Tips Mencegah Leher Tegang Saat Berkomputer

ICONIA_W7-product-series-main

Bekerja dan bermain menggunakan tablet PC memang sangat menyenangkan. Wajar saja, evolusi komputer itu menghadirkan banyak fitur menarik yang sangat berguna untuk kehidupan saat ini. Berbagai macam aplikasi seru, mulai dari games, komunikasi, dan sebagainya semakin menarik dengan fasilitas layar sentuh/touch screen.

Ambil contoh Acer Iconia W700 yang menawarkan banyak fitur menarik bagi spAcer. Didukung dengan OS Windows 8, tablet PC yang satu ini dijamin bakal membuat spAcer ketagihan. Untuk kebutuhan presentasi, pembuatan konten, sampai kebutuhan hiburan, Iconia W700 dari Acer siap diajak bekerja multitasking.

Asyiknya bermain tablet jangan sampai membuatmu melakukan kebiasaan yang kurang tepat, spAcer. Yup, karena salah menempatkan posisi tablet PC saat digunakan, bagian belakang leher bisa jadi terasa nyeri. Salah satu kebiasaan yang salah dalam menggunakan tablet PC adalah dengan cara memangkunya.

Dr. Jack Dennerlein dan rekan-rekannya di Harvard School of Public Health telah melakukan sistem dengan alat canggih untuk melacak bagaimana posisi tablet PC yang berbeda dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Mereka meminta 15 orang menggunakan tablet PC dengan berbagai sudut tertentu. Setiap relawan itu diminta untuk merespon email, bermain game, browsing internet, dan sebagainya selama penelitian.

Para peneliti tersebut menemukan bahwa bekerja dengan tablet PC dipangku atau diletakkan di atas meja yang datar membuat leher menekuk lebih dari biasanya saat menggunakan komputer desktop atau notebook.

Oleh karena itu, Dr. Denerlein seperti dikutip dari laman www.health.harvard.edu menganjurkan beberapa tips berikut agar leher tidak tegang saat menggunakan tablet PC :

  • Tempatkan tablet PC di atas meja
  • Gunakan case yang bisa menawarkan sudut pandang yang nyaman bagi Anda. Misalnya, pada Acer Iconia W700 yang dilengkapi dengan multipurpose cradle, memungkinkan tablet PC tersebut disimpan dalam berbagai mode baik portrait maupun landscape.
  • Geser tangan Anda, beban tubuh Anda, atau kalau bisa berdiri untuk melakukan sedikit peregangan saat menggunakan tablet PC.
  • Istirahat setiap 15 menit

Related Article

2 Responses to Tips Mencegah Leher Tegang Saat Berkomputer

 

  1. nuruddin says:

    iconia w700 harganya berapa dok?

    1. Dr. Acer says:

      Nuruddin, Iconia W700 dipasarkan seharga Rp. 8.799.000

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved