Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Related Article

1,537 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

 

  1. almas husain says:

    Hallo.
    saya ingin bertanya upgrade ram untuk laptop acer 4743 itu sampai berapa gb dan apakah bisa hardisk nya ditambah sampai berapa

    1. Dr. Acer says:

      Dear Almas, Aspire 4743 dibekali dengan 2 buah slot RAM, masing-masing slot maksimum 4GB (total 8GB) :)

  2. dok, kalau tipe ram laptop acer aspire 4739-382G50mnkk itu apa ya? trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ardi, tipe RAM yang digunakan pada Aspire 4739 adalah keping soDIMM RAM DDR3 PC-10600. :)

  3. Endra Kurniawan says:

    Hallo
    Saya ingin bertanya
    Apakah Acer aspire one 722 bisa di tambah RAM sampai maksimal berapa GB??
    Laptop ane RAM nya 2GB DDR3

    1. Dr. Acer says:

      Dear Endra, rekomendasi pabrikan untuk maksimal RAM pada AO722 adalah sebesar 2GB, namun beberapa user memberikan testimoni bisa diupgrade hingga 4GB. :)

  4. Nafy says:

    Hallo
    Saya ingin bertanya
    Apakah Acer E11 bisa d tmbah RAM sehingga menjdi 4GB? Since its really slow krn cuma 2GB sedangkan its not intel atom anymore, but Celeron. Kira-kira butuh biaya brp? Adakah efek buruknya jika saya menambahkan RAM size nya mnjr lbh bsr? Thank U :)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nafy, mengupgrade RAM yang sesuai tidak ada efek buruk, sebaliknya lebih mengoptimalkan kinerja laptop. RAM Aspire E11 bisa diupgrade 4GB dan maksimal hingga 8GB DDR3L (1 buah slot RAM).

  5. M. Abyan says:

    Dr. Acer laptop saya acer aspire 4738G, ram bawaan 2GB ddr3 pc3-10700. prosesornya intel core i3 380M. saya lihat di webnya intel prosesor tsb hanya mampu dual channel di ddr3 800/1066.
    jika saya ingin ram (2x2GB) berjalan dual channel dengan performa prosesor maksimal, apakah dengan cara menambah ram sama persis dengan bawaan laptop (ditambah 2GB PC3-10700) ?
    atau membeli 2 buah ram identik ddr3 1066 (pc3-8500)?
    Mana yg lebih baik dok? Terimakasih..

  6. Dedi Alfian says:

    Dok, kalau laptop acer aspire 4739 bisa di upgrade ram nya sampai berapa gb? Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dedi, RAM Aspire 4739 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB DDR3.

  7. Adi Jaya Permana says:

    Dr acer untuk laptop acer aspire 4732z tipe ramnya apa ya? Apa bisa di upgrade?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adi, kamu bisa mengupgrade RAM Aspire 4732Z dengan tipe RAM DDR2 667MHz. :)

  8. Er Zanggara says:

    Dok merk ram untuk acer e1 422(QC) apa?dan typenya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Zanggara, kamu bisa menggunakan merk RAM apa saja yang terpenting sesuaikan dengan tipe RAM sebelumnya (DDR3 PC-10600).

  9. Endy triatmaja says:

    Dr.acer laptop saya acer aspire 14 E5-411-CG5E..mau tanya brapa jumlah slot ram pada laptop tersebut?kalau mau upgrade ram,harus ke acer center atau boleh pasang sendiri?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Endy, tersedia 1 buah slot RAM untuk Aspire E5-411, dan support hingga 8GB. Untuk upgrade RAM disarankan di Acer Service Center.

  10. Dr.Acer,klo laptop Acer Aspire E 14 E5-421-23PV,klo di upgrade ramnya,batasnya sampe brp GB ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Immanel, Aspire E5-421 support untuk RAM hingga 16GB menggunakan kedua slot RAM yang tersedia

      1. Dok,klo upgrade sampe 4gb/8gb/16gb,harga nya berapa dok ?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Immanel, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 1500-155.

  11. Angga says:

    Hai dok,laptop saya acer e5 551g pngen upgrade ram ke 16 gb,tp saya lihat tdak ada slot ram dstu,apa mesti bongkar casing belakang?misal kalau ke acer service centre hbis biaya berapa y dok?thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Angga, Aspire E5-551 support untuk RAM hingga 16GB dual-channel, atau 8GB untuk setiap slot RAM yang tersedia. kami menyarankan melakukan upgrade di Acer Service Center terdekat. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 1500-155.

  12. Elvis zong says:

    Mt siang admin..untuk acer aspire e1-431 mau upgrade ramx kira2 batas brpa giga??trims..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Elvis, RAM Aspire E1-431 dapat diupgrade hingga 8GB. :)

  13. Ubai Yusuf Siraj Samudera says:

    Dok, laptop saya Acer Aspire E1-471 dengan RAM DDR3 2GB. Apakah saya bisa upgrade? Dan RAM yang bagaimana yang sebaiknya saya gunakan?

  14. Rivalo Gesis says:

    Dok. Sebenarnya laptop Acer 4736Z, memakai ram ddr3 atau drr2, soalnya kalua ram ddr3 slotnya tidak sama dengan ramnya (tidak pas)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rivalo, Acer Aspire 4732Z menggunakan RAM DDR3. Bisa bantu infokan 22 digit Serial Number laptop Acer kamu?
      Apabila kamu merasa kesulitan untuk melakukan upgrade RAM, kamu bisa membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan upgrade RAM. Lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

  15. abdi says:

    dr. acer laptop sya aspire 4750 bisakah ram di upgrade menjadi 4/6 gb

  16. amien says:

    dr. acer, laptop sy aspire v5-431 bisakah upgrade ram menjadi 6gb

    1. Dr. Acer says:

      Dear Amiem, RAM Aspire V5-431 bahkan dapat diupgrade hingga 8GB. :)

  17. Ryan says:

    bisakah ram laptop dari 2gb di upgrade ke 6gb

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ryan, bisa diinformasikan tipe laptop kamu terlebih dahulu

  18. De Dolio says:

    Hai dr. Acer, laptop acer aspure 4743 saya mempunyai RAM 2GB versi PC3-10600S. Saya cari-cari kemana-mana versi RAM yg persis sama seperti ini ternyata gak jumpa, yg ada cuma PC3-10600 saja. Apakah RAM versi PC3-10600S bisa berdampingan dgn PC3-10600?

    1. Dr. Acer says:

      Dear De Dolio, untuk info ketersediaan RAM yang sesuai kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 1500-155.

  19. titan fauza says:

    kalo untuk aspire 4741 maks upgrade sampai brp?

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved