Mengatasi Aplikasi Bermasalah dari Windows Store

Saat ini sudah ada sekitar 50.000 aplikasi yang bisa di-download dari Windows Store. Aplikasi untuk Windows kini semakin bervariasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam, mulai dari hiburan hingga menunjang produktivitas. Namun, terkadang kita menemui aplikasi yang bermasalah sehingga mengurangi kenyamanan pengguna. Namun jangan khawatir karena tersedia banyak cara untuk mengatasinya, spAcer!

windows_8_store_apps

 

Jika aplikasi yang spAcer install bermasalah, biasanya Windows Store akan secara otomatis mengirimkan notifikasi dan berusaha memperbaiki masalah yang ada. Namun, jika ternyata Windows Store tidak mengirimkan notifikasi apapun dan kamu mengalami masalah dengan aplikasi yang kamu download dari Windows Store, kamu tetap bisa mengatasinya.

Sebelum mencoba mengatasi aplikasi yang bermasalah, pastikan laptop kamu sudah ter-install dengan update terbaru dan antivirus yang kamu pakai tidak menghalangi aplikasi yang kamu install untuk berjalan. Jika ini tidak berhasil, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Update aplikasi yang kamu install
    Menjaga aplikasi tetap up to date membuat aplikasi tetap berjalan. Biasanya kamu akan menerima notifikasi di Windows Store jika ada update untuk aplikasi yang telah kamu download. Untuk melakukan update, tinggal masuk ke Windows Store> Settings> App updates> check for updates> Jika ada update terbaru, pilih update yang kamu inginkan dan klik Install.
  • Sinkronisasi lisensi aplikasi yang kamu install
    Ketika lisensi dari aplikasi yang kamu download tidak tersinkron dengan lisensi yang ter-install di laptop-mu, aplikasi bisa saja berhenti bekerja. Untuk menyinkronisasi lisensi aplikasi, masuk ke Windows Store> Settings> App updates> Sync Licenses
  • Lakukan install ulang
    Jika aplikasi yang kamu punya sudah up to date dan lisensinya sudah disinkronisasi tapi masalahnya tidak teratasi, kamu bisa mencoba meng-install ulang aplikasi.
  • Jalankan program Apps Troubleshooter
    Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba menjalankan program Apps troubleshooter yang secara otomatis menemukan dan mengatasi masalah yang ada pada aplikasi

troubleshooterapps

Jika ternyata cara-cara tersebut tidak berhasil, spAcer bisa mencoba menghubungi kontak pembuat aplikasi yang biasanya ada di halaman deskripsi dari aplikasi tersebut. Untuk melihat informasi tentang pembuat aplikasi, kamu bisa masuk ke Windows Store>Klik app yang ingin kamu lihat info-nya>Klik Overview> Learn More. Ini akan menunjukkan alamat email atau website yang bisa kamu hubungi.

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved