9 Hal dari Windows 8 yang Harus Diketahui

V5-571P silver Win8 straight_575px

Apakah spAcer termasuk di antara pengguna PC berbasis sistem operasi (OS) Windows 8 yang belum familiar dalam pengoperasiannya?  Untuk pengalaman yang lebih optimal, simak tips and trik yang harus spAcer tahu sebelum menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi andalan.

Pelajari hotkeys/shortcut

Dalam penggunaannya Windows 8 akan lebih mudah apabila spAcer mengetahui shortcut/hotkeys dalam penggunaannya. Contohnya;

  • Menekan tombol Windows untuk masuk ke layar awal.
  • Tombol Windows + E untuk membuka Explorer agar cepat untuk mengakses folder.
  • Tombol Windows + Tab untuk membuka program yang sedang berjalan.
  • Tombol Windows + Q untuk membuka menu search.
  • Dan hot keys lainnya yang bisa dipelajari secara otodidak.

Tampilan besar pada layar

Pada halaman awal visual yang terpampang bagus, besar, dan berwarna. Tampilan template aplikasi spAcer membuat tempilan awal di OS ini makin menarik.

Kategorisasi aplikasi Anda

Kategorikan beberapa aplikasi didalam folder pada tampilan home-nya. Hal ini untuk merapihkan tampilan agar tidak berantakan dan mudah dicari. Folder yang telah dibuat juga bisa diberi nama sesuai dengan keinginan spAcer.

Menutup aplikasi

Untuk menutup aplikasi sama dengan OS Windows sebelumnya, spAcer hanya perlu mencari tombol close (x), meskipun terkadang susah ditemukan. Tetapi terdapat shortcut yang memudahkan dan tidak memakan daya dengan besar. Hanya dengan menekan Alt+F4, maka aplikasi pada tampilan spAcer akan tertutup.

Setting privasi

Banyak aplikasi memanfaatkan informasi yang sangat pribadi untuk data base. Maka ada baiknya spAcer tidak mudah percaya begitu saja, ubahlah dan isi privasi seperlunya. Untuk menyesuaikan pengaturan, tekan tombol Windows+I lalu masuk ke PC Setting, pilih opsi privasy dan personaliasasi pengaturan data pribadi spAcer disana.

Masuk tanpa username atau password

Untuk mempercepat log-in proses, sebaiknya spAcer menonaktifkan user dan password log-in. Caranya dengan membuka jendela Run (tekan tombol Windows + R) lalu ketik “netplwiz” untuk mengaksesnya. Hapus tanda centang pada kotak bagian atas yang mengatakan “Pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi”.

Refresh  PC spAcer

Jika sistem spAcer merasa sedikit lambat, mungkin sudah saatnya untuk melakukan refresh. Untuk melakukan refresh, silahkan masuk ke Settings dan klik tab Settings Ubah PC dekat bagian bawah. Pilih tab General dan temukan “Refresh PC tanpa mempengaruhi file” di dekat bagian tengah (spAcer juga dapat memilih “Hapus segala sesuatu dan instal ulang Windows” untuk kembali ke pengaturan pabrik awal).

Safe mode

Safe mode adalah cara yang bagus untuk masuk ke sistem spAcer ketika device masih digunakan namun hendak ditinggal. Terlebih apabila device spAcer adalah Hybrid Ultrabook seperti Aspire P3, safe mode adalah kunci agar untuk mengaktifkannya kembali tidak lama memakan waktu.

Matikan dengan satu kali klik

Windows 8 menyembunyikan tombol powers di menu setting, sehingga sering memaksa spAcer untuk masuk terlebih dahulu ke menu setting kemudian baru dapat dimatikan. Berikut adalah cara membuat shortcut pada destop untuk mematikan device.

Klik kanan, lalu ke New, kemudian pilih Shortcut. Masukkan “shutdown / s / t 0” (tanpa tanda kutip, dan, ya, itu adalah nol bukan “O”) sebagai lokasi item, dan tekan Next. Sekarang nama shortcut (prefereably “Shutdown”) kemudian tekan Finish. Klik kanan shortcut, dan lalu arahkan ke Properties. Ubah Icon pada tab Shortcut, lalu OK. Klik kanan shortcut lagi, dan pilih Pin to Start. Agar spAcer dapat menempatkan ikon pada layar Start. Mengklik itu maka akan langsung mematikan komputer spAcer.

Semoga tips & trick di atas membantu dalam pengoperasian Windows 8 pada tablet atau notebook Acer-mu ya, spAcer!

Related Article

28 Responses to 9 Hal dari Windows 8 yang Harus Diketahui

 

  1. Mas Yudi says:

    sip buanget…. infonya…… thanks

  2. Dok ada cara mengakses safe mode & refresh laptop acer e1-471g tanpa harus masuk ke pc setting? soal na laptop saya nyala tp layar na blank…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Prizt, bisa diinfokan tipe OS Windows yang kamu gunakan?

  3. Fernandes says:

    dok saya bingung. ini laptop saya v5-471p windows 8.1 nah kalo ada update selalu saya update gitu laptopmya. nah skrg kok laptopnya kadang shutdownnya ga bisa ya? knp gt terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fernandes, kemungkinan untuk shutdown akan memakan beberapa waktu untuk melakukan check update pada sistem Windows kemudian. Kamu juga bisa menghapus aplikasi atau game yang tidak terpakai untuk meringankan kerja laptop ketika shutdown. 🙂

  4. Ketika saya hidupkan ada tulisan user locked. Tulisan itu langsung menghilang dan tidak ada tampilan apapun setelahnya.
    Laptop saya acer aspire v5-471p windows 8.
    Tolong dijelaskan solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rizky, untuk mengabaikan lock screen pada Windows 8, geser ke atas dari tepi bawah layar (atau tekan tombol apa saja pada keyboard) untuk mengabaikan layar kunci.
      Pada layar sign-in, masuk ke PC dengan menggunakan metode yang kamu inginkan 🙂

    2. Dr. Acer says:

      Dear Rizky, untuk mengabaikan lock screen pada Windows 8, geser ke atas dari tepi bawah layar (atau tekan tombol apa saja pada keyboard) untuk mengabaikan layar kunci.
      Pada layar sign-in, masuk ke PC dengan menggunakan metode yang kamu inginkan.

  5. Kosmas Rarun says:

    Ohh…. Begitu yah…?
    Tapi Office 2007 yang sudah ada, apa bisa diupgrade dengan yang terbaru? Trims

    1. Dr. Acer says:

      Untuk aplikasi Office bisa menjalankan versi Office yang terbaru 🙂

  6. Kosmas Rarun says:

    Halo dok…
    Mau tanya, apa laptop Ferrari One (FO 200) saya bisa diinstal Windows 8?
    Trims

    1. Dr. Acer says:

      Kosmas, Ferrari One 200 tidak kompatibel dengan windows 8 karena driver yang dibutuhkan tidak tersedia.

  7. aditya says:

    Maksud saya Rfresh PC dok..
    tapi tadi saya coba utk refresh, malah muncul wizard “some files are missing. Your Windows installation or recovery media will provide these files”

    1. Dr. Acer says:

      Aditya, agak sulit untuk memastikan penyebabnya secara langsung. Kamu bisa coba lakukan system repair, atau lakukan instalasi ulang OS pada PC kamu

  8. iis says:

    dak saya mau tanya…
    laptop saya acer aspire 4752G pake windows 8 pas udah 3 bulan ko suka mati sendiri ya dok kalo misalkan udah 1 jam on, awalnya sih engga, emang kalo pake WINDOWS 8 setiap 3 bln sekali harus di aktifasi yah dok?

    1. Dr. Acer says:

      Iis, Bagaimana dengan panas pada laptop kamu? Laptop dilengkapi dengan perlindungan auto-shutdown ketika mesin dirasa terlalu panas, fungsinya untuk menghindari terjadinya overheat pada laptop kamu. Selain itu, pastikan OS yang kamu gunakan adalah OS Windows 8 Original 🙂

  9. aditya mulya says:

    dok, izin tanya dong,
    berdasarkan pemaparan diatas, kalo kita me-refresh, mungkin ga menyebabkan kegagalan sistem ga?
    cause, i’m so scared =D

    1. Dr. Acer says:

      Aditya, bisa jelaskan apa yang kamu maksud dengan refresh?

  10. Prasaja Emir says:

    Apakah windows 8 sudah bisa menjalankan hampir semua perangkat lunak seperti di Windows XP ?

    1. Dr. Acer says:

      Emir, setiap perangkat lunak memiliki kompatibilitas yang berbeda-beda dengan windows 8. Coba kamu pastikan terlebih dahulu aplikasi yang kamu perlukan sesuai dengan windows 8.

  11. Rezaldy M says:

    Permisi dok, mau nanya
    Sy punya netbook aspire one 722 dgn OS Windows 7Ultimate, apabisa kalo saya mengupgradenya dengan OS Windows 8??

    1. Dr. Acer says:

      Rezaldy, Aspire One 722 bisa menggunakan windows 8

  12. hm,saya mw tanya apakah Windows 8 bisa dipakai untuk Game Online?

    1. Dr. Acer says:

      Selama game yang kamu mainkan sesuai dengan windows 8 seharusnya bisa, Hari

  13. afiq nazri says:

    tampilan menu berbeda ya dok,mengikut type laptopnya,sekarang ini saya pakai V5 touchscreen..?

    1. Dr. Acer says:

      Afiq, tampilan menu pada Windows 8 berbeda dari tampilan menu Windows 7 sebelumnya, dan untuk V5 touchscreen saat ini memang dibundling dengan OS Windows 8 🙂

  14. sidiq says:

    Maaf dok saya mau tanya,
    saya pemilik acer e1-471g,di laptop saya kan sudah ada ms office 2010. Nah waktu saya instal saya disuruh masukin key nya, itu liatnya dimana ya dok???

    1. Dr. Acer says:

      Sidiq, Office 2010 yang disertakan pada produk-produk Acer adalah versi trial. Untuk mendapatkan product key kamu harus membelinya di toko-toko software yang ada di kotamu.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved