Tips Merawat & Membersihkan Keyboard Notebook

Sebagai salah satu komponen yang perannya sangat vital pada notebook, keyboard harus dirawat dan dibersihkan dengan baik. Meskipun saat ini kita sudah sampai pada era Windows 8, peran keyboard pada komputer tak bisa dilepaskan begitu saja.

Keyboard pada notebook jelas tidak sama dengan komputer PC pada umumnya. Pasalnya, keyboard pada notebook lebih rentan kotor dan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Coba bayangkan jika salah satu tombol pada keyboard sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, dijamin spAcer tidak akan nyaman menggunakan notebook.

Oleh sebab itu, daripada mengeluarka biaya yang cukup tinggi untuk perbaikan, sebaiknya spAcer melihat beberapa tips sederhana merawat dan membersihkan keyboard notebook agar umurnya lebih panjang.

  1. Sebelum membersihkan keyboard notebook sebaiknya matikan power notebook. Cabut charger dan lepaskan kabel-kabel USB yang masih menempel pada notebook sebelum dibersikan.
  2. Untuk metode pembersihan sederhana, bisa dimulai dengan memiringkan notebook spAcer ke depan. Tiup perlahan bagian keyboard supaya debu atau partikel-partikel kotoran yang menempel bisa terbuang.
  3. Gunakan ujung sendok teh dan balut dengan lap sedikit basah untuk membersihkan tepi/batasan antara keyboard dengan monitor.
  4. Gunakan penyedot debu untuk menarik partikel debu atau kotoran yang masih tersisa di atas keyboard. Jika tidak punya penyedot debu, spAcer bisa gunakan pengering rambut/hairdryer untuk meniup kotoran yang tersisa.
  5. Untuk mencegah debu kembali menempel, ada baiknya spAcer gunakan keyboard protector yang biasanya terbuat dari bahan karet. Pelindung ini bisa mencegah kotoran atau debu masuk ke sela-sela tombol keyboard.
  6. Hilangkan kebiasaan menaruh minuman atau makanan di dekat notebook karena bisa saja keyboard spAcer ketumpahan minuman atau makan tersebut. hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan konsleting pada notebook.
  7. Kurangi kebiasaan main game di notebook, karena ketika spAcer main game, hanya sebagian tombol-tombol saja yang ditekan. Apalagi jika games yang dimainkan sangat seru hingga seringkali membuat kita lupa menekan tombol pada keyboard terlalu keras.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana merawat dan membersihkan keyboard notebook. Semoga tips di atas menjadi pengingat untuk selalu membuat jadwal secara berkala membersihkan keyboard notebook.

Related Article

No Banner to display

25 Responses to Tips Merawat & Membersihkan Keyboard Notebook

 

  1. Fajar says:

    Dok, saya sering bermain game di laptop menggunakan keyboard, karena saya ingin keyboard laptop tetap awet, pertanyaannya bisa ga laptop dipakein keyboard exsternal seperti pc?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fajar, tentu saja bisa. Kau bisa menggunakan port USB yang tersedia.

  2. kevin says:

    dok acer cara buka acer v3-471G utkmembersihkan kipasnya gmana caranya?? baut mana saja yg harus dibuka? tolong bantuaanya..thnks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kevin, mohon maaf, kami tidak bisa memberikan informasi mengenai hal tersebut. Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kami sarankan untuk melakukan maintenance di Acer Service Center

  3. Kakak saya mau tanya, kenapa laptop saya banyak noda titik hitam di sekitaran camera, mohon informasinya kakak
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Wahyu, kemungkinan ada kotoran/debu pada lensanya. Kamu bisa coba membersihkan pada bagian lensa terlebih dahulu. :)

  4. kakak aku mau tanya ….
    ini keyboard aku huruf ”W,E,R,Y” tidak berfungsi …
    ini juga saya memakai on screen keyboard …
    bagaimana cara mengatasinya ….
    dan acer service center di daerah PEMALANG ada apa nda …
    tolong sosusinya

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Rio. Saat ini di Pemalang belum terdapat service center resmi Acer Indonesia. Kamu bisa hubungi service center Acer terdekat yang berada di Semarang dengan alamat: Thamrin Square Blok C No.11 Jl. Thamrin No.5 Telp: 500-155 .

  5. servise acer di jember dmn ? kadang tulisannya jln sendiri

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Maulida. Kamu bisa hubungi service center Acer di Jember dengan alamat berikut: Jl. Kalimantan No 5B

  6. Elvrida says:

    Acer centre di medan ada dimana ya? kalau yang di gatsu sudah tidak beroperasi lagi. tks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Elvrida, Acer service center Medan berlokasi di Komplek Graha Niaga Jl. Bambu II no A-9. Kelurahan Silalas.

    2. Dr. Acer says:

      Dear Elvrida, Acer service center Medan berlokasi di Komplek Graha Niaga Jl.Bambu II no A-9. Kelurahan Silalas.

  7. marwa sofa says:

    cara merawat casingnya gimana? baru 1thn kog udah ada hitam”nya seperti karat?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Marwa, Untuk membersihkan casing, cukup gunakan tissue atau kain yang kering dan bersih

  8. mulix says:

    om saya mau tanya
    knpa keyboard saya terus mengeluarkan huruf yang sama (huruf J) dengan sendirinya
    and cara mengatasinya gmna…?
    makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Mulix, untuk problem hardware tersebut kami membutuhkan pengecekan fisik secara langsung. Kami sarankan segera membawa unit ke Acer service center terdekat untuk perbaikan secara langsung.

  9. Robby says:

    tuts keyboard turun laptop acer sy macet/gak berfungsi.. gimana cara memperbaikinya?? apakah berlaku garansi acer dlm hal ini?? mksh

    1. Dr. Acer says:

      Robby, agak sulit mendiagnosa penyebabnya tanpa melihat unitnya secara langsung. Kami sarankan membawa laptop kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. Tidak perlu khawatir, Keyboard termasuk kedalam garansi yang diberikan oleh Acer :)

  10. Rifqi says:

    dr. aku pernah baca, kalau ternyata menggunakan keyboard protector pada laptop akan mempercepat terjadinya panas pada laptop, di karenakan udara panas yang harusnya bisa terbuang lewat sela-sela keyboard tertampung dan tersumbat di keyboard karena karetnya itu. bagaimana menurut dr.

    1. Dr. Acer says:

      Rifqi, beberapa tipe memang memiliki sistem pengeluaran udara melalui sela-sela keyboard. Tetapi sebagian besar tidak menggunakan sistem pengeluaran melalui sela keyboard, sehingga tidak apa jika menggunakan keyboard protector untuk menghindari debu/kotoran masuk melalui sela-sela keyboard :)

  11. ya ni… soal’y harga keyboat cukup mahal….

  12. Ardi says:

    Thanks min… Sangat bermanfaat tipsnya.

  13. and says:

    Sip, siap dipraktekkan 😀

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved