Tips Mengatasi “GPS Can’t Lock” pada Smartphone

csasfUntitled-1

GPS adalah salah satu fitur terkini yang semakin banyak digunakan para pemilik smartphone. Ada kalanya spAcer menghadapi symptom “GPS Can’t Lock”, misalnya pada Acer Liquid S1 kamu. Saat itu terjadi, ini dia tips mengatasinya.

Android kini sudah menjadi Operating System (OS) yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi kelebihan Android adalah GPS dan Google Maps yang sudah menjadi aplikasi bawaan. spAcer juga bisa menginstall aplikasi peta navigasi lain dari Google Play untuk smartphone Acer milikmu.

Kali ini dr. Acer akan berbagi tips bisa menemui masalah “GPS Can’t Lock” yang ditandai dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk Lock GPS dan terdapat peringatan “GPS Can’t Lock” di layar smartphone. Bagaimana caranya?

Lock GPS adalah kondisi dimana GPS perangkat Acer sudah terhubung dengan satelit dan sudah membaca posisi penggunanya di peta dengan benar dan presisi. Pada Android jika sudah Lock GPS, ditandai dengan simbol GPS berhenti berkedip, sementara saat simbol berkedip menandai GPS perangkat pengguna sedang mencari dan melakukan koneksi dengan satelit. Bahkan pada beberapa kasus GPS salah menunjukkan posisi. Tentu hal ini sangat mengganggu bagi spAcer yang menggunakan GPS untuk menunjukkan arah jalan.

Masalah GPS yang tidak bisa lock lokasi dengan tepat tersebut sebenarnya bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya dipengaruhi karena faktor seperti posisi pengguna, hardware GPS pada perangkat pengguna, firmware perangkat pengguna, koneksi internet perangkat pengguna dan beberapa faktor lainnya.

Berikut adalah tips yang bisa diterapkan jika menemui symptom tersebut pada Acer Liquid S1 kamu:

  1. Pastikan kapasitas SD card minimal disisakan space 500MB untuk menghindari unsuccessful upgrading.
  2. Buka Settings > About Phone > System Update dan lakukan update Operating System Android melalui FOTA atau SD dari yang awalnya versi “ACER_AV052_S510_RV15RC02_WW_GEN1” upgrade ke versi yang lebih baru yaitu “ACER_AV052_S510_RV30RC02_WW_GEN1 (lihat gambar)
  3. Setelah melakukan upgrade tersebut, langsung periksa kembali versi aplikasi Google Map spAcer, karena setelah di update FOTA/SD , Google Map akan otomatis melakukan update ke versi yang lebih baru, yaitu versi 7.0.2
  4. Agar mempermudah GPS melakukan komunikasi dengan satelit, pastikan saat melakukan pengecekan GPS spAcer berada di luar gedung.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, aplikasi yang membutuhkan kinerja GPS akan bekerja lebih maksimal. Karena peringatan “GPS Can’t Lock” kini tidak lagi muncul dan langsung mendapatkan Lock GPS yang lebih akurat mengenai lokasi spAcer saat ini. Selamat mencoba!

 

Related Article

11 Responses to Tips Mengatasi “GPS Can’t Lock” pada Smartphone

 

  1. Memphiz says:

    kasus yg sama pada acer liquid e380, sdh coba system update jg tp not worked 🙁

    1. Dr. Acer says:

      Dear Memphiz, bisa diinfokan apakah kamu menerima notifikasi update system sebelum melakukan update system tersebut? Sebagai informasi apabila ada update system OS Andorid, biasanya akan diinfokan melalui notifikasi terlebih dahulu, jika sebelumnya tidak ada notifikasi update system, maka update system tersebut tidak dapat dilakukan.

  2. hermanto says:

    Acer liquid S1 saya sudah ACER_AV052_S510_RV75RC01_WW_GEN1 tetap saja tunggu sampai setengah jam lebih di outdoor tetap tanda Gps berkedip terus.. Tolong bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hermanto, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

  3. ilham says:

    dok fota itu maksudnya apa? terus saya udah upgrade system jadi android versi 4.2.2… nah sekarang saya dapet upgrade system lagi tapi harus pake wi-fi…. upgrade”acer_v370_av061.rv07rc30_ww_gen1…itu apa ya??? dah GPSsaya masih belum bisa lock juga…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ilham, Update OS tidak hanya berupa update versi, tetapi bisa juga berisi penambahan fitur, atau patch untuk menghilangkan bug yang ada pada versi sebelumnya 🙂

  4. andi says:

    Dok, gimana tipsnya buat acer liquid e2? Kok susah banget nge-locknya. Thanks sebelumnya ya

    1. Dr. Acer says:

      Hai Andi, apakah kamu sudah pastikan jaringan internat yang kamu gunakan berjalan dengan baik?

  5. andy says:

    dok…minta link update vga acer aspire e1-451g.mksh.

    1. Dr. Acer says:

      Andy, untuk driver terbaru bisa kamu cari di website AMD berikut ini: http://support.amd.com/en-us/download

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved