertama kali pastikan isi baterai selama kurang lebih 6-8 jam. Panas tersebut umumnya wajar terjadi pada unit yang baru digunakan. Namun, jika memang menyebabkan perangkat mati total silahkan konfirmasi ke toko pembeliannya terlebih dahulu.

  36. septo says:

    Hi Dr.Acer
    aLe 3 aq stlh updet os knp jd boros bgt batre ya
    Truz klo dcash g bs smp 100%
    Aq udh cb bbrp cara smp aq cb utk factory reset, tp ttp saja spt itu
    Mohon pencerahan ny dok..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Septo, sebagai langkah awal penanganan problemnya kamu bisa coba lakukan kalibrasi baterai smartphone terlebih dahulu, caranya : Isi baterai unit kamu sampai maksimal, kemudian gunakan unit kamu sampai baterai benar-benar habis dan unit mati dengan sendirinya. Kemudian lakukan pengisian kembali selama beberapa jam. 🙂

  37. Aries says:

    Dok, kenapa ALE 3 punya saya sering panas di bagian belakang terutama disekitar kamera padahal pemakaiannya normal saja?
    Thx..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aries, rasa hangat pada suatu perangkat elektronik sepserti smartphone masih dikatakan normal selama tidak menyebabkan mati mendadak atau mengalami “hang”. Cepat panasnya tergantung dari pemakaian unit itu sendiri. 🙂

  38. dok, saya baru beli ale380 belum sebulan di Erafone, tapi
    kenapa camera belakangnya sekarang klo mau focus harus
    digoyang goyang dulu dok padahal yg dipakai app standard apakah ada trouble di hardware
    or software. mohon pencerahannya. thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear happy, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami pada saat menggunakan produk kami. Untuk problem tersebut kami sarankan kamu untuk membawa unitnya ke Acer service center terdekat terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan oleh teknisi di sana. Untuk unit yang masih dalam masa garansi tidak dikenakan biaya service.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  39. andi suandi says:

    dear dok e3 saya ko patah2 kya ga kuat maen aspalth 8 napa ya!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andi, kemungkinan karena banyaknya aplikasi yang terinstall sehingga performanya kurang optimal. Kamu bisa coba menghapus aplikasi yang tidak terpakai terlebih dahulu sebagai langkah awal mengatasinya. 🙂

  40. Tir says:

    Dear Dr.Acer,
    Untuk upgrade Acer Liquid E3 ke Kitkat OS nya download dari mana mohon petunjuk…
    Thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tir, upgrade OS dilakukan secara langsung pada unit kamu melalui menu Settings > About Phone > Software Updates. Tetapi saat ini belum tersedia update OS untuk Acer Liquid E3, sehingga update tidak bisa dilakukan.

  41. dok, saya baru beli ale380 belum sebulan di Erafone, tapi kenapa camera belakangnya sekarang klo mau focus harus digoyang goyang dulu dok. apakah ada trouble di hardware or software. mohon pencerahannya. thanks

  42. fyan says:

    dok..spek ALE3 yg beredar di indonesia ram sama romnya yh bener yg mana sih? ada yg sebutin ram 1 giga rom 4 giga..ad yh ram 2 rom 16…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fyan, Acer Liquid E3 yang dipasarkan di indonesia menggunakan RAM 2GB dan memory internal 16GB. 🙂

  43. Dear Dok,

    saya sedikit terganggu dengan penampilan widged pada menu acer liquid e3, apakah menu widget tersebut bisa di-hide ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adian, menu widget defaultnya tidak dapat disembunyikan.

  44. Dear Dok,
    saya punya acer liquid e3, apakah indicator LED bisa di-setting warnanya untuk sms,email dll?
    mohon informasnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adian, tidak bisa, indikator LED pada Liquid E3 hanya berfungsi pada saat proses charging saja.

  45. Boleh Info untuk Flip case ori ALE 3,
    Untuk di jakarta ya, info please

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hans, saat ini Acer belum memasarkan aksesoris tersebut. Kamu bisa coba konfirmasi ke outlet erafone terdekat.

  46. Rahadian says:

    tertarik ama ALE3 nyari info mampir ke situs OLX ada toko yang jual seharga Rp1,750,000 baru apa betul harganya dah segitu ya? takutnya kenapa-kenapa hehehe
    http://bit.ly./1o3kKCw

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rahadian, hati-hati terhadap penipuan yang menjual produk Acer dengan harga yang menggiurkan. Jika menemukan promo mencurigakan harap menghubungi Acer Contact Center di 500-155 atau kirim email ke acerpeduli@acer.com, terimakasih.

  47. anton says:

    dimana saya bisa mendapatkan aksesoris original untuk acer e3 seperti antigores maupun case nya.

    trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Anton, saat ini Acer Indonesia belum memasarkan aksesoris secara khusus untuk Liquid E3.

  48. Ary says:

    Dok, kenapa hp acer z120 saya tidak bisa membaca memory card ya ? tapi di card reader dan hp lain bisa dibaca 🙁 (walaupun saya sudah format mc nya berulang kali masih tetap begitu)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ary, agak sulit memperkirakan penyebabnya tanpa pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat di kota kamu

  49. Ary says:

    dok setiap laptop saya restart kenapa selalu gagal dan malah komputer shuting down bukan restart (komputer keadaan hidup )

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ary, kemungkinan terjadi sistem error pada Windows di laptopmu. Untuk mengatasi problem tersebut kamu bisa pertimbangkan install ulang Windows. 🙂

  50. adro says:

    sangat baguss sekali harga terjangkau

  51. Andre Manika says:

    Hi dok.., mo tanya neh.., apakah Acer indonesia berencana akan merelease HP seri liquid E600, E700 dan Liquid jade di indonesia..? kapan..?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Andre, mohon maaf kami tidak dapat memastikan hal tersebut. Ikuti terus FB Acer Indonesia dan twitter @acerID untuk info produk-produk terbaru dari Acer.

  52. baney88 says:

    dokter. untuk Liqued E3 dan Liqued E2 apakah bisa diupgrade menjadi kitkat? bisa dilakukan diacer center?

    1. Dr. Acer says:

      Dear baney88, Acer Liquid E2 tidak menerima update OS Andorid Kitkat, namun untuk Liquid E3 kemungkinan akan mendapatkan update OS Android Kitkat. Tetap ikut FB page Acer Indoensia dan follow twitternya di @acerID untuk mendapatkan info mengenai update OS Android Kitkat Liquid E3

      1. baney88 says:

        terima kasih dokter. bagaimana cara menimdahkan data dan account kita dari liqued e2 ke e3. terutama contactnya yang saya simpan di hp?

        1. Dr. Acer says:

          Hai, kamu bisa menggunakan google backup untuk melakukan pemindahan data seperti contacts ke perangkat lain. 🙂

          1. baney88 says:

            dok matikan getar saat ngetik text di liquid e3 dimana ya? thanks

          2. Dr. Acer says:

            Hai, untuk pengaturan tersebut kamu bisa mengubahnya di menu settings > language & input > keyboard > sound and vibration. 🙂

  53. dandy says:

    Halloo dr acer,saya pengguna liquid e3,menurut saya penggunaan batrei nya cukup boros,saya sudah menggunakan beberapa cara agar hemat,akan tetapi tetap saja boros,
    Mungkin saya bisa sarankan untuk pengembangan software terbaru bisa lebih irit batrei,di karenakan konsumsi batrei paling banyak adalah cell stby,dimana tidak terjadi di hp android lain,penggunaan cell stby pada e3 rata-rata 30%-45% padahal d hp lain hanya 20-30%
    Dan sama” dual sim stby dan 3g on
    Demikian terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dandy, Terima kasih atas feedback dan saran yang kamu berikan kepada Acer. Kami akan segera infokan kepada pihak terkait.

  54. Rachmadi says:

    harga acer liquid jade berapa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rachmadi, saat ini tipe tersebut belum dipasarkan di Indonesia, Mungkin kamu bisa pertimbangkan tipe terbaru saat ini yaitu Acer Liquid E3 yang dipasarkan dengan harga Rp. 2.899.000. 🙂

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved