Acer Iconia B1-A71: Tablet Android Harga Terjangkau Terbaik di Kelasnya

Tablet Android berukuran layar 7 inci dengan harga terjangkau memang sedang menjadi trend akhir-akhir ini. Harga yang ramah di kantong dan fungsi hiburannya menjadi daya tarik utama jenis tablet ini. Acer tentu menjadi yang terdepan dalam menyediakan solusi tablet Android dengan harga sangat terjangkau.

Acer menghadirkan Iconia B1-A71, yang merupakan tablet Android berlayar 7 inci dengan harga kisaran 1 jutaan rupiah saja! Didukung dengan teknologi yang dikembangkan Acer dan layanan purna jual Acer Indonesia yang terjamin handal, tablet ini menjadi produk yang sangat menarik, bukan?

Acer Iconia B1 - Android 4.1

Acer Iconia B1

Murah bukan berarti murahan
Meski ditawarkan dengan harga di kisaran 1 jutaan rupiah, Acer Iconia B1-A71 bukanlah produk murahan. Perhatikan saja spesifikasi di bawah ini:

Display 7” beresolusi 1024×600 px: Berbeda dengan sebagian besar tablet 7” yang menggunakan resolusi sekitar 800×480 px, Acer Iconia B1-A71 hadir dengan resolusi yang lebih tinggi pada WSVGA capacitive display dan tentunya membuat tampilan lebih nyaman dilihat. Ukurannya yang sama dengan ukuran standar sebuah buku, nyaman digenggam untuk spAcer yang gemar membaca e-book.
Operating System Android 4.1 (Jelly Bean): Saat produk lain masih menawarkan OS Android 4.0, Acer menghadirkan solusi terjangkau dengan OS terbaru yaitu Android 4.1 yang terkenal handal dengan optimalisasi hardware yang membuatnya bekerja lebih kencang.

Prosesor Dual Core 1.2 GHz: Saat sebagian besar tablet Android di kelasnya masih menggunakan prosesor single core, Iconia B1-A71 sudah dimotori prosesor dual core 1.2 GHz (A9)! Dengan keunggulan tersebut, Acer Iconia B1-A71 ini mampu menjalankan beragam aplikasi Android terkini, termasuk game 3D terbaru seperti 3D Speed Moto Racing.

 

Kapasitas besar
Dengan mengusung RAM 512 MB, performa tablet ini sudah terjamin mantap. Sementara itu, tempat instalasi aplikasi pun cukup lega, yaitu 8 GB internal storage. Kapasitas internal ini tergolong besar dibandingkan tablet lain pada range harga 1 jutaan ini. Jika masih kurang, sebuah slot microSD tersedia dan bisa menampung memori tambahan hingga 32 GB.

 

Konektivitas
Acer Iconia B1-A71 hadir dengan solusi konektivitas wi-fi dan sebuah kamera untuk kebutuhan video chat/conference ataupun mendokumentasikan aktivitas serumu bersama keluarga dan teman-temanSementara itu, untuk mengakses memori internal, Anda bisa menggunakan konektivitas micro USB yang sudah sangat umum dipakai pada smartphone dan tablet terkini. Acer bahkan masih menyediakan konektivitas Bluetooth untuk transfer data dan perangkat bluetooth lainnya.

 

Mudah dibawa
Dengan dimensi yang cukup ringkas, yaitu 197.4 x 128.5 x 11.3 mm, Acer Iconia B1-A71 menjadi mudah dibawa-bawa. Apalagi, beratnya pun hanya berkisar 320 gram saja. Ringan! Singkat kata, tablet ini tidak akan membebani tas Anda.

 

Desain minimalis
Anda tidak akan menemukan banyak tombol pada Iconia B1-A71. Di sisi kanan atas, Anda bisa menemukan tombol power (On/Off) dan tombol pengatur volume suara. Di sisi atas, tersedia konektor stereo untuk headphone. Di sisi bawah, sebuah konektor micro USB tampak terbuka. Sementara untuk memasukkan MicroSD, lokasi slot ada di samping konektor Micro USB tersebut, tertutup pelindung khusus. Di bagian depan atas, Anda akan menemukan sebuah kamera menghadap ke pengguna, sementara di bagian belakang bawah, sebuah speaker tampak mengintip.

 

Dari deskripsi tersebut di atas, jelas bahwa tablet ini adalah tablet dengan penampilan minimalis. Tidak ada banyak tombol dan perlengkapan tambahan lainnya. Memang, tujuan utama desain tablet ini adalah untuk menyuguhkan performa terbaik di kelasnya dengan harga sangat terjangkau tanpa mengesampingkan fitur-fitur penting.

Acer Iconia B1 - Android 4.1

Acer Iconia B1 (tampak depan)

 

Pengujian performa secara umum
Sebelum mengawali semua pengujian, ada satu hal yang perlu diketahui. Acer Iconia B1-A71 adalah salah satu tablet dengan booting time terkencang yang mungkin Anda peroleh saat ini. Iconia B1-A71 hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik saat dihidupkan dari posisi Off/mati (bukan standby).

 

Antutu 3.0.3

RAM 1314
CPU Integer 1860
CPU Float-point 1374
2G Graphics 326
3G Graphics 1119
Database I/O 495
SD Write 150
SD Read 191
Total Score dengan SD Bawaan 6829
Total Score tanpa SD 6829

 

Nenamark 2
Score: 20.6

Performa gaming
Beragam game yang kami ujikan tidak menunjukkan adanya masalah pada performa prosesor tablet ini. Mulai dari Temple Run Brave (versi ini lebih berat daripada Temple Run reguler), Grand Theft Auto (GTA), Subway Surf, dan game balapan Need For Speed dan Asphalt 7, semua bisa dimainkan dengan mulus dan lancar. Penggunaan prosesor dual core 1.2 GHz yang mumpuni memang menjadi faktor utama performa tinggi pada gaming. Padahal, ini adalah sebuah tablet dengan harga di kisaran hanya 1 jutaan.

 

Performa multimedia dan internet
Browsing, menonton film dengan streaming dan memutar video tidaklah menjadi masalah bagi tablet ini. Pada dasarnya, lagi-lagi, penggunaan prosesor kencang dengan dua core menjadi alasan utama nyamannya pengalaman menikmati multimedia pada tablet ini.

Mencoba konektivitas dengan software Skype pun dirasakan nyaman tanpa hambatan. Video conference berjalan dengan lancar tanpa hambatan dari perangkat yang digunakan. Tentu saja, untuk memperoleh pengalaman yang sama, Anda harus memiliki konektivitas internet yang cukup baik (via wi-fi).


Kesimpulan: Tablet harga terjangkau terbaik di kelasnya
Salah satu keunggulan Acer Iconia B1-A71 terletak pada performa prosesornya. Mengusung spesifikasi dual core (A9) dan VGA SGX PowerVR531, tablet ini mampu menawarkan performa baik meski harganya tergolong sangat terjangkau. Layar 7 inci yang digunakan membuat tablet ini mudah dibawa dan menawarkan tampilan yang baik jika dibandingkan dengan tablet-tablet lain di kelasnya. Digunakannya sistem operasi Android terbaru yaitu Android 4.1 (Jelly Bean) membuatnya hadir sebagai salah satu tablet ekonomis pertama dan terdepan yang menawarkan OS tersebut.

 

Tablet ini sangat cocok untuk:

  • Anda yang menginginkan tablet Android yang berperforma baik untuk kebutuhan konsumsi konten internet dan gaming, tapi tidak ingin mengeluarkan dana ekstra besar.
  • Traveler yang ingin tetap terkoneksi dengan teman-teman lewat social media dan pembaca e-book.
  • Sarana pendidikan dan hiburan anak. Dengan kian banyaknya aplikasi Android untuk anak dan game yang edukatif seperti: Kids Numbers and Math, How to Make Paper Airplanes dan 0-10 Numbers, tablet ini bisa menjadi salah satu perangkat yang tepat untuk menunjang kebutuhan hiburan dan edukasi.

Untuk spAcer yang ingin memiliki tablet Android terbaru dari Acer ini,  Acer Iconia B1 sudah tersedia di jaringan penjualan resmi Acer Indonesia mulai awal Februari 2013 ini. Selama tahun 2013 ini, setiap pembelian produk Acer akan mendapatkan garansi 3 tahun. Jadi pastikan spAcer membeli Iconia B1 yang bergaransi resmi Acer Indonesia untuk mendapatkan garansi 3 tahun.

Update:

Dapatkan promo Acer Iconia B1 di Indocomtech 2013 (30 Okt-3 Nov 2013) dengan bonus shopping voucher dan free sleeve case!

767 Responses to Acer Iconia B1-A71: Tablet Android Harga Terjangkau Terbaik di Kelasnya

  1. dok, bisa colok modem usb ga? modem apa aja yang kompatibel?

    By nugroho Reply
    • Dear Nugroho, untuk perangkat tablet Iconia B1 kompatibel menggunakan Mifi atau modem dengan fitur Wifi (tidak langsung terhubung secara fisik ke perangkat tablet).

      By Dr. Acer Reply
  2. https://m.facebook.com/media/set/?&100000706172662_792919774074888&set=a.869359286425998

    tlong cek ya dok apa benar atau barang rekondisi kira kira

    By iwan sentosa Reply
    • Dear Iwan, Kami informasikan bahwa iklan tersebut tidak benar, dan mengarah ke penipuan. Acer Indonesia tidak pernah melakukan penjualan produk melalui social media, serta tidak menggunakan sistem pembelian transfer uang :)

      By Dr. Acer Reply
  3. dok saya baca promo ada promo acer iconia b1 harganya 450 rbu apa bener? ntar itu produk palsu bukan ya dok?

    By denny Reply
    • Dear Denny, bisa di informasikan kepada kami dimana kamu melihat informasi tersebut?

      By Dr. Acer Reply
  4. dok tablet acer iconia b1-a71 saya kok sering keluar tulisan “batre anda terlalu panas coba lepaskan batre”kenapa yaa?trus gimana solusinya…terimakasih

    By iqbal Reply
    • Dear Iqbal, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu

      By Dr. Acer Reply
  5. dok. ini kenapa ya kok kalo lagi main game terkadang ada warning “low memory” di pojok kiri atas. RAM nya ga kuat kah, atau bagaimana dok? jika memang masalahnya di RAM, apakah bisa RAM Acer Iconia Tab B1-A71 saya di upgrade? karena kan memang pada awalnya RAM yang disediakan hanya 512mb. lalu ini OSnya gak bisa diupgrade ya dok? soalnya pengen saya coba upgrade ke kitkat tapi stuck di jelly bean (4.1.2)
    makasih dok :)

    By faris Reply
    • Dear Faris, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba untuk menghapus sebagian aplikasi yang tidak terpakai. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. kalau di ratu plazA servisnya bisa ditunggu gak pak…cause tablet saya acer iconia mati total…

    By faisal Reply
    • Dear Faisal, untuk lama perbaikan/servis tergantung dari jenis perbaikan dan antrian di Acer service center setempat.

      By Dr. Acer Reply
  7. Dok lcd Acet iconia B-1 brp yah?

    By romelan Reply
    • Dear Romelan, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga part resmi produk Acer, silahkan datang langsung ke Acer Service Center atau menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal setempat jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
      • dOc. Ada LCD acer ga,,,,punya saya rusak LCDnya ,,,kira” harganya berapa yah doc….???

        By dillah Reply
        • Dear Dillah, untuk info ketersediaan dan harga sparepart LCD unit Acer tertentu, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel)

          By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.