Tips Memotret Makanan Dengan Ponsel

Acer-Liquid-E2-kamera copy

Kini semakin banyak ponsel alias telepon selular yang menyandang sebutan “smartphone” dikarenakan banyaknya fitur-fitur yang sudah melewati kemampuan dasar sebuah ponsel. Salah satu fiturnya adalah kamera yang semakin canggih dengan penambahan aplikasi editing yang sudah terdapat pada smartphone tersebut. Termasuk pada seri-seri smartphone Acer Liquid terbaru.

Salah satunya adalah smartphone Acer Liquid E2 yang sudah dilengkapi dengan kamera pintar 8 MP dengan fitur zero shutter delay. Fitur aplikasi shutter delay sebenarnya lebih banyak dipakai pada fotografi sport dengan pergerakan yang dinamis. Namun kamu bisa memanfaatkan fitur ini dalam memotret suasana di restoran ataupun gerakan penyajian makanan.

Fitur beaty mode, multiangle view, atau best shoot dan eksposure pada Acer Liquid E2 dapat menjadi fitur yang berguna dalam memotret makanan. Walaupun kini tersedia fitur yang banyak dan aplikasi pada smartphone Acer Liquid E2, tetap saja skill dalam mengambil gambar tetap perlu diasah.

Berikut beberapa tips dalam memotret makanan dengan kamera ponsel:

Foto adalah masalah cahaya

Hal pertama perlu diperhatikan adalah cahaya, karena itu kunci dari fotografi. Saat masuk ke restoran, carilah meja yang dekat dengan sumber cahaya atau jendela agar memudahkan spAcer dalam mengabadikan sajian makanan. Apabila mengalami kurang cahaya, spAcer dapat menggunakan fitur eksposure, jadi yang tadinya kurang cahaya dapat menjadi terang karena eksposure pada kamera dapat diatur secara manual.

Pilih sajian makanan yang menarik

Masakan dengan penyajian yang menarik secara nilai fotografi bisa berarti simpel, colorful dan mempunyai komposisi menarik. Kuning telor setengah matang , daging merah ataupun ikan salmon di restoran Jepang bisa menjadi foto dokumentasi yang menarik.

Dengan penggunaan cahaya dan filter yang bervariasi, warna-warna yang cerah tersebut dapat makin bercahaya dan menampilkan kualitas foto yang berbeda.

Potret makanan sesegera mungkin

Makanan yang baru saja selesai dimasak akan terlihat lebih segar, jadi segera ambil gambar saat komposisi warna makanan masih terlihat fresh di mata kamera. Gunakan minyak apabila ingin menampilkan efek mengkilat pada makanan.

Cari sudut yang tepat

Skil ini tidak dapat disesuaikan dengan fitur pada kamera, melainkan dapat meniru sudut pengambilan gambar dari foto yang sudah jadi atau mencarinya kembali yang sesuai dengan selera spAcer. Dalam menentukan sudut atau angle, spAcer harus cermat karena akan mempengaruhi ukuran, bentuk dan detail makanannya sendiri. Ambil foto dari bagian atas jika ingin menonjolkan tekstur makanan atau dari sudut yang berbeda untuk menampilkan detil dan bentuk makanan.spAcer dapat menggunakan Panorama Mode untuk mendapatkan angle yang berbeda misalnya untuk memotret suasana restoran di jam sibuk,

Editing foto makanan

Foto makanan bisa diperkuat lagi warnanya dengan mengolah hasil foto tersebut lewat aplikasi editing foto pada smartphone, atau fitur yang sudah tersedia. Usahakan mengedit hasil foto makanan dengan komposisi objek yang mendominasi dalam frame. Proses edit foto makanan ini akan lebih mudah dilakukan jika saat memotret spAcer sudah mengambil objek foto dengan fokus yang baik. Dengan demikian akan lebih mudah terlihat hal-hal detail pada objek foto. Dalam melakukan pengolahan foto, spAcer akan lebih leluasa dengan Liquid E2 karena tampilan layar 4.5 inchinya telah didukung dengan teknologi IPS untuk menghasilkan jangkauan pandang yang lebar dan visual beresolusi tinggi.

Related Article

4 Responses to Tips Memotret Makanan Dengan Ponsel

 

  1. RayLee says:

    mau tax dok,,,gmn cara seting bios pada laptop acer aspire E1-470……MKSH

    1. Dr. Acer says:

      Dear RayLee, untuk masuk ke menu setting BIOS bisa dilakukan dengan menekan tombol F2 pada awal startup. 🙂

  2. mau tanya Dr. Acer, kapan ya acer liquid E2 update ROM? Liquid E2 belum support OTG, mohon dalam update ROM terbarunya, kernel nya support OTG.
    fitur ini penting untuk mobile dengan kemampuan HP yang udah luar biasa.. selain itu, guna menghindari ROOTing.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yusuf, untuk update sistem akan diberitakan melalui notifikasi sistem update selanjutnya. 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved