Acer Aspire E1-432: Notebook Tipis dan Hemat Daya Berkat Prosesor Intel Haswell 4th Gen

aspire e1 432

Notebook tipis dan ringan kini memang menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi pengguna yang aktif. Selain ringkas dan ringan, daya tahan baterai tinggi merupakan prioritas utama bagi pengguna yang highly mobile. Namun dari form factor tipis yang ditawarkan, umumnya produsen laptop harus mengorbankan beberapa fitur penting yang masih diperlukan oleh sebagian pengguna.

Acer Aspire E1-432 adalah jawaban bagi spAcer yang menginginkan notebook dengan fitur esensial yang lengkap namun dengan form factor yang lebih bersahabat untuk para pengguna dengan mobile.

Dimensi: 30% Lebih Tipis!

E1-432

Dua Pilihan Warna Elegan Aspire E1-432

Acer Aspire E1-432 menggunakan monitor LED berukuran 14” dengan resolusi 1366×768 px yang memadai untuk kebutuhan office basic, browsing, multimedia, bahkan untuk bermain game sekalipun. Jika pada umumnya notebook berukuran layar 14” yang dilengkapi optical drive/DVD-RW memiliki dimensi yang cukup tebal, lain halnya dengan Aspire E1-432 yang didesain khusus oleh Acer dengan ketebalan sekitar 25.3 mm saja. Jika dibandingkan dengan notebook konvensional lainnya, Acer Aspire E1-432 memiliki dimensi 30% lebih tipis.

ACER_E1-432

Aspire E1-432 yang 30% lebih tipis dari notebook konvensional

Aspire E1-432 tersedia dalam dua pilihan warna: Piano Black dan Silky Silver. Desain pattern bintang-bintang yang dinamakan Starry Swirls pada casing dan keyboardnya menambah kesan elegan pada notebook ini.

Aspire E1-432 menyediakan keyboard model chiclet yang luas dan nyaman saat digunakan dalam waktu lama. Begitu juga dengan trackpad yang disediakan, dengan permukaan yang bertekstur, pengalaman menggunakan trackpad ini menjadi lebih akurat dan responsif. Kedua interface pada notebook ini didesain optimal untuk penggunaan OS Windows 8.

 

Kelengkapan: Fitur esensial yang diperlukan dari sebuah notebook 

Walaupun dimensi Aspire E1-432 ini tergolong lebih tipis dibandingkan notebook konvensional lainnya, Acer tidak mengorbankan kelengkapan dan fitur penting. Fitur yang sering dikorbankan untuk mendapatkan dimensi yang ringkas dari sebuah notebook adalah optical drive, Acer masih menyediakan sebuah DVD-RW yang masih diperlukan oleh sebagian besar pengguna dan tidak ingin direpotkan untuk selalu membawa DVD-RW external.

Aspire E1-432 memiliki tiga buah port USB, yang satu diantaranya sudah menggunakan USB 3.0 dengan transfer data 10x lipat lebih kencang dibandingkan USB 2.0, dan terdapat juga sebuah card reader yang dapat membaca memori berbasis SD Card dan MMC yang biasa digunakan pada kamera.

Bagian display output, Aspire E1-432 dilengkapi satu buah VGA port yang untuk keperluan presentasi menggunakan proyektor, dan juga sebuah HDMI port yang akan sangat berguna untuk menampilkan gambar pada LCD/LED eksternal dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar untuk pengalaman multimedia yang lebih maksimal. Acer juga menyertakan sebuah Webcam HD untuk keperluan spAcer melakukan streaming, video chatting ataupun sedikit “bernarsis ria”.

Untuk kebutuhan konektivitas, Acer Aspire E1-432 ini menyertakan satu buah port LAN (RJ-45) yang dapat digunakan tanpa memerlukan converter apapun, dan sebuah wireless adapter Acer Nplify 802.11b/g/n untuk berselancar ke dunia maya menggunakan jaringan hotspot yang tersedia disekitar kita.

 

Spesifikasi Acer Aspire E1-432

ASpire E1-432 Silver (1)

Aspire E1-432 Silver

Keunggulan utama dari notebook Aspire E1-432 ini adalah penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Acer mempersenjatai notebook ini dengan prosesor Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U yang memiliki dua buah inti (dual core) dan berjalan pada kecepatan 1.40 GHz.

Apa yang membuat prosesor ini menjadi suatu keunggulan dari Aspire E1-432? Pertama, prosesor ini sudah menggunakan arsitektur Haswell (22nm) yang dapat bekerja sangat efisien dengan TDP hanya 15 Watt saja. Dikombinasikan dengan baterai 4-cell (2500mAh) yang digunakan, daya tahan baterai notebook ini dipastikan akan menjadi jauh lebih maksimal. Kedua, prosesor Intel Celeron 2955U ini sudah terintegrasi dengan Intel HD graphics terbaru dengan peningkatan kinerja yang signifikan dibanding dengan Intel HD graphics sebelumnya. Tentunya hal tersebut merupakan kabar baik bagi spAcer yang senang bermain game.

Aspire E1-432 menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB untuk keperluan multitasking yang lebih baik. Media penyimpanan harddisk SATA berukuran 500GB sudah lebih dari cukup untuk spAcer menyimpan berbagai file, multimedia, maupun game di dalam notebook ini.

 

Kinerja Prosesor Intel Celeron 2955U (Haswell)

Performa yang ditawarkan Acer Aspire E1-432 menggunakan Intel Celeron 2955U ini mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan kedua penerusnya seperti Intel Celeron 877 dan Celeron 1007. Dengan TDP yang berjalan lebih rendah, rasio performance per watt yang ditawarkan prosesor ini sangatlah baik.

 

Kinerja Grafis Intel HD Graphics (Haswell)

Walaupun masih menggunakan nama Intel HD Graphics yang sama seperti kedua generasi prosesor Intel Celeron sebelumnya, ternyata Intel HD Graphics yang tertanam didalam prosesor berbasis Haswell ini menghasilkan performa yang jauh lebih baik.

Selain pengujian benchmark sintetis, kami juga mengujikan beberapa game terbaru seperti PES 2014, GRID2, dan COD: MW3 dengan lancar dan nyaman berjalan pada kisaran frame rate diatas 30 fps, menggunakan resolusi HD dan setting kombinasi medium-low.

 

Daya Tahan Baterai

Kami melakukan pengujian daya tahan baterai dari notebook ini dengan menjalankan beberapa pengujian secara non-stop. Baterai dengan kapasitas 2500 mAh ini dapat bertahan hingga 6 jam (359 menit) untuk memutar konten multimedia (film HD), dan berkisar 3-4 jam saat menjalankan game.

 

Kesimpulan: Mampu Memenuhi Segala Kebutuhan Anda, dengan Harga Terjangkau

Aspire E1-432 merupakan jawaban Acer bagi spAcer yang memerlukan fungsi esensial sebuah notebook, tanpa mengorbankan ukuran form factor/dimensi. Bentuknya yang 30% lebih tipis dibanding notebook konvensional, menjadikannya tetap bersahabat untuk para pengguna dengan mobilitas tinggi.

Daya tarik utama dari notebook ini adalah penggunaan prosesor Intel Celeron 2955U yang sangat memuaskan dari segi efisiensi daya yang ditawarkan (TDP 15Watt), dan juga performa terutama dari segi grafis yang mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Bagi spAcer yang senang bermain game dan khawatir notebook menjadi cepat panas jika dimainkan terus menerus, jangan khawatir! Dengan form factor yang digunakan ini, Acer memberikan solusi pendinginan yang memadai, sehingga suhu kerja dapat terjaga dengan baik, selama ditempatkan pada permukaan yang rata (bukan kain, karpet, dll).

Dengan segala fitur yang ditawarkan tersebut, harga notebook Acer Aspire E1-432 sangat bersahabat hanya Rp.4.749.000,- saja. Aspire E1-432 sudah tersedia di pasaran Indonesia. Sangat cocok bagi sahabat spAcer yang membutuhkan notebook dengan keperluan all-arround, namun dengan harga yang kompetitif.

Aspire E1-432 sudah tersedia di  jaringan penjualan Acer di Indonesia. Untuk setiap pembelian Aspire E1-432 hingga 31 Oktober 2013, spAcer akan mendapatkan garansi FULL 3 tahun (termasuk service dan spareparts). Menarik, bukan?

 

Image Gallery :

Related Article

459 Responses to Acer Aspire E1-432: Notebook Tipis dan Hemat Daya Berkat Prosesor Intel Haswell 4th Gen

 

  1. Naufa Afrida says:

    Selamat siang,
    Acer Aspire E1-432 bisa disambungkan ke proyektor untuk presentasi tidak ya?
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Naufa, sebelumnya bisa diinformasikan kembali apakah yang kamu maksudkan adalah Aspire ES1-432?

  2. Harun Nurahman says:

    Halo,
    Bisa tidak HDD saya diganti menjadi SSD? Dan bisa tidak saya ganti thermal paste di laptop saya?

    Terima Kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Harun, kamu bisa mengganti secara personal jika komponen tidak termasuk komponen bawaan (berbeda jenis storage). Thermal paste bisa diganti, sangat disarankan di Acer Service Center.

  3. doni says:

    Malam bos…
    Kalau untuk lcd notebook acer ada garansi gk?
    Soalnya lcdnya retak bos karena jatuh benturan.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Doni, LCD pada notebook termasuk dalam sparepart yang digaransikan oleh Acer sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. perlu diinformasikan apabila rusaknya LCD akibat dari kesalahan pengguna maka garansi tidak dapat digunakan.

  4. Doni Setiawan says:

    doc untuk aspire E1-432 nya bisa di isi game apa aja ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Doni, kamu bisa lihat minimum system requirement dari game yang akan dimainkan, lalu bandingkan dengan spesifikasi hardware laptop kamu 🙂

  5. oki says:

    doc, bisa upgrade prosessor ‘ga ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Oki, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD nya. 🙂

  6. Yoga Ganesha Putra says:

    dok kenapa laptop saya Acer Aspire E1-432 jika memakai windows 8.1 dan 10 selalu tidak bisa membuka aplikasi termasuk microsoft office, dan sekarang saya memakai windows 7, mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yoga, apakah ada notifikasi kesalahan yang muncul dan apakah sudah mencoba melakukan install ulang aplikasi mirosoft tersebut

  7. […] Acer. Mulai dari aneka seri tablet Acer Iconia, Aneka smartphone seri Liquid, sampai notebook Acer Aspire slim series. Semuanya keren dan bikin […]

  8. Yulius says:

    DR acer ini laptop ga ada nvidianya ya??soalnya pas download driver ada nvidia..kalo ada tolong kasih tahu seri berapa nvidianya..makasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yulius, Aspire E1-432 yang dipasarkan oleh Acer Indonesia tidak dilengkapi dengan VGA NVidia. Driver yang disediakan di situs resmi Acer disediakan untuk varian Aspire E1-432 yang dilengkapi dengan VGA NVidia 🙂

  9. amiruriza says:

    Dr. Acer , kok slot ram nya cuma ada 1 ya? Apa letak slot nya beda ?
    Jdi saya gak bisa nambah ram cuma bisa diganti–

    1. Dr. Acer says:

      Dear Amiruriza, Aspire E1-432 menggunakan 1 slot untuk ekspansi RAM yang dapat diisi maksimal 6GB RAM dan memiliki RAM onboard 2GB dengan tipe RAM DDR3L PC-12800. 🙂

  10. Achmad says:

    Dr.acer apa aspire e1-432 bisa di tambahkan ram ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Achmad, RAM Acer Aspire E1-432 dapat diupgrade menjadi 8GB dengan tipe RAM DDR3 1600MHz

  11. Dok lcd acer aspire e1 432 saya bergaris putih, dapatkah saya membawanya ke acer service center untuk mengklaim garansi? Jika berbayar habis berapa? Trmksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizki, untuk problem tersebut silakan membawa unitnya ke Acer Service Center untuk dilakukan cek unit terlebih dahulu. Jika masih dalam masa garansi tidak dikenakan biaya perbaikan unit. Info lokasi Acer Service Center dapat kamu temukan dibagian atas blog ini. 🙂

  12. Brian says:

    Ramnya bisa di upgrade ga ?
    Sepertinya tidak terdpaat slot buat RAM

    1. Dr. Acer says:

      Dear Brian, RAM Aspire E1-432 dapat diupgrade dengan menambah 4GB hingga menjadi 6GB (maksimal 8GB). Aspire E1-432 menggunakan 1 slot untuk ekspansi RAM yang dapat diisi maksimal 6GB RAM dan memiliki RAM onboard 2GB dengan tipe RAM DDR3L PC-12800. 🙂

  13. KHAFID says:

    Aspire E1-432 yg asli besar RAM nya berapa ?

    trus windows 8 apa gk ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Khafid, Acer Indonesia memasarkan Aspire E1-432 dengan RAM 2GB dan OS Linux Linpus/Windows 8

      1. Khoirul Anam says:

        e1-432 suport pake windows yang berapa x(bit)…?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Khoirul, Aspire E1-432 dioptimasi untuk OS Windows 64-bit.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved