Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Dec 23 2013

on How To

717 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

  1. dok saya pake aspire E1-422 bisa upgrade RAM sampai brp giga dok. terus kalo saya mau upgrade di acer nya langsung bisa ga dok? letak terdekat di jakarta selatan dmanaya? sama boleh tau harganya ga kira kira berapa..
    makasih dok

    By adiw Reply
    • Dear Adiw, RAM Aspire E1-422 maksimal dapat diupgrade hingga 8GB DDR3. Kami merekomendasikan pembelian RAM di Acer service center sekaligus dibantu pemasangannya. Lokasi terdekat di Jakarta Selatan berada di gedung Ratu Plaza Lt.3 Suite 29-31, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 9, Jakarta. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  2. maksimal upgrade ram acer aspire e5-421-61CJ berapa ya?

    By Herlan Basuki Reply
    • Dear Herlan, RAM pada Aspire E5-421-61CJ dapat diupgrade hingga maksimal 16GB (2 slot x 8GB).

      By Dr. Acer Reply
      • dok, acer e5-421 kan ramnya udah bawaan 2gb 1 slot
        berarti slot 2 bisa langsung diisi 8gb atau slot pertama juga harus diganti?

        By Herlan Basuki Reply
        • Dear Herlan, maksimal upgrade adalah 8GB. Kamu bisa mengganti dengan 2 buah keping 4GB DDR3.

          By Dr. Acer Reply
  3. Dok saya pake aspire E-422 bisa upgrade RAM sampai brp giga dok.
    Terus kalo saya mau upgrade di acer nya langsung bisa ga dok? Letak terdekat di jakarta selatan dimana ya? Sama boleh tau harga nya ga kira kira..
    Makasih dok

    By adi wiriyanto Reply
    • Dear Adi, RAM Aspire E1-422 maksimal dapat diupgrade hingga 8GB DDR3. Kami merekomendasikan pembelian RAM di Acer service center sekaligus dibantu pemasangannya. Lokasi terdekat di Jakarta Selatan berada di gedung Ratu Plaza Lt.3 Suite 29-31, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 9, Jakarta. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  4. dok acer aspire v5-431 windows 8.1 lancar ga ? apa harus upgrade ram dulu? soalnya kan bawaannya 2gb

    By lukmen Reply
    • Dear Lukmen, kamu bisa menggunakan Windows 8.1 64-bit dengan lancar di Aspire V5-431. Pastikan juga kamu menginstall driver – drivernya yang sesuai dengan versi Windowsnya. Driver Aspire V5-431 untuk Windows 8.1. Untuk mengoptimalkan kinerjanya kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengupgrade kapasitas RAM laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok, numpang nanya
    laptop Aspire E1-442 maksimal RAM-nya berapa?

    By Muhammad Ridwan Reply
    • Dear Ridwan, kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM Aspire E1-422 hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Dok, saya mau tanya
    saya pakai laptop acer aspire e14 e5-471-384r, ram nya bisa di upgrade sampe berapa ya? Terus processor sama hdd nya bisa di ugrade ga? Kalo bisa upgrade sampe berapa?
    infonya dok

    By khilal fadilah Reply
    • Dear Khilal, RAM pada Aspire E5-471 dapat diupgrade hingga 16GB DDR3L dengan menggunakan kedua buah slot yang tersedia (2x8GB). Prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade, sedangkan HDD bisa diupgrade hingga kapasitas terbesar yang tersedia dengan tipe HDD sama.

      By Dr. Acer Reply
  7. Bisa Kah Acer Aspire E1-470 Dinaikan RAM Nya 4Gb , Karena Bawaannya Hanya 2Gb, Dan Apakah Berpengaruh Pada Kecepatan Laptop Saya ???

    By Alfa Reply
    • Dear Alfa, dengan menupgrade RAM tentu saja akan mengoptimalkan kecepatan laptop. RAM Aspire E1-470 dapat diupgarde maksimal hingga 8GB dengan menggunakan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat dipasang dengan kapasitas maksimal 4GB DDR3. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire E1-470.

      By Dr. Acer Reply
  8. Dear Dokter Acer, laptop saya Acer Aspire 4738 intel Core i3, dengan RAM 2GB serta ada 2 slot RAMnya, seandainya saya upgrade ke 4GB apakah bermasalah jika diupgrade dengan RAM Merk lain? dan apakah bisa Ram tersebut dipasang 2-2nya, jadi yang satu 2GB dan satunya lagi 4 GB,mohon pencerahannya dok..!!????!! thanks ya dok,,,?

    By Salafudin Reply
    • Dear Salafudin, Aspire 4738 dapat diupgrade hingga maksimal 8GB dengan menggunakan kedua buah slot RAM yang tersedia. Perbedaan merk tidak masalah, pastikan saja menggunakan tipe RAM yang sama. Kamu bisa menambah dengan kapasitas RAM berbeda pada tiap slotnya (maksimal tiap slot sebesar 4GB).

      By Dr. Acer Reply
  9. dok, v5123 upgrade 8gb ddr3 yang type apa ya?

    By agus Reply
    • Dear Agus, untuk mengupgrade RAM kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar dibantu pilihkan tipe RAM yang sesuai disana dan agar garansi tetap terjaga. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok,

    Saya mau tanya, laptop Aspire One Series KAV60 untuk memory RAM bisa diupgrade maksimal sampai berapa giga? Tolong sekalian info tipe ram yang cocok ya Dok.

    Thanks.

    By Dian Reply
    • Dear Dian, untuk mengupgrade RAM kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar dibantu pilihkan tipe RAM yang sesuai disana dan agar garansi tetap terjaga. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. dok saya mau tanya?
    saya pke acer aspire v5-431 yg 32-bit.batas upgrade ramnya brp ya??trus klo udh di upgrade bisa main game yg berat??

    By ary rustanto Reply
    • Dear Ary, kamu bisa mengupgrade RAM Aspire V5-431 hingga 8GB. Namun diperlukan OS 64-bit untuk mendukung RAM diatas 4GB. Untuk info kompatibilitas game dengan spesifikasi laptopmu bisa mengunjungi situs pada link berikut http://bit.ly/1bexf8T

      By Dr. Acer Reply
  12. dok saya mau tanya, saya pakai laptop acer aspire v5-431, RAM nya bisa di upgadre sampai brp? utk skrg ini saya masih pakai 2GBDDR3 bawaan, saya tambah 8GB bisa tidak? mohon pencerahannya dok :)

    By Faridyahya27 Reply
    • Dear Farid, RAM Aspire V5-431 dapat diupgrade maksimal 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  13. dok ,laptop saya e1-470g ,bisa upgrade tidak?

    By togi febrian Reply
    • Dear Togi, kamu bisa mengupgrade RAM Aspire E1-470G hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. Dok saya mau tanya. laptop saya tipe travelmate 6292 mau saya upgrade ramnya jadi 4gb. infoin dok type ram yg cocok? sama harga resmi ramnya dok? thank you

    By Beggy Reply
    • Dear Beggy, TravelMate 6292 memiliki 2 buah slot RAM, masing-masing dapat dipasangkan maksimal 2GB (total 4GB) dengan tipe RAM PC2-5300 DDR2-667 200pin SDRAM SODIMM. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  15. dok.
    laptop acer 4738 saya mempunyai ram 1gb 10700.
    kalau saya upgrade jadi 4gb 10600
    apa akan timbul masalah?

    By Mc Ramad Angel L Reply
    • Dear Ramad, untuk Aspire 4738 direkomendasikan menggunakan tipe RAM PC3-8500/10600 DDR3 SODIMM 204-Pin memory.

      By Dr. Acer Reply
  16. gan,kok setiap saya upgrade ram ke 4gb dari 2gb kok pas mau nyalain ngeblank ya gann, laptop acer E1-422

    By Galih Reply
    • Dear Galih, bisa diinfokan apakah kamu menggunakan RAM sesuai dengan tipe RAM original dari Aspire E1-422. Sebagai informasi, Acer Aspire E1-422 mengguanakn tipe ram DDR3L PC-10600.

      By Dr. Acer Reply
  17. Dok..untuk AspireOne 725 ramnya DDR2/3 ya? jika di upgrade ke 4gb ram,apa perlu biaya pemasangan di Service Center resmi??
    thx before

    By Rizki Reply
    • Dear Rizki, AO725 bisa upgrade RAM maksimal 4GB menggunakan DDR3. Jika masih dalam masa garansi tidak dikenakan biaya pemasangan naum jika sudah tidak masa garansi dikenakan biaya 165 ribu.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Dedi, untuk informasi harga sparepart, silahkan menghubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja. Aspire 4750z support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan (2 x 4GB)..

      By Dr. Acer Reply
  18. Dok, Acer Aspire E-471 RAM bawaannya 2GB mau saya tambahkan lagi 4GB Totalnya 6GB bisa gak dok? terus kalau merk RAMnya berbeda dengan yng bawaannya apa tidak masalah ?

    By Gustian Reply
    • Dear Gustain, kamu bisa menambahkan RAM 4GB pada slot yang tersedia. E1-471 sendiri bisa upgrade RAM maksimal 8GB dengan 4GB dimasing-masing slot yang tersedia. Kamu bisa menggunakan merk yang berbeda, tidak masalah.

      By Dr. Acer Reply
  19. dok. acer sya core i3 aspire E1 E1-471 apakah bisa di upgrade RAM yg lebih tinggi..?? tolong dibantu.

    By fajar Reply
    • Dear Fajar, kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM Aspire E1-471 hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  20. bos…saya punya acer aspire 4730z RAM 512mb pc2-5300…saya mau upgrade ke 1GB pc2-6400 masih support ngga bos??? seandainya sudah saya upgrade ke RAM 1GB apakah support memakai OS win 7 dan drivernya??? mohon info lebih lanjut…terimakasih

    By Gus Kanta Reply
    • Dear Gus, untuk upgrade RAM juga bisa membawanya ke Acer Service Center agar dibantu dan dipilihkan tipe RAM yang sesuai disana. Setelah upgrade RAM tidak diperlukan install ulang, karena sistem laptop dapat mendeteksi secara auto RAM yang baru. :)

      By Dr. Acer Reply
  21. Dok. aspire 4730z RAM 1 Gb,untuk menambah ram yang sport berapa dan kodenya mhn dok dibantu

    By soepriyanto Reply
    • Dear Soepriyanto, AS4730Z menggunakan RAM PC2-5300-DDR2

      By Dr. Acer Reply
  22. Dr Acer, saya punya laptop lama acer 4732z, untuk seri laptop saya bnarkah ram maks dpt diupgrade jd 4gb?dan ada brp slot didlmnya, saya blm pernah cek sndri walau garansi sdh abis. untuk upgrade ram 1gb standarnya brp ya?terimakasih

    By Harri Yudianto Reply
    • Dear Harri, RAM Acer Aspire 4732z dapat diupgrade menjadi 4GB dengan dukungan 2 buah slot yang dapat di upgrade maksimal menjadi 2GB (2GBx2) dengan type memory DDR2 PC-5300. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa melakukan di Acer service center atau kamu juga bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire 4732Z.

      By Dr. Acer Reply
  23. dok saya mau tanya saya pakai laptop acer aspire 4749z.ram nya kira kira bisa di upgrade max menjadi berapa ya.kira2 upgrade ram 4gb ddr3 1 slot bisa gx

    By rahmat Reply
    • Dear Rahmat, AS4749Z Support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia

      By Dr. Acer Reply
  24. notebook acer aspire one 522 apakah bisa di upgrade? dan berapa biayanya? terima kasih

    By uus muslih Reply
    • Dear Uus, AO522 bisa menggunakan RAM hingga 2GB DDR3. Untuk upgrade RAM bisa membawanya ke Acer Service Center. Estimasi biaya upgrade RAM akan diinfokan secara langsung oleh petugas Acer Service Center. :)

      By Dr. Acer Reply
  25. bos saya mau tanya ram buat acer 4736g yang pas apa.. tolong kasih mereknya trimah kasih

    By bayu Reply
    • Dear Bayu, RAM Aspire 4736G dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade maksimal menjadi 2GB (2GBx2) DDR2 PC-6400. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menguhubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) atau kamu bisa langsung datang ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  26. Dear dok .. apakah saya bisa menambah RAM untuk acer aspire one 725-C6Cbb ? mohon bantuannya dan kira kira berapa untuk menambah 1 gb RAM di toko acer resmi?

    By Dwi Dzulqhori Reply
    • Dear Dwi, RAM Aspire One 725 dapat diupgrade hingga 4GB. Upgrade RAM bisa dilakukan di Acer Service Center terdekat. Estimasi biaya upgrade RAM akan diinfokan secara langsung oleh petugas Acer Service Center. Info lokasi Acer Service Center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  27. dear…dok saya mau tanya apakah ini bisa di pasang di acer 4736 g saya
    Kingston SODIMM DDR3 2GB PC 12800
    jika tidak bisa tolong kasih contoh merk yang pas buat saya ty salam

    By bayu Reply
    • Dear Bayu, Aspire 4736G tidak bisa menggunakan part RAM tersebut (tipe DDR3). Tipe RAM yang support adalah PC2-6400 / PC2-5300 DDR2 SDRAM.

      By Dr. Acer Reply
  28. Dok, Acer Aspire E1-471 saya RAM nya bisa diupgrade sampai berapa ya?

    By Reynal Danu Gustian Reply
    • Dear Reynal, Aspire E1-471 maksimal upgrade RAM adalah 8GB menggunakan kedua buah slotnya @4GB DDR3 dan jika menggunakan RAM diatas 2GB kamu juga harus menggunakan OS 64-Bit agar optimal terdeteksi oleh system.

      By Dr. Acer Reply
  29. dok laptop saya aspire v5-471 series, jumlah maksimum ramnya berapa ya dok ? terus kalo upgrade di acernya, harganya berapa ? terimaksih

    By m.arkan mufadho Reply
    • Dear Arkan, RAM Aspire V5-471 maksimal dapat diupgrade hingga 8GB menggunakan jenis RAM DDR3 dan untuk RAM diatas 2GB kamu harus menggunakan OS 64Bit agar dapat dideteksi secara optimal oleh system. Untuk informasi harga dan ketersediaan RAM kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja (tambahkan kode area telepon lokal sesuai kota kamu berada jika menghubungi dari GSM).

      By Dr. Acer Reply
  30. Dok, laptop saya Acer Aspire E1-471 dengan memory bawaan merk nayla 2GB. Saya ingin menambah memory 2 GB dengan merek yang sama. Saya belum bisa menemukan merek memory tersebut di pasaran. Dimanakan kiranya saya bisa membelinya? Terima kasih sebelumnya

    By noerxs Reply
    • Dear Noerxs, kamu bisa coba kunjungi Acer Service Center terdekat untuk pembelian sparepart, serta dilakukan upgrade RAM secara langsung :)

      By Dr. Acer Reply
  31. dok, laptop acer aspire v5-123 slot memori nya ada berapa ya, terus apa yg harus diperhatikan jika ingin mengupgrade ram?

    By said mustafa Reply
    • Dear Said, hanya tersedia 1 buah slot RAM untuk Aspire V5-123, support untuk RAM hingga 8GB. Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kami sarankan agar melakukan upgrade RAM langsung di Acer Service Center :)

      By Dr. Acer Reply
  32. Dok, laptop saya Acer Aspire 4740 – HDD 320GB, sekarang ramnya masih 1gb, bisa di upgrade sampai berapa ya?

    By Yuliantara Reply
    • Dear Yuliantara, RAM Aspire 4740 dapat diupgrade hingga 8GB menggunakan RAM 4GB pada masing – masing slotnya (2x4GB). :)

      By Dr. Acer Reply
      • klo untuk merk RAM yang cocok dan harga nya yang sedang-sedang aja apa ya dok?

        By Yuliantara Reply
        • Dear Yuliantara, kamu bisa gunakan RAM dari vendor yang sesuai dengan preferensi kamu. Yang terpenting adalah tipe RAM tersebut sama dengan RAM standar pembelian :)

          By Dr. Acer Reply
  33. Dok, aspire one 756 saya bisa di upgrade sampai berapa ya?

    By A.A.Ridwan Reply
    • Dear Ridwan, RAM AO756 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3. Apabila kamu ingin mempertimbangkan melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) atau kamu bisa datang langsung ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  34. dok, laptop saya acer aspire V5-123. ram bawaan 2gb ddr3, bisa ngak di upgrade menjadi 2x4gb?

    By said mustafa Reply
    • Dear Said, RAM Aspire V5-123 dapat diupgrade hingga 8GB dengan 4GB dimasing-masing slot yang tersedia.

      By Dr. Acer Reply
  35. dok, saya mau tanya
    saya pakai laptop acer aspire 4755G, Ram nya bisa upgare sampai berapa ya ? sekarang saya pakai 2GB DDR3 bawaan , saya tambah 4GB DDR3, lama sudah saya pakai
    kira ” kalo d upgrade (2x8GB) DDR3 bisa gak ya ?
    pencerahannya dok

    By septian11 Reply
    • Dear Septian11, RAM Aspire 4755G dapat diupgrade maksimal 8GB menggunakan dua keping RAM 4GB DDR3 pada masing – masing slot RAM (2x4GB). :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.