Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Related Article

1,665 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

 

  1. Alberto Yongki says:

    Dr.Acer mau tanya kalo vram dan vga acer E5-411 bisa di upgrade apa tidak ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yongki, VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

  2. Silsila Pratama says:

    halo dok, leptop acer 4741g saya sekarang agak lelet. jika ramnya di upgrade mungkinkah berpengaruh?
    awalnya pake win7 teus saya ubah win8 terjadilah bluescreen. lalu saya ubah pake win 7 lagi. sekarang jadi lelet
    atau mungkin komponen lain yg bikin lelet. mohon solusi dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Silsila, upgrade RAM memang dapat meningkatkan performa dari perangkat komputer/laptop secara keseluruhan. Pastikan kamu sudah menginstall seluruh driver untuk laptop kamu, sesuai dengan OS yang kamu gunakan

  3. Alberto Yongki says:

    dok kalo acer aspire E5-411 ramnya bisa di upgrade sampai berapa gb ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alberto, Aspire E5-411 support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan 1 buah slot RAM yang tersedia

  4. Andreas Cahyadi says:

    Dok acer aspire 4720 bisa di pasang RAM hingga brp GB ya? berapa biaya totalnya ya? terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andreas, RAM Aspire 4720 dapat diupgrade menjadi 4GB dengan dukungan 2 buah slot RAM (2GBx2) DDR2. Apabila kamu mempertimbangkan untuk upgrade RAM, kamu bisa melakukannya di Acer Service Center terdekat. Kamu juga bisa mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire 4720 dengan menghubungi Acer Contact Center di 1500-155 (pada hari dan jam kerja)

  5. Hafidz says:

    Dok, Acer Aspire E1-470G bisa update RAM hingga brp GB ya, dan harga Upgrade di Acer store kisaran brp ya? maklum mahasiswa nanya harga biar bisa disiapkan budget nya 😉

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hafidz, RAM Aspire E1-470G maksimal adalah 8GB dengan konfigurasi 2 slot x 4GB DDR3. Untuk informasi harga sparepart silahkan hubungi langsung Acer Contact Center di nomor 1500-155 pada hari dan jam kerja.

  6. febrio says:

    kenapa laptop acer 4740 setelah upgrade ram 4gb tidak bisa masuk windows,,cuma restart terus???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Febrio, sudah coba lakukan install ulang Windows untuk mengatasi kendala tersebut?

  7. Randy says:

    Acer aspire 4750 apa bisa diupgrade ram nya? Video memory nya apa bisa di upgrade juga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Randy, RAM Aspire 4750 dapat diupgrade hingga 8GB. Untuk VRAM/video memory tidak dapat diupgrade kapasitasnya. :)

  8. Lapian Pascal says:

    Dok, Acer Aspire E5-47. kalo di upgrade RAM di service center bisa nggk ? service center di daerah manado dimana ya ? harganya brp ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Lapian, bisa, kamu bisa melakukan upgrade RAM di Acer Service Center. Sebagai informasi, RAM Aspire E5-471 dapat diupgade menjadi 16GB dengan dukungan 2 buah slot RAM. Estimasi biaya akan diinfokan oleh customer service di Acer Service Center yang kamu datangi.
      Untuk Kota Manado, kamu bisa mendatangi ACSP kami di alamat berikut:

      ACSP MANADO
      Ruko Mega Smart Blok 4 No. 9 Kawasan MegaMas – Boulevard Telp: 0431-8881170 Senin – Sabtu 09.00 – 17.00 WITA

      1. Lapian Pascal says:

        Dok, di ACSC jual sekalian RAM-nya nggk ? mohon pencerahannya

        1. Dr. Acer says:

          Dear Pascal, Acer Service Center menyediakan RAM untuk upgrade :)

      2. Ganda says:

        Dok,laptop acer E5-471 saya mau upgrade menjadi 6 GB(originalnya 2GB) yang jadi permasalahannya dok,koq RAM nya ga bisa di upgrade ya,. tetap saja 2GB,yang 4GB nya tidak bisa terbaca,bagaimana solusinya dok?
        NB:RAM yang 4GBnya merek Visipro Sodim 3 PC12800

        1. Dr. Acer says:

          Dear Ganda, untuk Aspire E5-471 kamu bisa menggunakan RAM dengan tipe DDR3L PC-16000. Untuk informasi ketersediaan dan harga RAM Aspire E5-471, kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 1500-155 (pada hari dan jam kerja)

  9. Faidil says:

    Dok, batas max ram pada acer ao756 brpa gb ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Faidil, RAM AO756 dapat diupgrade menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM 4GBx2

  10. Agus Pratama says:

    Hai Dok, saya ingin tanyakan kalo untuk laptop Acer Aspire 4741 dengan prosesor i3-350M kira-kira RAM yang compatible type apa? Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Agus, RAM Aspire 4741 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) dengan tipe RAM DDR3 PC-10600.
      Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa melakukannya di Acer Service Center terdekat. Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  11. fima says:

    dok klo ram 6,00 gb (usable 2,80 gb) maksudnya gimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fima, hal itu bisa disebabkan karena kamu menggunakan OS Windows versi 32-bit. Pada system 32bit hanya bisa memanfaatkan maksimal 4gb, dan beberapa akan digunakan oleh komponen VGA onboard sehingga berkurang menjadi 2.8GB. Kami sarankan install menggunakan OS Windows 64-bit.

  12. Doc, Kalo untuk acer 2920 bisa di upgrade sampe berapa GB? Dan Merk apa yang dipakai? thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sulaidi, kamu bisa mengupgrade RAM maksimal 4GB dan bisa menggunakan merk apa saja. :)

  13. Irfan says:

    Doc, mau tanya gimana cara mengupgrade RAM laptop saya aspire 4732z ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irfan, untuk upgrade RAM kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center. Info lokasi Acer service Center dapat kamu temukan dibagian atas blog ini. :)

  14. Firdaus says:

    Doc, mau tanya kalau maks ram yg bisa di upgrade laptop saya Aspire One 756 brp ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Firdaus, RAM AO756 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3. Apabila kamu ingin mempertimbangkan melakukan upgrade RAM, silahkan datang langsung ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan pada tautan berikut http://www.acerid.com/acer-service-center/

  15. Muhammad Thaufan says:

    Doc sya thaufan pengguna laptop acer aspire v5-4 series .. Mau tanya klo mau nambah RAM maksimal kapasitasnya berapa GB ya doc?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Thaufan, Aspire V5-4 series (berukuran layar 14″) maksimal RAM yang dapat dipasang adalah 8GB menggunakan kedua buah slot RAM yang tersedia (2x 4GB DDR3).

  16. zainal says:

    klo acer asphire 4750 bisa gan ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Zainal, RAM Aspire 4750 bisa diupgrade hingga 8GB. :)

  17. nurullah says:

    permisi untuk notebook acer aspire one d270 ram bisa d upgrade sampe brp ya ? apakah semua ram buat notebook dan laptop sama saja ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nurullah, kapasitas RAM Aspire One D270 dapat diisi maksimal 2GB menggunakan tipe RAM DDR3 PC-12800. :)

      1. nur says:

        untuk acer center di bandung di mana ya ?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Nur, untuk mengupgrade RAM silahkan kunjungi Acer Service Center Bandung di Jl. Gatot Subroto No. 47A.

  18. Riezky Arfandi says:

    dok mau tanya, soal laptop saya Accer Aspire E1-471 Intel core i3, kira-kira batas kapasitas maksimal Ram saya berapa ya dok bila untuk di Upgrade ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Riezky, RAM Aspire E1-471 dapat diupgrade hingga 8GB. :)

  19. Jimmy Tanjung says:

    Dok. Acer saya mau nanya ni ? Kapasitas maksimal RAM ACER Aspire 4738 sampai berapa y Dok,soal y saya btuh kpasitas Ram yg tinggi untuk desain Teknik Arsitektur !
    Mohon bantuan y Dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Jimmy, RAM pada Aspire 4738 bisa diupgrade hingga 8GB. :)

  20. Rio Yudha Pratama says:

    Dok, saya pengguna ACER E1-472G, saya mau tanya maksimal ram yang bisa dipakai di laptop saya sampai berapa gb?, karena saya sudah tambah ram 8 gb di slot yang kedua dan yang pertama 4 gb tetapi yang terbaca di sistem cuma 4 gb bukannya 12 GB? apakah memang sampe 4 gb maksimalnya ? tks.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rio Yudha, RAM Acer Aspire E1-472G dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3 PC-12800

      1. Rio Yudha Pratama says:

        Jadi maksudnya dalam 2 slot memori yang dipakai di ACER E1-472G masing-masing harus 4GB, bagaimana jika langsung dipasang 8 GB dan slot yang satunya dikosongkan apakah memori yang terbaca adalah 8 GB ? Mohon pencerahannya, tks.

        1. Dr. Acer says:

          Dear Rio, pastikan saja RAM yang digunakan sama dengan RAM bawaan pabrikan. Maksimal tiap slot kemampuannya adalah RAM dengan kapasitas 4GB.

  21. deskiputra says:

    Hi doc , saya pengguna acer aspire 3810T-354G50n
    Ram 4gb
    CPU intelcore 2 solo processor
    VGA GMS 4500MHD Up to 1244Mb
    Saya mau upgrade CPU nya jadi intelcore i5 bisa gk ya kira kira ? Terus saya mau ganti VGA nya AMD
    Efek dari saya ganti kedua itu apa ya dan kemungkinan rusak gk laptop nya ? Sebelum nya terimakasih doc

    1. Dr. Acer says:

      Dear Deskiputra, prosesor dan VGA pada laptop tidak dapat diupgrade atau diganti. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD nya. :)

  22. yayan says:

    dok kalok namabah ram apakah kecepatan prosesor nya biasa bertambah

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yayan, upgrade RAM tidak menambah kecepatan prosesor namun upgrade RAM bisa meringankan kerja prosesor. :)

  23. BAGUS SEPTIAN says:

    Hi Doc. saya mau bertanya, laptop saya acer v5-471G, ram 4GB (3.80GB USABLE), maksudnya usable itu gimana yah? dan jika saya mau upgrade ram menjadi 8 gb apakah bisa? dimana saya bisa menambahkan ram nya, di acer centre resmi atau di konter2 penjualan laptop biasa? mohon penjelasannya ya dokter acer. terimakasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bagus, bila VGA yang aktif di notebook adalah VGA dengan shared memory (Intel), maka kapasitas RAM yang bisa dipakai menjadi berkurang. Kami sangat merekomendasikan upgrade RAM di Acer Service Center resmi.

      1. BAGUS SEPTIAN says:

        oh seperti itu ya doc, apakah upgrade ram di service centre acer dikenakan biaya doc? kira2 berapa rupiah?

        1. Dr. Acer says:

          Upgrade RAM di Acer Service Center dikenakan biaya pembelian RAM saja, Untuk informasi harga sparepart resmi Acer silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 1500-155.

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved