Tips: Tetap Sehat Meski Bekerja Sambil Duduk Seharian

Semakin banyak orang bekerja dengan bantuan komputer, baik pelajar, pekerja kantoran, pekerja lapangan hingga ibu rumah tangga yang berbisnis dari rumah. Semakin tergantungnya pekerjaan kita pada komputer, maka kita pun semakin lama banyak menggunakan waktu duduk di depan PC. Padahal, terlalu lama duduk bekerja di depan PC mempunyai resiko kesehatan tertentu lho!

shutterstock_87752188 (1) (Small)

Terlalu banyak bekerja dengan posisi duduk membuat kita kurang melakukan gerakan dan olahraga. Akibatnya metabolisme tubuh menurun sehingga lemak dan gula tidak terbakar dengan baik. Jika hal ini dibiarkan terus dalam waktu yang lama, bisa mengganggu kesehatan otot, bagian leher, punggung, serta bahu. Terlalu lama menatap PC juga bisa membuat mata perih sampai sakit kepala.

Lalu, bagaimana solusinya supaya kita tidak terjebak rutinitas yang tidak menyehatkan ini?Ikuti tips sederhana yang bisa dilakukan sebelum, sesudah, atau bahkan di sela-sela bekerja sebagai berikut:

  • Usahakan melakukan olahraga kecil-kecilan sebelum masuk ke kantor seperti naik sepeda, berjalan kaki atau naik turun tangga dibandingkan naik mobil dan naik lift.
  • Pastikan di sela-sela bekerja kamu mengambil istirahat pendek minimal selama 10-15 menit untuk berjalan-jalan singkat atau sekedar berdiri dan melakukan peregangan. Kamu bisa juga melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan PC seperti membuat teh atau mengisi gelas dengan air.
  • Di siang hari, berjalanlah ke luar kantor untuk menghirup udara segar. Ini tentu lebih baik daripada terus berada di ruangan yang ber-AC.
  • Postur yang salah saat duduk juga membantu tubuh menjadi tegang dan stress. Jadi, pastikan kamu duduk dengan postur yang benar ya spAcer.
  • Agar mata tidak lelah, istirahatkan setiap 15 menit sekali dengan melihat pemandangan yang yang membuat relax atau memfokuskan pandangan pada hal yang jauh
  • Rajin berolahraga di luar jam kerja. Dengan begitu, kamu bisa tetap fit dan sehat meski harus menghabiskan banyak waktu duduk di depan PC.

Apakah kamu termasuk orang yang menghabiskan waktu lama di depan PC setiap harinya, spAcer? Kalau iya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuhmu dengan mempraktekkan hal-hal sederhana namun berguna tersebut. Tubuh yang sehat akan memberikan performa bekerja yang baik pula. Bagaimanapun juga kesehatan adalah harta yang paling berharga bukan?

 

 

image source: shutterstock

Related Article

4 Responses to Tips: Tetap Sehat Meski Bekerja Sambil Duduk Seharian

 

  1. Rifki says:

    Satu lagi dok. Kalo E1-431 itu menggunakan Dolby Digital Virtual Home Theather ya? Karena suaranya itu gak keluar dari embos deket monitor, tapi dibawah laptop keluarnya.

    Trus, kalo mau upgrade ke Windows 8 bisa di Acer Center kan ya?
    Trims

    1. Dr. Acer says:

      Rifki, E1-431 tidak dilengkapi dengan sistem audio Dolby Digital, untuk upgrade OS hanya bisa dilakukan di Acer service center http://www.acerid.com/acer-service-center-list/, pastikan kamu telah membeli modul lisensi Windows 8 di toko yang menjual produk Microsoft 🙂

  2. Rifki says:

    Kalau sirkulasi udara di bawah notebook Acer Aspire E1-431 sistemnya menyedot atau mengeluarkan ya? Saya mau beli cooling pad nih. Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Rifki, kami sarankan untuk memilih cooling pad dengan arah udara yang ke bawah laptop (menghisap), agar cooling pad menyedot udara keluar. Jika arah tiupan Cooling pad menuju atas laptop dapat membuat debu masuk ke dalam lubang ventilasi laptop 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved