Menjadi Fotografer Handal dengan Kamera Smartphone

SAMSUNG CSC

Belakangan ini, perkembangan dunia fotografi disemarakkan dengan hadirnya trend fotografi mobile. Yup perkembangan teknologi kamera pada smartphone dan hadirnya beragam aplikasi dalam gadget ini pun sudah semakin berkembang dan menghasilkan gambar yang hampir menyamai kualitas DSLR. Contohnya seperti seri smartphone Acer Liquid yang hadir dengan beragam spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan spAcer yang berbeda.

Dua smartphone terbaru yaitu Acer Liquid C1 dan Acer Liquid E2 sudah dapat menunjang aktivitas fotografi spAcer. Lihat saja pixel yang dihasilkan dari kamera smartphone tersebut yakni 5 MP dan 8 MP, dapat menghasilkan foto yang berkualitas seperti kamera poket. Adanya sistem operasi Android dan konektivitas 3G memudahkan aktivitas berbagi foto ke social media, bikin spAcer makin eksis!

Kehadiran aplikasi mobile social media seperti Instagram, Pinterest, Twitter dan Facebook mendorong tumbuhnya hobi berbagi foto di social media. Agar foto yang dihasilkan berkualitas, kuasai beberapa kunci fotografi seperti lighting, depth of field, lokasi dan mood sang fotografer.

Meski demikian, memotret menggunakan smartphone memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Hal ini bisa dipenuhi dengan mengenal dan mengoptimalkan fitur yang kaya di dalam smartphone Acer Liquid.

Berikut ini beberapa tips untuk memotret dengan smartphone:

Kenali Smartphone-mu
Sebelum mengambil gambar dengan smartphone Acer-mu ada baiknya ketahui dahulu cara kerja ponsel sampai familiar. Kenali fitur dan keunggulan yang disediakan serta keterbatasan bila dibandingkan kamera pocket. Namun ingat bahwa smartphone kini sudah banyak dilengkapi aplikasi yan dapat memperbaiki hasil foto agar lebih maksimal.

Ketahui Aplikasi/software
Aplikasi photo editing bisa mengoptimalkan hasil foto dari kamera smartphone, misalnya memotong atau menyiasati foto yang over exposure. Contohnya pemakaian filter yang beraneka ragam yang dipilih sebelum melakukan pemotretan. Beberapa rekomendasi untuk smartphone Android Acer Liquid kamu: Instagram, Snapseed, Picsay dan Cymera.

Dapatkan Eksposure yang tepat
Tips ini berlaku untuk semua kamera, baik DSLR maupun smartphone. Meski spAcer bisa mengolahnya dengan berbagai aplikasi maupun filter yang canggih, tetapi pencahayaan selalu menjadi pondasi untuk menghasilkan foto yang baik. Bijaklah dalam menggunakan flash dari ponsel untuk mendapatkan cahaya terbaik.

Komposisi Adalah Pondasi Dasar
Sama halnya dengan pencahayaan, komposisi juga unsur vital dalam fotografi untuk membuat foto menjadi bagus. Layar smartphone yang besar seperti pada CloudMobile  dan Acer Liquid E2  memudahkan komposisi yang bahkan berpotensi lebih baik daripada kamera DSLR.

Atur Angle dan Sudut Pandang
Melihat dari angle yang berbeda, sebuah objek dapat memberikan point of interest yang berbeda pula. Jangan takut turun ke tanah untuk mendapatkan angle frog eye view, memanjat dinding atau pohon untuk bird eye view. Apalagi dengan praktis dan fleksibelnya smartphone, tentunya semakin mudah untuk mengambil angle terbaik.

Black and White
Foto berwarna mempunyai kemampuan menangkap suasana seperti aslinya. Tapi dengan BW, foto menjadi unik dan cenderung menonjolkan interest dari foto tersebut. salah satu kelebihan BW adalah untuk memperjelas detail agar lebih terlihat. Elemen hitam putih pada fotografi dapat memperkuat kesan dramatis, misterius, dan elegan. Fitur ini sudah hadir pada smartphone seri Acer Liquid.

Cropping
Terkadang karena terburu-buru dalam mengambil gambar, komposisi yang didapat kurang baik. Namun kini tak perlu khawatir kembali, karena teknologi cropping atau pemotongan gambar dapat menjadi alternatif. Oleh karena itu pastikan smartphone Anda memiliki aplikasi edit foto.

Penggunaan Aksesoris
Jika ingin serius dalam mobile fotografi, lengkapi smartphone Anda dengan beberapa aksesoris/gear. Contohnya tripod atau lensa khusus seperti makro yang berfungsi untuk memotret detail, bisa juga memakai casing underwater untuk pengambilan gambar didalam air.

Seringlah Memotret
Latihan memotret tidak hanya berlaku untuk fotografi DSLR. Dalam mobil fotografi pun latihan memotret juga harus dilakukan untuk mengasah skill Anda. Seperti latihan steady agar gambar tidak blur karena bergoyang, maka tangan harus sering dilatih untuk kuat menopang. Namun Acer Liquid E2 sudah dilengkapi dengan fitur continuous shooting membuatnya bisa mengambil beberapa frame sekaligus, termasuk memotret objek bergerak.

Itu dia beberapa tips mobile photography dengan memanfaatkan kamera smartphone. Punya tips yang lain, spAcer?

Related Article

2 Responses to Menjadi Fotografer Handal dengan Kamera Smartphone

 

  1. Angga says:

    knp acer liquid E2 ini susah sekali dicari penjualannya…. apakah stoknya masih terbatas?

    1. Dr. Acer says:

      Angga, saat ini memang belum tersedia di gerai Erafone, kami akan terus follow up terkait ketersediaannya, mohon kesabarannya menunggu 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved