Mengenal ROM dan RAM pada Smartphone

SpAcer tentu pernah mendengar sebutan ROM dan RAM di laptop milikmu dan mungkin memahami apa sih fungsi kedua hal tadi di laptopmu. Selain di laptop, di dalam smartphone juga terdapat ROM dan RAM lho spAcer. Lalu apa fungsi ROM dan RAM pada smartphone?

(Read Only Memory) ROM pada smartphone berfungsi sebagai memory untuk menyimpan data ataupun program. Memory yang tersimpan di ROM tidak akan hilang meski smartphone dalam kondisi mati. Semakin besar nilai ROM pada smartphone, maka semakin besar pula ruang yang tersedia untuk spAcer menginstall aplikasi di smartphone. Meski sebenarnya jika jumlah ROM terbatas, spAcer bisa mengalihkan aplikasi untuk disimpan di memori eksternal.

ROM

Berbeda dengan ROM, Random-access Memory (RAM) merupakan memory yang sifatnya sementara dan dipakai untuk menjalankan program. Saat smartphone dalam kedaan mati maka data di RAM akan hilang. Semakin besar nilai RAM pada sebuah smartphone, maka akan ada makin banyak program yang bisa kamu jalankan secara bersamaan tanpa membuatnya menjadi lambat, spAcer.

Sekarang kamu sudah memahami kan apa sih fungsi dari ROM dan RAM pada smartphone Acer milikmu? Untuk mengetahui kapasitas dari ROM atau RAM di smartphonemu, tanyakan spesifikasi langsung kepada penjual sebelum membeli atau tanyalah pada dr.Acer di blog ini, spAcer.

 

credit image: cspedia.com

(image hanya ilustrasi)

Related Article

14 Responses to Mengenal ROM dan RAM pada Smartphone

 

  1. Ahmad putra hasan says:

    Dr, apa beda ROM yang ada PC motherboard (ruang tempat penyimpanan system bios) dengan ROM yang ada di smarthphone?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ahmad, BIOS merupakan bagian kritis suatu sistem operasi yang fungsinya memberikan informasi ke CPU bagaimana mengakses disk drive. Ketika PC dihidupkan, RAM masih kosong dan instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi.

  2. ADam says:

    Apa saat aplikasi berjalan lambat (laggy) itu disebabkan ram? Rom? Bagaimana ya caranya mengatasinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adam, problem lag dapat disebabkan karena proses kerja RAM yang berat. Kamu bisa coba untuk menghapus aplikasi atau game yang tidak terpakai untuk mengurangi beban kerja RAM. 🙂

  3. devina says:

    kalo ROM smartphone bisa ditambah gak?

    1. Dr. Acer says:

      Tidak bisa, Devina.

  4. Sudung P. Gurning says:

    Samakah rom dengan hard disc

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sudung, Fungsi keduanya kurang lebih sama 🙂

  5. Kenapa di samarphone android saat install aplikasi yang selalu penuh itu RAM pas cek ROM masih kosong sekitar 2GB tidak tersentuh sama sekali. pertanyaan kedua, apakah smartphone windows phone 8 pake ROM juga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Budianto, Apakah kamu sudah menggunakan SD Card pada unit kamu? Ya, perangkat smartphone pada umumnya menggunakan ROM untuk penyimpanan data, system, dan aplikasi 🙂

  6. rosid says:

    Rom saya ko penuh trus..
    Ada software yg buat rom jadi lega tidak

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rosid, Kamu bisa mencari referensi mengenai aplikasi tersebut di forum atau blog yang membahas mengenai Smartphone/teknologi

  7. yuli setiono says:

    Bisa atau tidak RAM smartphone di upgrade ..??

    1. Dr. Acer says:

      Yuli, hal tersebut tidak bisa dilakukan 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved