Waspadai Empat Tanda Laptop Sudah Terinfeksi Virus

pirhayati20120529063114577Jangan sepelekan kecurigaan kecil pada notebook kamu spAcer. Jika kamu menemukan notebook memakan waktu lebih lama ketika membuka sebuah program/aplikasi, ada baiknya segera dibawa ke service center terdekat untuk dianalisa serta ditangani lebih akurat.

Salah satu kecurigaan kecil di atas bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena virus atau notebook hanya perlu di upgrade akibat terlalu banyaknya aplikasi yang di-instal. Pasalnya, para pencipta malware saat ini semakin pintar menyembunyikan kegiatan jahat mereka dalam melahap daya komputasi PC kamu secara diam-diam.

Untungnya, ada beberapa “rambu-rambu” yang dapat membantu spAcer mengetahui apakah notebook memang terinfeksi virus, atau hanya sudah usang. Semoga beberapa tanda berikut dapat membantu spAcer dalam menentukan langkah selanjutnya terhadap notebook.

  1. Serangan Pop Up Windows
    Pop up Windows bisa menjadi indikasi adanya software berbahaya yang diinstal pada komputer spAcer. Biasanya pop up Windows itu adalah tanda adware atau trojan clicker. Pencipta Malware mendapatkan uang dari setiap pop up yang di klik tersebut. satu atau dua pop up Windows mungkin tidak berbahaya, tetapi spAcer harus lebih berhati-hati ketika pop up terjadi lebih banyak dan lebih sering. Pasalnya, beberapa pop up Windows tersebut mengandung Malware yang berbahaya bagi PC kamu spAcer.
  2. Beberapa pengaturan pada PC atau notebook berubah
    spAcer bekerja secara teratur pada PC yang sama, dan meskipun kamu tidak melihat pengaturan setiap hari, kamu pasti cukup percaya diri bagaimana mengatur PC sesuai dengan kenginan. Jadi, ketika pengaturan tiba-tiba berubah maka spAcer akan merasa panik bukan? Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan notebook telah terinfeksi virus. Cirinya biasanya ditandai ketika spAcer meng-klik satu aplikasi tapi akhirnya mengarah ke aplikasi lain.
  3. Notebook menjadi lambat
    jika notebook spAcer menjadi lambat ketika membuka suatu aplikasi/program, itu artinya ada kemungkinan notebook juga telah terinfeksi virus. Beberapa potongan kode secara hati-hati diprogram untuk tidak terdeteksi, dan tujuan utama mereka adalah untuk mencuri bagian dari “otot” komputasi PC kamu sehingga menghasilkan spam, spyware, dan sebagainya. Bukan hanya disebabkan karena virus, melambatnya sistem notebook spAcer juga bisa disebabkan karena adanya software yang telah diinstal yang ternyata memakan banyak siklus CPU.
  4. Terhubung secara acak ke website yang berbeda
    Ciri lain notebook spAcer terinfeksi virus bisa dilihat ketika kamu terhubung ke beberapa website secara acak. Hal ini bisa disebabkan karena spAcer menggunakan software bajakan, mengunduh atau membuka lampiran dalam folder spam, atau bisa juga karena mengunjungi situs website yang berbeda. Pencipta Malware biasanya mengeksploitasi kerentanan dalam browser web untuk menyuntikkan sepotong kode kecil yang dapat berkembang menjadi virus.
Dec 13 2012

on How To

120 Responses to Waspadai Empat Tanda Laptop Sudah Terinfeksi Virus

  1. dok setiap mlkkukan scan system itu lptop eror, apa bisa jd karna virus?

    By dyah kusuma wardani Reply
    • Dear Dyah, hal tersebut bisa diakibatkan oleh virus tersebut atau memang system sudah mengalami kerusakan. Kami sarankan untuk menginstall ulang systemnya terlebih dahulu.

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok apakah benar kalo kita pakai fan di bawah lepotop kita, itu akan memberikan dampak negatif pada pendigin yang ada pada leptop itu sendiri.?

    fakta atau nyata.?

    By Riski Zaky Reply

Submit Comment

  1.