Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

RAM Laptop Acer

Mau mengoptimalkan kinerja laptop spAcer lewat cara meng-upgrade RAM? Bisa kok.. Tapi baca dulu artikel berikut atau konsultasi dengan dr. Acer di www.acerid.com

Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Namun bila kamu memerlukan upgrade memory/RAM di laptop Acer kamu, konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Acer di www.acerid.com atau di Live Chat. spAcer juga bisa langsung menuju ke Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat untuk mengetahui maksimum RAM yang dapat di upgrade pada laptop Acer tersebut. Cek alamat ACSC terdekat di bagian bawah blog AcerID.com.

 

Dec 23 2013

on How To

1,149 Responses to Upgrade Memory/RAM pada Laptop Acer

  1. Dr. Acer
    mau nanya nih, VGA laptop bisa di update kan ? nah laptop ku merk acer aspire 4739, mau update vga via internet gimana ya ?
    thx

    By Handi hermawan Reply
  2. Gan, punya ak acer Aspire 4741 . Gimana cara mengubah Dedicated Video Memorynya . Soalnya di bios gk ada settingan Advanced Optionsnya

    By Septiviandy Reply
    • Dear Septiviandy, dedicated memory pada laptop tidak bisa di tambahkan ataupun di kurangi

      By Dr. Acer Reply
  3. Sore dok, mau tanya, apa notebook Acer Aspire E1-410 itu tidak bisa dinaikkan ya kapasitas ram nya? soket ram nya cuma satu ya? di ram bawaan acer tidak tertera jelas pc brp yg dimaksud entah pc-8500, 10600 atau 12800, hanya merk dan kode nya saja yg tertera di ram nya, saya coba bawa ke toko komputer saya coba ganti ram nya, dri yg 2gb 8500, 4gb 12800, 2gb 10600 smuanya tidak ada yg bisa, ini gmn ya dok? apa daya tampungnya hanya 2gb saja?, ini notebook sdh mulai lelah dgn ram 2gb nya makanya saya mau naikkan kapasitas memory nya , makasih dok

    By Rachman Imanda Reply
    • Dear Rachman, RAM Aspire E1-410 dapat diupgrade hingga 8GB menggunakan DDR3. disarankan melakukan upgrade RAM di Acer Service Center terdekat.

      By Dr. Acer Reply
  4. Dok laptop saya acer aspire E1-471G. Maksimal upgrade ram nya sampai berapa? dan tipe ramnya apa?

    By Kukuh Reply
  5. dok, laptop saya aspire 4135, kalau mau upgrade ram, syaratnya apa aja ya ?
    terus laptop saya ini 2 slot (support dual channel) apa nggak ya ?

    By Devangga R Suksmana Reply
    • Dear Devangga, mungkin yang kamu maksud adalah tipe Aspire 4315, tipe RAM laptop tersebut adalah DDR2 maksimum upgrade 2GB (1GB x 2 slot).

      By Dr. Acer Reply
  6. doc kalau acer e5-471g bisa di upgrade maximal berapa ya?

    By maulana saputra Reply
    • Dear Maulana, RAM pada Aspire E5-471G maksimal 16GB (2 slot x 8GB DDR3L).

      By Dr. Acer Reply
  7. apakah laptop aspire v3-471g i5 2,5ghz with turbo boost RAM nya bisa sampai upgrade sampe 16GB ?

    By michael wl Reply
    • Dear Michael, RAM Aspire V3-471G dapat diupgrade maksimal 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  8. dok sy lagi cari laptop acer yg kuat buat main GTA 5? rekomendasiin dong dok, apa lebih enak ngerakit ya?

    By gabe Reply
  9. dear, accer, saya punya laptop accer extensa 4620 1gb ddr2 bisa gak di up sampe 8gb ddr3 atau bisanya sampe berapa. mohon pencerahannya

    By masuji jonheri Reply
    • Dear Masuji, RAM Acer Extensa 4620 dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 2GB (2GBx2) DDR2 PC-5300

      By Dr. Acer Reply
  10. mas dokter, punya’e saya e1 -421
    yang cocok apa yah????
    lalu berapa duit mas dokter

    By Muhammad Suaidi Reply
    • Dear Suadi, kamu bisa mengupgrade RAM maksimal 8GB menggunakan DDR3. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer Contact Center di 500-155.

      By Dr. Acer Reply
  11. Dr acer,
    jika saya ingin menambah kapasitas ram, apakah saya juga harus memperhatikan tegangan dari ram tambahan tersebut..? selain itu berapa tegangan slot ram pada acer Aspire E1-471G..?
    terimakasih..

    By Denny Reply
    • Dear Denny, apabila kamu ingin mempertimbangkan untuk melakukan upgrade RAM, pastikan kamu menggunakan RAM dengan tipe yang serupa. Sebagai informasi, Acer Aspire E1-471G menggunkan tipe RAM DDR3 PC-12800

      By Dr. Acer Reply
  12. Dr Acer,
    Untuk Acer Aspire 4750 kapasitas RAM bisa di Upgrade sampe berapa GB…???

    By Zaky Al Fadil Reply
    • Dear Zaky, RAM Aspire 4750 bisa diupgrade hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  13. Dok, laptop saya Acer Aspire 4740 saya mau upgrade RAM, rekomendasinya gimana ya sama merekny juga? kalau bisa apakah ada Service center di daerah Depok ? tq

    By Nico Gavrila Reply
    • Dear Nico, AS4740 bisa menggunakan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan Kamu bisa menggunakan merk RAM apa saja selama tipe RAM yang digunakan sesuai. Untuk Area Depok tersedia Acer Authorized Service Partner di Depok Town Square Lt.2 Blok SS10 No. 5 – 6, Jl. Margonda Raya No.1. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. Dokter saya punya laptop Acer aspire E1-410 dengan os 8.1. 32bit saya ingin menambah kapasitas ram tolong rekomendasinya dong harus upgrade berapa gb ya dok?

    By Muhammad irfan putra nusantoro Reply
    • Dear Irfan, RAM Aspire E1-410 dapat diupgrade hingga kapasitas 8GB. Untuk penggunaan Windows 32-bit hanya dapat menggunakan kapasitas RAM maksimal 3GB saja. Namun jika kamu hendak menggunakan RAM diatas kapasitas 3GB, disarankan menggunakan sistem OS 64-bit. :)

      By Dr. Acer Reply
  15. Dok,beberapa minggu lalu sya upgrade ram yang semulanya 4GB menjadi 6GB (Upgrade 2gb RAM),tetapi setelah sya coba bermain game,bukannya semakin cepat kinerjanya,malah semakin lambat sekali,ternyata setelah saya ketahui ram yang saya pasang tidak suport dengan ram yang ada di laptop saya (Acer Aspire E1-470G),yaudah saya copot kembali RAM yang 2 GB itu,tetapi masih saja di pakai main game masih Patah patah,saya sangat bingung dok,padahal VGA drivernya sudah saya update.Tolong bantuannya dok.terimakasih

    By Dicky Jaya Reply
    • Dear Dicky, hal tersebut bisa juga disebabkan penurunan kinerja sistem OS di latptopmu. Pastikan juga spesifikasi hardware laptop milikmu mendukung spesifikasi yang dibutuhkan game. Untuk info kompatibilitas game bisa coba mengunjungi situs pada link berikut http://goo.gl/sMJRbI

      By Dr. Acer Reply
  16. dok, mau nanya ni, kalau aspire E5-411G mau ganti ram , yg spesifikasinya yg gimana ya yg sesuai?

    By Deny Dwi Saputro Reply
    • Dear Deny, Aspire E5-411 menggunakan RAM dengan tipe DDR3L. Agar tidak terjadi kesalahan saat memilih ataupun memasang kami sarankan membeli di Acer Service Center, daftar lokasinya bisa ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  17. dok,loptop saya (aspire 4750z) waktu jalanin aplikasi BlueStacks susah ya proses nya..
    kadang malah mati kaku leptop saya

    By bayu Reply
    • Dear Bayu, bisa diinfokan apakah kamu sudah pastikan minimum requirement dari software tersebut dan bandingkan dengan spesifikasi laptop yang digunakan? Selain itu pastikan koneksi internet yang kamu gunakan dalam kondisi baik.

      By Dr. Acer Reply
  18. Dr Acer,
    saya mempunyai laptop acer aspire E1-410G, saya ingin menambah ram. tambahan ram yang direkomendasikan itu hingga berapa gigabyte ya? dan biasanya biaya untuk sparepartnya berapa?

    By abimanyu Reply
    • Dear Abimanyu, RAM Aspire E1-410 dapat diupgrade hingga 8GB. Sebagai info, penggunaan RAM diatas kapasitas 4GB memerlukan sistem OS 64-bit agar dapat bekerja secara optimal. Untuk info harga RAM bisa menghubungi Acer contact center dinomor telepon 500-155 pada hari dan jam kerja. :)

      By Dr. Acer Reply
      • Dr, kalo misal saya mau upgrade jadi 6GB(2GB dan 4GB) di laptop saya, apakah harus ganti OS jadi yang 64Bit? mengapa harus ganti OS? dan jenis RAM yang dipakai itu jenisnya yang DDR3 L apa bukan?

        By abimanyu Reply
        • Dear Abimanyu, untuk penggunaan RAM diatas 3GB, diperlukan penggantian OS menjadi versi 64bit. Hal ini dikarenakan OS 32bit hanya mampu mengelola RAM hingga 3GB. Produk Acer tipe berapa yang kau gunakan?

          By Dr. Acer Reply
  19. Dr saya punya acer aspire 4740 dengan ram 6 GB, shared memory nya masih default, bisakah saya mengubah shared memory buat VGA agar lebih besar kapasitas buat VGA nya ?

    By Ridwan Reply
    • Dear Ridwan, VRAM hanya diatur secara otomatis oleh system bergantung kebutuhan system dan ketersediaan kapasitas RAM, tidak bisa dilakukan secara manual.

      By Dr. Acer Reply
  20. Dear dr. Acer,

    Laptop saya Aspire E1-471 dengan OS Windows 7 Ultimate 32-bit. RAM saat ini 2 GB DDR 3. Jika ingin diupgrade, berapa GB yang direkomendasikan? Lalu Berapa biayanya jika dilakukan di Acer Center?

    Terima Kasih

    By Raspatidana Reply
    • Dear Raspatidana, Aspire E1-471 support untuk RAM hingga 8GB, tetapi untuk penggunaan RAM diatas 4GB, kamu perlu mengganti OS yang digunakan menjadi versi 64bit. Standar biaya service adalah sebesar Rp 165ribu, belum termasuk sparepart :)

      By Dr. Acer Reply
  21. Dr. Acer,
    laptop saya acer E5-471-36WV (OS Windows 8.1 64 bit) bisa tidak upgrade RAM menjadi DDR3 8 GB?, RAM bawaanya sekarang DDR3 2 GB, mohon informasinya dan terimakasih sebelumnya,

    By Achmad Efendi Reply
    • Dear Achmad, bisa, sebagai informasi RAM Aspire E5-471 dapat diupgrade menjadi 16GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 8GB (8GBx2) DDR3L.

      By Dr. Acer Reply
  22. Assalamualaikum
    Dear Dr.Acer, saya punya laptop 4741(Windows 8 Enterprise N 64-Bit), dengan 2GB RAM DDR3 dan saya ingin menambah 2GB RAM, jadi apakah RAM yang akan di upgrade itu harus sama dengan RAM yang sebelumnya? *Maafkalo gak ngerti

    By Fakhruraji Reply
    • Dear Fakhruraji, upgrade RAM bisa menggunakan kapasitas yang berbeda pada masing – masing slot RAM selama tipe RAM yang digunakan kompatibel untuk laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  23. Dr acer,
    Laptop saya Acer aspire 4741 bawaan RAM 1GB DDR3

    apakah laptop saya bisa di upgrade menjadi 8 gb dengan hanya menggunakan 1 keping ram yg kapasitasnya 8 Gb

    Terima kasih sebelumnya atas informasinya

    By arry Reply
    • Dear Arry, RAM Aspire 4741 bisa diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) DDR3 PC-10600.

      By Dr. Acer Reply
  24. laptop saya acer aspire 4738z ram 1gb saya tambah 4gb jadi 5gb. apa efek sampingnya ya

    By hanriz Reply
    • Dear Hanriz, upgrade RAM tidak menimbulkan efek yang negatif. Upgrade RAM akan meningkatkan performa laptopmu ketika membuka dan menjalankan aplikasi. :)

      By Dr. Acer Reply
  25. Dr acer,
    Laptop saya acer aspire e1 421 , 2 GB RAM, VGA 878mb ( AMD Radeon HD 7310). Saya ingin UPGRADE RAM saya menjadi 8GB , nah pertanyaan saya jika saya upgrade RAM saya menjadi 8GB apakah VGA saya akan menambah ?

    By Mr. HAxoR Reply
    • Dear Mr. Haxor, upgrade RAM dapat mengoptimalkan kecepatan laptop dan tidak berpengaruh pada VRAM atau bertambahnya VRAM. Besaran VRAm tergantung dari software yang dijalankan dan OS yang digunakan pada laptop.

      By Dr. Acer Reply
  26. Dear Acer,
    Kalau Acer service center di Bogor lokasinya dimana ya? Lalu apakah kalau ingin ganti OS, harus mempertimbangkan RAMnya dulu? Kalau install ulang OS, data-data saya akan hilang atau tidak ya?
    Maaf kalau pertanyaannya aneh, saya tdk ngerti sama sekali yang beginian, hehe. Terimakasih.

    By Diyah Ayu Rosalinda Reply
    • Dear Diyah, jaringan Acer Service Center tersedia di ASP EPC di Plaza Jambu Dua. Lt. Semi Dasar Blok A3 no.2-3, Jl. Jendral A Yani, Bogor. Kamu bisa cek OS yang direkomendasi Acer untuk tipe tertentu disesuaikan dengan ketersediaan driver di website resmi Acer http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers
      Acer service center tidak menjamin/bertanggung jawab terhadap data-data pada unit yang akan diservice.

      By Dr. Acer Reply
  27. Dr. Acer
    laptop saya Acer Aspire 4250, dengan bawaan ram ddr3 2GB, apa bisa di upgrade? sampai berapa GB maksimalnya?

    terima kasih

    By Dea Dwi Nugraha Reply
    • Dear Dea, kamu bisa mengupgrade RAM maksimal 8GB menggunakan DDR3 dengan 4GB dimasing-masing slot yang tersedia.

      By Dr. Acer Reply
  28. Laptop saya Aspire V3-471G menggunakan Windows7 (64bit) saya mau tambah ram tapi nggak masalahkan soal merek? yang penting jenis ramnya sama? saya punya DDR3. terima kasih sebelumnya

    By syahrezzy Reply
    • Dear Syahrezzy, tidak masalah selama jenis RAM-nya sama.

      By Dr. Acer Reply
  29. Dear Acer,
    Saya punya Laptop Acer Aspire E14 E5-471-3G5ED, OS windows 8.1, RAM 2GB….
    saya sudah tambah RAM 4GB, jdi seharusnya terbaca 6GB,..
    tpi yang terbaca hanya 2GB….
    mohon solusinya gmana? apa harus install ulang atau bagaimana?

    By Rusmal Firmansyah Reply
    • Dear Rusmal, untuk penggunaan RAM diatas kapasitas 4GB perlu menggunakan OS 64-bit agar RAM dapat terdeteksi. :)

      By Dr. Acer Reply
      • Dear Acer,
        Laptop saya OSnya Windows 8.1 x64, system BIOS UEFI…..
        tapi RAMnya masih terbaca 2 GB.
        gmana solusinya

        By Rusmal Firmansyah Reply
        • Untuk melakukan proses upgrade hardware seperti RAM disarankan membawanya ke Acer Service Center agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemasangan dan mendapatkan garansi khusus.

          By Dr. Acer Reply
  30. Dr Acer,
    Laptop saya Aspire 4738z, prosesor P6200, RAM 1 GB DDR3, berapa RAM yang bisa di upgrade? Thanks a lot

    By Lancheng Reply
    • Dear Lancheng, RAM Aspire 4738Z bisa diupgrade hingga kapasitas 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  31. pak dokter saya mau nanya.bisakah lektop acere14 core i5 hd graphics4400 ditambah ramnya.yang sekarang ramnya 2gbdan mau saya tambah juga 2gb.dan sampai berapa ramnya bisa ditambah trus kalo berbeda merek ramnya apa juga bisa .os saya windows 32 bit

    By todo Reply
    • Dear Todo, kamu bisa mengupgrade RAM hingga 8GB dengan menggunakan merk RAM apa saja selama tipe RAM yang digunakan sesuai. Kami sarankan upgrade RAM dilakukan di Acer Service Center agar dipilihkan tipe RAM yang sesuai disana. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  32. Dr ACER laptop saya aspire E 14 E5-471-3G5C .. bisa di upgrade ram berapa?? dan harga kira2 berapa ya?? untk upgrade ram di surabaya saya harus kemana? terima kasih…

    By Syahrizal Reply
    • Dear Syahrizal, kamu bisa mengupgrade RAM nya hingga 8GB. Untuk upgrade RAM bisa membawa unitnya ke Acer Service Center terdekat. Estimasi biaya upgrade RAM akan diinfokan secara langsung oleh petugas di Acer Service Center. Untuk info harga RAM juga bisa menghubungi Acer contact center dinomor telepon 500-155 pada hari dan jam kerja. Info lokasi Acer Service Center terdekat bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
      • kalau saya beli ramnya sendiri trus minta pasangkan di service center bisa apa ngak?? saya pengen salah satu merek ram.. apa bisa request merek ram di service center??

        By Syahrizal Reply
        • Dear Syahrizal, untuk upgrade RAM kami rekomendasikan di Acer service center. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari Senin-Sabtu pukul 08.30 – 17.30 (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

          By Dr. Acer Reply
  33. Dok Maksimal Brapa GB Untuk Upgrade Laptop Saya Aspire 4750

    By Dimas Kurniawan Reply
    • Dear Dimas, AS4750 support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia :)

      By Dr. Acer Reply
  34. dear Doc Acer,

    Laptop saya Acer Aspire V3-471G core i5-3210M 2.5 GHz. Untuk RAM nya apakah dapat diupgrade dari 4GB ke 8GB tanpa mengganggu kinerja laptop? di Depok sendiri apakah ada service center Acer untuk upgrade RAM laptop saya? terima kasih.

    By onlythereds Reply
    • Hai, RAM Aspire V3-471G maksimal bisa diupgrade hingga 8GB (2 slot x 4GB DDR3). Silahkan datang ke ASP GIANT di Depok Town Square Lt.2 Blok SS10 No. 5 – 6, Jl. Margonda Raya No.1.

      By Dr. Acer Reply
  35. Dr. Acer
    laptop saya Acer TM4750, bawaan RAM DDR3 1GB (867 usable)berarti kan sebagian memory dari RAM digunakan sebagai memory VGA Intel HD Graphics pada laptop
    jika saya ganti RAM DDR3 2GB apa berpengaruh ke laptop nantinya?
    terima kasih

    By yuliana dwi diningrum Reply
    • Dear Yuliana, dengan mengupgrade RAM akan mempercepat kinerja laptop.

      By Dr. Acer Reply
  36. Dr. Acer
    saya ingin bermain pscx2 (ps2 emulator) tapi minimal RAM 4GB untuk mendapatkan 60fps,jika ingin upgrade RAM apa yang harus di lakukan ? terima kasih sebelumnya

    By kapten andori Reply
    • Dear Kapten. Disarankan jika ingin mengupgrade RAM dilakukan di Acer service center terdekat agar garansi tetap terjaga. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155.

      By Dr. Acer Reply
  37. dok,lptop saya patah-patah saat main PES13,hal itu di sebabkan apa ya?klo penyebabnya RAM,Ramnya bisa dinaikan ap nggk? Leptop saya ASPIRE 4750z

    By bayu Reply
    • Dear Bayu, untuk menjalankan game tersebut sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan spesifikasi laptopmu. Untuk info kompatibilitasnya bisa mengunjungi situs pada link berikut http://goo.gl/sMJRbI

      By Dr. Acer Reply
      • la trus andai kata mau saya upgrad lptop saya kuat sampai brp? harganya bbrpa dok?

        By bayu Reply
        • Dear Bayu, Aspire 4750Z mensupport RAM hingga kapasitas 8GB. Untuk info harga RAM bisa menghubungi Acer contact center dinomor telepon 500-155 pada hari dan jam kerja. :)

          By Dr. Acer Reply
  38. Dr acer,
    Laptop saya Acer TravelMate 4750. menggunakan OS 32bit.
    bawaan RAM 1GB DDR3 (867MB usable)itu maksudnya bagaimana pak??
    RAM tsb bisa di Upgrade sampai berapa pak? setelah upgrade RAM apa harus install ulang laptop?hal tsb pengaruh tidak ke data-data di laptop??
    Terimakasih sebelumnya atas informasinya.

    By yuliana dwi diningrum Reply
    • Dear Yuliana, kapasitas ‘usable’ yang dimaksud adalah kapasitas yang dapat digunakan, karena sebagian kapasitasnya sudah digunakan oleh VGA dan sistem Windows. RAM pada 4750 dapat diupgrade maksimal hingga 8GB. Setelah upgrade RAM tidak diperlukan install ulang OS dan tidak mempengaruhi data – data didalamnya. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.