WINDOWS 7 : Semakin Praktis dengan Snap, Shake dan Peek

spAcer pengguna Windows 7? Sudah tahu kalau OS Microsoft satu ini disertai dengan Aero Desktop experience? Nah, kali ini akan dibahas tentang beberapa fitur Aero Desktop yang akan membantu mengoptimalkan penggunaan Windows7 di komputermu. Fitur yang dibahas kali ini adalah Snap, Shake dan Peek.

Snap

Snap adalah salah satu fitur Aero Desktop experience yang digunakan untuk mengubah ukuran jendela yang terbuka. Caranya cukup dengan menyeret jendela ke tepi layar Anda. Snap bisa membuat jendela yang terbuka membesar secara vertikal, menutup seluruh layar, atau tampil berdampingan dengan jendela lainnya spAcer. Semua ini bergantung dari sisi jendela mana yang kamu tarik.

Untuk mengatur agar dua jendela muncul berdampingan di layar, seret title bar dari jendela yang kamu buka ke arah kanan atau kiri layar sampai muncul outline dari jendela yang membesar muncul kemudian lepas mouse. Lakukan langkah yang sama kepada jendela lain hingga kedua jendela akan tampil berdampingan di layar.

Fitur ini membantu kamu untuk membaca, mengatur serta melihat jendela dengan lebih rapi dan teratur. Catatan kecil untukmu nih spAcer, fitur ini bisa saja tidak berfungsi pada program tertentu yang punya custom window behaviors.

image_thumb

Shake

Layar desktop penuh dengan jendela-jendela yang terbuka spAcer? Gak perlu repot lagi menutup satu persatu jendela tersebut karena ada fitur Shake! Dengan Shake, kamu tinggal memilih jendela yang ingin kamu lihat, klik bagian atas dari jendela tersebut kemudian goyangkan (shake) mouse kamu. Voila! Semua jendela, kecuali yang kamu klik, akan langsung tertutup. Ingin mengembalikan semua jendela yang tertutup tadi, tinggal gerakan lagi mouse-mu. Praktis kan spAcer?

 

Fitur satu ini ada di dalam OS Windows 7 edisi Home Premium, Professional, Ultimate, dan Enterprise.

Peek

Sama seperti sinar X-ray, Peek membantu kamu untuk ‘mengintip’ desktop dari balik jendela yang terbuka di layar tanpa harus menutup jendela satu persatu. Caranya cukup dengan mengarahkan mouse ke ujung sebelah kanan taskbar, kemudian tunggu sampai jendela yang terbuka berubah menjadi transparan sehingga tampilan desktop langsung terlihat.

image101

Sama seperti Shake, fitur Peek hanya tersedia di dalam OS Windows7 edisi Home Premium, Professional, Ultimate, dan Enterprise.

Dari ketiga fitur tadi, sudah ada yang kamu coba atau sering pakai spAcer? Ketiga fitur ini tentu bisa membantu kamu menggunakan Windows 7 lebih optimal dan bebas repot. Selamat mencoba!

 

 

 

 

image source: http://blogs.msdn.com

Related Article
© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved