Tips Memilih Laptop Gaming

Acer Aspire V3

Semakin banyaknya PC game terbaru dan laptop gaming yang tersedia di pasaran, membuat main game semakin populer di berbagai kalangan. Kalau sudah jadi hobi, PC game jadi pilihan paling seru untuk mengisi waktu luang apalagi jika game PC terbaru memberikan tantangan unik dan menantang. Nah, kini makin banyak juga lho gamer yang memilih untuk bermain di laptop ketimbang di desktop PC.

Main game di laptop apalagi alasannya jika bukan mobilitas. Yup, laptop untuk main game membuat spAcer bisa main game di manapun kan? Tapi tidak semua laptop cocok dengan jenis game yang spAcer mainkan. Nah berikut ini ada beberapa tips dan trik memilih laptop yang pas sesuai game yang spAcer mainkan.

Tentukan Tipikal Game spAcer

Dalam dunia game yang pertama kali harus diperhatikan adalah grafis. Kualitas grafis yang bagus dari hardware membuat tampilan game menjadi semakin menarik. Pada umumnya, ada tiga kategori PC game berdasarkan tingkatan kualitas grafisnya:

Gamer Entry

Game tipe ini lebih mementingkan sistem permainan dan tidak terlalu mempermasalahkan grafis selama permainan tersebut menampilkan gambar dengan jelas. Contoh gamenya adalah Age of Empire, Pro Evolution Soccer (PES), dan FIFA. Kebutuhan laptop untuk gaming tipe entry bisa dipenuhi dengan Acer AO 756

Gamer Mainstream

Gamer kategori mainstream cukup tak hanya mementingkan permainan namun juga ingin menikmati tampilan grafis dengan kualitas bagus. Contoh PC game dengan kategori mainstream adalah Far Cry 2, Devil May Cry 4, Assassin Creed Series, dan masih banyak lagi. Kebutuhan laptop untuk game sejenis ini, spAcer dapat memilih Acer Aspire V5-471G, atau Aspire E1-451G yang dilengkapi dengan prosesor cepat APU quad core A8-4500M 1,9 GHz dan GPU Radeon HD 8750M atau laptop Acer dengan kisaran harga 5-8 juta rupiah.

orig_499x415

Gamer Enthusiast

Kategori ini termasuk pada tingkatan gamer tertinggi dengs an mengutamakan penampilan dan kinerja grafis maksimal selain kualitas permainan. Bisa dikatakan, spAcer baru bisa bermain apabila gambarnya bagus. Contoh game yang dimainkan seperti Far Cry 3, Batman Arkham City dan Metro 2033. Kebutuhan laptop untuk game kategori ini bisa dipenuhi dengan laptop Acer Aspire V3-471G Intel Core i7-3610GM (2.30 GHz dengan Turbo Boost up to 3.30 Ghz). Acer Aspire V3-471G juga diperkuat dengan kartu grafis 2 GB NVIDIA GeForce GT 640 M yang sangat cepat untuk kinerja grafis yang sangat memuaskan. Laptop yang cocok digunakan untuk game level ini biasanya juga sesuai digunakan untuk video editing.

Cari Laptop dengan Sistem Pendingin Yang Bagus

Sama dengan laptop pada umumnya, spAcer sebaiknya tak hanya memperhatikan spesifikasi tinggi namun abai dengan system pendinginnya. Sistem pendingin yang bagus merupakan hal vital jika spAcer ingin laptop untuk gamingnya awet. Ciri khas utama sebuah laptop gaming yang bagus adalah memiliki sistem pendingin yang bagus yang antara lain dicirikan dengan dimensinya yang cenderung besar dan tebal disertai lubang ventilasi yang memadai.

Kurang lebih itulah dua tips jitu dalam memilih laptop untuk bermain game. Namun jangan lupa menyesuaikan spesifikasi game, spesifikasi laptop serta dana yang disiapkan. Karena semakin tinggi spesifikasi, biasanya harga beli laptop tersebut juga semakin tinggi alias makin mahal.

 

Jul 12 2013

on How To

136 Responses to Tips Memilih Laptop Gaming

  1. Dok saya mau bertanya, laptop saya Acer Aspire V3 – 471G, kenapa laptop saya selalu mati padahal pada energi baterai masih ada, namun ketika dilakukan sambil pengisian baterai laptop saya tidak pernah mati ?

    By Reja Abdillah Reply
    • Dear Reja, untuk saat ini kami belum dapat mendiagnosa problemnya secara pasti, sebagai langkah awal penanganan kamu bisa coba lakukan kalibrasi baterainya terlebih dahulu untuk mengetahui kapasitas baterai yang sebenarnya. Berikut langkah-langkah melakukan kalibrasi baterai:
      - Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook kamu, lakukan pengisian penuh pada baterai.
      - Ketika baterai sudah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja.
      - Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      - Sambungkan pusat listrik ke adaptor kamu lagi dan isi ulang kembali baterai kamu sampai penuh.
      - Baterai laptop kamu telah dikeringkan untuk kalibrasi.

      Apabila sudah dilakukan dan problem tetap terjadi, kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi di sana melakukan pengecekan dan perbaikan.
      Daftar lokasi Acer service center terdekat bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  2. Saya Memakai ACER ASPIRE V5-471G i7 Win 7.
    Kenapa setelah Tampilan “starting windows” seringkali membutuhkan waktu yang lama (15 menit) untuk masuk windows, bahkan akhir ini sama sekali tidak bisa masuk windows, Padahal lampu indikator Harddisk menyala.

    saya sudah melakukan Repair device di menu F8 ataupun repair startup, bahkan sampai berulangkali restore OS ke factory default tapi semuanya tidak memperbaiki masalah.

    Apakah masalah ini terjadi disebabkan HDD yg mengalami kerusakan ?

    By Angga Andhika Reply
    • Dear Angga, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kemungkinan kerusakan sparepart bisa terjadi, namun kami sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unit secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  3. doc, laptop saya Acer Aspire V3-471G. mengapa waktu saya ingin presentasi dan memasukaan kabel vga ke lubang vga, laptop saya langsung mati?

    By Dimas Reply
    • Dear Dimas, apakah problem tersebut juga terjadi ketika laptop kamu dihubungkan dengan LCD Monitor melalui port VGA?

      By Dr. Acer Reply
  4. dok kalau saya ingin membeli acer aspire v5-552g di banjarmasin di mana ya tempat membelinya

    By fauzi Reply
    • Dear Fauzi, kamu bisa mendapatkan Acer Aspire V5-552G dengan memesan melalui online store di http://www.Bhinneka.com

      By Dr. Acer Reply
  5. dok apakah nanti aspire v3-772g dipasarkan diindonesia

    By fauzi Reply
    • Dear Fauzi, mohon maaf kami tidak dapat memastikan hal tersebut. Ikuti terus FB Acer Indonesia dan Twitter @acerID untuk mengetahui produk-produk terbaru dari Acer Indonesia.

      By Dr. Acer Reply
  6. Halo Dok,, aku memiliki acer aspire v3-471G sejak pertama produk itu dirilis, ketahanan battere & keunggulan grapich produk itu jempolan… saat ini aku ingin megupgrade BIOS, apakah keuntungan dengan megupgrade BIOS, dan apa kekurangan/resiko megupgrade BIOS, di website resmi, ada tersedia 3 versi BIOS terbaru untuk produk ini..

    By Rhudie Reply
    • Dear Rhudie, upgrade BIOS dapat mengoptimalkan kinerja laptopmu. Jika kamu belum familiar dengan proses updgrade BIOS, kami sarankan untuk mengupgrade BIOS di Acer service center. Lokasi Acer service center dapat kamu temukan dibagian bawah website ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  7. laptop acer terbaru buat game, dengan intel core i7 terbaru type nya apa ?
    cocok juga ga buat kerja dengan auto CAD
    trims

    By bambang separsa Reply
    • Dear Bambang, mungkin kamu bisa pertimbangkan Aspire S3-391 dengan prosesor Intel Core i7 yang cocok untuk kegiatan gaming dan desain grafis. :)

      By Dr. Acer Reply
  8. dok, saya mau beli laptop gaming acer, ada dua pilihan acer aspire v5-552G dan Acer aspire V3-471G, bagusan mana?. harga keduanya berapa?

    By Bondan Widagdo Reply
    • Dear Bondan, Aspire V3-471G tidak dipasarkan lagi saat ini. Mungkin kamu bisa pertimbangkan Aspire V5-552G yang cocok untuk gaming yang dilengkapi dengan prosesor AMD A10 dan VGA 2GB AMD Radeon. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. dok misal nya pke laptop V5-552G atau V3-471 bisa di tambah ram gak ??,main watch dogs bisa gak ??
    main SF2 ayodance atau sebagai nya
    aku lagi mau beli laptop gaming soal nya

    By Deodatus Reply
    • Dear Deodatus, kamu bisa mengupgrade RAM kedua tipe tersebut hingga 8GB. Untuk info kompatibilitas game tersebut bisa mengunjungi website pada link berikut http://bit.ly/1bexf8T

      By Dr. Acer Reply
  10. dok apakah acer aspire v5 552g mempunyai dvd

    By fauzi Reply
    • Dear Fauzi, Aspire V5-552G tidak dilengkapi dengan fitur DVD drive, kamu bisa gunakan DVD drive eksternal.

      By Dr. Acer Reply
  11. apa saja kekurangan v5-552g dok

    By fauzi Reply
    • Dear Fauzi, secara performa dan spesifikasi hardware Acer Aspire V5-552G ini nyaris tidak memiliki kekurangan, karena Notebook High End ini sudah dibekali performa processor terbaru dari AMD yaitu Quad Core AMD A10. Tidak hanya itu Notebook ini juga memiliki Dual-Graphics Radeon 8750M + 8650G dan RAM 4GB DDR3 untuk mendukung kamu bermain game 3D serta menjalankan aplikasi multimedia.
      Review lengkap mengenai Aspire V5-552G bisa kamu lihat pada artikel blog Acer berikut: http://www.acerid.com/2014/04/acer-aspire-v5-552g-notebook-gaming-mainstream-pertama-dengan-amd-elite-apu-a10/

      By Dr. Acer Reply
  12. Doc. Sya punya hp android acer E2. Kondisi LCD luar retak sama baterei sudah gendut. Mohon infonya untk service center acer diwilayah tangerang dimana yaa.. trus diperkirakan harga perbaikan trsebut apakah msh bisa menggunakan garansi atau kita harus cash. sama cara perawatan agar batrei tidak gendut gm caranya..
    Hp acer E2 sya belum ada 1 thn, tpi baru 8bln.

    By Budi Sutiyono Reply
    • Dear Budi, untuk hal tersebut perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu di Acer service center kemudian diberikan solusi terbaik oleh petugas disana. Mohon maaf sebelumnya, Acer service center belum tersedia di wilayah Tangerang, kami sarankan datang ke lokasi yang di Jakarta yaitu service center di Mall Ratu Plaza Floor 3 Suite 29-31, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 9, Jakarta.

      By Dr. Acer Reply
  13. permisi dok, saya memakai acer V3-471G core i5 Windows 7 Home Premium. saya mau nanya, apakah laptop saya bisa diupdate menjadi Windows 8 Ultimate/Pro? jika bisa, adakah dampak negatif dari update ini?

    By fajar kurniawan Reply
    • Dear Fajar, upgrade OS bisa saja dilakukan apabila OS yang digunakan adalah OS Original.

      By Dr. Acer Reply
  14. Dear Roy,
    1. Untuk penggunaan standar seperti pembuatan dokumen, browsing ,dsb, baterai bisa bertahan antara 3-4 jam.
    2. Untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja.
    3. Upgrade hardware tentunya meningkatkan performa pada laptop secara keseluruhan.
    4. Untuk gaming, kamu bisa lihat terlebih dahulu minimum system requirement dari game yang akan dimainkan, lalu bandingkan dengan spesifikasi hardware laptop kamu.
    5. VGA tersebut aktif secara otomatis apabila laptop berjalan dengan mode High-Performance, atau ketika terhubung dengan charger

    By Dr. Acer Reply
  15. dok.. saat ini saya pakai V3-471G core i5 3230M 2.6 ghz turbo up to 3,2ghz.. nah untuk mengaktifkan turbo boostnya gmn dok..?? mhn bantuan & tq sblmnya

    By chandra Reply
    • Dear Chandra, fitur TurboBoost akan secara otomatis aktif ketika sistem membutuhkan performa lebih dari processor. :)

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.