Berkreasi dengan Kamera pada Smartphone

Print

Berbagai ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur kamera beresolusi cukup tinggi, sehingga mengabadikan momen-momen seru menjadi lebih mudah. Yup, memotret dengan kamera ponsel memang praktis. Selain simpel alias mudah dibawa, spAcer bisa langsung mengedit gambar dengan berbagai aplikasi yang tersedia. Hasilnya tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau kamera pada smartphone kamu mempunyai resolusi yang cukup tinggi dan konektivitas yang baik.

Contohnya Acer Liquid C1 yang baru-baru ini dirilis di Indonesia dengan fasilitas kamera resolusi 8 MP. Acer Liquid C1 juga disertai dengan prosesor Intel dan OS Android, membuat Acer Liquid C1 kompatibel untuk  menjalankan bermacam aplikasi untuk mengedit foto.

Tapi tidak semua orang paham bagaimana mengoptimalkan fitur kamera smartphone, lho spAcer. Yuk simak beberapa tips berikut agar kamu semakin mahir memotret gambar dari kamera smartphone:

  • Crop, daripada zoom

Kamera smartphone banyak menawarkan fungsi zoom digital. Semakin dekat kamu melakukan zoom, biasanya gambar objek akan semakin pecah (baik pada saat memotret objek maupun saat hendak meng-upload foto). Selain itu, hasil foto kamu juga berpotensi kurang fokus. Tapi ketika kamu melakukan cropping, itu tidak akan mengurangi kualitas gambar karena kamu sebenarnya hanya melakukan sampling informasi pixel yang sudah direkam.

  • Foto dengan jarak yang dekat

Banyak kamera ponsel yang baru akan benar-benar terlihat bersinar jika kita semakin dekat dengan objek yang akan difoto. Ketika kamu semakin dekat dengan objek, kamu juga akan memiliki kendali yang lebih besar atas pencahayaan objek kamu. Bahkan memotret sebuah objek dengan detail kecil pun bisa kamu lakukan jika berada pada jarak yang cukup dekat.

  • Edit, daripada  filter

Jika kamu menginginkan gambar menjadi lebih unik, cobalah install aplikasi seperti SnapSeed atau PhotoShop Express. Aplikasi tersebut menawarkan fitur editing gambar dengan penyesuaian yang wajar seperti kontras, ketajaman (sharpness), dan temperatur warna.

  • Hindari menambahkan efek blur yang palsu

Kedalaman gambar adalah salah satu tantangan kamera smartphone. Lensa wide angle dan sensitivitas rendah pada kamera smartphone seringkali menyulitkan kita untuk mendapatkan efek blur. Tapi ingatlah, menambahkan efek blur palsu akan membuat gambar jadi jauh lebih buruk. Efek blur palsu pada aplikasi editing foto nyaris seragam sehingga akan tampak kurang natural. Jika spAcer ingin orang lain fokus melihat pada satu objek, tempatkan objek di posisi tengah pada frame dan ambil latar belakang yang sederhana. Namun jangan khawatir, kamera 8 MP pada smartphone Acer CloudMobile dilengkapi dengan fitur auto-focus yang memungkinkan kamu tap pada object sehingga didapat fokus yang sempurna.

  • Pilih aplikasi kamera yang lebih baik

Ada beberapa pilihan standar dalam ktegori aplikasi kamera ini. Laman popphoto.com menyarankan untuk mencoba men-download aplikasi gratis Camera Awesome yang memungkinkan kamu untuk mengambil gambar berulang (burst effect) Tapi apapun aplikasi kamera yang spAcer pilih, ada baiknya kamu membiasakan diri menggunakan aplikasi tersebut supaya makin mahir juga menggunakannya. Nah, satu yang kamu perlu tahu spAcer bahwa kamera smartphone Acer Liquid C1 dilengkapi dengan fitur: 5 color effects, 5 scene modes, Panorama dan burst shot 5 fps.

  • Upayakan lensa kamera tetap dalam keadaan bersih

Seperti halnya kamera konvensional, lensa kamera smartphone juga harus selalu bersih. Saku/kantong bukanlah tempat yang bersih untuk kamera smartphone, sehingga menyebabkan gambar gelap atau terlihat kurang jelas. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah membersihkan lensa kamera dengan kain & pembersih khusus yang lembut.

 

 

 

Related Article

2 Responses to Berkreasi dengan Kamera pada Smartphone

 

  1. Tofik says:

    Perlu dicoba nih aplikasi yang disebutkan diatas 🙂

  2. Sridono Wardani says:

    Sangat membantu dlm optimalisasi kamera smartphone……
    Terima kasih.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved