Waspadai Empat Tanda Laptop Sudah Terinfeksi Virus

pirhayati20120529063114577Jangan sepelekan kecurigaan kecil pada notebook kamu spAcer. Jika kamu menemukan notebook memakan waktu lebih lama ketika membuka sebuah program/aplikasi, ada baiknya segera dibawa ke service center terdekat untuk dianalisa serta ditangani lebih akurat.

Salah satu kecurigaan kecil di atas bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena virus atau notebook hanya perlu di upgrade akibat terlalu banyaknya aplikasi yang di-instal. Pasalnya, para pencipta malware saat ini semakin pintar menyembunyikan kegiatan jahat mereka dalam melahap daya komputasi PC kamu secara diam-diam.

Untungnya, ada beberapa “rambu-rambu” yang dapat membantu spAcer mengetahui apakah notebook memang terinfeksi virus, atau hanya sudah usang. Semoga beberapa tanda berikut dapat membantu spAcer dalam menentukan langkah selanjutnya terhadap notebook.

  1. Serangan Pop Up Windows
    Pop up Windows bisa menjadi indikasi adanya software berbahaya yang diinstal pada komputer spAcer. Biasanya pop up Windows itu adalah tanda adware atau trojan clicker. Pencipta Malware mendapatkan uang dari setiap pop up yang di klik tersebut. satu atau dua pop up Windows mungkin tidak berbahaya, tetapi spAcer harus lebih berhati-hati ketika pop up terjadi lebih banyak dan lebih sering. Pasalnya, beberapa pop up Windows tersebut mengandung Malware yang berbahaya bagi PC kamu spAcer.
  2. Beberapa pengaturan pada PC atau notebook berubah
    spAcer bekerja secara teratur pada PC yang sama, dan meskipun kamu tidak melihat pengaturan setiap hari, kamu pasti cukup percaya diri bagaimana mengatur PC sesuai dengan kenginan. Jadi, ketika pengaturan tiba-tiba berubah maka spAcer akan merasa panik bukan? Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan notebook telah terinfeksi virus. Cirinya biasanya ditandai ketika spAcer meng-klik satu aplikasi tapi akhirnya mengarah ke aplikasi lain.
  3. Notebook menjadi lambat
    jika notebook spAcer menjadi lambat ketika membuka suatu aplikasi/program, itu artinya ada kemungkinan notebook juga telah terinfeksi virus. Beberapa potongan kode secara hati-hati diprogram untuk tidak terdeteksi, dan tujuan utama mereka adalah untuk mencuri bagian dari “otot” komputasi PC kamu sehingga menghasilkan spam, spyware, dan sebagainya. Bukan hanya disebabkan karena virus, melambatnya sistem notebook spAcer juga bisa disebabkan karena adanya software yang telah diinstal yang ternyata memakan banyak siklus CPU.
  4. Terhubung secara acak ke website yang berbeda
    Ciri lain notebook spAcer terinfeksi virus bisa dilihat ketika kamu terhubung ke beberapa website secara acak. Hal ini bisa disebabkan karena spAcer menggunakan software bajakan, mengunduh atau membuka lampiran dalam folder spam, atau bisa juga karena mengunjungi situs website yang berbeda. Pencipta Malware biasanya mengeksploitasi kerentanan dalam browser web untuk menyuntikkan sepotong kode kecil yang dapat berkembang menjadi virus.
Dec 13 2012

on How To

108 Responses to Waspadai Empat Tanda Laptop Sudah Terinfeksi Virus

  1. dok netbook acer aspire v5-132 kalo disimpan dilantai ada bunyi dengung tapi kalo disimpan yang ada alasnya ga bunyi, itu kenapa ya? terimakasih

    By Encun yuliana Reply
    • Dear Encun, bunyi tersebut kemungkinan berasal dari suara sirkulasi udara panas yang keluar dari dalam laptop terhadap benda yang berada di bagian bawah (tergantung bahan).

      By Dr. Acer Reply
  2. laptop acer 4738 saya kalau mau browsing kok lambat ya? selalu keluar error script? apanya yg salah?

    By aseng Reply
    • Dear Aseng, sudah coba menggunakan aplikasi browser lainnya?

      By Dr. Acer Reply
  3. dok…….laptop sy acer 4750G…udah 2 tahun…….baru2 aja kl setiap dinyalaain trus kl nyambung chargernya…laptop jadi nge-hang (overheat juga)……trus jika batre di lepas ..dan laptop sy sambung charger tanpa batre, ga mau idup gan…..seperti ga ada arus listrik yg masuk…..knp ya?tq

    By ary wibowo Reply
    • Dear Ary, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  4. Kenapa laptop dirumah pas dinyalain hrus menekan sembarang tombol biar proses jalan terus, padahal dulu tidak begitu,,,

    By Syaefurrohman Reply
    • Dear Syaefurrohman, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  5. dok. laptop saya 4738z.. saya mau menginstall game yang ram-nya sekitaran 3-4 gb sedengkan ram saya cuman 1 gb.. gimana ya solusinya??

    By Asdar Marzuki Reply
    • Dear Asdar, untuk hal itu kamu bisa coba mengupgrade kapasitas RAM nya. Untuk mengupgrade kapasitas RAM bisa membawanya ke Acer service center terdekat agar dipilihkan tipe RAM yang sesuai oleh teknisi disana. Info lokasi Acer service center bisa kamu temukan dibagian bawah blog ini. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. dok, mau tanya saya punya netbook acer v5-132 diinstal win 7 64bit, kenapa ga ada peringatan saat batre sudah mau habis ya? langsung mati tanpa peringatan apa2. kira2 masalahnya dimana ya??

    By eka Reply
    • Dear Eka, coba cek kembali pengaturan pada Control Panel > Power Options > Advance Power Settings.

      By Dr. Acer Reply
  7. dok, laptop saya aspire 431.
    saya mau tanya kenapa ya kalau baru dinyalain muncul pemberitahuan “data is unavailable [3]” kira – kira itu kenapa ya dok..

    By indah fita Reply
    • Hai, Indah. Mohon maaf kami sulit mengetahui secara pasti permasalahan tersebut karena informasi kesalahan yang dimunculkan tidak spesifik. Apakah ada informasi lain yang ditampilkan?

      By Dr. Acer Reply
      • jadi gini dok,awalnya laptop saya kena virus..
        saya sudah menggunakan avira,tapi virusnya g kedetect.
        lalu saya browsing dan cari anti virus yg bisa menghilangkan virus yg ada dilaptop saya.
        lalu saya menggunakan salah satu anti virus yg bisa menghapus virus tersebut, virusnya hilang tapi sekarang setiap baru dinyalain laptopnya pasti muncul 2 kotak pemberitahuan “data is unvailable [3]” kira” kenapa ya dok…

        By indah fita Reply
        • Hai, Indah. Ada kemungkinan virus tersebut menghapus file sehingga menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan system repair pada windows dengan menggunakan keping dvd installer windows yang kamu miliki. Bisa informasikan tipe laptop yang kamu miliki?

          By Dr. Acer Reply
  8. dok laptop saya aspre 4752g kenapa kalo dinyalain bunyiterus kalo kaga di klik kaga loading?

    By nazmudin Reply
    • Hai, Nazmudin. Jika yang kamu maksud bunyi ‘bip’, maka ada kemungkinan terjadi kesalahan pada hardware. Untuk memastikannya, sebaiknya bawa ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa ditangani langsung oleh teknisi Acer.

      By Dr. Acer Reply
  9. hai dok, knp ya notebook acer aspire one D270 saya, kalau buka alpikasi browser itu, kebukannya lama??

    By sirly maulida Reply
    • Dear Sirly, coba lakukan aplikasi untuk mengembalikan performa laptopmu seperti disk clean up dan disk defragmenter terlebih dahulu.

      By Dr. Acer Reply
    • Dear Sirly, coba lakukan aplikasi untuk mengembalikan performa laptopmu seperti disk clean up dan disk defragmenter terlebih dahulu. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok, mau nanya nih tentang VRAM. Cara menaikkan VRAM gmna ya dok soalnya ane mau main game dgn recommended high quality (video card with 512 MB VRAM). Oh iya, laptop saya aspire v3-471G. Makasih dok.

    By josua Reply
    • Hai, Josua. Aspire V3-471G sebenarnya menggunakan VGA NVIDIA 1GB yang cukup digunakan untuk memainkan kebanyakan game yang ada saat ini. Pastikan kamu telah menginstall driver VGA Intel dan VGA NVIDIA yang bisa kamu unduh melalui: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
      • Dok, tadi baru saya cek vram saya 128 MB, nah kalo cara menaikkannya ke 512 MB bisa gk dok, satu lagi dok, untuk memakai NVIDIA GeForcenya gmna ya dok, soalnya yang saya lihat hanya dipakai Intel nya dok. Makasih dok.

        By josua Reply
  11. Saya pengguna netbook Acer Aspire One 532h-2268. Kemaren saya baru install antivirus Avast. Saya shut down laptop saya dan nyalain lagi, pas booting (belum masuk sistem windows), ada 10 pilihan dan saya pilih “fix all automaticly” karena lama, saya tinggal sampai laptopnya mati. Pas saya nyalain lagi, ada window “startup repair” dan sampai loading selesai, ada pernyataan windows ga bisa nge’fix’ in gitu dan laptop saya mati. Sekarang kalau saya tekan tombol powe, lampo indikator power nyala sebentar lalu mati lagi, laptop saya gak nyala. Ini gimana ya? Terimakasih.

    By Dewi Novita Sari Reply
    • Dear Dewi, kemungkinan ada file system yang corrupt sehingga tidak dapat login WIndows seperti biasa, kamu bisa coba lakukan repair dengan menggunakan CD installer Windows melalui login safemode atau jika tidak berhasil disarankan menginstal ulang OS Windows tersebut :)

      By Dr. Acer Reply
  12. antivirus apa yang sekiranya bagus ?

    By naufal nasrullah Reply
    • Hai, Naufal. Kami tidak memiliki rekomendasi antivirus tertentu namun kamu bisa mencari rekomendasi antivirus di situs-situs yang khusus membahas mengenai keamanan komputer.

      By Dr. Acer Reply
  13. hi ketemu lagi dr acer semoga mkin kece…..
    dok kenapa laptop saya klo di carger ada tanda “x” pada logo batre ga ada trafik naik turun,sedangkan laptop sedang saya carger knp yaah….tapi pengisian jalan

    By hendri Reply
  14. dok cara mencegah nya bagaimana agar laptop saya tidak kena viru

    By Naufal Reply
    • Hai, Naufal. Kamu bisa menjalankan program antivirus di laptopmu dan pastikan untuk selalu melakukan ‘scanning’ virus setiap menggunakan penyimpanan eksternal seperti USB, external hardisk maupun keping CD/DVD

      By Dr. Acer Reply
  15. Dok, laptop saya aspire v3-471G dan sudah 1,5 tahun belum pernah di service apapun, kendala yang saya alami adalah performa laptopnya yang semakin lambat, nah itu masalahnya karena belum pernah di service atau memang terkena virus dok ?? makasih..

    By josua Reply
    • Dear Josua, lambatnya system pada laptop bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan selain system, virus, atau karena ada kesalahan pada registry. Kamu bisa ikuti tips mengoptimalkan kecepatan laptop yang tersedia pada artikel berikut ini http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop/ :)

      By Dr. Acer Reply
      • ohh, brarti gk ad pengaruhnya karena belum pernah di service kan dok ?? makasih atas infonya dok..

        By josua Reply
        • KAmi tidak dapat memastikannya, bisa saja laptop lambat dikarenakan adanya kotoran debu yang menumpuk pada kipas bagian dalam laptop. Hal ini perlu penanganan langsung oleh teknisi di Acer service center, selama masih dalam masa garansi maka untuk membersihkannya tidak dikenakan biaya :)

          By Dr. Acer Reply
  16. DR..knp klo saya instal skype suka ada virusnya apa dari laptopnya….
    cara instal ulang laptop gmn apakah data yg tersimpan akan hilang klo di instal ulang…

    By hendri Reply
    • Dear Hendri, Notifikasi seperti apa yang muncul? Pastikan aplikasi tersebut kamu download langsung dari situs resmi aplikasi tersebut. Data yang tersimpan pada partisi selain C tidak hilang kecuali kamu menghapus partisi selain C tersebut :)

      By Dr. Acer Reply
      • acer normal ga klo buka mozila loadingnya 5-15 detik ketika laptop baru di start

        By hendri Reply
        • Hai, Hendri. Sebenarnya hal tersebut tergantung dari bagaimana spesifikasi laptopmu, aplikasi apa saja yang berjalan serta plugins apa saja yang terinstall di browser. Sulit bagi kami untuk menentukan apakah hal tersebut normal atau tidak. Jika memang hal tersebut terasa lama bagimu, coba kurangi proses-proses yang berjalan pada laptop dan gunakan plugin yang benar-benar kamu butuhkan saja.

          By Dr. Acer Reply
  17. dok ,,laptop sya masih baru ,,tpi untuk menjalankan mozzila firefox itu loadingnya lama,,knp yah dok?

    By dwi Reply
    • Dear Dwi, Pastikan seluruh driver pada laptop kamu sudah terinstall dengan benar sesuai dengan OS yang digunakan

      By Dr. Acer Reply
  18. Dok..laptop acer aspire saya kok lama banget kalo buka aplikasi…padahal masih baru..dan aku pun gak pernah unduh aplikasi yg mcm2…

    By Wiwit Supriyanto Reply
    • Dear Wiwit, kendala tersebut bisa terjadi bila sistem yang digunakan terkena virus, sebaiknya lakukan scan antivirus terlebih dahulu. Bisa diinformasikan tipe laptop dan apakah OS yang terinstall adalah Windows berlisensi resmi bundling saat pembelian?

      By Dr. Acer Reply
  19. dok cara menyetting ulang laptop acer
    bagaimana saya tidak mengerti ..??
    karena sudah banyak virus yg membikin laptop saya lemot
    Mohon Sarannya dok..

    By Ahmad Chairuddin Reply
    • Dear Ahmad, instal ulang laptop membutuhkan cd installer Windows (disarankan yang berlisensi resmi) dengan cara:
      Masukkan CD ke Cd drive> restart> tekan F2 (setup bios)> boot priority CD drive yang pertama> tekan tombol F10> ikuti langkah sesuai arahan selanjutnya yang muncul pada layar.
      Namun bila OS yang digunakan adalah lisensi resmi dan bundling saat pembelian, instal ulang bisa dengan recovery, caranya dengan menekan tombol Alt+F10 pada saat awal dihidupkan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kami sarankan untuk backup data terlebih dahulu ke device lainnya :)

      By Dr. Acer Reply
  20. Kenapa PC acer saya suka restart sendiri?apa kendalanya dan solusinya min?

    By Budi Play keu's Reply
    • Budi, coba jalankan program registry cleaner dan antivirus untuk mengatasi permasalahan seperti itu.

      By Dr. Acer Reply
  21. Dok, laptop saya Acer Aspire 4738. kenapa setiap saya buka webcam terus mau take photo itu tiba2 gambarnya langsung berhenti dan ada tulisan not responding, jadi kayak lambat begitu.
    dan yang kedua, kenapa saya kalo mau mutar DVD lewat windows media player selalu ada tulisan doesn’t support. padahal dulu bisa, tapi sekarang gak bisa, jadi saya selalu buka di media player aja. mohon penjelasanya :(

    By Vien Axara Reply
    • Dear Vien, sudah coba menggunakan aplikasi webcam lainnya? Untuk DVD, coba update terlebih dahulu Windows Media Player yang kamu gunakan, atau install Codex untuk Media Player :)

      By Dr. Acer Reply
  22. Dok,Kenapa ya laptop saya sering mati sendiri pada saat membuka banyak aplikasi, biasanya kalo saya membuka banyak apikasi laptop saya tidak mati tapi sekarang buka 2 aplikasi secara bersamaan langsung mati sendiri, mohon solusinya :D

    By Fatriawan Reply
    • Fatriawan, bagaimana dengan suhu pada saat mati mendadak tersebut, apakah cukup tinggi?

      By Dr. Acer Reply
      • Suhu-nya stabil dok, kipas laptop sudah saya ganti dengan yang baru tapi laptop saya masih sering mati jika membuka banyak aplikasi

        By Fatriawan Reply
        • Dear Fatriawan, kami sarankan sebaiknya segera membawa unit ke Acer service center terdekat agar kami dapat melakukan pengecekan fisik secara langsung untuk mengetahui problem yang terjadi secara pasti.

          By Dr. Acer Reply
  23. trimakasi atas sarannya dok,

    By fandi Reply
  24. dok, kenapa dibagian batre terdapat tanda silang ? dan pemakainya cepat sekali habis?

    By silvvi D R Reply
  25. Dok, laptopku kenapa ya saat di refresh muncul lag layar berwarna biru trus di belakang icon aplikasi juga berwarna biru, software windowsnya rusak atau masalah driver?

    By Putra Reply
  26. sya gunakan Acer Aspire V5-471G ini dok, knapa kok casing(bagian tepi2) baret kayak menjamur?
    pdhal sya makenya biasa2 saja, trus knpa kok batrenya gk awet sekali, baru 10% dah mati lptopnya.. itu kenapa dok? mohon infonya dan solusinya ini sangat tidak mengenakkan saya

    By fandi Reply
    • Fandi, coba kamu bersihkan menggunakan kain yang lembut dan usahakan tidak menyimpannya pada suhu ruang yang lembab. Masalah yang terjadi pada baterai dapat kamu coba lakukan kalibrasi terlebih dahulu, cara melakukan kalibrasi dengan mencopot baterai lalu pasangkan kembali, setelah itu charger dalam keadaan mati sampai penuh dan setelah itu gunakan sampai laptop mati dengan sendirinya (baterai habis). Lakukan siklus tersebut sebanyak 3 kali. Jika masih bermasalah kami sarankan untuk membawa laptopmu ke Acer service center terdekat agar dapat melakukan pengecekan secara langsung. :)

      By Dr. Acer Reply
  27. Pengguna Ubuntu bisa kena juga ?

    By fauzan Reply
    • Fauzan, Virus untuk OS Linux memang ada, tetapi tidak banyak ditemukan :)

      By Dr. Acer Reply
  28. kalau udah kena virus mau format ulang gimana caranya

    By adi sucipto Reply
    • Adi, proses format ulang bisa dilakukan dengan menginstall ulang OS yang ada di laptopmu.

      By Dr. Acer Reply
  29. Dok, knp dokter tdk menyarankan pencopotan batre laptop ketika ϑί gunakan? Tp kalau misalkan pemakaian lama d rumah batrenya biasanya saya copot, karena sering lupa klw ngechargenya udah penuh, dan takut ada dmpk k batrenya, gmn dok bisa d perjelas alasanya? Trmksh

    By Nashier Reply
    • Nashier, Penggunaan laptop tanpa baterai memiliki resiko kerusakan pada komponen didalam laptop, terutama apabila terjadi pemadaman listrik, atau jika laptop mati secara tiba2. Dan hal ini bisa mengakibatkan hilangnya garansi pada laptop kamu. Tidak apa membiarkan charger tetap terhubung, Acer menggunakan teknologi untuk mencegah terjadinya overcharge :)

      By Dr. Acer Reply
  30. hai dok, laptop sy aspire 4530 trus batteryx baru2 ini jebol. Mau nanya apa batteryx masih ada dijual skrg, posisi sy di makasar.thx

    By joe ernest Reply
    • Joe, untuk informasi harga dan ketersediaan baterai yang kamu butuhkan sebaiknya hubungi service center Acer di Makassar dengan alamat berikut ini: Jl. Cendrawasih No 11A Makassar

      By Dr. Acer Reply
  31. ohya saya penguna aspire e1-471 saya mau nanya gimana sih cara ngebersihin file yang rusak soalnya banyak banget yang rusak. awal mulanya dari game cod yang saya mainin tiba tiba buat laptopnya agak membuat lambat softwarenya dan akhirnya mati muncul layar biru dan saya duga itu pasti dari game yang dicopy dari toko laptop yang saya beli. dan saya tekan tombol powernya hingga mati dan saya hidupin lagi tiba tiba ni laptop update sendiri hampir 2jam lam dan sesudah selesai saya matiin nah pada keesokan harinya saya hidupin untuk mencoba buat antivirus dia berjalan normal nah tiba tiba lagi masukin kata kuncinya ada masalah lagi nih laptopnya layarnya biru lagi terus saya tekan tombol powernya hingga mati dan hidupin lagi laptopnya nah pas di idupin nih laptop update lagi nah sesudah update yg begitu lama saya scan pake antivirus pas selesai gak scan gak ada virus tapi malah file saya yang ancur sekitar 759 file nah pas udah di hapus tuh file aku shutdown sekitar jam 12.00 siang buat makan dan saya idupin jam 15.00 buat internetan nah pas di hidupin tuh file itu masih ada gak bisa di hapus. nah pas 3bln yang lalu saya hidupin yang ada windowsnya7nya yang rusak.nah pas rusak nah saya kan ada komputer masih belum kepake hardisknya baru cuman install win8pro saya ambil hardisknya kan sama sama acer softwarenya softwarenya saya dapat dari membeli kaset dari teman saya yang jago hack katanya saya hacker langsung .dan saya pindahin kesini untu sementara dan hardiks dilaptopini ditaruh di komputer dan saya hidupin komputer softwarenya semuanya yg di hardisk saya hapus saya bikin dual booting antara win7 danwin8pro saya install windows7nya dulu sampai selesai terus saya installwindows 8 pronya juga dan saya instal juga software dari kaset yg saya beli pas sudah selesai saya pindahi ke laptop lagi eh yang ada software saya yg rusak itu sekitar 759 balik lagi sampai sekarang nah gimana tuh cara hilanginnyafilenya yg rusak itu

    By toucher Reply
    • Toucher, Coba lakukan instalasi ulang OS kembali, tetapi Hapus terlebih dahulu seluruh isi dari harddisk kamu pada saat proses instalasi ulang. Selain itu, kami sarankan untuk mencoba menggunakan antivirus lainnya terlebih dahulu :)

      By Dr. Acer Reply
  32. jika da file yg hilang/terdelete,, adakah cara u/ mengembalikan’y lg??…
    klo yg sdh saya coba adlh dgn merestore ulang k’waktu sblm hilang’y file…

    By berti Reply
    • Berti, sistem restore hanya berlaku untuk mengembalikan file system yang hilang, sedangkan untuk data selain system harus menggunakan aplikasi khusus yang banyak tersedia dan dapat kamu download melalui penelusuran google :)

      By Dr. Acer Reply
  33. dok laptop saya aspire v5-471.. setelah 30-1jam dia sering shuting down sendiri tanpa pesan peringatan.. padahal kondisi laptop tidak panas.. mohon pencerahannya..

    By Muhamad Maulana Reply
    • Dear Muhamad Maulana,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan laptop sering shutdown tanpa pesan peringatan, salah satunya jika kondisi overheat, namun jika kondisi tidak overheat, bisa saja disebabkan oleh adanya virus semacam trojan, atau hardware failure. Untuk mengetahui penyebab pastinya, kami perlu melakukan cek unit. Kamu bisa datang ke Acer service center terdekat untuk dibantu oleh teknisi kami melakukan pengecekan dan perbaikan.

      By Dr. Acer Reply
  34. Dok,bagaimana cara mengatasi USB Device Not Recognized ?,padahal saya sudah googlink tapi masih begitu juga dok,,,,

    By Asev Reply
    • Asev, sudah coba menghubungkan perangkat USB tersebut dengan perangkat komputer lainnya?

      By Dr. Acer Reply
  35. Dok laptop saya acer aspire 4253 , laptop saya kenapa ya dalam beroperasi lelet, sering terjadi not respnding , dalam menghidupkan ataupun shut down, butuh waktu yg lama, kira2 5 menit baru berjalan dengan normal, apakah laptop saya bermasalah? Terkena virus kah?

    By Dian muliasri Reply
    • Dian, coba jalankan program antivirus dan registry cleaner untuk mencoba mengatasi masalah tersebut. Jika hal ini tidak membantu, bisa pertimbangkan untuk melakukan proses install ulang windows.

      By Dr. Acer Reply
  36. dok maaf saya mau tanya laptop saya aspire 4253 , kenapa ya laptop saya kalo dihidupkan atau di shut down, butu waktu lama kira2 3 menit dan ketika dihidukan lama sekali loading sampai berjalan normal, trkadang not responding, dan jg kpasitas batre saya tinggal 1 jam lebih mhon kjelasaanya,

    By Dian muliasri Reply
    • Dian, Mengenai problem booting pada laptop kamu. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak aplikasi yang perlu di load oleh sistem pada saat startup. Kamu bisa membaca tips mengoptimalkan kecepatan laptop di http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop/ . Mengenai problem pada baterai, daya tahan baterai bervariasi tergantung perawatan baterai itu sendiri, serta kegiatan seperti apa yang sedang dikerjakan. Kamu bisa membaca tips merawat baterai di http://acerid.com/2010/05/merawat-baterai-laptop/ dan tips mengoptimalkan daya tahan baterai di http://acerid.com/2010/05/no-power-source-your-notebook-will-be-okay-if/ :)

      By Dr. Acer Reply
    • doc saya mau tanya knp y setiap camera laptop acer v5 ku tdk berfungsi gelap tampilannya tdk ada gambar padahal dlu dah bisa coba ku instal driver,ku pakai aplikasi camera tp tetep saja tdk bsa bingung padahal lau berfungsi biasanya lampu cameranya hidup tp ini mlh sebaliknya jd bingung

      By charlianda putra Reply
      • Charlianda, coba lakukan proses install ulang aplikasi webcam pada laptopmu.

        By Dr. Acer Reply
  37. dok, kan sy punya notebook acer AO722 knp ya slepas install app notbooknya lg sung mati trs bootingnya pun lambat g mau msk jendela window knp yah dok trmks

    By acep Reply
    • Acep, Aplikasi apa yang kamu install pada laptop kamu?

      By Dr. Acer Reply
  38. dok, umur baterai ku baru 2 tahun, n harus consider replacing baterai….,tp masih masuk kalo dicas. emang umur baterai brp lama dok. n kalo pemaiakan ga pake baterai ga riskan?

    By Raya Fathan Reply
    • Raya, Baterai standar laptop jika dirawat dengan baik dan benar, umumnya bisa bertahan hingga 300x siklus charge discharge. Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik.

      By Dr. Acer Reply
  39. dok, saya punya laptop aspire 4755G.
    saat saya hidupkan, muncul tulisan
    “Choose an operating system to start, or press Tab to celect a tool:”
    gimana cara menghulangkannya?
    trimakasih

    By adi marsanto Reply
  40. kalo sering keluar pop up change browser, itu jg tanda virus? gimana ngilanginnya. nemu ini setelah kemaren salah donlud. terima kasih

    By arif Reply
    • Dear Arif, coba cek pada control panel>program and features> coba cari program yang kemarin diunduh untuk dilakukan remove :)

      By Dr. Acer Reply
  41. jadi klo boleh tau, anti virus apa dok yang baik untuk laptop acer ???

    #aspire4253

    By Reza Reply
  42. halo dok notebook sering not responding tu knpa ya

    By pikriyadi Reply
  43. dok, knpa laptop aq ktka di nyalain tba” mati dan ngulang nyalainnya lgi, itu pun trus”an sampe laptopku nggak bisa dinyalain?

    By like ayu fitriani Reply
    • Ayu, sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Alamat lengkap Acer Service Center bisa dilihat di http://www.acer.co.id > Support :)

      By Dr. Acer Reply
  44. doc, laptop saya sering mati sendiri karena baterai habis tapi gak ada notification batu habis, padahal sudah di setting tapi gak ada notifnya
    mohon solusinya

    By mpyogatama Reply
    • Dear Mpyogatama, kemungkinan ada bug pada OS yang digunakan, disarankan untuk melakukan scan registry :)

      By Dr. Acer Reply
  45. dok, saya pengguna Acer Aspire V3 471G.
    saya mendapat pemberitahuan dari apps Windows Cleanup bahwa banyak Error yg di temukan. tapi saat saya meng-klik “Fix Error”, katanya saya harus meng-upgrade.
    apa solusi buat saya dan cara meng-upgradenya?

    By dicky raditya Reply
    • Dicky, Bisa di informasikan kepada kami secara lengkap pesan upgrade yang muncul?

      By Dr. Acer Reply
  46. Dulu, Laptop acer aspire 4738z kesayangan Q pernah kena virus.!
    Uh, laptop Q jadi lelet banget. Bahkan gx bisa di shut down. Jadinya Aq cabut batrenya secara paksa. Tapi sekarang dah normal. Syukur.

    Dok, aku mau tanya, mmm, apakah tindakan saya mencabut batre secara paksa berdampak negatif pada laptop saya ??
    Trima kasih’

    By Restu Artha Reply
    • Restu, pada dasarnya mematikan laptop secara tidak normal bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem di laptop kamu :)

      By Dr. Acer Reply
      • Tapi, saya melakukannya hanya 1 kali kok Dok, pas laptop gx bisa di matiin.
        Kalau begitu tidak apa-apa kan Dok ? :-)

        By Restu Artha Reply
        • Tidak apa Restu :)

          By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.