Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Dec 23 2013

on How To

821 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

  1. ASSLM DR ACER..SY PUNYA LAPTOP ACER ASPIRE 4752 INTEL CORE I5 2450M MEMORY 2GB DDR 3…BISA UPGRADE SAMPAI BERAPA GB YA? MAKASIH BANYAK DR ACER

    By GUNAWAN Reply
    • Dear Gunawan, Aspire 4752 bisa menggunakan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok, saya mau tanya Aspire E1 -421 tipe RAM DDR3 2gb, bisa upgrade sampe berapa yah?

    By Riski Adi Reply
    • Dear Riski, RAM Acer Aspire E1-421 dapat dupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  3. dok, saya punya acer apir 14 e5-471-3g5f dengan ram 2gb dgn i3-4005u nvidia 820m, menurut dok, saya bagusnya upgrade ke ram 4gn atau langsung 8gb. saya biasanya pakai buat main game dok
    makasih

    By egii Reply
    • Dear Egii, kamu bisa langsung mengupgrade RAM dengan kapasitas 8GB. Upgrade RAM bisa dilakukan di Acer Service Center agar dipilihkan tipe RAM yang sesuai. Untuk penggunaan RAM diatas 3GB pastikan kamu menggunakan OS dengan sistem 64-bit untuk mendukung kinerjanya. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. kira kira kalau nambah ram acer e1-451g jadi 8GB
    brapa harganya di acer center??

    By ansyari Reply
    • Dear Ansyari, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155.

      By Dr. Acer Reply
  5. Mau tanya dok, acer e5 471 menggunakan ram tipe apa?
    Bisa upgrade di resmi acer tidak?

    By Rinto Reply
    • Dear Rinto, Aspire E5-471 menggunakan RAM DDR3L 1600MHz. Upgrade bisa dilakukan di Acer Service Center :)

      By Dr. Acer Reply
  6. mo tanya ne!saya punya laptop aspire 4739 kira2 kalau di updrade jadi berapa giga tuh?
    trusss…kok main game pc agak lemot? thanks…

    By ery Reply
    • Dear Ery, RAM Aspire 4739 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB DDR3 dengan dukungan 2 buah slot RAM (4GBx2). Untuk problem laptop yang lemot, upgrade RAM adalah salah satu cara mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Kamu juga bisa membawa tips mengoptimalkan kecepatan laptop pada artikel berikut http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop/

      By Dr. Acer Reply
  7. mau tanya dok, laptop saya mereknya acer aspire 4253 ram 1gb DDR3 Memory. berapa ya dok harga jika saya ingin menambah ramnya jadi 2gb?? thanks..

    By viktor Reply
    • Dear Viktor, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  8. Dok, Laptop Aspire E14 (E5-411-C2xs) 2 GB DDR 3
    kl buka aplikasi office + internet (mozzila/outlook) kok jadi lemot ya? kl office saja sih bisa ngebut…
    jika di upgrade memory bs sd berapa giga? apakah bis mengakomodir kebutuhan komputasi saya Pa Dokter?

    By Dede Nurisman Reply
    • Dear Dede, untuk problem pada aplikasi tersebut kemungkinan ada gangguan koneksi internet sehingga menghambat kinerjanya. Pastikan koneksi internet tidak mengalami gangguan ketika menggunakannya. RAM Aspire E5-411 bisa diupgrade hingga 8GB. Tentunya upgrade RAM dapat mengoptimalkan kinerja laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Siang Dr. Acer,
    Saya ingin bertanya untuk Acer Aspire AS4741-432G50MN upgrade RAM maksimumnya 8GB, tapi spesifikasi detail RAMnya kok belum dijawab ?
    Apakah RAM 2GB yang sudah ada, misalkan ditambah 4GB bisa jadi 6GB, belum dijawab ?
    Sorry ya ngerepotin ^_^
    Thank’s infonya.

    By FRANSISCUS Reply
    • Dear Fransiscus, kamu bisa menambahkan RAM 4Gb pada slot yang kosong. Namun pastikan kamu menggunakan tipe RAM yang sesuai pada tiap slot-nya. Aspire 4741 bisa menggunakan tipe RAM DDR3 PC-10600. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok, saya mau tanya Aspire E1 -471 tipe RAM DDR3 2gb, bisa upgrade ampe berapa yah?

    By Adi Topandi Reply
    • Dear Aldi, Aspire E1-471 sudah dibekali dengan 2 buah slot RAM dan masing-masing slot maksimal dapat diisi dengan kapasitas RAM 4GB (total 8GB DDR3).

      By Dr. Acer Reply
  11. dok saya punya laptop acer aspire 4741z, kira2 maksimal upgrade ram nya sampai berapa? terus biaya upgrade kalau di accer center berapa ya? trima kasih.

    By oki Reply
    • Dear Oki, AS4741Z support untuk RAM hingga 8GB. Untuk info harga sparepart, kamu bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  12. Malam Dr. Acer,
    Saya ingin bertanya untuk Acer Aspire AS4741-432G50MN upgrade RAM maksimumnya berapa dan spesifikasi detail RAMnya.
    Apakah RAM 2GB yang sudah ada, misalkan ditambah 4GB bisa jadi 6GB ?
    Thank’s infonya.

    By FRANSISCUS Reply
    • Dear Fransiscus, AS4741 support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia :)

      By Dr. Acer Reply
  13. mau tanya dok! saya punya notebook acer aspire one dengan processor intel atom n270, apakah bisa diupgrade ramnya? dan kalau bisa tolong diberitahu berapa kapasitas maksimalnya? saya memakai windows 7 starter. trims

    By pramudya Reply
    • Dear Pramudya, upgrade RAM bisa dilakukan di Acer Service Center agar dipilihkan kapasitas dan tipe RAM yang sesuai. Info lokasi Acer Service Center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. mau tanya, kalau acer aspire V5-132 bisa upgrade ram sampai berapa GB ya?

    By Indah Hardani Reply
    • Dear Indah, Aspire V5-132 upgradable memory hingga 6GB. Proses upgrade RAM disarankan di Acer service center terdekat di kotamu.

      By Dr. Acer Reply
  15. dok mau tanya nih, laptop saya acer E1 471 mau upgrade ke 6gb tp windows 7 saya 32bit, apa harus instal ulang dok jd 64bit? trus video card apa bisa ditambah dok ? makasih

    By ridwan hartanto Reply
    • Dear Ridwan, OS Windows versi 32-bit hanya dapat membaca kapasitas RAM maksimal 3,2GB. Kami sarankan install ulang dengan versi yang 64-bit agar terdeteksi secara optimal. VGA pada laptop tidak dapat diupgrade, VRAM yang didapat dari penambahan kapasitas RAM diatur secara otomatis oleh system, namun tidak membantu banyak untuk menambah performa grafis.

      By Dr. Acer Reply
  16. dok, mw tanya ni, pc q aspire E1-421 klo mw upgrade ram maksimal sampai berapa gb dan speedclocknya yang berapa?

    By herdy Reply
    • Dear Herdy, maksimal RAM yang dapat diupgrade pada Aspire E1-421 adalah 8GB menggunakan kedua slot yang tersedia (2slot x 4GB) dengan tipe RAM DDR3 PC3-10600/12800/14900.

      By Dr. Acer Reply
  17. dok leptop saya aspire 4315 max untu tambah RAM berapa yaaa?

    By Fatharani Rizki F Reply
    • Dear Fatharani, RAM pada Aspire 4315 dapat diupgrade maksimal 2GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  18. acer aspire one 722 ramnya bisa diupgrade ngga?

    By ismail Reply
    • Dear Ismail, pihak vendor mengatakan bahwa AO722 hanya bisa menggunakan RAM hingga 2GB. Tetapi ada beberapa user yang memberikan testimoni berhasil menggunakan RAM 4GB pada AO722 miliknya. :)

      By Dr. Acer Reply
  19. Mau tanya Dok! Punya Ku Aspire V5-431 maksimal Kapsitas Ramnya berapa ya ? dan gimana cara mengupgrade nya ?

    By Riva Fambayun Reply
    • Dear Riva, RAM pada laptopmu dapat diupgrade maksimal hingga 8GB. Upgrade RAM bisa dilakukan di Acer Service Center agar garansi tetap terjaga. :)

      By Dr. Acer Reply
  20. Dok, acer aspire 4530 maksimum ramnya yang bisa di upgrade berapa ya?

    By Naufal Hilmi Reply
    • Dear Naufal, RAM Aspire 4530 dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB, didukung dengan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade maksimal menjadi 2GB (2GBx2) DDR2 PC-5300.

      By Dr. Acer Reply
  21. mau tanya dok
    lapie ane acer aspire e1 -471G kalo mau upgrade RAM kudu gimana ya? modelnya nih DDR2 / 3? maks. RAM nya brp? Ada berapa slot?

    By Ivan K Reply
    • Dear Ivan, Acer Aspire E1-471G menggunakan tipe RAM DDR3 PC-12800. Sebagai informasi RAM Aspire E1-471G dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2). Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire E1-471G.

      By Dr. Acer Reply
  22. dok mau tanya!saya punya laptop acer aspire E-5 471G saya upgrade RAM nya jadi 6GB tapi yang ke baca masih 4GB dok

    By Raden Rivanda Oktariandi Reply
    • Dear Raden, pastikan RAM yang kamu tambahkan pada laptop kamu memiliki spesifikasi yang sama dengan RAM standar pembelian :)

      By Dr. Acer Reply
  23. dok knapa ya kebanyakan RAM yang 1GB itu suka (Not Responding)aja? contohnya punya saya laptop acer aspire 4253??

    By Alfhurkon Reply
    • Dear Alfhurkon, hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan, dan tentunya menggunakan memory dari RAM

      By Dr. Acer Reply
  24. dok laptop sya e1-470 kalo menambahkan ram secara partition, nanti berpengaruh tidak sama laptop.

    By crist Reply
    • Dear Crist, Aspire E1-470 dapat diupgrade hingga 8GB (2 x 4GB), untuk proses upgrade kami merekomendasikan di Acer Service Center agar mendapatkan jaminan pemasangannya.

      By Dr. Acer Reply
  25. hallo dok
    saya menggunakan laptop aspire 4752
    saya pingin upgrade laptop saya untuk khusus editing dan editor video
    kira” apa saja yang perlu diupgrade dan tolong kasih rekomendasi merk dan spesifikasi sparepartnya

    trims

    By rizky Reply
    • Dear Rizky, pada laptop hanya bisa mengupgrade RAM dan HDD saja dan mengupgrade RAM tidak banyak perpengaruh pada performa graphic.

      By Dr. Acer Reply
  26. dok klo laptop acer aspire e1-470 kira” ram nya max bisa berapa ya dok?

    By budi iswanto Reply
    • Dear Budi, RAM Aspire E1-470 dapat diupgarde maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diisi dengan kapasitas maksimal 4GB (total 4GBx2) DDR3. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155.

      By Dr. Acer Reply
  27. Acer Aspire 4920 bisa diupgrade sampai berapa giga dok? saya sudah buka laptop saya, ada 2 keping ram didalamnya. bawaan dari pembelian adalah 512MB. apakah jika berencana menambah ram kedua ram tersebut harus diganti atau salah satu saja?
    terima kasih.

    By Kelik Kristanto Reply
    • Dear Kelik, RAM Aspire 4920 bisa diupgrade hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia (2x4GB). :)

      By Dr. Acer Reply
  28. dok,klu acer v5471 core i3,ditambah ramnya menjadi 8gb. apakah kecepatannya dapat bisa meningkat walaupun masih menggunkan prosessor core i3???. tolong masukannya dok,soalnya sy rencana nambah ram spya kinerja acer v5471g ku lebih cepat n lbih dahsyat utk edit film:)

    By charlos Reply
  29. Acer Aspire V5-132-10192G50nss ada berapa slot ram nya, maxsimal berapa? thanks

    By Faisal Reply
    • Dear Faisal, Aspire V5-132 memiliki satu buah slot RAM. RAM Aspire V5-132 dapat diupgrade hingga 6GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  30. dok mau tanya klu aspire E1-472G maksimal upgrate RAMnya brapa GB.?

    By fadly Reply
    • Dear Fadly, kamu bisa mengupgrade RAM Aspire E1-472G hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  31. dear dr acer , punya saya Acer Asphire V5-471G slim , saya windows 7 32bit , dan saya memasang ram 1 GB ke slot 2nd saya tetapi kok belum kedetect ya di DXDIAG maupun di computer

    By Ariadi Reply
    • Dear Ariadi, pastikan kamu menggunakan tipe RAM yang sama. Sebagai informasi, Windows 7 32-bit tidak dapat mendeteksi kapasitas RAM dengan jumlah total besaran lebih dari 4GB. Untuk daaat mendeteksi kapasitas total RAM lebih dari 4GB, kamu perlu mengganti systemnya dengan versi yang 64-bit.

      By Dr. Acer Reply
  32. kalau acer aspire v5471 upgrade ram nya maksimal berapa ?

    By arriza Reply
    • Dear Arriza, RAM Aspire V5-471 dapat diupgrade hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  33. hai dok, mau nanya ram acer 4741 bisa diupgrade gak ya? trus maksimal berapa gb?

    By darma Reply
    • Hai Darma, RAM Aspire 4741 dapat diupgrade maksimal hingga 8GB DDR3 dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diisi dengan kapasitas maksimal 4GB PC-10800.

      By Dr. Acer Reply
  34. dok saya mau tanya harga ram yang ada di ASC itu berapa ya?

    By Adam Reply
    • Dear Adam, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  35. mo tanya dok! Aku punya acer4732z memorynya m dganti ddr3 2gb bisa ngg?

    By dodi suhendi Reply
    • Dear Dodi, Aspire 4732Z menggunakan tipe RAM DDR2. Kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM Aspire 4732Z hingga 4GB. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.