Menyelamatkan Data Pada Laptop yang Layarnya Bermasalah

LAPtop SCREEN

Layar/screen pada notebook bermasalah bisa jadi masalah bagi spAcer yang kesehariannya selalu dituntut untuk produktif dan selalu terkonek dengan internet. Layar merupakan salah satu komponen utama pada notebook yang sangat vital dan perlu dirawat dengan baik.

Tapi terkadang spAcer tidak selalu bekerja di lingkungan yang aman. Seringkali kita terpaksa harus bekerja di lingkungan yang ekstrem sehingga resiko notebook jatuh menjadi besar. Suatu kasus notebook terjatuh bisa menjadi sebab munculnya layar hitam. Meskipun saat ini banyak notebook sudah dilengkapi dengan fitur HDMI, koneksi menghubungkan notebook ke monitor eksternal juga kadang-kadang bermasalah.

Nah, bagaimana bila hal ini terjadi? Apa yang harus spAcer lakukan untuk menyelamatkan data-data penting yang disimpan di dalam notebook? Yuk, simak beberapa tips berikut.

Pertama, periksa tingkat kerusakan layar. Bisa jadi backlight pada notebook rusak, tetapi mungkin piksel pada layar masih utuh. Coba sinari layar dengan cahaya untuk melihat apakah spAcer masih dapat melihat gambar samar pada layar tersebut. Jika masih bisa dilihat, spAcer dapat mengaktifkan mode layar eksternal dengan menggunakan Windows Mobility Center. Caranya, klik menu Start (atau tekan Windows, X), lalu cari Eksternal Display.

Setiap notebook menggunakan tombol yang berbeda untuk mengaktifkan mode tersebut. oleh sebab itu, carilah kombinasi tombol khusus pada notebook Anda untuk mengaktifkan mode Eksternal Display tersebut.

Jika spAcer sulit untuk mengkoneksikan fitur HDMI pada notebook yang mungkin juga rusak saat terjatuh, cara terbaik untuk memindahkan data dari hard disk ialah dengan cara mengeluarkannya. Setelah itu tempatkan hard disk di USB enclosure atau drive caddy yang bisa Anda hubungan ke PC lain.

Asalkan spAcer belum pernah menggunakan enkripsi apapun, Anda bisa meng-copy file dari hard disk. Setelah itu, spAcer bisa membawa notebook tersebut ke gerai pemeliharaan resmi terdekat di kota Anda supaya bisa segera ditindaklanjuti.

Nah, itu dia tips sederhana memindahkan data dari notebook yang layarnya bermasalah. Tapi sebaiknya jika spAcer kurang paham betul dengan cara ini, segera hubungi customer care vendor notebook tersebut untuk mendapatkan pertolongan.

Related Article

76 Responses to Menyelamatkan Data Pada Laptop yang Layarnya Bermasalah

 

  1. Fuja Atriyani says:

    dr.acer saya mau nanya apakah kalau lcd diganti datanya bisa hilang.?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fuja, jika hanya mengalami kerusakan fisik di LCD saja seharusnya tidak akan hilang data. Sebagai langkah awal kami sarankan menggunakan display/LCD eksternal untuk membackup data terlebih dahulu.

  2. chang says:

    Saya lagi buak Music Midio di notebook, taoi tiba tiba notebook nya mati. Saya ckba mengidupkannya lagi. Ketika sudah menyala, file MV yang tafi lagi saya lihat sudah tidak ada. Itu bagaimana?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Chang, pada saat system mati mendadak file yang kamu buat belum tersimpan sehingga tidak terlihat/hilang.

  3. Nurul Aini says:

    cara menyelamatkan data saat notebook tidak mau booting, setiap kali booting terdapat layar hitam yang bertuliskan “Operating System not Found”

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nurul, mohon maaf jika ada kendala pada HDD kami tidak dapat membantu lebih banyak terkait dengan penyelamatan/backup data, terlebih lagi data yang tersimpan pada partisi C/system.

  4. Vicky says:

    Dr.Acer saya mau nanya bagaimana cara menimbulkan wifi/lan yang hilang di network connections? Soalnya kemarin saya instal Windows 8 pro tapi wifi tidak ada cuma ada ethernet saja Windows saya sudah
    instal berulang ulang tapi tetap tidak ada wifinya hanya ethernet saja di change adapter setting.Acer v5-471

    1. Dr. Acer says:

      Dear Vicky, pastikan kamu sudah menginstal kembali driver wifi yang sesuai dengan Windows 8.

  5. Wans says:

    Dr.Acer..LCD laptop saya mengalami kerusakan..hanya muncul layar putih garis2. Ap bisa saat service LCD smntara hardisk dilepas dlu? Trimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wans, kami menyarankan sebaiknya melakukan back up data terlebih dahulu. Acer service Center menyediakan PC untuk melakukan back up data.

  6. achmad salahuddin says:

    maaf mau tanya saya baru beli acer switch 10E sebelum melepas layar apa yg harus dilakukan supaya data tdk hilang , ada dua gambar switch lock bagaimana caranya sebelum dilepas tks bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Achmad, pastikan data tersebut tersimpan di Storage Tablet sebelum dilepas, atau tutup dulu aplikasi yang dijalankan apabila aplikasi/data tersimpan di HDD Storage.

  7. Ridzka D says:

    Dok saya mau nanya. Laptop saya ngehang gak ada respon, kalo misalnya mati kira2 total data2 yg ada dilaptop saya bakalan hilang gak ya? Tolong dijawab ya dok, terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ridzka, jika kendala tersebut bukan disebabkan karena kerusakan pada harddisk, maka data umumnya akan aman 🙂

  8. Welly says:

    Data bookmark browser nya bisa diselamatkan juga gak ? Laptop Acer saya layarnya juga bermasalah dan ada 4 bookmark kira kira di browser yang saya belum backup ke harddisk eksternal . Mohon pencerahannya Dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Welly, untuk kerusakan hardware pada LCD tidak akan mempengaruhi data bookmark pada browser.

      1. Welly says:

        Apakah ada cara lain untuk mem backup data browser tersebut dok ?

        1. Dr. Acer says:

          Apabila bookmark pada browser chrome, kamu tinggal melakukan sign in chromenya menggunakan akun google, namun pada dasarnya penggantian part hardware tidak akan mempengaruhi software.

  9. Irviana says:

    Assalamualaikum
    begini ya…
    laptop saya kan habis jato, jadi di layarnya itu ada bekas retakan dan layarnya jadi berwarna hitam
    itu bisa diperbaiki lagi kh ya??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irviana, kemungkinan ada kerusakan di LCD dan perlu diganti dengan LCD yang baru. Silahkan membawa unitnya ke Acer Service Center agar dapat diperiksa secara menyeluruh dan mendapatkan solusi yang terbaik dari teknisi Acer.

  10. bagus says:

    Dr. Acer saya punya Acer Aspire tipe 4253 tapi layarnya setengah blur putih transparan itu apa penyebabnya ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Bagus, kamu bisa cek dahulu menggunakan display eksternal. Kemungkinan ada kerusakan LCD, silahkan datang ke Acer Service Center untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

  11. surya says:

    hiii Doc. ijin konsul, kira2 2 taun lalu saya punya Acer AMD Aspire 4530 rusak karna jato, katanya ga isa dibenerin lagi, pertanyaan : hardisnya bisa saya pindah/jadikan external ga? caranya ?
    lalu kira2 hardisnya masih bagus ato ga karna lama disimpen dan ga pernah nyala, trims doc aftter before

    1. Dr. Acer says:

      Dear Surya, kamu bisa melepas harddisk pada laptop kamu, kemudian masukkan pada perangkat tambahan berupa external case untuk HDD berukuran 2.5″.

  12. ben says:

    Dok, hard disk di laptop itu boleh dilepas sendiri tanpa bawa ke service center gak yah? Thanks.

    1. Dr. Acer says:

      Hai Ben, Acer tidak merekomendasikan hal tersebut karena dapat membatalkan garansi sparepart.

  13. dok, aq mau tnya… notebook acer sy hbis jatuh wktu saya jatuh dr motor.. tp masih bisa hidup seperti biasanya, dan tidak ada yang bermasalah…. tapi saya pengen instal ulng…tp ad yang bilang kalau di instal ulng… nnti bisa terhapus smua..krna hbis jatuh,, apa betul notebook in sudah tidak bisa di instal ulang..??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Windasty, kamu bisa lakukan install ulang OS nya dengan aman selama laptop tidak mengalami problem hardware. 🙂

  14. dedy says:

    Dok..lapto acer saya kenapa saat hidup tiba2 layarnya garis2 berantakan dan nggak bisa di apa2in. Harus saya matikan paksa. Nanti dihidupkan lagi.. normal beberapa saat habis tu rusak lagi.. sudah beberapa kali instal ulang dgn OS yg berbeda2 pun tetap sama. Driver sdh sering diupdate. Tetapi tetap sama aja..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dedy, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

  15. Moh Reyfandy says:

    Dr. Acer, apa yang menyebabkan laptop acer jika masih menunggu pleas wait ?
    ini laptop juga sudah saya instalkan win7, nah setelah saya restar kembali laptop acer ini sepertinya ndah mau tembus ke wslcom

    1. Dr. Acer says:

      Reyfandy, hal tersebut biasanya disebabkan ada kesalahan antara driver bawaan Windows 7 dengan hardware laptop, kami sarankan untuk coba CD installer lainnya 🙂

  16. udin says:

    laptop saya acer aspire 4740G intalasi windows 7 ultimate 32 bit dulu 64 bit, setiap on pertama booting monitor berwarna putih bergoyang dan setelah ada bunyi logon windows baru normal kembali….apanya…mohon penjelasannya thanks

    1. Dr. Acer says:

      Udin, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan gangguan pada hardware. Untuk memastikannya, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini.

  17. Dok,gimana ya supaya laptop acer aspire 5315 bisa menjadi hotspot tanpa aplikasi???

    1. Dr. Acer says:

      Xavier, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
      1. Buka prompt via CMD dan aktifkan dengan administrator priviledge
      2. Kemudian ketik :
      netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=(nama ssid) key=(password)
      3. Ketik lagi :
      netsh wlan start hostednetwork
      4. Lalu di Network & Sharing Center di Control Panel kita klik Change Adapter Setting
      di koneksi yang baru muncul,klik enable pilihan sharing. 🙂

  18. rino says:

    malem dok, mo tanya nih. harga batere aspire 4253 tu berapaan ya? saya domisili di jogja. trima kasih, maap kalo gak nyambung hehe

    1. Dr. Acer says:

      Rino, Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja 🙂

  19. Anshori says:

    dok, lepi acer yang cocok buat desain grafis dan video editing tu tipe apa ya

    1. Dr. Acer says:

      Anshori, Untuk kegiatna seperti desain grafis, Acer merekomendasikan Slim Aspire M5-481TG atau Slim Aspire M5-581TG 🙂

  20. cristin says:

    dok saya mau nanya kenapa d laptop sya tiap kali d start muncul windows not genuine
    trus gmna biar normal lagi?

    1. Dr. Acer says:

      Cristin, Tulisan tersebut muncul karena OS yang digunakan bersifat Trial, atau Non-Original. Kamu bisa membeli product key untuk OS yang kamu gunakan, lalu melakukan registrasi 🙂

  21. Dr acer saya memiliki masalah dengan laptop saya,, kemarin laptop saya habsi di pake main game terus di shutdown,, pas di nyalakan langsung gak ada daya di LCD ( hitam gak nyala) , tapi tetap ada suara masuk ke windows dan coba masukan pass masuk ke windows log in( karena saya pake pass login) bisa,, tipe laptop nya Acer 4738G Core I5 dan kata acer servis center di kota mataram di indoraya komputer katanya mainboard nya rusak,, dan saya mau nanya apa mainboard ada yang jual baru?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kurniawan, kami turut menyesal atas ketidaknyamanan yang kamu alami, untuk mengetahui ketersediaan dan harga sparepart resmi Acer, silahkan hubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.30 17.30. 🙂

    2. Dr. Acer says:

      Dear Kurniawan, kami turut menyesal atas ketidaknyamanan yang kamu alami, untuk mengetahui ketersediaan dan harga sparepart resmi Acer, silahkan hubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.30 17.30. 🙂

  22. dafar says:

    doc. ini aku dafar mau tanya ni ? kenapa setelah di instal ulang ukuran layar pada waktu buat nge-game tidak full(kecil)dan beberapa program bawaan dan aplikasi nya juga hilang?nah yang mau saya tanyakan bagaimana cara mengembalikan seperti semula?
    acer 4750g core i5

    1. Dr. Acer says:

      Dafar, sepertinya kamu melakukan install ulang secara penuh/clean system, jika demikian maka seluruh driver harus diinstall kembali agar tampilan dan suara serta dukungan hardware lainnya berfungsi secara optimal. Aplikasi lain juga otomatis hilang dan perlu diinstall kembali. Namun jika OS Windows yang kamu gunakan sebelumnya adalah berlisensi resmi dan bundling saat pembelian, maka dapat dikembalikan ke kondisi seperti saat awal pembelian, dengan cara recovery:

      -Restart laptop kamu, ketika logo Acer muncul di layar, tekan Alt dan F10 secara bersamaan berkali-kali.
      -Jika muncul tampilan di layar dan diberi opsi untuk booting dengan Windows, tekan Enter.
      -Setelah aplikasi system recovery mulai berjalan, ikuti perintah untuk menginstall kembali Operating System. 🙂

    2. Dr. Acer says:

      Dafar, sepertinya kamu melakukan install ulang secara penuh/clean system, jika demikian maka seluruh driver harus diinstall kembali agar tampilan dan suara serta dukungan hardware lainnya berfungsi secara optimal. Aplikasi lain juga otomatis hilang dan perlu diinstall kembali. Namun jika OS Windows yang kamu gunakan sebelumnya adalah berlisensi resmi dan bundling saat pembelian, maka dapat dikembalikan ke kondisi seperti saat awal pembelian, dengan cara recovery:

      -Restart laptop kamu, ketika logo Acer muncul di layar, tekan Alt dan F10 secara bersamaan berkali-kali.
      -Jika muncul tampilan di layar dan diberi opsi untuk booting dengan Windows, tekan Enter.
      -Setelah aplikasi system recovery mulai berjalan, ikuti perintah untuk menginstall kembali Operating System. 🙂

  23. asev says:

    kalau install ulang bagaimana dok,data data yang tersimpan di notebook akan hilang ??

    1. Dr. Acer says:

      Data yang tersimpan pada drive terpisah dengan drive tempat OS diinstall dan tidak diformat tidak ikut terhapus, namun kami tetap menyarankan untuk dibackup dahulu pada media lainnya sebelum install ulang. 🙂

  24. asev says:

    Dok,notebook teman saya bermasalah pada saat booting,katanya pada saat booting terasa lama&terkena virus,,bagaimana solusinya dok ?

    1. Dr. Acer says:

      Asev, Coba install ulang terlebih dahulu OS pada laptop tersebut 🙂

    2. Dr. Acer says:

      Asev, sebaiknya dilakukan scanning dengan aplikasi antivirus, jika hal ini tidak dapat membantu, install ulang adalah solusi terbaik yang dapat dilakukan. 🙂

  25. Prans says:

    Doc sya mo brtanayk mngapa leptop acer sya asal dihidupkan layar nya puith smua gk da tmpilan nya..
    mohon solusi nya Doc..?

    1. Dr. Acer says:

      Prans, kamu bisa mencoba lakukan diagnosa awal dengan menggunakan layar/monitor eksternal, colokkan kabel vga monitor tambahan ke port VGA di laptop> nyalakan> tekan Fn+F5 untuk tampilan di monitor tersebut. Jika memang tetap berwarna putih, kami sarankan untuk membawanya ke Acer Service Center terdekat, info alamat ada pada bagian bawah blog ini.

    2. Dr. Acer says:

      Prans, kamu bisa mencoba lakukan diagnosa awal dengan menggunakan layar/monitor eksternal, colokkan kabel vga monitor tambahan ke port VGA di laptop> nyalakan> tekan Fn+F5 untuk tampilan di monitor tersebut. Jika memang tetap berwarna putih, kami sarankan untuk membawanya ke Acer Service Center terdekat, info alamat ada pada bagian bawah blog ini.:)

  26. fath says:

    Dok bagaimana ya cara menginstal kembali vga driver, bisa gk dari acer eRecovery management. Laptip saya aspire V5-471G

    1. Dr. Acer says:

      Bisa, Fath. Jika OS yang kamu gunakan adalah versi genuine bundling pada paket pembelian, OS dan driver akan kembali normal seperti saat pertama kali membeli. 🙂

    2. Dr. Acer says:

      Bisa, Fath. Jika OS yang kamu gunakan adalah versi genuine bundling pada paket pembelian, OS dan driver akan kembali normal seperti saat pertama kali membeli.

  27. Anto says:

    Dok, kenapa dengan Acer S7 saya tiap kali buka browser selalu tampilan pertama gambar porno terus? anak saya jadi senang sekali, saya tidak mau itu dan kebetulan saya sangat gaptek.

    1. Dr. Acer says:

      Anto, aplikasi browser apa yang kamu gunakan dan promo seperti apa yang kamu maksudkan?

  28. Sarah Meisya says:

    dok spAcer, sy mau tny. kenapa ya laptop sy klo sedang buka firefox, tiba2 layar nya suka mati trus idup lagi. kira2 1 detik gtu, trus muncul tulisan di tasbar bawah “display driver not responding and has succesfully recovered”, laptop saya Aspire 4741G i5, Nvidia Geforce GT 320, makasih doc

    1. Dr. Acer says:

      Sarah, kamu bisa coba instal ulang driver VGA-nya melalui Device Manager, klik kanan pada VGA nVidia lalu klik update driver and software> Browse my computer for driver software> Pick from a list of device drivers on my computer> cari file nVidia.inf (pada CD atau folder tempat kamu menyimpan driver VGA lalu restart.

    2. Dr. Acer says:

      Sarah, kamu bisa coba instal ulang driver VGA-nya melalui Device Manager, klik kanan pada VGA nVidia lalu klik update driver and software> Browse my computer for driver software> Pick from a list of device drivers on my computer> cari file nVidia.inf (pada CD atau folder tempat kamu menyimpan driver VGA lalu restart 🙂

  29. kalo benerin suara laptop yang rusak gimana?

    1. Dr. Acer says:

      Dhelima, coba lakukan instal ulang driver sound, untuk mendownloadnya silahkan ikuti panduan pada tautan berikut: http://www.acerid.com/2011/07/mencari-dan-mendownload-driver-yang-tepat/.

    2. Dr. Acer says:

      Dhelima, coba lakukan instal ulang driver sound, untuk mendownloadnya silahkan ikuti panduan pada tautan berikut: http://www.acerid.com/2011/07/mencari-dan-mendownload-driver-yang-tepat/ 🙂

  30. fath says:

    Masih dengan pertanyaan saya yang dibawah dok, tetapu setelah selesai dinaik/diturunkan gari putihbya hilang dok, mohon solusinya ya

  31. fath says:

    Dok, laptop saya acer v5-471g. Dik kenapa ya layar saya saat dinaik dan turunkan muncul garis putih? Dan solusinya apa ya dok???

    1. Dr. Acer says:

      Fath, Coba install ulang kembali driver VGA untuk laptop kamu. Jika problem belum terselesaikan, disarankan untuk memeriksakan kendala tersebut ke Acer Service Center terdekat di kota kamu

  32. RekaPhantomhive says:

    dr. acer sayakan habis ganti layar lcd karena pecah, lalu setelah 1bulan diganti kok laptop saya jdinya pas dipake displaynya macet pas saya matikan dan saya hidupkan kembali kok gak mw konek lcdnya ke laptopnya???
    laptop saya acer aspire one 722…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Reka, Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, kami sarankan untuk memeriksakan laptop kamu kembali ke Acer Service Center terdekat di kota kamu

  33. dr.acer saya punya laptop aspire 4743, masalah saya ketika saya mengisi baterai laptop yang terhubung ke listrik kenapa HDMI nya menyetrum, bisakah itu di garansikan dr.acer

    1. Dr. Acer says:

      Andika, kejadian tersebut umumnya disebabkan karena instalasi listrik yang bermasalah. Namun untuk memastikan apakah ada kesalahan pada laptopmu, sebaiknya bawa ke service center Acer agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer

  34. Wilda says:

    Dr. acer, saya memiliki Acer Aspire V5-471PG baru saja 2 minggu yang lalu
    malam ini saya keluarkan laptop saya dari tas, lalu munul 1 garis vertikal berwarna putih di LCD saya…
    apakah itu dead pixel?
    lalu apakah itu bisa di klaim garansi?

    1. Dr. Acer says:

      Wilda, sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved