Interaksi Windows 8 di Gadget Layar Sentuh

Sebagai system operasi terbaru dari Microsoft, sudah banyak petunjuk yang bertebaran di internet tentang cara menggunakan Windows 8. Namun spAcer bisa jadi menemukan kata-kata yang asing saat mencoba untuk berinteraksi menggunakan Windows 8 di layar sentuh seperti swipe, tap, atau pinch. Apa sih gerakan yang harus dilakukan saat muncul kata ‘Swipe’ atau mungkin ‘Pinch’?

Untuk membantu interaksi Windows 8 di gadget layar sentuhmu menjadi semakin mudah, akan dijelaskan apa saja jenis interaksi yang ada berdasarkan gambar yang disadur dari website Microsoft.

Tap
Interaksi tap pada layar sentuh serupa dengan jika spAcer melakukan klik dengan mouse. Untuk melakukan tap, kamu tinggal menyentuh layar sekali pada sebuah item.

image001

Pinch
Interaksi Pinch berarti menggerakan dua jari atau lebih saling mendekati atau saling menjauhi satu sama lain. Biasanya tindakan ini dilakukan saat ingin melakukan zoom in (jari saling mendekati) atau zoom out (jari saling menjauhi)

image002

Rotate

  • Interaksi Rotate berarti meletakkan dua jari atau lebih di layar dan tangan melakukan gerakan memutar. Tindakan ini akan membuat item yang dipilih berputar sesuai arah tangan, namun hanya beberapa item tertentu saja yang dapat di-rotate.

image003

Swipe
Interaksi Swipe pada dasarnya adalah melakukan tindakan menggeser seperti ‘menyapu’ layar menggunakan jari. Untuk gadget layar sentuh, interaksi swipe yang dilakukan pada sebuah item secara cepat di sebuah tile pada Start Screen biasanya akan memunculkan ‘App Commands’.

image004

Selain itu, interaksi swipe yang dilakukan pada ujung layar (ujung atas, bawah, kiri ataupun kanan) akan menimbulkan interaksi sebagai berikut:

image006

  1. Swipe di ujung kanan layar: Membuka ‘charms’ yang terdiri dari Search, Share, Start, Devices dan Settings.
  2. Swipe di ujung kiri layar: ‘Membawa masuk’ aplikasi yang terbuka sebelumnya, melakukan snap (membuat tampilan layar terbelah dua sehingga bisa menjalankan dua aplikasi dalam satu layar) dengan cara melakukan swipe dari ujung kiri dan seret aplikasi hingga muncul garis pembatas, menunjukkan aplikasi apa saja yang terakhir terbuka dengan cara melakukan swipe dari ujung kiri tanpa melepas tangan dan kemudian ‘dorong’ kembali apps menuju ke arah ujung kiri layar.
  3. Swipe di ujung atas atau bawah layar: Membuka command seperti ‘New’ atau ‘Refresh’, dan menutup apps dengan cara swipe ke bawah tanpa melepaskan tangan kemudian seret apps menuju ke arah bawah layar.

Nah, sekarang spAcer gak perlu bingung lagi ketika membaca instruksi petunjuk mengenai Windows 8. Jika kamu membaca kata-kata seperti ‘Pinch’, sudah tahu ‘kan tindakan apa yang harus kamu lakukan? Selamat menjelajahi Windows 8 ya spAcer!

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved