Memilih Tablet PC atau Laptop

Untitled-1

Tablet PC kini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, antara lain karena keunggulan utamanya yaitu kemudahan untuk dioperasikan. Keberadaannya kini pun dianggap kebanyakan orang sudah mengalahkan fungsi dan kepopuleran laptop. Tapi apakah Tablet PC benar-benar pilihan yang tepat untuk spAcer dari pada laptop -yang kini terasa- lebih tradisional?

Jangan simpulkan dulu sebelum spAcer membaca artikel berikut ini. Di sini akan dirincikan perbandingan antara keduanya agar spAcer dapat memilih gadget mobile seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan spAcer.

Metode Input
Perbedaan paling mendasar dari tablet PC dan Laptop adalah minimnya keyboard dan mengandalkan touchscreen untuk pengoperasian pada tablet PC. Ini bagus jika melibatkan aplikasi yang memang lebih dibutuhkan menunjuk, menyeret atau mengetuk, namun ketika harus mengetik spAcer akan diminta untuk mengetik pada keyboard virtual.

Hasil: Laptop, cocok digunakan bagi mereka yang lebih banyak mengetik. Sedangkan tablet PC, bagi mereka yang sering melakukan interaksi sentuhan dengan layar.

Ukuran
Ini mungkin alasan terbesar spAcer untuk memilih tablet PC dibandingkan dengan laptop. Tablet memiliki ukuran kira-kira sebesar kertas A4 dengan beratnya yang rata-rata kurang dari 2 kilogram. Sedangkan laptop cenderung lebih besar dan lebih berat. Bahkan beberapa diantaranya masih tergolong kurang mobile lantaran tidak bisa masuk ke dalam tas kerja spAcer.

Hasil: tablet

Battery Life
Tablet didesain se-efisien mungkin apalagi untuk perihal daya. Sebagai perbandingan, laptop menggunakan hardware yang lebih kuat, komposisi baterai laptop sudah sangat jauh dengan internal tablet pc. Tablet kini mampu digunakan sampai sepuluh jam. Namun laptop rata-rata hanya akan berjalan selama sekitar tiga sampai empat jam dengan syarat beberapa sistem harus dikurangi.

Hasil: Tablet

Kapasitas Penyimpanan
Dalam rangka menjaga ukuran dan biaya, tablet PC harus memadatkan memori penyimpanan. Namun di sejumlah  negara, kini penyimpanan data virtual lebih mudah diakses. Hal ini dapat memudahkan spAcer untuk menyimpan serta membuka data dimana saja dan kapan saja. Namun semua tempat penyimpanan data virtual selalu ada maksimalisasi penyimpanannya. Sebagai perbandingan, kebanyakan laptop masih menggunakan hard drive konvenstional yang menang dengan kapasitas lebih jauh. Netbook saja yang sudah lebih minimalis dari pada laptop sudah sanggup menyimpan 160 gigabyte data.

Hasil: Laptop

Software
Dua platform utama yang mendukung tablet PC saat ini adalah Android dan iOS. Keduanya memerlukan aplikasi khusus untuk sistem operasinya. Beberapa diantaranya juga dapat tugas-tugas besar seperti laptop, namun tidak akan semaksimal laptop. Sedangkan laptop mampu mengoperasikan software mereka dengan mudah, namun masalahnya adalah kurangnya perangkat input kinerja hardware yang dapat mengerjakan beberapa fitur tablet PC .

Hasil: Laptop

Biaya
Tablet relatif baru di pasar Indonesia dan sebagai hasilnya, mereka cenderung membawa harga premium untuk teknologi baru mereka. Harga rata-rata untuk tablet PC adalah sekitar $499. Namun sebagai perbandingan saja laptop banyak ditemui dengan harga $300 sampai $400. Laptop masih memiliki keunggulan atas tablet PC apabila dilihat dari performa yang setara dan fitur.

Hasil: Seri

Kesimpulan
Baik laptop maupun tablet PC memiliki keunggulan masing-masing yang saling melengkapi. Masing-masing pengguna tentu mempunyai kebutuhan berbeda yang bisa dipenuhi oleh tablet atau notebook saja, atau mungkin keduanya. Namun inovasi teknologi yang terjadi –salah satunya oleh Acer-, memungkinkan kita sebagai pengguna mendapatkan keunggulan notebook dan tablet dalam satu perangkat sekaligus. Misalnya desain unik dan performa andal seperti yang dihadirkan oleh Acer pada tablet Acer Iconia W511 dan Aspire P3 Hybrid Ultrabook.

Related Article

22 Responses to Memilih Tablet PC atau Laptop

 

  1. Rita says:

    Dok untuk pengguna an office pd tablet windows dgn tablet android apa bs d sinkronkan

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rita, pastikan pada device android juga memiliki aplikasi sejenis Office pada Windows.

  2. Dekta Mungil says:

    dok , sy mw nanyak nih. laptop yang enak dan cocok di pake untuk aplikasi editing foto , ngerender video dan main game apa ya? budget sy hanya 7 juta. mohon pencerahannya 🙂

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dekta, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe berikut:
      Aspire V3-471G:
      Intel® Core™ i5-3210M processor (2.50 GHz with Turbo Boost up to 3.10 GHz)
      Genuine Windows 8
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      4GB DDR3
      750GB
      2 GB NVIDIA®GeForce®GT 630M
      Bluetooth® 4.0
      HDMI Port
      Rp. 7,599,000

  3. selamat pagi Dr. Acer…
    mau nanya Laptop yang cocok dan pas untuk Budget 4 – 5 Juta apa yaa dok ?
    makasaih

    1. Dr. Acer says:

      Ahmad, kamu bisa pertimbangkan Aspire E1-471 seharga Rp. 4.599.000 (Linux) & Rp. 5.199.000 (Windows 8)

  4. SUJONI says:

    Bos, mhn saran sy butuh laptop yg bs utk kegiatan belajar anak skligus utk kerja dan juga browsing, dgn budget dibwh 3,5 jt.. trus mohon informasi harga2 & dealer trdekat yg mnyediakn laptop dll, krn sy berniat usaha freeland pnjualan laptop & sjenis’y..
    sy tinggal di cirebon, hp 089660520680
    mksh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sojuni, mungkin kamu bisa mempertimbangkan tipe notebook berikut:
      Aspire E1-421:
      “AMD dual-core processor E1-1200 (1 MB L2 cache, 1.40 GHz,
      DDR3 1066, MHz, 18 W)”
      Linpus
      14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      2GB DDR3
      320GB
      AMD Radeon™ HD 7310
      Rp. 3,499,000
      Untuk menjadi reseller kamu bisa mengirimkan pengajuan melalui email berikut:
      AIN.commercial@acer.com

  5. Wid elwid says:

    Met malem dok.tolong dong rekomennya,dg budget 3,5jt aku berniat beli laptop/netbook acer yg cucok untk browsing,ngerjain tugas kuliah n juga kerja melayani pembayaran secara online rekening listrik,pam,telkom,angsuran motor.trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wid Elwid, kamu bisa mempertimbangkan tipe Aspire One 756, berikut harga dan spesifikasinya:
      Intel® 847 processor (1.1 GHz)
      Genuine Windows 8
      11.6″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
      2GB DDR3
      320GB
      Intel HD Graphics
      N/A
      HDMI Port
      Rp. 3,399,000

  6. Hadi Winata Salim says:

    Dok, saya mau tanya, ada produk baru tdk dari Acer Aspire V3 series? Sebutkan spesifikasi dan harganya juga. Trims

    1. Dr. Acer says:

      Hadi, saat ini varian Aspire V3 yang dipasarkan oleh Acer Indonesia adalah Aspire V3-471G dengan processor Intel Core I7 dan Intel Core I5 🙂

  7. Ical says:

    Dear Dr. Acer,

    Mohon rekomendasinya, laptop acer yang cocok digunakan untuk pemula atau karyawan seperti saya. Untuk penggunaan sebagai client program kantor dan untuk browsing internet.

    1. Dr. Acer says:

      Ical, Bisa di informasikan kepada kami kisaran budget yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah laptop? Akan kami bantu memberikan rekomendasi yang sesuai 🙂

  8. Sonia says:

    dok, apakah keyboard dan tablet(tablet PC) dijual per unit atau terpisah?

    1. Dr. Acer says:

      Sonia, Untuk Acer Iconia W510/W511, tersedia pilihan pembelian hanya Tabletnya saja, atau sudah bundle dengan Docking Keyboard. Docking Keyboard juga bisa dibeli secara terpisah 🙂

  9. Sonia says:

    dok, kalo tablet PC lebih kemana? laptop/PC atau tablet?

    1. Dr. Acer says:

      Sonia, PC Tablet atau umum disebut Tablet, adalah perangkat komputer dengan bentuk seperti Buku.

  10. cer kenapa waktu di facebook kok setiap ada status acer kok gak bisa di komen bisanya cuman di bagika

    1. Dr. Acer says:

      Jodhysatriawan, apakah kamu sudah me-LIKE Facebook fan page Acer Indonesia?

  11. iqbal says:

    dok mau tanya, cara charger keyboard dock acer iconia w511 gimana? kok saat dipasang dengan tabletnya ada keterangan battery 2 not present.. itu maksudnya apa? knpa battery keyboardnya tidak bisa?

    1. Dr. Acer says:

      Iqbal, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved