Lima Tips Sederhana Mendinginkan Notebook yang Terlalu Panas

Sering menaruh notebook di atas bantal atau sering dipangku biasanya menjadi sebab terjadinya overheat. Pasalnya, kebiasaan tersebut membuat kinerja sistem pendingin yang terdapat di dalam notebook menjadi kurang maksimal. Jangan anggap remeh jika notebook spAcer memiliki panas berlebih karena bisa membuat notebook menjadi hang, dan lebih ekstrem lagi bisa menyebabkan komponen-komponen dalam notebook terbakar.

Selain mengurangi kebiasaan menaruh notebook di atas bantal, karpet, atau dipangku, berikut adalah tips mengurangi panas berlebih pada notebook dengan memanfaatkan Power Setting yang ada di menu Windows Power Option. Untuk mengakses pertama spAcer klik menu Control Panel  lalu klik pilihan Power Options, Select Change plan setting, dan Select Change advanced power settings.

  • Pastikan bahwa pada Windows power settings notebook, spAcer sudah mengaktifkan pendingin/cooling pada level tertinggi. Pada notebook, pilihan menu untuk mengaktifkan pendingin pada notebook ini bervariasi, tapi biasanya ada opsi yang menyatakan “active cooling” atau “maximum performance”. Selalu pilih performa pendingin yang paling tinggi untuk menjaga kipas berjalan lebih lama dan lebih kuat mendinginkan sistem
  • Aktifkan semua menu power saving baik itu untuk CPU, grafis, kartu wireless, dan sebagainya. Ini sebetulnya fisika sederhana. Semakin banyak power yang notebook kamu konsumsi, maka semakin panas pula notebook spAcer. Jika spAcer bersedia mengorbankan sedikit kinerja dengan mode power yang lebih rendah, maka panas yang akan dihasilkan oleh notebook pun akn lebih sedikit.
  • Beberapa notebook dirancang untuk mengkonsumsi lebih banyak daya ketika baterainya dipasangkan. Meskipun pengaturan daya-nya sudah diatur, hal tersebut tidak akan menghasilkan efek yang signifikan. Setelah spAcer melakukan tips di poin kedua di atas, sebaiknya kamu mencoba untuk mencabut charger notebook pada saat digunakan. Hal ini cukup signifikan untuk mendinginkan notebook.
  • Banyak notebook yang ventilasi udaranya terletak di bagian bawah casing. Jadi, ketika spAcer meletakkan notebook di pangkuan atau di benda-benda lainnya yang empuk, kinerja pendingin/kipas jadi tidak maksimal. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu menggunakan notebook dengan alas yang keras/kokoh seperti meja, lantai, dan sebagainya.
  • Cara lain yang paling jelas untuk mencegah terjadinya overheat pada notebook adalah dengan menambahkan cooling pad. Tapi hal ini terkadang membuat notebook menjadi kurang portabel.

Itulah beberapa tips sederhana untuk mencegah terjadinya overheat pada notebook. Tapi biasanya, PC atau notebook masa kini sudah didukung dengan teknologi dan sistem pendingin khusus yang membuatnya tidak akan panas meskipun diajak bekerja keras. Seperti Acer Aspire S7 misalnya, ultrabook paling tipis di dunia ini sudah dilengkapi dengan teknologi Twin Air Cooling sehingga meskipun diajak bekerja keras, notebook akan tetap sejuk.

Related Article

40 Responses to Lima Tips Sederhana Mendinginkan Notebook yang Terlalu Panas

 

  1. absar batubara says:

    Dr. Acer
    saya mau tanya, saya punya acer Aspire E1 -471 mati sendiri, padalan sudah saya bersihkan matherboard laptop dan saya kasih pasta ulang tetap mati sendiri, mohon bantuannya dan solusinya…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Absar, agak sulit memastikan problem tersebut tanpa melakukan cek unit secara langsung. Untuk problem tersebut kami sarankan kamu membawa unitnya ke Acer Service Center agar ditangani disana. 🙂

  2. Dr. Acer
    saya mau tanya, laptop saya acer E5-471G suka hang pada saat dipakai untuk bermain game dan charger terpasang. itu penyebabnya kenapa yah, mohon solusinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gumelar, menurunnya kinerja laptop tersebut kemungkinan disebabkan karena panas berlebih yang ditimbulkan dari aktivitas charging sekaligus gaming. Kamu bisa mencoba untuk mengubah setting Power Plan ke Balanced dan lihat apakah ada perbedaan kinerja. Saran lainnya adalah pada saat bermain game sebaiknya charger selalu dipasang dan gunakan cooling pad untuk mengurangi panas yang keluar pada laptop.

  3. arya says:

    dok,laptop ane acer e1-451g,baru 6 bulan make kok udah sering overheated dan padam sndiri?
    2 hari seblum gitu,suara kipas kencang amat,tapi skarang sama sekali gk ada kedengaran suara kipas

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arya, kemungkinan penyebabnya bisa karena saluran udara di dalam laptop yang tertutup debu, kipas laptop mati, atau penyebab lain. kami sarankan untuk segera membawa laptop kamu ke service center Acer agar bisa dibantu teknisi melakukan pengecekan. Info lokasi service center Acer bisa dilihat dibagian bawah blog ini. 🙂

  4. Frens says:

    Sy menggunakan Acer S3.391, belakangan ini ultrabook saya agak panas di sebelah kiri dekat layar (di sudut sebelah power) | terakhir memory seringkali low, dan pernah hang, apa yang bisa saya lakukan? mohon solusi agar normal kembali…

    Terimakasih

    1. Dr. Acer says:

      Hai Frens, bisa diinfokan apakah problem panas terjadi pada saat laptop menjalankan aplikasi berat seperti gaming 3D atau pada saat laptop dicharge? JIka benar, panas yang keluar adalah termasuk wajar. Kamu tidak perlu khawatir selama laptop tidak mengalami mati mendadak atau yang biasa disebut dengan overheat. Apabila kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa membawa unitnya ke Acer service center terdekat agar dibantu oleh teknisi kami di sana melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap unitnya.
      Untuk problem notifikasi memory low yang muncul, kamu bisa coba lakukan Defragment Disk pada HDD-nya terlebih dahulu.

  5. Nadia Cahya says:

    saya mau tanya,
    saya pake laptop acer aspire E1-471
    kenapa laptop saya cepat panas? apakah saya harus membuka casing laptopnya? baru saya pake sekitar 30 menit sudah terasa panas sekali.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nadia, pastikan menggunakan/menjalankan aplikasi yang sesuai antara minimum requirement dengan spesifikasi yang ada pada laptop, panas juga dapat disebabkan dari kotoran debu yang menumpuk pada internal laptop, kami sarankan untuk membawa unitnya ke Acer service center untuk dibersihkan, selama masih dalam masa garansi, tidak dikenakan biaya service 🙂

  6. Arya says:

    dok,, laptop gw acer v5 touch,, temp idle 45C tpi pas main game kayak dota 2 tempnya jadi 80C(sudah pakai coolpad) apa ada cara lain nurunin temp pas full load,, temen gw lebih parah, idlenya 85C pas full load 104C, thx sebelumnya!

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arya, apabila pemakaian laptop kamu tergolong lama (misal diatas 3 tahun), kamu bisa pertimbangkan untuk mengganti thermal paste pada prosesornya. 🙂

      1. yobel says:

        dok kasus gw kayak arya tapi laptop gw baru 1 tahun,, apa perlu diganti thermal pastenya?? soalnya gw sering banget pakai main game,, kadang pernah overheaating alias restar sendiri karna panas! laptop gw acer v5 touch!

        1. Dr. Acer says:

          Yobel, sebaiknya bawa laptopmu ke salah satu service center Acer yang ada di bagian bawah website ini agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi Acer untuk diketahui secara pasti penyebabnya.

  7. Dr.Acer
    Kalo Laptop Di sleep kenapa Ga bisa dinyalain lagi(Harus Di Hard Booting) Kasih pencerahannya Dr. Acer

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fadhil, Coba install ulang kembali driver VGA pada laptop kamu 🙂

  8. Dr. Saya mau tanya. saya pake laptop acer aspire 4738. Laptopnya sering panas banget terus akhirnya mati sendiri. padahal sudah pake cooling pad. itu kenapa ya?

    Terus Harga Carger + batrai Orinya sekitar brapa? RAM nya up to brapa giga?

    1. Dr. Acer says:

      Febrianto, Kami sarankan untuk memeriksakan laptop kamu ke Acer Service Center terdekat. Problem tersebut bisa disebabkan karena ada debu atau kotoran yang menghambat jalur sirkulasi udara pada laptop kamu. Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja. AS4738 Support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia 🙂

  9. laras says:

    kalo untuk harga charger model PA-1650-69 yang original berapa ya harganya?

    1. Dr. Acer says:

      Laras, Untuk info harga sparepart, bisa hubungi Acer Call Center di 500-155 pada hari dan jam kerja 🙂

  10. heri susanto says:

    Dr. tempat service resmi dkota cilegon dimana ea

    1. Dr. Acer says:

      Heri, Kamu bisa melihat alamat lengkap Acer Service Center dibagian bawah halaman blog ini 🙂

    2. Dr.acer
      1.notebook sya acer aspire v5 471G,dengan OS win7 64bit,sya minta rekomendasi kira2 tv tuner merk apa yang cocok untuk laptop sya dan yang sesuai dngan OS nya jga.
      2.untuk type laptop sya,apakah OS win7 ataw win8 yang lebih di rekomendasikan agar lebih max perform nya.trims dok..

      1. Dr. Acer says:

        Andri,
        1. Kamu bisa coba mencari informasi mengenai TV Tuner di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi.
        2. Kamu bisa menggunakan OS yang sesuai dengan preferensi kamu. Slim Aspire V5-471G support untuk kedua OS tersebut 🙂

  11. Angelina says:

    Memuka Windows Power Setting dimana yah? Thanks

    1. Dr. Acer says:

      Angelina, Mungkin yang kamu maksud adalah Power Options? kalau benar, kamu bisa melihatnya di Control Panel 🙂

  12. salma says:

    dr.acer
    saya mau tanya, kalo laptop ingin di tambah RAM apa boleh? dan bagaimana bagusnya?

    1. Dr. Acer says:

      Salma, produk Acer tipe berapa yang kamu gunakan?

      1. salma says:

        tipe laptop saya 4736z

        1. Dr. Acer says:

          Salma, bisa saja. AS4736Z support untuk RAM hingga 8GB menggunakan kedua slot RAM yang disediakan 🙂

  13. tenonet says:

    Sy mau tanya nih. Banyak orang termasuk sy yg bekerja dgn laptop dalam waktu yg lama. Pada saat batere udah low biasanya lgs dicharge dlm kondisi yg msh operational. Pertanyaannya:
    1. Apa kondisi tersebut bisa merusak laptop?
    2. Jika kondisi batere udah 100% dan charger blom dicabut, apa batere otomatis berhenti tercharge?

    Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Tenonet, tidak apa melakukan pengisian ketika laptop sedang digunakan. Ketika baterai sudah penuh, kamu bisa biarkan charger tetap terpasang pada laptop 🙂

  14. rahmad says:

    Dr acer
    Saya memakai laptop acer aspira 4738. Laptop saya lambat sekali udah sekarang,kira-kira apa ya penyebabnya.dan kalau main game tu cepat kali panas dan lodingnya lama banget. Trmksah….

    1. Dr. Acer says:

      Rahmad, Coba lakukan Disk Defragment dan Disk Cleanup. Kegiatan ini akan membantu meningkatkan performa laptop. Panas yang dihasilkan ketika digunakan untuk gaming memang akan terasa lebih tinggi jika dibandingkan dengan kegiatan standar, hal tersebut wajar terjadi 🙂

  15. irfan says:

    dr.Acer
    saya memakai Acer V3-471G. saya ingin tanya, jika notebook digunakan untuk main game (PES 2013)sebaiknya baterai nya dicabut dan hanya dicharge, atau baterai tetap terpasang di notebook plus dicharge?
    ketika acer v3-471g dicharge dan sudah full 100% apakah otomatis pengisian baterai langsung berhenti? mohon pencerahannya?

    1. Dr. Acer says:

      Irfan, Acer tidak menyarankan penggunaan laptop tanpa baterai, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen didalam laptop apabila terjadi pemadaman listrik 🙂

  16. Tiara Anita says:

    iya ne. acer cepat kali panas, baru bloging 2 jam. dah panas

    1. Dr. Acer says:

      Dear Tiara, disarankan untuk membawa laptopmu ke service center Acer terdekat untuk pengecekan dan proses maintenance. Mungkin saja kipas pendingin laptopmu penuh debu 🙂

  17. Rizqon Maulana says:

    Dr.Acer
    saya mau tanya!
    kenapa ketika saya main game (far cry 3) game tersebut terasa lambat dan patah-patah (dalam keadaan tidak di charger). namun ketika di charger game tersebut langsung lancar untuk dimainkan tanpa adanya patah sedikit pun.
    saya memakai acer v3-471g

    1. Dr. Acer says:

      Rizqon, hal tersebut bisa terjadi karena ketika charger dilepas, system secara otomatis memasuki mode power-saver. pada mode power-saver, baterai memang akan bertahan lebih lama, tetapi performa akan diturunkan untuk lebih menghemat baterai. Kamu bisa coba mengubah pengaturan tersebut pada Control Panel > Power Options 🙂

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved