Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Dec 23 2013

on How To

1,022 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

  1. Dr. Acer, laptop saya Acer E1-470, kalo mau upgrade RAM brapa kapasitas maksimal nya Dok?
    Terima kasih banyak

    By hikari Reply
    • Dear Hikari, RAM Aspire E1-470 dapat diupgarde maksimal hingga 8GB dengan menggunakan 2 buah slot RAM yang tersedia, masing-masing slot dapat dipasang dengan kapasitas maksimal 4GB DDR3. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire E1-470.

      By Dr. Acer Reply
  2. Dr. Acer, laptop saya Acer E1-422, kalo mau upgrade RAM brapa kapasitas maksimal nya Doc ? terima kasih

    By Diyann Park Reply
    • Dear Diyann, Aspire E1-422 menggunakan bawaan RAM DDR3 sebesar 2GB dan dapat di-upgrade hingga 8GB bila dibutuhkan (1 slot).

      By Dr. Acer Reply
  3. dok,Lapptop Acer Aspire V5-431 processornya bisa di upgrade gak?

    By Rifky Reply
    • Dear Rifky, prosesor pada laptop tidak dapat di upgrade. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD nya. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. Dear Dr.Acer, Selamat Siang dok..
    Saya mau tanya, kalau Acer Aspire 4552 untuk Upgrade RAM nya itu gimana ya ? Saya pernah Upgrade RAM,tapi Merk RAM nya V-GEN, semuanya sama DDR 3 juga kok dok. Tapi kenapa kok nggak Support ya dok ? Mohon Bantuannya dok, Terimakasih :)

    By Maulana Wahyu Prasojo Reply
    • Dear Maulana, untuk upgrade RAM kami sarankan membawanya ke Acer Service Center agar dipilihkan tipe RAM yang sesuai disana. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok, laptop acer saya welcome nya lma bingitz

    kalo mau jdi cpet gimna

    By Nama Lengkap Reply
    • Hai, kamu bisa pertimbangkan upgrade RAM yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Pastikan tidak ada aplikasi (yang tidak digunakan) aktif saat start-up system. Kami juga menyarankan untuk scan dengan antivirus terupdate, jika masih terkendala (start-up lama) disarankan install ulang systemnya.

      By Dr. Acer Reply
  6. Dr.Acer Saya Mao Nanyak, Kalo Habis upgrade RAM masih harus instal driver lainnya?
    Saya punya laptop ACER 4739 dengan ram 2 Gb DDR3 Dr.Acer
    Mohon Pencerahannya

    By Sidabalok Reply
    • Dear Sidabalok, upgrade RAM tidak memerlukan instalasi driver. :)

      By Dr. Acer Reply
  7. Dear dr.Acer, dok kapasitas RAM buat acer aspire 4752G nyampe brpa giga y dok??… terus klo misalnya processornya dganti jadi core i5 atau core i7 bisa gk dok??…

    By rega Reply
    • Dear Rga, RAM pada Aspire 4752G bisa diupgrade hingga 8GB menggunakan dua keping soDIMM DDR3 4GB. Sebagai info, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade. :)

      By Dr. Acer Reply
    • jadi gk ada solusi y dok buat lptop saya klo pngn maen Assassins cread Unity gk bkln support, soalnya 4752G kn masih core i3, sdngkan AC Unity mnimum i5,RAM 6gb, ..

      By Rega Reply
      • Dear Rega, tidak bisa. Kami menyarankan untuk pertimbangan membeli unit laptop dengan spesifikasi yang disesuaikan. Saat ini tersedia tipe Aspire E5-471-52DJ dengan kisaran harga 7,949,000, spesifikasinya adalah:
        Intel® CoreTM i5-4210U processor (1.70 GHz with Turbo
        Boost up to 2.70 GHz)
        Windows 8.1 Single Language
        14″ HD 1366 x 768 resolution Acer CineCrystalTM LED-backlit TFT LCD
        4GB DDR3
        500GB
        NVIDIA® GeForce® 820M with 2 GB of dedicated DDR3 VRAM
        “• Bluetooth® 4.0
        • Bluetooth® 2.1+EDR”
        HDMI® port with HDCP support
        DVD-Super Multi double-layer
        Acer InviLinkTM NplifyTM 802.11b/g/n wireless LAN
        “Video conferencing
        Acer Crystal Eye HD webcam with:
        • 1280 x 720 resolution
        • 720p HD audio/video recording”
        SD™ Card reader
        Two built-in stereo speakers

        By Dr. Acer Reply
  8. dok, saya baru beli e3-111, jadi kalo RAM nya di upgrade, garansinya hilang ya ?

    By Yudi Kurniawan Reply
    • Dear Yudi, untuk mengupgrade RAM bisa dilakukan di Acer Service Center agar garansi tetap terjaga. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Dr.Acer,apakah laptop Acer V3-471G bisa upgrade RAM hingga 8 GB?

    By Dimas Reply
    • Dear Dimas, Acer Aspire V3-471 dapat diupgrade maksimal menjadi 16GB DDR3L

      By Dr. Acer Reply
  10. RAM laptop saya 2GB DDR3 L Memory, tapi pas main game lambatnya bukan main, itu harus di upgrade RAMnya atau grafiknya yang diganti? PS: Seri Laptop saya E1-470

    By Rigen Mas Respati Artika Reply
    • Dear Rigen, kamu bisa coba setting video graphicnya terlebih dahulu. Sebagai informasi, sebelum menginstall game pastikan terlebih dahulu minimum system requierement dari game tersebut lalu bandingkan dengan spesifikasi laptop yang kamu gunakan.
      Untuk mengetahui kompalibilitas game tertentu, silahkan mengacu pada link berikut http://systemrequirementslab.com/cyri

      By Dr. Acer Reply
  11. Dr.Acer, saya mau tanya upgrade memory Ram yg rusak aspire one 756 karena banyak menggunakan program yang berat dan lama penggunaannya. Penggantian memory Ram yang rusak maksimal berapa GB capability nya dan berapa harga nya.

    By Josh Reply
    • Dear Josh, AO756 support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB. Untuk informasi harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja :)

      By Dr. Acer Reply
  12. perlu instal ulang windows gak sih setelah penambahan?
    mohon pencerahan..

    By Farid Zakariya Reply
    • Dear Farid, mengupgrade kapasitas RAM tidak perlu disusul dengan menginstall ulang OS.

      By Dr. Acer Reply
  13. dear, dr acer.. laptop saya RAM nya PC 10600, apakah bisa diganti dengan RAM PC 12000…?
    type laptop saya acer E1 471

    By andy sonata Reply
    • Dear Andy, kamu bisa menggunakan PC berapa saja dengan tipe yang sama DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  14. Dr acer, Laptop saya Acer Aspire 4750 RAM saya bisa di Upgrade sampai berapa pak. Terimakasih sebelumnya atas informasinya.

    By Freddy Reply
    • Dear Freddy, RAM Aspire 4750 dapat diupgrade hingga maksimal 8GB menggunakan kedua slot yang tersedia, masing-masing slot 4GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  15. Dr.Acer,Saya mau mengupgrade ram Acer Aspire V5-471 dari 2gb menjadi 8gb bisa tidak yah?

    By Dewa Reply
    • Hai Dewa, Aspire V5-471 dibekali dengan 2 buah slot RAM, masing-masing bisa dipasang RAM maksimal 4GB, total menjadi 8GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  16. Dr.acer saya mau tnya laptop saya tipe ACER Aspire E1 -471 intel core i3, laptop saya mau saya install windows 7 ultimate 64 bit tapi katanya klo pk 64 bit RAM nya harus diatas 2gb,kira kira laptop saya bisa RAM nya bisa di upgrade hingga berapa ?? sekalian laptop saya punya berapa slot ya?? apakah di Acer store menjual RAM yg cocok buat laptop saya

    By Alif Rizky Satria Reply
    • Dear Alif, Acer RAM Aspire E1-471 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2). Apabila inginmelakukan upgrade, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire E1-471.

      By Dr. Acer Reply
      • doc laptop saya acer e1-471, awalnya ram saya 2gb di slot 1, apakah bisa slot 2 di isi RAM 1gb dok?? jadi 3gb apa ndk doc

        By Nama Lengkap Reply
        • Hai, kamu bisa pasang kapasitas RAM 1GB hingga maksimal 4GB pada tiap slot di Aspire E1-471.

          By Dr. Acer Reply
  17. Dr. Acer, saya mau upgrade ram laptop Acer v5 471g. saya mau tanya ram maksimum yang bisa di upgrade sampai berapa gb ya?

    By Yohan Ardiansyah Reply
    • Dear Yohan, Aspire V5-471G support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia :)

      By Dr. Acer Reply
  18. Dr. Acer, laptop saya Acer Aspire 4738G. Maksimum RAM yg bisa di upgrade sampe berapa GB ya? makasih :)

    By Fuzhan Reply
    • Dear Fuzhan, maksimum kapasitas RAM Aspire 4738G yang dapat diupgrade hingga 8 GB (2 slot x 4GB) tipe DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  19. dr. acer, saya mau nanya kalo travelmate p243 bisa upgrade ram-nya? maksimal berapa gb?
    terima kasih

    By radek toro Reply
    • Dear Radek, RAM TravelMate P243 dapat diupgrade hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  20. Dear Mfaisal, RAM maksimal untuk AO532H adalah sebesar 2GB.

    By Dr. Acer Reply
  21. Dear Dr. Acer mohon info, laptop sy type 4740g mau upgrade RAM pakai corsair cmso4gx3m1a1600c11, bisa ga ya.
    tks infonya

    By Aguan Reply
    • Dear Aguan, untuk tipe RAM yang sesuai dan performa RAM yang optimal sebaiknya kamu mengikuti tipe RAM yang telah terpasang. :)

      By Dr. Acer Reply
  22. dr.acer ,saya mau tanya kalau mau upgrade ram aspire e1-431 yang pertama nya ram nya 2 gb menjadi 8 gb buat performa gaming saya itu bisa ngk ya?

    By anggoro kusumo aji Reply
    • Dear Anggoro, RAM Aspire E1-431 bisa diupgrade hingga kapasitas 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  23. Saya hasan,laptop saya seri lawas acer aspire 5570 dengan ram 512MB ddr2.bisakah saya upgrade ram-nya?trims

    By bani hasan Reply
    • Dear Hasan, untuk upgrade RAM kami sarankan membawanya ke Acer Service Center agar dipilihkan tipe dan kapasitas RAM yang sesuai. Untuk info harga dan ketersediaan RAM bisa menghubungi Acer contact center terlebih dahulu dinomor telepon 500-155 pada hari dan jam kerja. :)

      By Dr. Acer Reply
  24. dr. acer laptop saya acer aspire E14 EH-471-384R
    kalo saya upgrade ram leptop saya maksimal berapa gb?
    terus hubungannya ram dengan vga dan procesor itu apa?
    OS saya 64 bit
    adik saya gabisa gaming pake laptop ini soalnya, kasian
    trims

    By kholid Reply
    • Dear Kholid, Aspire E1-471 support untuk RAM hingga 16GB. Untuk kegiatan seperti gaming, umumnya diperlukan perangkat dengan VGA Discrete seperti AMD Radeon, atau NVidia. Kamu bisa lihat terlebih dahulu minimum system requirement dari game yang akan dimainkan, lalu bandingkan dengan spesifikasi hardware laptop kamu

      By Dr. Acer Reply
  25. Halo nama saya Ivan dari palembang
    Saya ingin upgrade ram latop saya tipe 4736 ram 1gb ddr 2, yang ingin saya tanyakan apakah bisa saya upgrade menjadi ddr 3 ram 2,4,8 Gb terimakasih…

    By Ivan firmansyah Reply
    • Dear Ivan, AS4736 support untuk RAM hingga 4GB DDR3 :)

      By Dr. Acer Reply
  26. Hello nama saya Rama dok, laptop saya acer E1-422 Ram 2GB, bisa tidak ya di tingkatkan menjadi 8 atau tidak minimun 6 GB dok ?

    By Rahmadian Halim Reply
    • Dear Rama, RAM pada Aspire E1-422 dapat kamu upgrade hingga maksimal 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  27. Dr.Acer, Acer aspire 4741z p6000 bisa upgrade ram sampe brp GB?

    By M Rizal Reply
    • Dear M Rizal, RAM Acer Aspire 4741Z dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM (4GBx2). Untuk info ketersediaan RAM Aspire 4741Z, silahkan hubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel)

      By Dr. Acer Reply
  28. dok saya menggunakan aspire 4740g.. menggunakan ram jenis apa.?? apakah tersedia di Acer store ??

    By eko hidayat Reply
    • Dear Eko, Aspire 4740G menggunakan RAM dengan tipe PC-10600. Untuk info ketersediaan dan harga RAM, silahkan menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel)

      By Dr. Acer Reply
  29. Min! ijin tanya nih!!
    Laptop acer aspire 4738 maksimal RAMnya brp??

    By Fuga Reply
    • Dear Fuga, RAM Aspire 4738 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3

      By Dr. Acer Reply
  30. Dr.acer , saya mau upgrade ram acer 4738z tapi saya hanya bisa menggunakan os yang 32 bit dikarenakan banyak program kuliah yg gk support pada os yg 64bit. sebaiknya saya upgrade ram dengan menambah ram 2gb atau 4gb , kelebihan dan kekurangan nya sendiri apa jika saya pilih ram 2gb ataupun 4gb ?
    saya menngunakan os windows 7 ultimate 32bit.

    By dede suryadi Reply
    • Dear Dede, untuk OS dengan sistem 32-bit sebaiknya menggunakan RAM tidak lebih dari 3GB karena OS dengan sistem 32-bit tidak dapat membaca kapasitas RAM diatas 3GB. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.