Tips Produktif di Bulan Ramadhan

Tak terasa, sudah lebih dari seminggu kita memasuki bulan Ramadhan. Tentu di bulan yang sangat spesial ini, kita ingin beribadah dan melakukan kebaikan lebih banyak lagi, tanpa melupakan tanggung jawab duniawi kita.

Ada fenomena baru di tahun-tahun belakangan ini. Gadgets yang sudah semakin lekat dalam hidup kita, ternyata membawa banyak peran pula dalam produktivitas di bulan Ramadhan.

IMG_8461-001

Saya dan Acer Aspire S7

Berikut beberapa tips produktivitas di Bulan Ramadhan menurut pengalaman saya dan teman-teman:

  • Bangun untuk sahur
    Sahur itu penting untuk menjamin kualitas puasa kita. Bagaimana bisa fokus beribadah dan bekerja, jika tengah hari kita sudah kehabisan tenaga karena tidak sahur? Gunakan fasilitas¬†alarm di smartphone kamu, kalau perlu pasang 2 alarm di jam berbeda, just in case ūüėÄ
  • Makan makanan yang tepat
    Hindari makan terlalu banyak, hanya karena takut kelaparan ūüėÄ Di luar makanan berat secukupnya, makanlah makanan yang membuat kita lebih berenergi seperti kurma. Untuk melihat kandungan energi dan kalori makanan, Anda bisa download aplikasi¬†Nutrition Facts¬†(Android).
  • Baca Al-Quran
    Jika ingin Allah berbicara pada kita, bacalah Al-Quran. Tentu saja kita harus paham terjemahannya, dan jika memungkinkan, mencoba menamatkan Al-Quran dalam bulan Ramadan, dengan cara membaca 4 halaman setiap selesai Shalat. Download aplikasi MyQuran (Android) yang lengkap untuk membantu Anda. Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk membantu Anda menghapal Al-Quran. Jika Anda terinspirasi dengan ayat-ayat Quran, Anda bisa langsung mengirimkannya via email.
  • Atur energi Anda
    Saat bangun pagi setelah tidur sejenak sehabis Shalat Subuh adalah saat energi terbaik Anda. Gunakan kesempatan ini untuk mengerjakan tugas-tugas yang paling sulit, bahkan sebelum Anda membuka email, Facebook, Twitter atau situs jejaring sosial lainnya. Setelah Anda fokus selama 1 jam, atau hingga tugas tersulit Anda selesai, beri reward kepada diri Anda, dengan membagikan ayat-ayat Quran yang sudah Anda simpan di email Anda ke teman-teman Anda di Facebook atau Twitter. Saya biasa menggunakan hashtag #iqra saat membagikan bacaan Quran saya di Tumblr.
  • Mengisi waktu dengan hal bermanfaat
    Gunakan waktu luang di siang hari untuk hal-hal bermanfaat misalnya membaca buku atau artikel Islami yang banyak tersebar di internet dan bisa di-search via Google, menulis di blog; membuat jurnal Ramadhan tentang hal-hal yang kita pelajari di bulan Ramadhan, dan menonton tontonan Islami di YouTube. Favorite saya antara lain situs MuslimMatters.org, Refleksi bulan Ramadhan Imam Khalid Latif di Huffington Post Religion, video-video tentang ayat-ayat Al-Quran dengan ilustrasi yang mudah dicerna dari NAKcollection (http://www.youtube.com/user/masterchomic) dan masih banyak lagi
  • Ramadhan check list
    Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan dan tentu saja akan menambah semangat jika kita bisa mengecek dan tracking apa saya yang sudah kita lakukan hari ini. Download aplikasi Moslem Rank (Windows 8) untuk membantu Anda tracking aktivitas ibadah Anda dan juga menempatkan Anda pada peringkat tertentu dibanding pengguna yang lain, sesuai dengan kelengkapan kegiatan ibadah Anda. Bukankah kita harus berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan?
  • Kunjungi lebih banyak Masjid
    Gunakan aplikasi Masjid Finder (Android) untuk mencari Masjid-masjid di sekitarmu dan shmalat di dalamnya untuk menambah pengalaman serta semangat baru dalam beribadah.
  • Silaturahmi
    Gunakan Doodle untuk mencari tanggal janjian yang pas untuk berbuka puasa bersama teman-teman Anda
  • Berbagi
    Luangkan waktu untuk berbagi, mulai dari berbagi ilmu melalui live chat di Google Hangout, berbagi rejeki melalui berbagai channel seperti ke Sedekah Rombongan @SRbergerak, berbagi Quran melalui gerakan#ShareQuran hingga berbagi buka puasa dengan anak-anak jalanan dan yang membutuhkan

IMG_8445-001

Saya bersama Acer Aspire S7 yang setia 
menemani aktivitas sehari-hari

Semoga bulan Ramadhan kali ini lebih produktif, penuh berkah dan tips dari saya bermanfaat untuk semua. Insha Allah.

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved