Menyesuaikan Start Screen Windows 8 di Laptop

Saat login ke laptop, spAcer tentunya akan menemui tampilan ‘start screen’. Seperti halnya pada Windows 7, Windows 8 dan Windows RT juga memiliki tampilan Start screen tempat kamu meletakkan semua hal yang kamu butuhkan dan senangi, spAcer! Adapun yang disebut tampilan start screen pada Windows 8 di laptop adalah ini:

start screen

Nah, kamu bisa lho mengatur supaya start screen Windows 8 di laptop-mu berisi hal-hal yang kamu butuhkan. Jadi kamu akan melihat tampilan info terbaru, apps favoritmu, folder yang sering kamu buka di laptop, dan masih banyak lagi. Caranya juga tidak sulit, spAcer!

Pertama, untuk masuk ke dalam start screen pada laptop dengan touch screen kamu hanya tinggal menarik ujung sebelah kanan layar hingga muncul ‘Charm’ dan tekan ‘Start’.

charm1

 

Jika menggunakan mouse, kamu tinggal mengarahkan kursor ke pojok kanan atas atau pojok kiri bawah layar dan gerakkan ke atas atau ke bawah, kemudian klik ‘Start’.

charm2

Atau kamu juga bisa menekan logo Windows winlogo untuk masuk ke start screen.

Untuk mengatur halaman start screen di laptop-mu sesuai keinginan, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

  • Memasukkan ‘tile’ ke halaman start screen.
    Tile adalah aplikasi atau konten (seperti website, kontak atau folder) yang bisa dibuka dari start screen. Jika spAcer memiliki website yang sering kamu kunjungi tiap hari, kamu bisa membuat tile website tersebut di start screen sehingga kamu dapat lebih cepat mengakses website tersebut. Untuk meletakkan website atau kontak dari sebuah aplikasi ke start screen (pin), bukalah ‘app commands’ dengan cara menggeser bagian bawah layar ke atas, kemudian pilih atau klik ‘Pin to Start’. Untuk memasukkan folder ke start screen, buka folder yang kamu inginkan di ‘File Explorer’, pilih folder dengan cara menekan folder atau klik kanan dan pilih atau klik ‘Pin to start’.
  • Pin atau unpin aplikasi
    Aplikasi favorit-mu belum di pin ke start screen, spAcer? Tinggal buka ‘Charm’ (geser layar bagian kanan ke kiri) dan pilih ‘Search’. Pilih aplikasi yang ingin di Pin kemudian tap atau klik ‘Pin to Start’. Jika start screen terlalu penuh atau ada aplikasi yang ingin kamu ‘buang’ dari start screen, maka tinggal pilih atau klik aplikasinya kemudian pilih atau klik ‘Unpin from Start’. Unpin tidak berarti meng-uninstall aplikasi tersebut ya spAcer, hanya mengeluarkannya dari start screen saja.
  • Mengatur dan mengubah ukuran ‘tile’
    Untuk menggeser sebuah tile, spAcer tidak perlu menahan tile tersebut untuk menggerakannya. Tinggal sentuh tile, kemudian geser ke atas dan ke bawah sebelum menggesernya ke posisi yang kamu inginkan.
    Untuk mengubah ukuran sebuah tile menjadi lebih besar atau lebih kecil, tinggal pilih tile yang kamu inginkan di start screen, buka ‘app commands’ dan pilih ‘Larger’ atau ‘Smaller’. Ada beberapa tiles yang memang tidak bisa diubah ukurannya ya spAcer, jadi jangan kaget jika pilihan ‘Larger’ atau ‘Smaller’ ini tidak muncul untuk beberapa apps.
  • Memberi nama pada grup Tile tertentu.
    Zoom out pada layar start screen dengan cara klik zoom button menggunakan mouse, atau pada layar sentuh tinggal gerakkan dua jari mendekati satu sama lain. Pilih grup yang namanya ingin diganti atau diberi nama, kemudian pilih atau klik ‘Name Group’.

Itu tadi cara menyesuaikan start screen pada Windows 8 di laptop-mu, spAcer. Tidak terlalu sulit kan? Dengan menyesuaikan start screen, kamu bisa mengakses aplikasi favoritmu dengan lebih cepat dari start screen di laptop.

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved