Touch Screen vs Mouse: Perbedaan Navigasi Windows 8

Fitur dan keistimewaan Windows 8 akan terasa lebih optimal jika digunakan pada perangkat dengan layar sentuh. Inilah sebabnya kebanyakan perangkat dengan Windows 8 memiliki fitur layar sentuh. Meski begitu, Windows 8 tetap bisa digunakan di perangkat yang tidak memiliki layar sentuh, misalnya dengan menggunakan mouse untuk melakukan navigasi. Bila kamu belum menggunakan perangkat layar sentuh untuk Windows 8, ini dia sejumlah perbedaannya.

Di perangkat Windows 8, terdapat perbedaan navigasi menggunakan layar sentuh dan mouse. Beberapa perbedaannya antara lain:

  • Zoom in dan zoom out
    Dengan layar sentuh: gerakan dua jari saling mendekati (pinch) untuk zoom out dan saling menjauhi (stretch) untuk zoom in

zoom in

Zoom in

zoom out

Zoom Out


Dengan mouse: click ikon zoom yang ada di bagian pojok bawah kanan atau tekan CTRL sambil menggerakan scroll pada mouse.

zoom dengan mouse

Ikon Zoom yang ada di pojok kanan bawah

  • Mengeluarkan Charms
    Dengan layar sentuh: geser layar dari pojok kanan ke arah dalam layar.

charms

Mengeluarkan Charms di Touchscreen

Dengan mouse: gerakan pointer hingga ke pojok kanan atas atau kanan bawah pada layar.

charms-mouse

 

  • Klik Kanan
    Dengan layar sentuh: Tekan layar selama beberapa saat hingga menu muncul
    Dengan mouse: klik kanan pada mouse hingga menu muncul

Perangkat dengan layar sentuh memberikan beberapa keuntungan dibandingkan perangkat dengan layar non-sentuh. Perangkat layar sentuh membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan lebih cepat dan intuitif. Contohnya saat spAcer ingin mengelompokkan aplikasi tertentu dalam satu grup. SpAcer tinggal menggeser kotak aplikasi ke area yang diinginkan dan kumpulkan aplikasi lain yang spAcer inginkan di area yang sama. Untuk mengganti nama grup kumpulan aplikasi ini caranya gerakkan kedua jari di layar saling mendekati (zoom out) kemudian geser grup kearah bawah sampai muncul tulisan ‘Name Group’.

Gerakan seperti menggeser atau menyentuh layar (tap) juga lebih intuitif dibanding menggunakan mouse atau trackpad karena spAcer berinteraksi langsung dengan elemen di layar. Pastinya semakin seru dan menyenangkan bila kamu mengeksplorasi fitur Windows 8 dengan notebook dan tablet Windows 8 terbaru dari Acer. Beberapa interaksi lainnya di layar sentuh dengan Windows 8 yang memudahkan penggunaan contohnya “Tap” dan “Swipe” .

Kini, produk Acer dengan Windows 8 sudah banyak yang tersedia dalam layar sentuh untuk mengoptimalkan fitur-fitur dan kemudahan dari  Windows 8. Mulai dari Aspire V5-122P, Aspire V5-431P, tablet Acer Iconia W511, Aspire P3 Hybrid Ultrabook, dan Aspire R7. spAcer tinggal memilih sesuai perangkat Acer dengan Windows 8 yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

 

 

image source: microsoft.com

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved