Memahami Perbedaan Jaringan di Perangkat Mobile

Pengguna perangkat perangkat mobileyang menggunakan SIM card tentu pernah memperhatikan adanya huruf-huruf tertentu di dekat simbol sinyal perangkat mobile milikmu. Tahukah kamu makna di balik huruf-huruf tersebut?

jaringan mobile

Jika spAcer memperhatikan smartphone Acer Liquid E2 atau tablet Iconia W511 milikmu, kamu bisa menemukan huruf ‘G’, ‘E’, ‘3G’, atau mungkin ’H’. Huruf ini merupakan simbol dari jaringan yang diakses oleh perangkat mobile milik spAcer. Berikut penjelasannya:

  • G merupakan simbol huruf untuk GPRS
    GPRS merupakan singkatan untuk General Packet Radio Service.  GPRS adalah teknologi untuk mengirim dan menerima paket data. spAcer sudah dapat mengirim e-mail, MMS, sampai browsing internet dengan jaringan ini. Biasanya koneksi GPRS perlu di-setting terlebih dahulu. Namun sekarang, semua mobile provider biasanya akan langsung mengirimkan setting GPRS untuk smartphone milikmu.
  • E merupakan simbol huruf untuk EDGE
    Jaringan EDGE ini memberikan fasilitas yang hampir sama seperti GPRS. Bedanya, secara teori jaringan EDGE memiliki kecepatan akses di atas GPRS.
  • 3G merupakan simbol huruf untuk UMTS generasi ke-tiga.
    Universal Mobile Telecommunication Service atau yang biasa disingkat UMTS ini membuat spAcer tidak hanya bisa mengakses internet seperti email, MMS atau browsing, tapi juga membuat spAcer bisa streaming video sampai video calling di smartphone Acer Liquid E2 atau tablet Iconia milikmu. Menurut teori, tentu saja kecepatan akses jaringan 3G di atas EDGE. Baterai smartphone-mu terasa lebih cepat habis saat mengakses internet dengan 3G? Ini bisa terjadi bila area tempatmu berada memiliki jaringan 3G yang jelek, sehingga handset smartphone-mu akan terus berusaha mencari sinyal dan menyebabkan baterai cepat habis.
  • H merupakan simbol huruf untuk HSDPA
    High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) sering juga disebut dengan 3.5G karena teknologinya berdasar pada jaringan 3G yang sudah mengalami peningkatan. Kecepatan akses HSDPA lebih tinggi daripada 3G.

Secara teori, masing-masing jaringan memiliki kecepatan data tertentuNamun adakalanya kamu mendapatkan jaringan 3G namun kecepatan akses data bisa jadi tidak maksimal. . Hal ini antara lain karena kecepatan dipengaruhi beberapa faktor, misalnya kekuatan sinyal ataupun layanan provider.

Related Article

2 Responses to Memahami Perbedaan Jaringan di Perangkat Mobile

 

  1. angga says:

    Dok, mau nanya nih.. acer ane e1-451g ane install win 8 64 bit, waktu nginstall driver usb yang sebelah kanan kok ndak bisa ? jadinya usb yang kanan gak bisa di pakek.. mohon bantuanya dok..

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Angga. Bisa informasikan pesan kesalahan yang ditampilkan ketika kamu gagal menginstall driver tersebut?

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved