Tips: Menggunakan Dua Aplikasi Secara Bersamaan di Windows 8

Di era teknologi yang semakin berkembang, efisiensi dalam mengerjakan sesuatu tentunya menjadi semakin penting. Kamu tentu ingin melakukan lebih dari satu hal sekaligus agar waktu yang terpakai untuk melakukan aktivitas tidak banyak terbuang. Misalnya, kamu ingin melihat playlist musikmu sambil tetap mengerjakan tugas.

Dengan Windows 8, mengerjakan dua aplikasi secara bersamaan menjadi mungkin, spAcer. Caranya juga mudah, karena Windows 8 menyediakan fitur bernama ‘Snap’ yang membuat pengguna bisa membuka dua aplikasi dalam satu jendela yang sama. Saat di ‘snap’ aplikasi hanya mengalami perubahan dalam bentuk ukuran, namun aplikasi tetap bisa bekerja normal.

snap3

 

Berikut ini adalah cara menggunakan snap pada Windows 8:

  • Jika menggunakan gadget dengan layar sentuh, geser layar dengan tangan dari pojok sebelah kiri kemudian geser aplikasi kedua ke arah sisi kanan atau kiri layar hingga muncul garis pembatas.

snaphand

 

  • Jika menggunakan mouse, gerakan kursor ke pojok kanan atas layar hingga aplikasi kedua yang ingin kamu pakai muncul dan geser ke arah sisi kanan atau kiri layar hingga muncul garis pembatas.

 snapmouse

  • Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang sudah kamu tutup sebelumnya, terlebih dahulu buka daftar ‘recently used apps’ yang ada di sebelah kiri layar. Kemudian geser aplikasi yang kamu inginkan ke arah sisi kanan atau kiri layar hingga muncul garis pembatas.

snaprecentaps

Untuk bisa melakukan ‘Snap’, resolusi layar di gadget-mu minimal harus berukuran 1366×768 picel. Ukuran hasil ‘Snap’ di layar adalah 25% untuk aplikasi yang di ‘Snap’, dan aplikasi kedua yang terbuka akan berukuran 75%. Untuk menukar ukuran kedua aplikasi, tinggal geser garis pembatas hingga ukuran kedua aplikasi akan bertukar.

snap2 snap1

image source: microsoft.com

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved