Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Dec 23 2013

on How To

1,189 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

  1. Dear Dr. Acer, saya baru beli Netbook Acer Aspire ES1-111 dengan RAM awal yaitu 2 GB. Yang mau saya tanyakan, berapa jumlah slot RAM-nya dan apakah benar bisa up to 8 GB? Kalau benar, apa yang harus saya lakukan untuk meng-upgrade RAM-nya tanpa menghanguskan garansi?
    Terima kasih.

    By Adam Kahfi Reply
    • Dear Adam, Aspire ES1-111 memiliki 1 buah slot RAM. Kamu bisa upgrade RAM di Acer Service Center agar garansi tidak hangus. Info lokasi Acer Service Center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  2. untuk acer aspire v5 471series bisa sampai berapa GB upgrade ramnya?

    By Ray Reply
    • Dear Ray, RAM Aspire V5-471 bisa diupgrade hingga 8GB menggunakan kedua buah slot RAM (masing-masing slot 4GB).

      By Dr. Acer Reply
  3. Dr. Acer saya kmarin beli Acer One 10 itu bsa tambah memori tidak ???

    By Suweca Gunadi Reply
    • Dar Suweca, RAM pada Acer One 10 tidak bisa di upgrade :)

      By Dr. Acer Reply
  4. saya pengguna acer Aspire 4738 pengen mengganti video ram 165 tapi di menu bios tidak dapat dirubah. tolong solusinya

    By Rere WR Abid Abiyyu Reply
    • Dear Rere, untuk VRAM memang tidak bisa diatur manual. VRAM diatur secara otomatis oleh sistem. Kamu bisa melakukan upgrade RAM agar VRAM bertambah.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.