Tips Menjaga Keamanan Laptop Keluarga

Tokyo,JAPAN. Father and his children are watching a computer.

Ancaman virus komputer dan hacking masih saja mengintai. Meskipun Windows sebagai system operasi terpopuler di dunia kini telah menjadi lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir ini, sebaiknya spAcer tetap waspada akan ancaman virus terutama bila komputermu digunakan oleh lebih dari satu orang.

Sebagian virus virus dan ancaman (threats) biasanya datang dari koneksi internet (online) dan distribusi/transfer file dari satu PC ke PC lainnya. Jenis virusnya sendiri berbeda karakter, dan ada sebagian virus yang menyebabkan kinerja/performa notebook menjadi menurun. Selain itu, ancaman virus juga seringkali dimanfaatkan oleh hacker untuk mengeksploitasi data pribadi yang kita miliki.

Selain itu, sebaiknya spAcer juga waspada pada banyaknya transaksi jual beli yang dilakukan secara online yang sering dimanfaatkan untuk menyebar virus tersebut. Selama bertahun-tahun, transaksi online biasanya membutuhkan data pribadi yang dalam beberapa kasus dimanfaatkan oleh hacker untuk memanipulasi kita.

Ancaman virus juga riskan ketika spAcer sering membiarkan anak-anak menggunakan notebook tanpa bimbingan yang cukup mengenai keamanan. Pasalnya, ada kemungkinan mereka men-download perangkat lunak atau aplikasi dari website yang reputasinya dipertanyakan. Oleh sebab itu, saatnya untuk melindungi notebook dengan perangkat lunak (software antivirus) dan tindakan menjaga keamanan diri sendiri dan perangkat komputer ketika berselancar di web dan membaca email.

Mendapatkan software antivirus saat ini sangat mudah dan harus menjadi prioritas pertama ketika pertama kali spAcer menggunakan notebook. Biasanya, antivirus berbayar memiliki fitur lebih banyak dan mampu melindungi notebook keluarga lebih kuat dari ancaman virus terkini. Perlu diingat, jangan lupa untuk meng-update antivirus yang di-instal di notebook agar mampu menangkal lebih banyak virus.

Ada baiknya juga spAcer meluangkan waktu untuk mendidik anggota keluarga lainnya yang sering menggunakan notebook supaya tidak sembarangan meng-klik link-link buatan hacker yang sering mengecoh. Terangkan bagaimana virus sangat berbahaya mengancam file-file penting di dalam notebook, sehingga mereka tidak sembarangan meng-klik link yang reputasinya kurang meyakinkan.

Selain itu, ancaman virus juga seringkali memanfaatkan inbox email spAcer. Oleh sebab itu, batasi meng-klik link pada email dari sumber yang kurang dipercaya. Anda juga harus menghindari meng-klik pop-up pada website yang tiba-tiba menyatakan Anda memenangkan undian berhadiah atau lotere yang tidak jelasMengabaikan informasi-informasi seperti itu justru akan menyelamatkan spAcer dari serangan virus online.

Nah itu dia tips-tips untuk menghindarkan komputer kesayanganmu dari gangguan virus. Punya tips yang lain, spAcer?

Related Article

One Response to Tips Menjaga Keamanan Laptop Keluarga

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved