Tips Pemeliharaan Daya Tahan Baterai Tablet PC

acer-iconia-w700-windows-8-tablet-image

Ketika spAcer mempertimbangkan TCO (total cost ownership) alias total biaya kepemilikan dari tablet PC, mungkin salah satu item yang paling mahal diganti adalah baterainya. Jangan salah, bahkan bagi pemilik usaha, mahasiswa, atau pelajar yang memiliki anggaran tetap, mahalnya penggantian baterai adalah bencana.

Supaya baterai tablet PC bisa tetap bertahan lama, spAcer harus mengetahui beberapa info/tips berguna yang mungkin belum diketahui:

  • Jangan charge baterai tablet PCmu lebih dari dua kali dalam sehari. “topping off” baterai yang memiliki lebih dari 10% dari kapasitas muatan yang tersisa berkontribusi terhadap kerusakan baterai. Isi ulang baterai setelah penggunaan periode panjang.
  • Bagi spAcer yang tinggal di tempat dengan suhu cuaca yang cukup panas sebaiknya berhati-hati dalam melakukan pengisian baterai. Karena setiap merk memiliki standar suhu tertentu ketika melakukan pengisian baterai. Biasanya, suhu udara luar yang tinggi mampu meningkatkan suhu internal pada baterai itu sendiri dan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.
  • Non-aktifkan Bluetooth, Wifi, dan GPS jika tidak diperlukan. Pasalnya, tablet PC akan terus menggunakan koneksi dan hal itu cukup menyedot daya baterai. spAcer juga bisa menon-aktifkan layanan nirkabel 3G atau 4G jika sedang berada di area Wi-fi untuk menghemat penggunaan baterai.
  • Ini mungkin tips yang kurang populer, tapi percayalah melakukan pengisian baterai sebaiknya dilakukan saat tablet PC spAcer dimatikan. Pasalnya, panas yang dihasilkan komponen pada tablet PC ditambah dengan suhu baterai yang meningkat selama pengisian, dapat berpotensi merusak daya tahan baterai.

Nah itu dia tips-tips yang bisa diterapkan untuk memelihara daya tahan baterai pada tablet maupun smartphonemu, spAcer! Punya tips lain untuk dibagi?

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved