Tips Aman Menggunakan Smartphone Bagi Anak-Anak

Record+Woman+-+Mobile+Phones

Memberikan sebuah ponsel untuk anak Anda atau tidak memang seringkali jadi keputusan yang cukup sulit dibuat. Pasalnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa tablet PC, smartphone, maupun notebook ternyata mampu merangsang kreativitas dan kecerdasan anak Anda lho.

Tapi di lain pihak, kejamnya ancaman kejahatan online saat ini juga patut diwaspadai. Jangan sampai karena keasyikan menggunakan gadget yang satu ini, anak Anda terjebak dalam dunia maya. Sebagaimana kita tahu, sebagian besar smartphone saat ini memberikan penggunanya akses terhadap internet 24/7. Dan Anda sebagai orang tua tidak bisa mengawasi sepenuhnya penggunaan smartphone tersebut.

Jadi, bagaimana supaya anak-anak tetap aman menggunakan smartphone? Berikut beberapa tipsnya :

  • Meskipun anak-anak menginginkan smartphone untuk men-download aplikasi dan permainan, test sebenarnya apakah ia betul-betul membutuhkannya. Download dan gunakan aplikasi/permainan yang diinstal di smartphone anak agar Anda tahu apakah konten aplikasinya baik atau tidak untuk anak
  • Dengan kesibukan orang tua saat ini, sebuah ponsel dapat menjadi salah satu solusi untuk mengawasi anak-anak. Apalagi dengan aplikasi global positioning system (GPS) yang dapat melacak posisi dimana anak Anda berada.
  • Sebelum memberikan anak Anda sebuah smartphone, ada baiknya Anda bertanya pada diri sendiri apakah sudah tepat atau belum? Misalnya, mereka akan menggunakan smartphone untuk apa? Akankah mereka bisa menjaga barang yang mereka miliki? Jika menurut pertimbangan Anda belum, tunggu sampai mereka lebih bertanggung jawab dengan barang-barang yang mereka miliki.
  • Untuk memilih smartphone terbaik untuk anak Anda, disarankan untuk membeli model sebelumnya. Kenapa? Karena model yang sebelumnya cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau. Tapi meskipun harganya terjangkau, Anda wajib menekankan kembali pentingnya tanggung jawab menjaga barang-barang berharga.
  • Menetapkan password adalah perlindungan pertama terhadaphal-hal yang tidak diinginkan. Lengkapi ponsel anak Anda dengan cover/case yang cukup baik untuk melindungi ponsel tersebut. Atur daftar kontak pada smartphone anak Anda, mulai dari nomor telepon Anda, ibu, kakak, kakek, nenek, dan kontak darurat.
  • Download software yang membuat mereka lebih aman menggunakan smartphone. Misalnya, aplikasi Lookout yang akan mengeluarkan suara tinggi jika ponsel hilang. Aplikasi ini juga berguna untuk melindungi anak Anda men-download aplikasi yang tidak cocok untuk seusianya.
Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved