Tumblr : Yuk, Microblogging

Twitter, Facebook, Plurk, wah rasanya tidak terhitung banyaknya jejaring sosial yang ada di internet ya spAcer. Dari sekian banyak jejaring sosial yang ada, salah satu yang lumayan memiliki penggemar adalah Tumblr. Tumblr yang satu ini bukan sebutan untuk botol minum lho spAcer, melainkan  sebuah situs microblogging sekaligus jejaring sosial 🙂

tumblr-logo-vector

Lewat Tumblr, spAcer bisa membuat postingan dalam bentuk teks, gambar, dialog, quotes, audio, video dan link dengan praktis. Tinggal klik ikon yang ada di dashboard untuk membuat postingan dalam bentuk yang kamu inginkan.

dashboard

Di Indonesia sendiri, beberapa pengguna Tumblr sudah tergabung dalam komunitas-komunitas sesuai hobi dan ketertarikan masing-masing. Misalnya seperti komunitas Tumblr Indonesia dan juga komunitas Tumblr regional lainnya. Komunitas-komunitas ini biasanya rutin mengadakan pertemuan atau meet-up lho spAcer! Lewat komunitas ini, para pengguna Tumblr di Indonesia saling berbagi informasi tentang Tumblr, ajang berkenalan sampai menunjukkan bakat mereka lewat Tumblr.

Bagi spAcer yang baru saja memulai untuk menggunakan Tumblr, kamu bisa belajar mengenal Tumblr serta mempelajari cara memaksimalkan penggunaan Tumblr lewat tips dan trik berikut ini:

  • Di Tumblr, kamu bisa mengedit beberapa postingan sekaligus, ini disebut dengan ‘Mass Editing’ dan untuk melakukannya, kamu tinggal menggunakan ‘Mega-Editor’.  Dengan Mega-Editor ini, kamu bisa langsung mengedit, menghapus beberapa post langsung serta menambahkan tags pada postingan yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Beberapa keyboard shortcut untuk Tumblr adalah huruf “J” untuk scrolling ke bawah, huruf “K” untuk scrolling ke atas. Kemudian jika kamu ingin me-reblog suatu postingan milik orang lain, klik “Ctrl”. Ingin reblog tanpa meninggalkan dashboard dan menambah tags, cukup tekan “Alt” baru kemudian tekan tombol reblog.
  • Di Tumblr, bisa jadi postingan yang kamu lihat di dashboard adalah hasil reblog. Untuk melihat siapa pemilik asli postingan tersebut, arahkan mouse ke ujung kanan sebuah postingan sehingga muncul bentuk seperti lipatan kertas. Klik lipatan tersebut dan spAcer akan langsung diarahkan ke halaman si pemilik asli postingan tersebut. Bentuk seperti lipatan tadi juga bisa memberikan informasi kapan postingan itu dibuat lho spAcer!

view post

  • Selain menjadwalkan postingan, kamu juga bisa membuat ‘antrian’ untuk postingan yang kamu buat spAcer. Ini disebut dengan “queue post”. Hampir mirip dengan menjadwalkan postingan, queue post berarti membuat list postingan yang akan naik secara otomatis dalam rentang waktu tertentu (bisa diatur mulai dari 15 menit-24 jam).

step-1-adding-posts-queue

  • Jika mengarahkan mouse ke profile picture yang ada di dashboard, akan muncul huruf “i”. Bila huruf ini di-klik, kamu bisa langsung mengirimkan fan mail, unfollow atau follow, atau bertanya kepada si pemilik akun tersebut tanpa harus meninggalkan dashboard.

Itu tadi sedikit tips dan trik untuk menggunakan Tumblr bagi pemula. Untuk spAcer yang sudah lama menggunakan Tumblr, kamu juga bisa berbagi tips dan trik kamu memakai Tumblr dengan meninggalkan komentar di bawah lho!

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved